20 KELEMAHAN MENDASAR “TUHAN YESUS”


Dua puluh pertanyaan berikut menunjukkan bahwa fakta dan Alkitab sama sekali menolak dugaan ketuhanan Yesus:

1. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mampu meng-kristen-kan umat Israel dimana ia menjalankan misi dan tugas keagamaannya?

Fakta: mayoritas umat Israel tetap beragama Yahudi hingga sekarang.

2. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia selama hidupnya hanya berkeliling di wilayah Israel saja, padahal manusia pada waktu itu sudah tersebar luas di seluruh penjuru bumi?

Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

3. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia melarang kedua belas muridnya untuk berdakwah ke negeri lain selain negeri Israel?

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke negeri orang-orang non Yahudi atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. (Matius 10:5-6 – DRB 1582, KJV 1611)

4. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia ketika tangan dan kakinya dipaku di tiang salib memohon pertolongan kepada Allah/Bapa?

Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Matius 27:46)

5. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia ketika hendak membangkitkan Lazarus dari dalam kubur di depan umat Israel memohon pertolongan kepada Bapa?

Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar!” Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” (Yohanes 11:41-44)

6. Jika Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, mengapa ia tidak mampu menyelamatkan dirinya dan kaumnya dari dominasi penjajah Romawi, tetapi malah ia diserahkan oleh penguasa Romawi (Pontius Pilatus) untuk disalibkan?

Lalu ia (Pontius Pilatus) membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan. Kemudian serdadu-serdadu wali negeri membawa Yesus ke gedung pengadilan, lalu memanggil seluruh pasukan berkumpul sekeliling Yesus. Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan jubah ungu kepada-Nya. Mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: “Salam, hai Raja orang Yahudi!” Mereka meludahi-Nya dan mengambil buluh itu dan memukulkannya ke kepala-Nya. Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian mereka membawa Dia ke luar untuk disalibkan. (Matius 27:26-31)

7. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat?

Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak (Yesus) pun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Matius 24:36)

8. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia sujud menyembah dan memohon perlindungan kepada Bapa?

…Maka mulailah Ia (Yesus) merasa sedih dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:37-39)

9. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena kejadiannya sebelum Abraham, mengapa Yeremia yang juga mengalami kehidupan sebelum manusia tidak menjadi Tuhan?

Firman TUHAN datang kepadaku (Yeremia), bunyinya: “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.” (Yeremia 1:4-5)

10. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia lahir tanpa ayah, mengapa Adam yang lahir ke dunia tanpa ayah dan ibu tidak menjadi Tuhan?

ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu (Adam) dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. (Kejadian 2:7)

11. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia lahir atas bantuan penuh Roh Kudus dari seorang perawan muda (Maria), mengapa Yohanes Pembaptis yang juga lahir atas bantuan penuh Roh Kudus dari seorang perempuan mandul yang tua bangka (Elisabet) tidak menjadi Tuhan?

Sebab ia (Yohanes Pembaptis) akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya. (Lukas 1:15)

12. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia memiliki mukjizat yang mampu menghilangkan berbagai penyakit dan mampu menghidupkan orang mati, mengapa Musa yang memiliki mukjizat jauh lebih dahsyat dari Yesus tidak menjadi Tuhan?

Lalu Musa mengulurkan tongkatnya ke langit, maka TUHAN mengadakan guruh dan hujan es, dan apipun menyambar ke bumi, dan TUHAN menurunkan hujan es meliputi tanah Mesir. Dan turunlah hujan es, beserta api yang berkilat-kilat di tengah-tengah hujan es itu, terlalu dahsyat, seperti yang belum pernah terjadi di seluruh negeri orang Mesir, sejak mereka menjadi suatu bangsa. (Keluaran 9:23-24)

Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. (Keluaran 14:21-22)

13. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia seorang Kristus (Mesias), mengapa kristus-kristus lain tidak menjadi Tuhan?

Kristus-kristus lain dalam Alkitab: Daud Kristus (Mazmur 2:2), Koresh Kristus (Yesaya 45:1), Saul Kristus (1 Samuel 10:1), Harun Kristus (Imamat 8:12), Elisa Kristus (1 Raja-raja 19:16), dan Salomo Kristus (1 Raja-raja 1:39).
Kristus (Yunani) = Mesias (Ibrani) = Yang diurapi.

14. Jika Yesus adalah Tuhan bagi ajaran Paulus, mengapa Yesus memerintahkan untuk menegakkan hukum Musa yang notabene bertentangan dengan ajaran Paulus?

“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:17-20)

Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. Lalu Yesus berkata kepadanya: “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.” (Matius 8:3-4)

Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. (Matius 23:1-3)

Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: “Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?” Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” (Yohanes 8:4-7)

15. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mampu mempengaruhi umat Israel untuk mengikuti ajarannya, padahal ia lahir, besar, dan mati di tanah Israel? (Bandingkan dengan ahli hipnotis Tommy Raphael yang mampu merubah perangai manusia dalam waktu sekejap!)

Lalu mereka (umat Israel) kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya.” Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mukjizat diadakan-Nya di situ. (Matius 13:57-58)

Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: “Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak.” Jawab Yesus: “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.” Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: “Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu?” Mereka menjawab dan berkata: “Ia harus dihukum mati!” Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia, dan berkata: “Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?” (Matius 26:63-68)

16. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia ketakutan menghadapi orang-orang Yahudi? (Bandingkan dengan firman Tuhan dalam Perjanjian Lama!)

Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. (Matius 12:14-15)

Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya. (Yohanes 7:1)

17. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak pernah menyatakan dirinya sebagai Tuhan Semesta Alam di depan umat Israel? (Bandingkan dengan firman Tuhan dalam Perjanjian Lama!)

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku (Yesus): Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23)

18. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia disetir oleh Allah/Bapa?

Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yag Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku. (Yohanes 5:30)

Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri. Barangsiapa berkata-kata dari diri-Nya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya. (Yohanes 7:16-18)

19. Jika Yesus adalah Tuhan menurut ajaran Paulus, mengapa Melkisedek yang memiliki kesetaraan dengan Yesus tidak menjadi Tuhan? (Jika Yesus adalah Tuhan, maka Melkisedek pasti Tuhan. Sebaliknya, jika Melkisedek bukan Tuhan, maka Yesus pun pasti bukan Tuhan).

Ia (Melkisedek) tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah (Yesus), ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.” (Ibrani 7:3)

20. Jika Yesus adalah Tuhan bagi umat Kristen, mengapa ia tidak pernah menurunkan satu kitab pun kepada umat Kristen sebagai pedoman hidup?

Tak satupun dari keempat Injil Kristen – Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes – ditulis oleh murid Yesus. Keempatnya ditulis oleh orang-orang yang tidak dikenal. Ini terbukti dari perbedaan-perbedaan narasi dan adanya kontradiksi diantara keempatnya, yang menunjukkan bahwa Injil-Injil tersebut ditulis atas inisiatif masing-masing penulisnya, bukan wahyu dan bukan pula atas perintah dari Yesus.

Kurun waktu penulisan Injil-Injil Kristen antara tahun 65 hingga 115 M, yakni sekitar 45 tahun setelah dugaan penyaliban Yesus untuk kompilasi awal Injil, atau sekitar 70 tahun setelah dugaan penyaliban Yesus untuk kompilasi akhir Injil. Sebuah rentang waktu Injil yang sangat lama yang tidak mungkin ia ditulis oleh murid Yesus!

Jika diasumsikan bahwa usia murid-murid Yesus sama dengan Yesus, dan bahwa Yesus disalib pada usia 33 tahun,** maka murid-murid Yesus untuk pertama kalinya menulis Injil pada usia 78 tahun dan rampung ketika usia mereka mencapai 103 tahun. Mustahil! Jika memang diperintahkan oleh Yesus, mengapa harus menunggu waktu selama itu untuk menulis Injil? Selengkapnya baca: Injil atau Dusta atau Kanonisasi_Injil.

