YESUS VS MYTHOLOGI


ChristMyth

1. Dianggap Tuhan atau Dewa

YE
-Yesus —> Tuhan Kristen
-Mithra —> Dewa Persia Kuno
-Osiris —> Dewa Mesir Kuno
-Baachus —> Tuhan Yunani Kuno

2. Tanggal Kelahiran
-Yesus —> Tanggal 25 Desember
-Mithra —> Tanggal 25 Desember
-Osiris —> Tanggal 25 Desember
-Baachus —> Tanggal 25 Desember

3. Pengharapan orang
-Yesus —> Mesias yg ditunggu
-Mithra —> Perantara yg ditunggu
-Osiris —> Pembebas yg ditunggu
-Baachus —> Pembebas yg ditunggu

4. Lahir dari Ibu PerawanFR
-Yesus —> Seorang perawan Maria
-Mithra —> Seorang perawan Aishev
-Osiris – –> Seorang perawan Naeith
-Baachus —> Seorang perawan Demeter

5. Kematian
-Yesus —> Mati Disalib / Dibunuh
-Mithra —> Mati Dibunuh
-Osiris —> Mati Dibunuh
-Baachus —> Mati Dibunuh

6. Tujuan Kematian
-Yesus -> Menebus dosa manusia
-Mithra -> Menebus dosa manusia
-Osiris -> Menebus dosa manusia
-Baachus -> Menebus dosa manusia

7. Kebangkitan
-Yesus -> 3 hari dr penyaliban
-Mithra -> 3 hari dr pembunuhan
-Osiris -> 2 hari 3 malam dari pembunuhan
-Baachus -> 3 hari dari pembunuhan

8. Triteisme
-Yesus -> Oknum dr Trinitas (Anak,Bapa,Roh Kudus)
-Mithra -> Oknum dr Tridewa (Mitra,Ahirman,Ohrzmad)
-Osiris -> Oknum dr Tridewa (Osiris,Isis,Horus)
-Baachus -> Oknum dr Tridewa (Baachus,Apolos,Yupiter)

9. Kedatangan kedua kali ke dunia
-Yesus -> Menjelang kiamat
-Mithra -> Menjelang kiamat
-Osiris -> Menjelang kiamat
-Baachus -> Menjelang kiamat

ups….Dilarang ketawa””

wkwkwkwk…wuah..hahahaha..

80 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

80 responses to “YESUS VS MYTHOLOGI

  1. Subhanallah…
    Mantaps…. and top markotop….😉

  2. Subhanallah
    Mantapsurantap🙂
    salam kenal saya baru tahu & setuju
    wassalam… sukses!

  3. Fietria

    Saya pernah dengar, tapi yang ini pembahasannya lebih lengkap.

  4. Assalamualaikum…wr wb

    Memang kisah kehidupan Isa almasih yg sangat menakjubkan dijadikan keimanan orang yunani dan menghubung2kannya dgn para dewa nenek moyangnya. mereka tidak mengerti agama samawi,yaitu agama yg turun dari Allah dgn perantara utusan/nabi. Karena nabi tak pernah turun di wilayah mereka. Begitulah agama paganisme…

  5. Setuju bro lam kenal kunjungan balik ni

  6. adi isa

    its amazing…….

  7. Firman

    NABI MUSLIM MEMANG TEKKUTUK..

    ISLAM HADIR PADA SAAT IBLIS DIENYAHKAN KE DUNIA..

    MAAF YA.. SURGA BUKAN RUMAH ANDA?
    AMIN?

    YA DONK..

    HEHE

    MAAP YA..

    SALAM DAMAI

    HORASSS…

    JANGAN MARAH… ya mbeeekk

    Gitu aja nangis..

    TAHAN MENTAL DONK KATANYA MUSLIM..

    MUSLIM itu MUSUHE LASKAR INDONESIA MERDEKA..MEkso ya persis kamu..haha

    MAaap loh ya dari huatiku yang paling dalam ini..hehe

    MAAP…

    Kalo masih tidak terima ya MAAP..

  8. @Bang Firman
    Nggak ngerti ahhh…:mrgreen:

  9. @Bang Firman
    Ya sudah saya maafken…. hehehe… minta maaf sampai ngemis-ngemis gituh :mrgreen:

  10. Anonim

    Haha. Ngawur banget. Kelahiran Yesus bukan 25 Desember, mas.
    Yesus lahir tanggal 15 Tishri (setara dengan bulan Oktober), persis pada saat perayaan Tabernakel.