Keterangan:

**Pengarang Kitab Lukas menempatkan pembaptisan Yesus pada tahun ke-15 pemerintahan Kaisar Roma Tiberius, dan saat Pontius Pilatus menjadi pejabat gubernur Yudaea (Lukas 3:1). Dalam hal ini dinyatakan bahwa Pontius Pilatus menjadi pejabat Yudaea dari tahun 26 hingga 36 M, dan bahwa Kaisar Tiberius menggantikan Kaisar Agustus pada tahun 14 M [Josephus F (1998); Asimov I (1969; Braid W (1971); Duncan GB (1971); Leon-Dufour X (1983)]. Oleh karenanya, jika kita menerima kronologi yang dibuat oleh pengarang Kitab Lukas, berarti Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis pada tahun 29 M, yakni ketika Yesus berumur kira-kira 30 tahun, dan pembaptisan tersebut menjadi titik tolak Yesus untuk memulai pekerjaannya sebagai seorang nabi (Lukas 3:23). Bahwa konon Yesus disalib pada masa pemerintahan Pontius Pilatus (Markus 15:5; Matius 27:26; Lukas 23:25; Yohanes 19:16), yang berarti waktunya tidak lebih dari tahun 36 M, dan dengan mengasumsikan bahwa peristiwa penyaliban terjadi pada pertengahan masa pemerintahan Pontius Pilatus, maka Yesus disalib pada usia kira-kira 33 tahun dengan mengemban misi kenabian hanya selama kira-kira 3 tahun!

95 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

95 responses to “20 KELEMAHAN MENDASAR “TUHAN YESUS”

  1. meski lama nggak nongol disini, tapi ternyata blog ini selalu saja mengusik hati untuk dilirik, nice posting mang chodet

  2. hh

    1. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mampu meng-kristen-kan umat Israel dimana ia menjalankan misi dan tugas keagamaannya?
    =>Bukan Tuhan tidak mampu, tetapi Tuhan tidak mau otoriter, tidak mau memaksa.

    Tuhan tidak menciptakan manusia itu seperti robot semuanya telah terprogram, tidak ada pilihan. Berbeda dengan manusia, Tuhan memberikan akal agar bisa menentukan sendiri apa yang akan dilakukan. Mau menurut Tuhan atau tidak, tergantung dari keputusan manusia itu sendiri.
    Apakah Adam dan Hawa jatuh dalam dosa karena Tuhan tidak mampu mencegahnya? Tentu tidak.

    Fakta: mayoritas umat Israel tetap beragama Yahudi hingga sekarang.
    =>Sekali lagi, itu adalah pilihan dari bangsa Israel sendiri.
    _____
    2. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia selama hidupnya hanya berkeliling di wilayah Israel saja, padahal manusia pada waktu itu sudah tersebar luas di seluruh penjuru bumi?
    =>Karena misi utamanya adalah untuk melaukan penebusan, sedangkan untuk melakukan pemberitaan penebusan itu Yesus telah mempersiapkan murid-muridnya.
    Dalam Matius 28:19, Yesus menegaskan kembali agar murid-muridnya pergi ke seluruh dunia untuk memberitakan berita penebusan itu.

    Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)
    =>Jawaban tersebut adalah sebagai templakan kepada murid-murid Yesus yang sampai pada saat itu belum mengerti akan misi penebusan yang akan dilakukan oleh Yesus: untuk menyelamatkan seluruh umat manusia, bukan bangsa tertentu. Sampai pada saat itu murid-murid Yesus masih percaya bahwa kelepasan itu hanya bagi bangsa Israel sendiri. Itulah sebabnya murid-murid itu meminta kepada Yesus agar menyuruh wantia itu pergi, karena wanita itu bukan wanita Israel.
    Meskipun jawaban Yesus kelihatan seperti sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran bangsa Yahudi dan juga murid-muridNya, bahwa kelepasan itu hanya berlaku bagi bangsa Israel, hal itu adalah untuk menemplak ketidak pengertian mereka akan apa yang sudah sering diajarkan oleh Yesus kepada mereka bahwa tujuanNya datang ke dunia ini adalah untuk menyelamatkan semua orang yang mau menerima Dia.
    =>Jawaban itu juga adalah parallel dengan jawaban Yesus terhadap wanita tersebut yang tujuannya untuk menguji iman dari wanita tersebut.
    Aku hanya diutus bagi bangsa Israel = (parallel dengan):Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak anak dan melemparkannya kepada anjing.
    Tetap lihat, iman dari ibu itu sangat teguh dengan menjawab: Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah remah yang jatuh dari meja tuannya.
    Setelah itu Yesus memberkati wanita itu dengan menyembuhkan anaknya.
    _______
    3. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia melarang kedua belas muridnya untuk berdakwah ke negeri lain selain negeri Israel?
    Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke negeri orang-orang non Yahudi atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. (Matius 10:5-6 – DRB 1582, KJV 1611)
    =>Itulah strategi yang diterapkan oleh Yesus mempersiapkan murid-muridNya dalam misi pekabaran injil keselamatan itu.
    Sebagai latihan pertama dari menjalankan tugas pemberitaan itu, Yesus memberlakukan:
    -Murid-murid itu diutus berdua dua agar saling menguatkan satu sama lain.
    2-Mereka diutus hanya ke tempat mana Yesus telah pergi sebelumnya, yaitu sekitar tanah Israel, dimana mereka telah dikenal. Karena ini adalah latihan pertama, adalah tidak efektif bilamana langsung pergi keluar dari bangsa Israel.
    Ada pepatah: Who begins too much accomplishes little. =>Tidak baik langsung mencakup daerah yang sangat luas, daerah-daerah sekitar dulu.
    ________
    4. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia ketika tangan dan kakinya dipaku di tiang salib memohon pertolongan kepada Allah/Bapa?
    Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Matius 27:46)
    =>Sebagai manusia, Yesus selalu menunjukkan ketergantunganNya kepada Tuhan dalam keadaan apapun. Sebagai manusia sama seperti kita ini, Yesus mengalami kengerian (betapa sakitnya) hukuman tersebut.
    ______
    5. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia ketika hendak membangkitkan Lazarus dari dalam kubur di depan umat Israel memohon pertolongan kepada Bapa?

    Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar!” Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” (Yohanes 11:41-44)
    =>Jawabannya ada di dalam Yoh 11:42, Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
    Yesus boleh saja mempergunakan Ke-IlahianNya setiap saat tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu dari Bapa. Tetapi, supaya orang disekeliling itu terutama tua tua bangsa Israel mengetahui bahwa Yesus tidak melakukan sendiri tugas itu, tetapi secara kerja sama, maka Yesus melakukan hal tersebut.
    __________
    6. Jika Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, mengapa ia tidak mampu menyelamatkan dirinya dan kaumnya dari dominasi penjajah Romawi, tetapi malah ia diserahkan oleh penguasa Romawi (Pontius Pilatus) untuk disalibkan?
    Lalu ia (Pontius Pilatus) membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan. Kemudian serdadu-serdadu wali negeri membawa Yesus ke gedung pengadilan, lalu memanggil seluruh pasukan berkumpul sekeliling Yesus. Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan jubah ungu kepada-Nya. Mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: “Salam, hai Raja orang Yahudi!” Mereka meludahi-Nya dan mengambil buluh itu dan memukulkannya ke kepala-Nya. Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian mereka membawa Dia ke luar untuk disalibkan. (Matius 27:26-31)
    =>Karena misi Yesus bukanlah untuk melepaskan bangsa Israel dari penjajahan, tetapi untuk MELAKUKAN PENEBUSAN bagi umat manusia.
    Hal terjajah tidaknya bangsa Israel oleh bangsa lain tergantung atas ketaatan mereka kepada Tuhan. Perhatikanlah sejarah bangsa itu, setiap kali mereka bergantung sepenuhnya kepada Tuhan, tidak satu bangsapun yang bisa mengalahkan mereka, tetapi setiap mereka menjauh dari Tuhan, mereka pasti akan dikuasai oleh bangsa lain, ditawan, bahkan runtuh sebagai suatu kerajaan.
    —-
    tetapi malah ia diserahkan oleh penguasa Romawi (Pontius Pilatus) untuk disalibkan?
    =>Yang menyerahkan Yesus untuk disalibkan bukanlah penguasa Romawi, tetapi bangsa Israel lah yang menyerahkan Yesus kepada penguasa Romawi untuk diadidil dan dihukum.
    ___________
    7. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat?
    Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak (Yesus) pun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Matius 24:36)
    =>Sebagai manusia, wajarlah bila Yesus tidak mengetahui Hari H dan Djam D dari hari kiamat tersebut. Tetapi lihat, Yesus telah menjelaskan dengan rinci kepada murid-muridnya akan tanda tanda hari kiamat tersebut. (Baca Matius 24)
    ___________
    8. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia sujud menyembah dan memohon perlindungan kepada Bapa?
    …Maka mulailah Ia (Yesus) merasa sedih dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:37-39)
    =>Didalam melakukan misi penyelamatan itu, Tuhan tidak dapat mati untuk menggantikan kematian yang akan dialami oleh manusia kelak di hari penghukuman, itulah sebabnya Tuhan harus mengambil rupa manusi; menjadi manusia seratus persen.

    Yesus telah melihat/mengetahui kesengsaraan/penderitaan yang akan Dia alami, tentu sebagai manusia, Yesus merasa sedih dan gentar menghadapi kesengsaraan itu. Itulah sebabnya Yesus berdoa seperti itu, bila mungkin, agar penderitaan itu tidak terjadi.
    ____
    9. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena kejadiannya sebelum Abraham, mengapa Yeremia yang juga mengalami kehidupan sebelum manusia tidak menjadi Tuhan?
    Firman TUHAN datang kepadaku (Yeremia), bunyinya: “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.” (Yeremia 1:4-5)
    =>Jangan salah mengerti akan ayat tersebut diatas. Tidak ada disebutkan dalam ayat itu bahwa Yeremia mengalamai kehidupan sebelum manusia. Ayat itu menekankan Kemahatahuan Tuhan, dan juga menekankan bahwa sebelum Yeremia menjadi janin di dalam rahim ibunya, Tuhan telah mengenalnya, dan setelah menjadi janin di dalam rahim ibunya, Tuhan telah menguduskannya.
    ___________
    10. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia lahir tanpa ayah
    =>Apa alasan anda mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan oleh karena Ia lahir tanpa ayah?Bolehkah anda menunjukkan ayat alkitab yang menyatakan: Karena Yesus lahir tanpa ayah, maka dia menjadi Tuhan?

    mengapa Adam yang lahir ke dunia tanpa ayah dan ibu tidak menjadi Tuhan?
    =>Karena tidak ada peraturan seperti itu, bahwa bila ada yang lahir tanpa ayah akan menjadi tuhan atau akan dijadikan tuhan.
    Lagipula, Adam tidak pernah dilahirkan, melainkan diciptakan (dibentuk langsung dari tanah dan diberikan nafas kehidupan)
    Perhatikan ayat ini: ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu (Adam) dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. (Kejadian 2:7)
    __________
    11. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia lahir atas bantuan penuh Roh Kudus dari seorang perawan muda (Maria), mengapa Yohanes Pembaptis yang juga lahir atas bantuan penuh Roh Kudus dari seorang perempuan mandul yang tua bangka (Elisabet) tidak menjadi Tuhan?
    =>Tidak ada ayat yang mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan oleh karena Ia lahir atas bantuan penuh Roh Kudus.
    =>Yesus bukan diangkat menjadi Tuhan, tetapi Dia adalah Tuhan, yang telah menjadi manusia (mengambil rupa manusia) untuk melakukan penebusan manusia dari pehukuman akibat dosa.
    __________
    12. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia memiliki mukjizat yang mampu menghilangkan berbagai penyakit dan mampu menghidupkan orang mati, mengapa Musa yang memiliki mukjizat jauh lebih dahsyat dari Yesus tidak menjadi Tuhan?
    =>Jawaban serupa seperti di point 11.
    =>Perhatikan dengan baik Kel 9: 23, 24 tersebut, Musa hanya mengulurkan tongkatnya ke langit, Tuhan yang mengadakan guruh dan hujan es dan api.

    Demikian pula dalam Kel 14:21, 22, Tuhanlah yang menguakkan air, bukan Musa. Sedangkan mukjizat yang dilakukan oleh Yesus adalah dari Dia sendiri, karena Dia adalah Tuhan.
    Lalu Musa mengulurkan tongkatnya ke langit, maka TUHAN mengadakan guruh dan hujan es, dan apipun menyambar ke bumi, dan TUHAN menurunkan hujan es meliputi tanah Mesir. Dan turunlah hujan es, beserta api yang berkilat-kilat di tengah-tengah hujan es itu, terlalu dahsyat, seperti yang belum pernah terjadi di seluruh negeri orang Mesir, sejak mereka menjadi suatu bangsa. (Keluaran 9:23-24)
    Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. (Keluaran 14:21-22)
    __________
    13. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia seorang Kristus (Mesias), mengapa kristus-kristus lain tidak menjadi Tuhan?
    =>Bukan karena Dia adalah Mesias maka Dia adalah Tuhan, tetapi sebaliknya, karena Dia adalah Tuhan, meka dia menjadi Mesias. Yesus menjadi Mesias karena Dia adalah Tuhan dan menjadi manusia untuk melakkan penebusan.

    Karena yang berhak menebus adalah pemilik, dan pemilik manusia adalah Tuhan, maka Tuhanlah yang menebus, dan dalam penebusan itu terlebih dulu harus menjadi manusia, maka sebagai manusia Dia diberi nama Yesus.