    25 Desember itu tanggal peringatan kelahiran-Nya.
    Sekarang pilih aja deh:
    25 Desember untuk merayakan kelahiran dewa atau 25 Desember untuk memperingati kedatangan Tuhan sewaktu menjelma menjadi manusia?

  11. hh

    @All

    Tidak ada tercatat dalam Alkitab keterangan mengenai kapan lahirnya Yesus, atau petunjuk yang mengidikasikannya, karena bukan hari lahirnya itu yang penting, tetapi ‘penebusan’ itu.

    Sejarah mencatat bahwa perayaan kelahiran Yesus tgl 25 itu diadopsi dari kebiasaan bangsa bangsa lain. Mungkin dari bangsa bangsa yang sudah anda sebutkan diatas.

    Kalau benar seperti uraian anda diatas bahwa bangsa Mesir kuno, Persia kuno, dan Yunani kuno memiliki “Perantara atau Penebus” yang mereka nantikan di hari kiamat kelak, dan kisahnya sama seperti Yesus, itu mungkin karena mereka juga mempelajari janji Tuhan mengenai penebus dari kitab kitab bangsa Yahudi, tetapi mereka tidak persis menantikan apa yang dijanjikan dalam kitab itu, tetapi menantikan perantara/pembebas yang lain yang ada pada kepercayaan mereka.

    Hal ini mungkin sama dengan upacara upacara persembahan korban sembelihan yang dilakukan oleh manusia sepanjang sejarah. Yang sebenarnya upacara korban itu harus ditujukan kepada Tuhan pencipta alam semesta ini, tetapi bangsa bangsa beralih dariNya, beralih menyembah Dewa yang mereka ciptakan sendiri.

    Terlepas dari kesamaan yang anda paparkan diatas, kedatangan Yesus ke bumi ini untuk menebus manusia dari dosa sudah dinubuatkan dan dilambangkan melalui upacara upacara korban sembelihan, dan digenapi melalui kematian Yesus di kayu salib. Karena korban sesungguhnya bukanlah korban korban yang dilambangkan oleh korban hewan itu. Itu hanyalah lambang/simbolis yang berlaku bagi orang orang yang mempercayai penebusan itu sebelum penebusan itu sendiri dilaksanakan. Korban sesunggunghnya adalah pengorbanan Kristus di kayu salib.

    Terimakasih.

  12. CosmicBoy

    @ Ayruel,

    secara tak langsung anda merestui Natal diperbolehkan masuk tong sampah…


    Tulisan @anonim yg cerdas ngga bisa diabaikan gituh aja mas.

    Jadi harus direspon tanpa takut & resah oleh kamu.

    Takut apa ya?

    Takut dosa?

    Hahaha…

    Memperingetkan tanggal kelahiran aja kalian repot amat…jadi Muhammad itu apa, lahir dari buluh betung?

    Xixixi…

    Semoga kalian tidak takut memperingati tanggal kelahiraan anak kalian.

    Hehehe…

  13. CosmicBoy

    @ Ayruel,

    Bung…..

    Hapus Natal dalam agamamu….
    itu tak melanggar ajaran Om yesus gondrong loch…


    Hehehe…

    Sayalah orang pertama yg akan hapuskan Hari Natal kalo loe bisa menunjukkan ke saya di bagian mana Injil Hari Natal melanggar ajaran Yesus?

    Sebaliknya saya mau nanya ke kamu, dibagian mana kitab suci kalian diperbolehkan menyambut Maulud “Nabi”?

    Ada?

    Bisa tunjukkan?

    Silakan.

    Jangan takut pada kebenaran.

    Muslim-muslim, semoga kalian tidak tergolong antara orang yang membodohi diri sendiri.

    Salam kasih.

    • Tidak ada masalah untuk tidak merayakan Maulid nabi….

      malah itu yang sebenarnya.tak ada perayaan khusus untuk maulid nabi(itu ide Salahuddin al ayyubi ra.)
      mencintai nabi Muhammad bukan pada waktu maulid nabi saja.
      tapi di setiap harinya.ayuhhh…berapa kali nabi muhammad disebut/diingat/dicintai oleh umatnya dalam sehari?

      Loe simak yang ini ttg natal:

      Kata natal berasal dari bahasa Latin yang berarti lahir. Secara istilah Natal berarti upacara yang dilakukan oleh orang Kristen untuk memperingati hari kelahiran Isa Al Masih – yang mereka sebut Tuhan Yesus.
      Peringatan Natal baru tercetus antara tahun 325-354 oleh Paus Liberius, yang ditetapkan tanggal 25 Desember, sekaligus menjadi momentum penyembahan Dewa Matahari, yang kadang juga diperingati pada tanggal 6 Januari, 18 Oktober, 28 April, atau 18 Mei. Oleh Kaisar Konstantin, tanggal 25 Desember tersebut akhirnya disahkan sebagai kelahiran Yesus ( Natal ).

      ingat

      momentum penyembahan dewa matahari

      Bertentangan nggak dgn bibel???

      kata Iwan fals:

      Iya apa tidak” itu saja

      lagi …simak yang ini :

      Pandangan Bibel Tentang Upacara Natal

      Untuk mengetahi pandangan Bibel tentang perayaan Natal yang diwarisi dari tradisi paganisme, baiklah kita telaah Yeremia 10:2-4:

      “Beginilah firman Tuhan: “Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak, orang memperkuatnya dengan paku dan palu supaya jangan goyang.”

      Demikianlah pandangan Bibel tentang upacara Natal, yaitu melarang orang Kristen mengikuti kebiasaan bangsa-bangsa penyembah berhala.

      Selanjutnya mari kita simak penjelasan dalam Yeremia 10:5:

      “Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun. Tidak dapat berbicara, orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun dia tidak dapat.”

      Entahlah……………..
      tapi anda setuju kan Natal Masuk Tong sampah???

      kata Iwan fals:

      Iya apa tidak” itu saja

      its ok,,,,ku tambah lagi nich :

      Sumber-sumber Kristen yang Menolak Natal

      1. Catholic Encyclopedia, edisi 1911 tentang Chrismas:

      “Natal bukanlah upacara gereja yang pertama … melainkan ia diyakini berasal dari Mesir, perayaan yang diselenggarakan oleh para penyembah berhala dan jatuh pada bulan Januari, kemudian dijadikan hari kelahiran Yesus.”

      Dalam buku yang sama, tentang “Natal Day” dinyatakan sebagai berikut:

      “Di dalam kitab suci tidak ada seorangpun yang mengadakan upacara atau menyelenggarakan perayaan untuk merayakan hari kelahiran Yesus. Hanyalah orang-orang kafir saja (seperti Fir’aun dan Herodes) yang berpesta pora merayakan hari kelahirannya ke dunia ini.”

      2. Encyclopedia Britanica, edisi 1946 menyatakan:

      “Natal bukanlah upacara gereja abad pertama, Yesus Kristus atau para muridnya tidak pernah menyelenggarakannya, dan Bible juga tidak pernah menganjurkannya. Upacara ini diambi oleh gereja dari kepercayaan kafir penyembah berhala.’

      3. Encyclopedia Americana, edisi tahun 1944, menyatakan:

      “Menurut para ahli, pada abad-abad permulaan, Natal tidak pernah dirayakan oleh umat Kristen. Pada umumnya umat Kristen hanya merayakan hari kematian orang-orang terkemuka saja, dan tidak pernah merayakan hari kelahiran orang tersebut”. (Perjamuan Suci, yang termaktub dalam kitab Perjanjian Baru hanyalah untuk mengenang kematian Yesus Kristus) … Perayaan Natal yang dianggap sebagai hari kelahiran Yesus, mulai diresmikan pada abad ke-4 M. Pada abad ke-5 M, Gereja Barat memerintahkan kepada umat Kristen untuk merayakan hari kelahiran Yesus, yang diambil dari hari pesta bangsa Roma yang merayakan hari “Kelahiran Dewa Matahari”. Sebab tidak seorangpun mengetahui hari kelahiran Yesus.”

      kata Iwan fals:

      Iya apa tidak” itu saja

    • saya setuju,
      syalom

  14. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren,

    -Yesus —> Tuhan Kristen
    -Mithra —> Dewa Persia Kuno
    -Osiris —> Dewa Mesir Kuno
    -Baachus —> Tuhan Yunani Kuno

    Tidak mungkin semuanya Tuhan kan?

    Cuman 1 saja yg Tuhan kan?

    Jadi, siapa niru siapa?

    Nah, cuman ada 1 opsi dari 4 yang diberikan.