    Kristus-kristus lain dalam Alkitab: Daud Kristus (Mazmur 2:2), Koresh Kristus (Yesaya 45:1), Saul Kristus (1 Samuel 10:1), Harun Kristus (Imamat 8:12), Elisa Kristus (1 Raja-raja 19:16), dan Salomo Kristus (1 Raja-raja 1:39). Kristus (Yunani) = Mesias (Ibrani) = Yang diurapi.
    =>Bukan setiap yang diurapi otomatis menjadi mesias, tetapi setiap orang yang akan melakukan tugas tertentu harus diurapi, termasuk Yesus sebagai Mesias.
    __________
    14. Jika Yesus adalah Tuhan bagi ajaran Paulus, mengapa Yesus memerintahkan untuk menegakkan hukum Musa yang notabene bertentangan dengan ajaran Paulus?
    “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:17-20)
    Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. Lalu Yesus berkata kepadanya: “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.” (Matius 8:3-4)
    Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. (Matius 23:1-3)
    Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: “Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?” Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” (Yohanes 8:4-7)
    =>Ayat ayat ini tidak menunjukkan pertentangan antara ajaran Yesus dengan ajaran Paulus. Mungkin anda salah mengutip ayat, sehingga saya tidak bisa menanggapinya.
    ______________
    15. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mampu mempengaruhi umat Israel untuk mengikuti ajarannya, padahal ia lahir, besar, dan mati di tanah Israel? (Bandingkan dengan ahli hipnotis Tommy Raphael yang mampu merubah perangai manusia dalam waktu sekejap!)
    =>Pertanyaan ini sama dengan pertanyaan pada poin 1.
    Lalu mereka (umat Israel) kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya.” Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mukjizat diadakan-Nya di situ. (Matius 13:57-58)
    Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: “Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak.” Jawab Yesus: “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.” Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: “Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu?” Mereka menjawab dan berkata: “Ia harus dihukum mati!” Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia, dan berkata: “Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?” (Matius 26:63-68)
    =>Yang perlu dipertanyakan dalam ayat ini adalah: Mengapa bangsa Israel mengaeraskan hatinya tidak mau menerima Yesus?
    ________________
    16. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia ketakutan menghadapi orang-orang Yahudi? (Bandingkan dengan firman Tuhan dalam Perjanjian Lama!)
    Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. (Matius 12:14-15)
    Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya. (Yohanes 7:1)
    =>Yesus menyingkir dari sana bukan karena ketakutan, tetapi karena waktunya belum tiba.
    =>Cobalah bandingkan ketika Yesus hendak ditangkap di taman Getsemane, hanya menjawab pertanyaan orang orang yang hendak menangkapnya, orang orang itu semua jatuh terjerambab. Apa yang perlu ditakuti oleh Yesus?______________
    17. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak pernah menyatakan dirinya sebagai Tuhan Semesta Alam di depan umat Israel? (Bandingkan dengan firman Tuhan dalam Perjanjian Lama!)
    =>Yesus sering mengatakannya.
    =>Tanpa disebutkan pun bahwa Yesus adalah Tuhan, bangsa Israel sebenarnya sudah tau bahwa Yesus adalah Tuhan, tetapi karena mereka mengeraskan hati mereka, mereka tidak menerimanya.
    Upacara keagamaan bangsa Israel adalah upacara harian korban bakaran pagi dan petang, dan upacara tahunan korban paskah. Semuanya itu adalah melambangkan penebusan yang akan dilakukan.
    Sudah tentu, mereka melakukan itu bukanlah tanpa pengertian yang mendasar. Mereka mengerti dengan benar, bahwa upacara korban sembelihan itu adalah melambangkan pengorban untuk melepaskan manusia dari kematian kekal. Demikian juga dengan upacara tahunan; upacara korban paskah, mereka menyadari betul, bahwa sama seperti perayaan paskah pertama kali sewaktu masih di Mesir, sebagaimana darah domba paskah yang dibubuhkan diatas ambang pintu melepaskan bangsa Israel dari kematian, demikian jugalah darah Kristus sebagai domba paskah yang sebenarnya, akan melepaskan setiap manusia yang menerimanya.
    1 Korintus 5:7, Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.

    Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku (Yesus): Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23)
    =>Pengertian dari ayat di atas:
    a. banyak orang akan berseru kepada Yesus: Tuhan, Tuhan,
    =>Tentu orang berseru Tuhan kepada Yesus karena Yesus menyatakan bahwa Dia adalah Tuhan.
    b. Tidak otomatis orang berseru Tuhan, Tuhan, kepada Yesus akan masuk sorga, tetapi selain berseru Tuhan, Tuhan, juga harus melakukan kehendak Tuhan: Mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama manusia.
    _____________
    18. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia disetir oleh Allah/Bapa?
    Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yag Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku. (Yohanes 5:30)
    =>Hal itu bukan berarti disetir, tetapi menunjukkan bahwa Yesus sebagai Tuhan tidaklah bertindak atas dirinya sendiri, melainkan atas kerjasama dari ketiga-tiganya Oknum Tuhan.
    Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri. Barangsiapa berkata-kata dari diri-Nya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya. (Yohanes 7:16-18)
    ________
    19. Jika Yesus adalah Tuhan menurut ajaran Paulus, mengapa Melkisedek yang memiliki kesetaraan dengan Yesus tidak menjadi Tuhan? (Jika Yesus adalah Tuhan, maka Melkisedek pasti Tuhan. Sebaliknya, jika Melkisedek bukan Tuhan, maka Yesus pun pasti bukan Tuhan).
    Ia (Melkisedek) tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah (Yesus), ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.” (Ibrani 7:3)
    =>Melkisedek adalah melambangkan Yesus. Yesus adalah Imam untuk selama lamanya.
    ___________
    20. Jika Yesus adalah Tuhan bagi umat Kristen, mengapa ia tidak pernah menurunkan satu kitab pun kepada umat Kristen sebagai pedoman hidup?
    =>Kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes adalah Hidup dan Ajaran Yesus (life and teaching of Jesus Chirst).
    Selama hidup di bumi ini, Yesus telah menghidupkan suatu kehidupan yang berkenan kepada Tuhan. Bergantung sepenuhnya kepada Tuhan (mengasih Tuhan) dan mengasihi manusia, dan yang paling utama adalah mati untuk menggantikan manusia berdosa mengalami kematian kekal sebagai upah dosa.
    Keseluruhan itu telah dihidupkan oleh murid-muridNya, diberitakan, dan dibukukan.
    Kurang apa lagi?
    Haruskah buku itu diturunkan sesuai dengan kehendak anda? Kalau ya, bagaimana seharusnya buku itu diturunkan?
    Tak satupun dari keempat Injil Kristen – Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes – ditulis oleh murid Yesus. Keempatnya ditulis oleh orang-orang yang tidak dikenal. Ini terbukti dari perbedaan-perbedaan narasi dan adanya kontradiksi diantara keempatnya, yang menunjukkan bahwa Injil-Injil tersebut ditulis atas inisiatif masing-masing penulisnya, bukan wahyu dan bukan pula atas perintah dari Yesus.
    =>Mengapa lagi harus diwahyukan? Yesus sudah melakukan dan mengajarkan sendiri. Apa yang sudah dihidupkan dan diajarkan oleh Yesus, itulah yang diberitakan oleh murid-muridNya dan dibukukan. .
    Kurun waktu penulisan Injil-Injil Kristen antara tahun 65 hingga 115 M, yakni sekitar 45 tahun setelah dugaan penyaliban Yesus untuk kompilasi awal Injil, atau sekitar 70 tahun setelah dugaan penyaliban Yesus untuk kompilasi akhir Injil. Sebuah rentang waktu Injil yang sangat lama yang tidak mungkin ia ditulis oleh murid Yesus!
    =>Peristiwa penyaliban Yesus sendiri anda sudah mengatakan merupakan suatu dugaan, tentu gampang saja bagi anda untuk mengada-adakan sesuatu yang tidak ada.
    Jika diasumsikan bahwa usia murid-murid Yesus sama dengan Yesus, dan bahwa Yesus disalib pada usia 33 tahun,** maka murid-murid Yesus untuk pertama kalinya menulis Injil pada usia 78 tahun dan rampung ketika usia mereka mencapai 103 tahun. Mustahil! Jika memang diperintahkan oleh Yesus, mengapa harus menunggu waktu selama itu untuk menulis Injil? Selengkapnya baca:
    =>Bukan hal penulisan itu yang terpenting, tetapi adalah hal pemberitaan kepada seluruh lapisan masyarakat dan seluruh dunia. Setelah murid-murid mendapat kecurahan Roh Kudus, saat itu juga mereka mengabarkan berita keselamat itu. Tentang penulisan, boleh kapan saja dan dimana saja.

    salam

    • ngaco banget loe ngomongnya hehehehe😀

      loe udah jadi jesus ya?😀

    • John-Taylor

      TERIMA KASIH JAWABAN hh CUKUP BERANI TAPI SAYANG JUSTRU MEMPERLEMAH POSISI YESUS.

      Contoh, Yesus manusia seperti kita.., Yesus meminta bantuan Bapa…., Yesus takut dan kuatir. Yesus Mati.

      Justru manusia, minta bantuanm takut, kuatir, tidak tahu, mati dll adalah sama sekali tidak menunjukan bahwa Yesus Tuhan. Anehnya hh tidak menunjukan sifat keTuhanan Yesus sama sekali, malah mengutip Matius yang murid Paulus.