    Hanya 1 yg asli/benar, pasti 3 yg salah.

    Sudah tentu saya pilih opsi 1, Yesus adalah Tuhan org Kristen karena saya org Kristen dan percaya Yesus adalah Tuhan saya.

    Kalian gimana?

    Masih ada 3 opsi yg lain.

    Oke, Chodet2 pilih opsi 2 iaitu Tuhan kamu ialah Mithra, dewa Persia kuno.

    Ayruel pilih opsi 3 iaitu Tuhan kamu ialah Osiris, dewa Mesir kuno.

    Terakhir, siapa ya…o iya, adi isa, kamu pilih opsi 4 (maap kamu ngga ada pilihan lagi), jadi Tuhan kamu ialah Baachus, Tuhan Yunani kuno.

    Maap, kayaknya kalian ngga percaya Allah swt itu Tuhan kalian, maka Allah swt kalin tidak paparkan di sini.

    Mr Allah, sori, you are unlucky this time.

    Tapi ngga papa Mr Allah.

    Tenang aja.

    Santai2 aja.

    Hepi-hepi gituh.

    Tunggu aja dateng di Wedul untuk membela kamu.

    Hehehe…

    Salam dalam ketidakbodohan yang lahir dari otak yg kurang cerdas akibat proses cuci otak di pesantren!

    • abdul

      tidak logic, hanya mengandalkan iman…..

      ingat loh yg berbicara di atas para ahli sejarah, bahkan ahli alkitab juga…..

      dimana kemampuan anda pak……..

      oh iya lupa… kemampuan anda jika di ajak dengan logika pasti kabur dan mengalihkan perhatian….

      coba anda bantah tulisan2 diatas……

      klo tidak sanggup katakan tidak lah….itu lebih jujur dan terhormat…..

  15. @Cosmicbrot
    Kenapa avatar sampean jadi kayak wajah mrongosss lagih… hahaha… kumat lagi sakit jiwanyah yah.. hehehe.

  16. @ Haniifa wa Fitri,

    Hahaha…

    Iya, gue khawathir ada yg cemburu dengan ke-ganteng-an gue…

    Jadi, avatarnya diubah…

    Tapi, sebetulnya nggalah.

    Sebetulnya, teman gue sarankan supaya gue hapuskan avatar itu kalo masih sayangkan leher.

    Jadi, gara2 ‘penjagaan Islam’ dan demi mau elamat gue terpaksa hapuskan…

  17. Fitri

    Pasti pastur jel yang saranin kan? Saya masih simpan lho fotomu, kalau ketemu kita makan bareng yuk di KFC. Orang Malaysia tidak anti Amerika kan?

  18. Fitri

    @hh
    Jangan cemburu dong, saya kan enggak naksir dengan cosmicboy walaupun dia ganteng.

  19. Ping-balik: Komentar Unik « Blog's Fietria

  20. CosmicBoy

    @ Fitri,

    KFC?

    Ehhhh, bosen?

    Gue senang dengan makanan indon, rica2 gituh, bakso? Bebek?

    I will be around Jakarta pada bulan Disember…semoga bisa ketemu di sana.

    Salam.

  21. CosmicBoy

    @ Fitri,

    Iya, gue kangen makanan indon…apa saja…malah terobsesi dengan makanan Jatim, Jabar, Bali, Batak, Menado, …pokoknya makanan indon.

    Kali ini gue ke Jakarta buat shopping…Xmas shopping gituh…gue ngga lupa oleh2 dari Jakarta & Bandung.buat temen2 Kristeni dan Muslim yg saya kenal.

    Salam.

  22. CosmicBoy

    @ hh,

    Salam buat bro.

    Hehehe…

    Belum sempat ke Medan.

    Tahun lalu waktu gue ke Penang Islands, rencananya mau ke sana…tapi berhalangan.

    Bulan November gue ke Kuala Lumpur, jadi mungkin juga ke Penang Islands (gue pernah tinggal di sana selama 3 tahun), jadi gue familiar dengan Penang.

    Semoga..kalo dilimpahkan rejeki, pasti gue ke sana.

    Salam.

  23. Fitri

    @cosmicboy
    Oh, begitu…..
    Pernah ke kalimantan tidak? Seperti kota Tarakan, Berau, Bulungan, atau kota Melak?

  24. Fitri

    @hh
    Sampaikan salamku pada kristen-kristen Batak itu ya? Sekarang saya lagi malas buat kesana, soalnya komenku banyak di moderasi dan tidak dikeluarkan. Kalau saya, komen seperti apapun akan saya loloskan asalkan jangan pakai nama saya dan nama mas chodet. Dulu pernah ada yang komen pakai nama saya dan nama mas chodet di blog ini, makanya komen tersebut masuk SPAM baru di edit, seperti fietria(palsu) dan chodet(palsu).

    • hh

      Ms. Fiet tampaknya masih harus lebih banyak belajar etika.

      Kristen kristen batak itu termasuk saya. Kalau saya yang sampaikan berarti saya tidak termasuk. Tidak mungkin bukan? Hehehe.

      Tetaplah kesana mbak. Jangan gara gara komentar dimoderasi, dihapus, dll. jadi malas ke sana.

      Salam

    • Fitri

      Soal etika juga saya tahu. Saya komen dengan kata-kata sopan, tapi mungkin karena enggak bisa jawab makanya komen aku di moderasi dan tidak dikeluarkan. Di blog chodet ini, apa pernah saya berkomen dengan menghina dan kata-kata kasar?

      Lagipula komen jakpurut selalu kasar dan menghina, tapi diloloskan begitu saja karena mereka seagama.

      Kalau saya enggak pilih kasih, walaupun ada komen yang menghina Islam akan saya loloskan karena gunanya blog adalah berdiskusi. Jadi komen seperti apapun harusnya bisa diterima dengan lapang dada, bukan dengan main moderasi atau spam.

  25. CosmicBoy

    @ Fitri,

    Ke Sarawak dan Sabah (Borneo), itu biasa (dalam rangka kerja).

    Sebetulnya saya mau juga ke Banjarmasin, Balikpapan dan Samarinda tapi belum punya masa.

    Lagian jaringan bisness gue ini di Jakarta-Malaysia (juga Sabah & Sarawak) dan Singapore.

    Jadi belum lagi.

    Puluhan kali saya nonton U-Tube mengenai keindahan kota Banjarmasin, Balikpapan dan Samarinda.

    Hmmmm, semoga rejeki gue bertambah tahun ini supaya saya bisa ke sana.

    Salam.

    • Fitri

      Kalau mampir ke samarinda, beritahu aku ya? Karena aku tinggal di samarinda sekarang ini, kalau bisa ya kita ketemu sekedar makan dan tidak membahas agama seperti di internet. Karena bisa jadi tontonan orang banyak kalau kita membicarakan agama.

  26. CosmicBoy

    @ abdul,

    tidak logic, hanya mengandalkan iman…..

    Hanya karena saya ngga mau meresponi kayak ahli sejarah bukan bermakna saya hanya mengandalkan iman.

    ingat loh yg berbicara di atas para ahli sejarah, bahkan ahli alkitab juga…..

    Maksud kamu admin?

    Yang benar dong?

    Tulisan kalian udah banyak dibantah/dicounter oleh sarjana2 Al-Kitab.

    Jadi, bisa cari di net.

    Capek deh kalo mau dikupas lagi.

    Kurang kerjaan.

    dimana kemampuan anda pak……..

    oh iya lupa… kemampuan anda jika di ajak dengan logika pasti kabur dan mengalihkan perhatian….

    coba anda bantah tulisan2 diatas……

    klo tidak sanggup katakan tidak lah….itu lebih jujur dan terhormat…..

    Dibantah apa mas?

    Itukan dakyah agama kalian, jadi bukan tulisan ilmiah.

    Itu saya udah maklumi.

    Yang isi2nya sampah, saya tidak akan tanggapi.

    Tapi kalo ada pertanyaan2 jujur, yakinlah saya akan menjawab semampunya.

    Harap dimengerti mas.

    Salam

  27. Ping-balik: Perbincanganku Dengan CosmicBoy « Blog's Fietria

    • CosmicBoy

      @ Fietria,

      Hehehe…nggalah.

      Saya malah senang diskusi sama kalian.

      Jadi, jiwa saya makin mencintai kalian.

      Gituh dong.

      Salam.

  28. CosmicBoy

    @ Fitri,

    Kalau mampir ke samarinda, beritahu aku ya?

    Semoga, if there is a will, there is a way.

    Karena aku tinggal di samarinda sekarang ini, kalau bisa ya kita ketemu sekedar makan dan tidak membahas agama seperti di internet. Karena bisa jadi tontonan orang banyak kalau kita membicarakan agama.