      Tolong tunjukan apakah ada yang sama ajaran Yesus dan ajaran Paulus….!!!

      Saya tertarik sama Islam karena kesederhanaan teologinya. dan saya mau banyak belajar di sini

    • redribbon

      1. oke bisa diterima kalo argumennya seperti itu
      2. sedikit bisa diterima juga mas bro
      3. oke strategi kalo ini (mirip2 ama marketing) bisa diterima
      4. Point penting nya bukan yesus merasakan sakit apa engga mas bro, tapi lebih ke kenapa dia memohon kepada Tuhan? kan dia sendiri Tuhan???
      5. maksudnya kerja sama yesus dengan Tuhan bapa ya mas bro? berarti kan jelas dong Tuhan itu sendiri Yesus itu sendiri.. kan katanya Bapa = Yesus = Roh kudus? gimana bisa Bapa kerja sama dengan Yesus kan mereka 1 orang?
      6. Point pentingnya kembali bukan siapa yang menyerahkan Yesus, tapi kenapa Yesus tidak bisa menolong dirinya sendiri? jika niatnya agar terlihat seperti manusia jadi tidak terlihat kegemparan karena kuasa Yesus yang begitu besar… maka bukannya Tuhan juga bisa memberi kebaikan dengan Roh Kudusnya agar orang tersadar dan memperoleh Hidayah…. dan Yesus selamat dari hukuman salib… jika Yesus melakukan ini (jika dia Tuhan) maka dia tidak perlu disalib, orang Romawi pun dengan Kuasa Roh Allah masuk kristen dengan kesadarannya sendiri. Jika dimaksudkan Yesus harus mati untuk menebus dosa maka apakah Yesus sendiri pernah berkata “Aku harus mati ditiang salib agar dosa semua umat terampuni” ? satu hal lagi yang agak ribet dikepala q… dia kan Tuhan? kenapa harus repot lahir, disiksa dan mati ditangan manusia dengan tujuan agar dosa umatnya terampuni? kenapa tidak langsung diampuni aja? kan dia Tuhan? apa menurut orang Kristen jadi ga dramatis (jiah emang sinetron) kalo langsung maen ampuni gitu aja???
      7. Jika tanda2 saja maka Muhammad bisa menyebutkan hal yang sama bahkan lebih detail… kalo Yesus jadi Tuhan dikarenakan mengetahui tanda2 maka Muhammad juga Tuhan…
      8. Maksudnya bagemana nie? Tuhan menggantikan kita dalam kematiannya agar kita tidak terkena hukuman pada hari akhir nanti. begitu??? nah sadar ga kalo jawabannya seperti ini sama dengan Yesus bukan Tuhan… lha kalo dia menggantikan hukuman berarti kan ada yang menghukum? jangan bilang dia menghukum dirinya sendiri karena tambah ga masuk akal… Mana ada Tuhan menghukum dirinya sendiri? Tuhan salah dong sampe dia menghukum dirinya sendiri? (tulisan point 8 ini monggo dicerna dulu ya baik2… )
      9. point nomer 9 ini sanggahannya baik, saya setuju dengan anda… Tuhan sudah mengenal siapapun sejak dia blum dilahirkan…. (ya iyalah masa sang pencipta ga kenal ama yang diciptakannya)
      10. Karena tidak ada peraturan seperti itu, bahwa bila ada yang lahir tanpa ayah akan menjadi tuhan atau akan dijadikan tuhan –> berarti Yesus ga bisa dianggap Tuhan kan karena semata dia lahir tanpa Ayah? karena kelahiran dia yang kudus tanpa ayah suatu mukzizat bukan tanda2 ketuhanan
      11. hmmm.. jika saya berpikiran seperti orang kristen (jaman sekarang) maka jawaban ini benar…. tapi jika saya berpikiran sebagai muslim maka saya bilang manusia lahir didunia sebagai makluk yang suci, tanpa dosa… pernyataan saya manusia lahir dibumi suci bisa dilihat dari Al Quran dan Al Kitab Injil… (ya injil juga berkata manusia lahir itu suci tanpa dosa)
      12. berarti Musa juga Tuhan dong? kan dia juga berlaku sama dengan Yesus (ingat yesus tidak pernah mengaku kalo dia Tuhan, beliau selalu bilang dengan kuasa Bapa, aq mengusir roh dengan kuasa Allah)… apa bedanya?
      13. nah berarti Yesus juga ga bisa dianggap tuhan karena dia seorang Mesias kan?
      14. mas bro.. baca alkitab please… maka anda tahu pertentangannya…
      Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Hukum ajaranTaurat itu tidak boleh makan babi, alkohol, berzina.dll. Apakah umat kristen sekarang pada mengharamkan Babi? pada ga minum Alkohol? (kalo berzina ini tergantung iman karena tidak semua umat kristen suka zina) nah monggo di buka al kitabnya, jangan cuma dibawa2 aja tapi dibaca juga. gampangnya gini kalau loe kaga ngerti mana hukum taurat mana hukum yesus.. hukum taurat itu perjanjian lama, hukum yesus itu perjanjian baru.
      15. berarti Roh Kudus ga ada gunanya, betul ga? tapi okedeh anggap saja mereka belum dapet hidayah dari Roh Kudus
      16. ini namanya pertentangan mas bro… disatu sisi dia takut sama manusia, di satu sisi lagi beliau brani, bahkan cuma dengan kata2 saja semuanya terjerembab… salah satu bener tidak mungkin 2 2 nya bener ato 2 2 nya salah… gampangnya Tuhan maha Perkasa tapi tidak mungkin sekaligus Tuhan Maha Penakut… Tuhan apa yang maha penakut????
      17.”Tentu orang berseru Tuhan kepada Yesus karena Yesus menyatakan bahwa Dia adalah Tuhan”. kalimat tersebut kan kesimpulan ente sendiri… sekarang sebutkan bukti yang otentik bahwa yesus = Tuhan dalam Al Kitab.. kalo diperbandingkan dengan di Al quran maka Quran menyebutkan ” Akulah Tuhan (Allah) mencipta bumi dan alam semesta” dan ayat lain mengatakan ” Akulah Tuhan sembahlah aq” .. nah sekarang di Alkitab tolong sebutkan ayat yang menyatakan Aku (Yesus) adalah Tuhan, maka sembahlah aq… ato yang mirip2 dengan itu juga boleh yang intinya adalah Yesus adalah Tuhan
      18. jawaban yang tidak masuk akal lainnya, Kerjasama atas ketiganya itu bagaimana maksudnya? Mungkinkah Yesus minta tolong pada Bapa (yang notabene sebenernya dirinya sendiri?) hal itu bisa jika Yesus hilang ingatan.. gampangnya jika kamu dirumah dipanggil anton dan di kantor dipanggil tony (secara nama lengkapmu antony) apakah jika Tony lagi sibuk ngurusi klien maka Tony bisa truz minta bantuan sama anton untuk mengurusi urusan Tony???? jelas ga bisa mas bro…. kan Tony adalah Anton? anton adalah Tony…
      19. “Melkisedek adalah melambangkan Yesus?seperti garuda melambangkan pancasila gitu ya mas bro…kalau ksus garuda dan pancasila kita sering menyebut dasar negara kita apa? maka jawabnya garuda pancasila… berarti jika ditanya Tuhan umat kristen apa? maka Melkisedek Yesus… betul ga?
      20. nah anda sendiri bilang Injil matius lucas adalah Life and teaching of Jesus Chirst. ya kira2 sama dengan hadis kami…. Life and teaching of Muhammad… bahasa kerennya Biografi… sekarang jika Yesus memiliki Beografi yang ditulis menjadi injil seharusnya umat Kristen harus punya 1 kitab lagi yang lebih hebat dari Injil sebagai dasar hukum ber masyarakat, hukum jual beli, hukum pernikahan dan tata caranya yang ditulis oleh Yesus sendiri atau dengan kata lain Injil Yesus… ya pemikiran ini dikarenakan kita umat muslim tidak bisa hidup dengan mengandalkan hadis saja, kita membutuhkan Al Quran sebagai dasar hidup kami