    Hehehe…makan aje dong, mau apa lagi?

    Lagian ngga usah takut, saya orang baik2 lho dan lemah lembut…

    Salam putri

  29. Fitri

    Oh..begitu.
    Sudah buka email dari ku?

  30. Fitri

    Gimana? Sudah dibaca? Btw, kamu sudah punya istri?

  31. hh

    Ms. Fitri sudah punya suami?

    Salam

    • Fitri

      Belum. Kenapa ya komentar aku dihapus terus sama Jephman? Memangnya saya salah apa ya? Apa karena tidak bisa menjawab? Lalu saya kirim email, juga tak dibalas. Tadi saya komen tentang ajakan kalian untuk mengajak saya makan, setelah saya komen langsung dihapus sama Jephman. Apa jephman tidak suka ya dengan saya? Apa sebesar itu kebencian Jephman dengan Islam, sampai-sampai saya dihalangi buat ikutan makan.

  32. CosmicBoy

    @ Fitri,

    Sabar Fitri.

    @ hh,

    Mas, coba nanya sama jephman kenapa sih gituh…mungkin ‘technical problems’ apa ya?

    Salam.

  33. CosmicBoy

    @ Fitri,

    <b. Bagi saya semua manusia sama saja koq.

    Darah kalian merah kayak saya (meskipun kalian Islam), tetap saya mengasihi kalian seperti diri saya sendiri.

    Jangan tersinggung putri, I am with you

    Salam.

    • hh

      Mantap brur…..

      Have no fear, Miss. Fiet, hh is here.
      Hahaha, ikutan sama mas Cosmic.

      Salam kosmos.

    • Fitri

      @CosmicBoy
      Tadi saya kirim email balasan lho, tentang yang kemarin sore. Sudah dilihat belum?

      Walau saya Islam, tapi saya kan Islam keturunan. Kalau zaman dahulu Islam tidak masuk di Indonesia, mungkin saya sekarang beragama Hindu. Karena Hindu agama asli suku Banjar dan Kutai, katanya Melayu juga termasuk.

      Kira-kira kalau saya masih Hindu, mungkin enggak ya Jephman masih rasis dengan saya?

      Sudahlah….maksud saya kalau debat agama jangan sampai dibawa ke dalam hati, cukup di internet saja.

    • Fitri

      @hh

      Thank you..

      Kamu baik juga ya orangnya sedari awal. Maafkan kalau saya ada salah kata-kata denganmu selama ini.

      Mas chodet sekarang lagi menghilang, saya tidak tahu dia lagi dimana. Apalagi setelah mas chodet menghilang, yang mengurus blog ini untuk menjawab komentar cuma saya dan Ayruel Chana. Jika ada komen masuk spam, saya dan Ayruel yang mengeluarkan. Ada lima kontributor di blog ini, tapi yang tiga orang jarang aktif juga.

      Ini nama 5 kontributor:
      1. Ayruel Chana
      2. Fitri
      3. Haniifa
      4. Filar Biru
      5. Wedul

  34. CosmicBoy

    @ Fitri,

    @CosmicBoy
    Tadi saya kirim email balasan lho, tentang yang kemarin sore. Sudah dilihat belum?

    O iya…nanti saya langsung ke sana.

    Walau saya Islam, tapi saya kan Islam keturunan. Kalau zaman dahulu Islam tidak masuk di Indonesia, mungkin saya sekarang beragama Hindu. Karena Hindu agama asli suku Banjar dan Kutai, katanya Melayu juga termasuk.

    Beda dengan saya putri, I am a Christian convert, jadi bukan Kristen keturunan gituh.

    O iya, org Melayu dulunya Hindu-Buddha…asal dari empayar Srivijaya…Islam datang, langsung rame2 mereka peluk Islam.

    Kira-kira kalau saya masih Hindu, mungkin enggak ya Jephman masih rasis dengan saya?

    Ginilah putri, saya juga ngga tau ngapa si jeph bersikap gituh. Yang pasti Kristen bukan rasis…jadi saya pikir mungkin karena si jeph tersinggung atau apa, mungkin kurang sabar gituh, atau mungkin kurang percaya dgn kejujuran muslim gituh…jadi reaksinya agak keras dan sepertinya kurang tolerer.

    Sebetulnya saya baru aje ke blognya jeph. Jadi kurang tau apa pokok permasalahannya.