    • Vic

      bravo my bro.. mantabh yo..:D
      hanya sekadar tambahan bro.. menurut ai nih..
      YESUS adalah lambang kasih ALLAH BAPA di SORGA yang hidup.
      Seperti YESUS-lah seharusnya kita, hidup berserah hanya kepada BAPA di Sorga,
      tidak akan ada penjelasan secara logic mengenai kebenaran YESUS, karena itu adalah kepercayaan, dan kepercayaan itu adalah sesuatu hal yang unlogic, dan akan selalu ada pertentangan bagi-NYA karena memang begitulah adanya, bahwa YESUS sudah dinubuatkan sebagai sosok yang akan menimbulkan banyak pertentangan di Israel, dan itu terjadi, bahkan sampai saat ini.
      Ingatlah apa yang dikatakan YESUS kepada murid-NYA Thomas,
      Yohanes 20:29 – Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”
      melihat bisa diartikan mengetahui, hal inipun sudah dinubuatkan,
      yang penting dalam kehidupan ini adalah, berlakulah kasih, sesuai dengan kasih KRISTUS YESUS,
      Buat apa hidup dalam kebenaran yang sesuai dengan logika, diakui dunia, bahkan dikagumi dunia, tapi tidak berlaku kasih?
      Kita adalah manusia yang hidup karena belas kasih BAPA di SORGA, dan YESUS KRISTUS adalah lambang kasih BAPA di SORGA terhadap kehidupan umat manusia.
      Tidak akan ada yang mampu memahami ini secara logic, sampai segala sesuatunya terungkap.

    • Kristen adalah gol Musyrik moderen

      kalau yesus ga berdaya selalu kristen beralasan dia lg jadi manusia 100%(tapi yang membingungkan kok masih dianggap tuhann juga walau 100% sedang jd manusia), sebaliknya kalau lg berdaya yesus dikatakan tuhan, mutar-mutar membingungkan, alasan konyol dipertahankan, wkwkwkwkwkwk

  3. hh

    Ngaconya dimana, Mr. Benhur?

    salam

    • Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat?
      Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak (Yesus) pun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Matius 24:36)
      =>”Sebagai manusia”, wajarlah bila Yesus tidak mengetahui Hari H dan Djam D dari hari kiamat tersebut. Tetapi lihat, Yesus telah menjelaskan dengan rinci kepada murid-muridnya akan tanda tanda hari kiamat tersebut. (Baca Matius 24)

      Disitu, anda sendiri mengakui bahwa Yesus sebagai manusia “BUKAN TUHAN”.
      mengenai tanda-tanda Nabi Muhammad pun sudah memberitahu lewat hadist-hadistnya, tp beliau tidak mengklaim bahwa ia adalah tuhan.

  4. san

    bagian yang ini sepertinya tidak ada

    “Yesus bangkit dari Kematian”

  5. Roy Rey

    Hihihihi….yesus ga bakal bangkit… dia mau bobo ajah…..
    Met bobo yesus….

  6. Firmansyah

    Yesus melarang makan babi, tapi umat kristen malah makan b a b i, 10 perintah Tuhan sudah ditinggalkan oleh umat kristen.

    Wahai umat kristiani,Ikutlah perintah nabi Isa dan jangan ikuti ucapan paulus.

    • biasa lah bro…..!!!! pengikut yesus itu kan kelaparen…..!!!maen tebas aja…..!!!! hampir saja yesus yg d mkan nya….!!! padahal pengikut nya sudah siap2 membakar nya seprti babi guling….!!!! siap di salib tu…hehehehe

  7. Muhamad anak durhaka

    Muhamad.. Bodoh.. Suka ngentot.. Masa istri anaknya diambil??

  8. Muhamad anak durhaka

    @Firman_ jangan sok tau.. Coba kamu bka kitab korintus.. Manusia dulu knpa dlarang mkan babi? Karna jaman dulu tdak secanggih jaman skarang.. Tidak steril

    • Muhammad rasul ngentot memek fitri

      namanya aja muhammad mana tahu teknologi masa kini, kencing aja belum lurus!!!!

    • yesus sering masturbasi....

      yg penting kan gk boleh makan babi tp knp msh mkn babi ber arty gk nurut peintah tuhan dosanya gde ….. itu.. walaupun steril gk steril low babi itu membawa penyakit…. tau…. low kali yg ketinggalan jaman…. gak tau teknologi jmn sekarang ingat

    • redribbon

      berarti yang nulis ayat dalam Al kitab yang notabene adalah Tuhan sendiri, ga tau masa depan? ga tau kalo teknologi manusia bakal semaju jaman sekarang? apa perlu ada Injil yang lebih baru lagi untuk mengikuti perkembangan jaman??? Tuhan apa yang tidak tahu akan masa depan? Tuhan apa yang tidak tau ciptaanya sehebat apa?

      “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya”

    • ngaku aja la kau !!! bilang aja kau lapar…jadi halal haram sekarang ataw dulu itu sama saja…..!!!!

  9. yesus sering masturbasi....

    apakah yesus?
    adlah tuhan jawabannya jelas bukan karena yesus sering ngentot n masturbasi bayangin ibunya sendiri….

    • hh

      Usahakan mengutarakan suatu pendapat itu berdasarkan fakta.

    • Mamad Playboy

      Yesus tak melakuakan peperangan dalam melawan prajurit Romawi

      tak seperti si Mamad :
      perang
      jarah
      bunuh
      perkosa budak
      bunuh suami, rebut istri
      pedofili anak umur 6 tahun
      sangat jauh dari konsep kebajikan/kebaikan

      konsep surga yg nyeleneh:
      72 bidadari perawan yg siap dikimpoi dan akan kembali perawan setelah itu
      semburan yang kuat, ereksi abadi, orgasme yg tidak akan mengeluarkan air mani

      sungguh Allah kalian sepertinya gila kimpoi..
      hahaha

  10. Pantesan di bilang ngaco ternyata emang ngaco! Suka ikut campur dan menghakimi urusan orang lain yang tidak dia tau.😈

  11. Mamad Playboy

    Yesus tak melakuakan peperangan dalam melawan prajurit Romawi

    tak seperti si Mamad :
    perang
    jarah
    bunuh
    perkosa budak
    bunuh suami, rebut istri
    pedofili anak umur 6 tahun
    sangat jauh dari konsep kebajikan/kebaikan

    konsep surga yg nyeleneh:
    72 bidadari perawan yg siap dikimpoi dan akan kembali perawan setelah itu
    semburan yang kuat, ereksi abadi, orgasme yg tidak akan mengeluarkan air mani

    sungguh Allah kalian seperti gila kimpoi..
    hahaha

    • redribbon

      hahaha… habis diajarin ama romo tentang islam ya mas bro?
      Tuh tanya coba kenapa dia jadi ikut masuk islam juga setelah baca Al quran dan perbandingannya terhadap Al Kitab.

    • hati2 kau ngomong babi…aku gantung kau seperti tuhan yesus mu nanti….!!!!

  12. otaku-ism

    There’s no GOD (Soran Ibrahim’s Quote), there’s only Shikigami and i’ll be the one (Duo Maxwell’s Quote)

    • Mamad Playboy

      lihatlah..

      sampai” agama baru (agama otaku) saja menolak Islam..

      hanya Islam yg menghujat Kristen..
      Namun semua agama menghujat Islam
      termasuk agama” baru (seperti otaku)

      tanya kenafa…hahaha

    • redribbon

      hahaha baru diajari sama Romo juga ya mas bro…. kata romo, islam itu dihujat oleh agama dunia… tapi seluruh dunia masuk islam setelah mengetahui kebenaran islam… kan biasanya menghujat dolo karena ketidaktahuannnya, tapi setelah mereka mencari tahu ajaran agama apaan sie katanyua tukang

      perang
      jarah
      bunuh
      perkosa budak
      bunuh suami, rebut istri
      pedofili anak umur 6 tahun

      eh alih2 semakin benci dan laknat malah pada masuk Islam… nah sekarang monggo mas bro brani ga mencari tahu islam secara benar dari sumbernya (jangan dari romo) tapi dari para kiai…Tantangan nie mas bro, … PALING JUGA PADA TAKUT TERSESAT DI JALAN YANG BENAR KALI YAH…. orang pada betah tersesat mulu sih

    • 1+1+1=1

      Oooh ya,apakah umat kresten memiliki makam makam para nabi,seperti nabi adam,hawa,daut,sulaiman,dll

  13. Guatamala

    Janganlah kalian saling menghina, karena itu akan merusak hati kalian.
    ” Segala keadaan didahului oleh pikiran, jika kita
    berbuat baik maka kebahagian akan mengikuti kita, jika kita berbuat jahat maka penderitaan akan mengikuti kita. Jangan berbuat jahat, tambahlah perbuatan baik, sucikan hati dan pikiran.
    Kebencian seperti pisau yang menusuk dada kita, semakin kita membenci, maka akan semakin keras pisau itu menusuk. Buka pintu hati kalian, jika kalian Islam baca kita suci kalian, hadist dan sirah dan pelajari dengan sungguh kalian akan melihat kebenaran. Jika kalian Kristen, baca kita suci kalian, maka kamu akan tahu, siapa Yesus sebenarnya, itu saran saya. Setelah itu kalian yang Islam baca Alkitab, dan yang Kristen baca AlQuran, kalian akan menemukan kebenaran yang sejati

    • redribbon

      tulisannya kan ga menghina mas bro… tapi menunjukkan mana yang bener mana yang salah… sekiranya penulis salah maka tinggal kita koment yang bener…. kalo menghina tuh misal .. Woiii Kristen … A*****, A**, B***… *****,*****,****** loe semua…. (maap sensor, saya tidak tega mengatakannya) ini baru hinaan….

    • bible..!!!

      Temanku..aku sdh membaca alqur’an serta alkitab,maaf alqur’an tidak bertentangan sedangkan alkitab banyak sekali bertentangan..semakin aku memperdalam alkitab semakin banyak keraguanku..jika dialkitab firmannya salah…berarti tuhan yesus juga salah..!!! Di alkitab maaf disana dijelaskan terlalu pulgar masalah porno,tuhan kalah dgn manusia,tuhan menyesal…ada apa ini semua…aku sedih membacanya..ditempatku banyak alkitab dari thn ke thn bunyinya bisa berobah..semakin aku membaca alkitab semakin membuatku bingung….

  14. Puji Wahono

    Kepada penulis blog ini, jika anda ingin menjatuhkan atau menyerang agama lain, khususnya Kristen, saran saya adalah dengan membandingkan pembawa ajaran yang melahirkan agama Kristen yaitu Yesus Kristus dan bandingkan dengan Muhamad.
    1. Berdoa kepada Tuhan yang sejati
    2. Buka hati dan pikiran untuk menerima knyataan yang ada
    3 Bandingkan perbuatan kedua pembawa ajaran dan agama tersebut selama hidup di dunia, perbuatan kriminal apa saja yang sudah dilakukan. Saudara harus mempelajarinya dari bukti yang benar, kalau Yesus dari Injil dan Muhamad dari Alquran, Hadist Sahih dan Sirah. Saudara harus medapat perbuatan tercela yang dilakukan Yesus, barulah iman para pengikutnya akan goyah.
    4 Setelah saudara mempelajari perbandingan kedua tokoh tersbut, baru saudara akan tahu toko mana yang patut diteladani

    • redribbon

      bagi kami muslim, kedua orang suci itu bnar… karena mereka sama2 Rasul dan sama2 Nabi…. tidak ada cela diantara mereka… mereka ber2 manusia yang dipastikan masuk surga…. adapun kabar yang menyatakan Muhammad tukang ini itu… kan sekedar gosip…. Muhammad pedofilia aja ga terbukti karena sebenernya bukan 9 tahun tapi perempuan yang sudah dewsa.. bukti menyatakan itu tapi yah namanya gosip digosok makin sip

  15. Abah

    Kalian semua, ini Abah kasih situs yang perlu kalian baca, karena disitus ini banyak sekali buku yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dalam bentuk PDF. Ini lah alamatnya

    http://www.buktisaksi.com/

    Nanti kalau sudah baca beritahu Abah, ya

    • bible..!!!

      Abah dengarkan juga dialog bersahabat antara zakir naik dan pastur serta pendeta lainnya…dr yahya mantan pendeta.ooke

  16. HAMBA

    Abah abah,udah tua tapi belum mendapat hidayah dari Allah.

  17. hein

    @Hamba

    apakah anda mengatakan bahwa artikel di atas adalah benar?

    anda sungguh lucu🙂

  18. @ Hamba

    Begitulah mereka.😀

    • otaku-ism

      @fitri
      kayak lo ngak aja.
      @hamba. ngak komen2 yg aneh2 lg kayak di chatbox? takut dibales komen yg aneh2 dan ngak bs bales? wkk..
      Zieg Zeon!!!

  19. joy khan

    aku stuju ma jhon taylor dgn mengatakan hh mngtakan:

    Contoh, Yesus manusia seperti kita.., Yesus meminta bantuan Bapa…., Yesus takut dan kuatir. Yesus Mati.

    Justru manusia, minta bantuanm takut, kuatir, tidak tahu, mati dll adalah sama sekali tidak menunjukan bahwa Yesus Tuhan. Anehnya hh tidak menunjukan sifat keTuhanan Yesus sama sekali, malah mengutip Matius yang murid Paulus.
    itu mnunjukan klemahan brati bapa lbh hebat dari yesus knp mnyembah yesus bkn bapa?
    konsep sampai kapanpun trinitas dapat diterima secara logika.
    dari semua jawaban hh menunjukan yesus tdk sempurna,bagaimana mungkin tuhan tdk sempurna?apalagi kata2 yg mengatakan
    “sebagai manusia, Yesus selalu menunjukkan ketergantunganNya kepada Tuhan dalam keadaan apapun. Sebagai manusia sama seperti kita ini, Yesus mengalami kengerian (betapa sakitnya) hukuman tersebut”kok bisa tuhan jadi manusia trus jadi tuhan…….apalagi kata kata “ketiga oknum tuhan”tuhan macam apa itu masih ketergantungan ma yang lain pikirlah dngan otak lucu jwbn anda.

    • bible..!!!

      Jika aku berpikir,jika tuhan jgn dijadikan manusia,dan manusia jgn dijadikan tuhan,dan yg membuat bingung neh roh kudus dari mana datangnya…!!!!

    • Vic

      ituliah kasih-NYA Dia menunjukkan bagaimana seharusnya hidup, apa yang seharusnya dilakukan saat mengalami ketakutan, kebimbangan, dan segala yang tidak menyenangkan dalam kehidupan ini, bagi orang yang percaya dia akan melakukan apa yang dilakukan YESUS, berserah pada BAPA di SORGA, tidak mengandalkan kekuatan diri sendiri, kekuatan kelompok, atau kekuatan lain, tetapi mutlak kekuatan ALLAH BAPA di SORGA,
      Karena apa yang berasal dari DIA akan kembali kepada-NYA, tidak ada satu orangpun berhak atas siapapun, sekalipun beroleh kelimpahan.
      masa ente ga paham sih bro.. itu loh contoh-NYA!!! apa yang aneh??