    Semoga kalian bisa damai kembali dan lupakan sengketa lama, cuman diskusi koq…jadi jangan ada mau menjadi jagoan agama…menang sorak kampung tergadai…(apa artinya menang debat kalo Kristen mahupun Islam bermusuhan).

    Saya secara jujur (maap, mungkin saya kurang dewasa sebelum itu dlm hal ngebahas) hanya ke sini untuk menjawab persoalan2 tentang agama saya. Sebetulnya saya ngga minat ngebahas Islam atau mempersoalakan ajarannya.

    Semoga kita masing2 begitu.

    Sudahlah….maksud saya kalau debat agama jangan sampai dibawa ke dalam hati, cukup di internet saja.

    Benar putri, you are absolutely right.

    Oke putri, semoga bahagian hari ini.

  35. CosmicBoy

    @ Fitri,

    @CosmicBoy
    Tadi saya kirim email balasan lho, tentang yang kemarin sore. Sudah dilihat belum?

    O iya…nanti saya langsung ke sana.

    Walau saya Islam, tapi saya kan Islam keturunan. Kalau zaman dahulu Islam tidak masuk di Indonesia, mungkin saya sekarang beragama Hindu. Karena Hindu agama asli suku Banjar dan Kutai, katanya Melayu juga termasuk.

    Beda dengan saya putri, I am a Christian convert, jadi bukan Kristen keturunan gituh.

    O iya, org Melayu dulunya Hindu-Buddha…asal dari empayar Srivijaya…Islam datang, langsung rame2 mereka peluk Islam.

    Kira-kira kalau saya masih Hindu, mungkin enggak ya Jephman masih rasis dengan saya?

    Ginilah putri, saya juga ngga tau ngapa si jeph bersikap gituh. Yang pasti Kristen bukan rasis…jadi saya pikir mungkin karena si jeph tersinggung atau apa, mungkin kurang sabar gituh, atau mungkin kurang percaya dgn kejujuran muslim gituh…jadi reaksinya agak keras dan sepertinya kurang tolerer.

    Sebetulnya saya baru aje ke blognya jeph. Jadi kurang tau apa pokok permasalahannya.

    Semoga kalian bisa damai kembali dan lupakan sengketa lama, cuman diskusi koq…jadi jangan ada mau menjadi jagoan agama…menang sorak kampung tergadai…(apa artinya menang debat kalo Kristen mahupun Islam bermusuhan).

    Saya secara jujur (maap, mungkin saya kurang dewasa sebelum itu dlm hal ngebahas) hanya ke sini untuk menjawab persoalan2 tentang agama saya. Sebetulnya saya ngga minat ngebahas Islam atau mempersoalakan ajarannya.

    Semoga kita semua bisa de4wasa..

    Sudahlah….maksud saya kalau debat agama jangan sampai dibawa ke dalam hati, cukup di internet saja.

    Benar putri, you are absolutely right.

    Oke putri, semoga bahagia hari ini.

  36. CosmicBoy

    @ hh,

    Bro, harap dimengerti…I am living in a country where leaving one religion is considered a treason to my country, race and religion.

    Salam.

  37. hh

    Saya mengerti, bro Cosmic.

    Salam pengertian.

  38. tukiran

    ada apa ini…… ada apa ini…………… ada apa ini……….

  39. CosmicBoy

    @ Fitri,

    Jadi????

    Jadi saya anggap agama seseorang personal matter.

    Saya saya membela iman saya (Kristen) dan muslim membela imannya, itukan sah2 saja.

    Kalo ada orang Islam menulis secara salah tentang Kristen, menjadi tanggungjawab untuk Kristiani untuk membetulkan, demikian juga sebaliknya, asalnya semuanya dibuat secara santun dan tanpa mencerca, saya pikir itu haknya.

    Jadi, saya ngga suka mencerca tentang agama asal saya.

    Bagi yg sudah meninggalkan kekristenan, Hindu, Buddha atau Islam dan pindah agama, sebaik2nya nulislah tentang kebaikan agama barunya tanpa membawa2 kesalahan/mencerca agama lamanya.

    Setuju Fitri?

    Salam dan semoga bahagia selalu.

  40. mendingan masuk islam bisa ngentot sama banyak cewek, kapan lagi bisa ngentot sana-sini dengan alasan agama wkwkwkwkwk…

    HIDUP MAMAD NGENTOT PENNGILA MEMEK ANAK KECIL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s