  20. Tiraida

    waktu Yesus serupa dengan manusia berarti dia itu ounya sifat daging, berarti dia punya hawa dan nafsu pula , maka itu setan kan sering mencobai dia , coba kalo Yesus turun sebagai Tuhan bukan sebagai manusia setan juga takut kali, bego banget nih orang🙂 liat dunk si setan kemana pun Yesus pergi selalu menggoda Yesus , waktu puasa 40 hari misalnya digoda ga ? itu Yesus dalam manusia dia ngerasa lapar dan hasu berarti dia dalam sifat daging/ manusia , ahhh… lagi goblok banget .

    • joy khan

      elo yg goblok bungul,,,,ngomong kagak pake otak lo waktu yesus jadi manusia trus yg jdi tuhan siapa??????manusia mrangkap tuhan gitu?????wkwkwkwk kamu goblok bnget tiraida,memaksa logika sendiri pikirlah peko,,,gk pake otak jawabnya….sekarang gue tanya langsung loe.
      jawabya ko,,,,,,,lo hidup dijaman yesus loe tolongin dia or ikut nyalib tuh yesus???lo nolongin loe berarti gk mw dosa2 mnusia ditebus lo loe ikut nyalib berarti loe bego tuhan sendiri disalib???? jawab dah….

    • 1+1+1=1

      wah berarti yesus bisa ni ngalahin brad pitt adu akting dan kenapa setan gak nggoda yesus supaya gak jadi nebus dosa?

    • 1+1+1=1

      kalo yesus merangkap tuhan berarti pas yesus mati tuhan ikutan mati dong kan mereka satu kesatuan

  21. Tiraida

    lha waktu disalib Tuhan Yesus juga digoda juga baca don Lukas 23: 39-43, dia dicobai juga, waktu puasa 40 hari dia juga dicobai juga baca noh Lukas 4:1-13, Yesus menjadi Tuhan (serupa dengan Allah, diberi kuasa oleh Allah) itu waktu dia melakukan mukjijat tolol, dia jadi seperti manusia waktu dia lapar, waktu dia berdoa di taman getsmani, waktu dia capek, ngantuk ( itu sifat manusia bukan ??kalau waktu dia bermukhjijat menyembuhkan org” sakit itu sifat Allah),

    lo nanya gini : “Contoh, Yesus manusia seperti kita.., Yesus meminta bantuan Bapa…., Yesus takut dan kuatir. Yesus Mati.”
    disitu Yesus sedang dalam sifat manusia,

    Kalo lu ga nyerahin segala kuatir lo sama Tuhan sama siapa lagi lu menyembah ? Sama Setan gitu mesti lu minta bantuan?
    TRINITAS itu Bapa, Putera dan Roh Kudus,

    Bapa yang mempunyai kuasa karena manusia sudah jatuh dalam dosa, saking baeknya dia, Dia pengen manusia kembali lagi kehadapannya makanya dia turun kebumi dalam wujud Yesus yang dalam artian dia serupa manusia tanpa menghilangkan sisi Ke Allahan, waktu semasa hidup dia membantu orang yang sakit dan membangkitkan orang yang mati ( sifa Ke Allah-annya ya ) dan waktu dia meninggal dia memberikan murid2nya roh kudus untuk membimbing orang” yang tersesat untuk kembali kepada Tuhan,
    ini simple tapi dibikin ribet, dari kecil itu elu udah terbiasa ribet sholat mesti 5 kali dalam sehari pake jedot”in kepala, teriak” nyebut nama Tuhan kayaknya Tuhannya budek, kalau di Kristen kalau mau berdoa cukup didalam kamar berdoa yang penting tulus, Tuhan yang lebih tahu apa yang terbaik buat kita kita serahin kuatir kita, Tuhan itu MAHA PENYAYANG jadi ga mungkin membiarkan manusia ciptaannya sendiri masuk kedalam neraka jd tergantung kitanya mau nerima Tuhan Allah ato tidak, siap untuk kedatangan Yesus yang kedua kali ga ? ga perlu lu ke Mekah sono biar diampuni dosanya, kalo begitu mah mending gue rampok bank aja terus ke Mekah kelar deh dosa gue ngerampok bank kehapus, kan kata umat si Muhammad kalo ke Mekah dosa”nya diampuni. Bener ga ada yang bilang begitu ngitarin tuh Kabah bisa hilang dosanya?

    • 1+1+1=1

      yesus tu kan orang israel klo yesus mengaku tuhan tentu orang israel dulu yang nyembah yesus.Klo yesus itu tuhan tentu ibunya lebih tahu daripada orang lain. setiap yang berawal pasti bukan tuhan karena yesus dilahirkan. adakah perkataan yesus bahwa aku tuhan maka sembahlah aku? kenapa yesus datang ketika jumlah penduduk dunia sudah banyak? berarti umat2 sebelum yesus gak terselamatkan dong, termasuk nabi2 sebelum yesus sampai adam?klo untuk mengampuni dosa manusia tuhan harus mengorbankan anak satu2nya,dimana letak kekuasaan tuhan yang telah menciptakan alam semsta ini?

    • 1+1+1=1

      asal percaya penebusan dosa kemudian masuk surga pantesan orang barat gemar menjajah negara lain. tu kan lucu orang dalam ajaran kristen klo gak salah ditampar pipi kanan kasih pipi kiri

    • 1+1+1=1

      klo tuhan kristen maha penyayang ngapain dia ngorbanin anak satu2nya? mending langsung diampuni aja dosa manusia, ajaran penebusan dosa tu ma mendidik manusia untuk tidak bertanggung jawab terhadap apa yang telah diperbuatnya

    • 1+1+1=1

      Cuman Al quran satu2 kitab yang ditulis ketika orang yang menyampaikannya masih hidup. nah alkitab ditulis setelah yesus mati berapa tahun?

    • 1+1+1=1

      klo dasa waris bisa diwariskan kenapa tobat waris gak bisa diwarikan kan adam udah tobat?

    • redribbon

      malah tambah ribet mas bro penjelasannya… Tuhan berwujudkan manusia dan selemah manusia sehingga bisa dicobai oleh iblis dalam 40 hari? Tuhan apa yang bisa dicobai oleh makluk ciptaanya sendiri? bagi saya itu meragukan sifat ketuhanannya sampe iblis brani2 nya mencobai… ga takut dibunuh tuh iblis kalo ntar Yesus uda berwujud Tuhan Bapa lagi ne?
      “Yesus meminta bantuan Bapa…., Yesus takut dan kuatir. Yesus Mati” ??? Yesus koq takut mati mas bro????? yang matiin sapa coba? emang brani yah malaikat kematian membunuh Tuhannya sendiri? inilah membuktikan bahwa Yesus bukan Tuhan… mas bro mbok dipikirkan dengan akal… jangan doktrik2 gereja mulu yang dipaksain karena semakin ga masuk akal

    • bible..!!!

      Tiraida..mau tanya neh umat krestenkan cukup percaya aza dan dosa kalian sdh yesus tanggung semua..jadi berzinah,minum sampai mabok,mencuri,merampok,memperkosa dll toh dosa kamu sudah ada yg nebus…begitukah ajaran paulus…

  22. hamba,

    Ketika manusia dalam perut ibu,Allah dengan penuh kecerdasan dan ketelitian membentuk dan memproses ,meniupkan ruh hingga waktu yang ditentukan dilahirkan dari dalam perut ibu.
    lalu siapa yang memproses dan yg meniupkan ruh jika yesus dianggap tuhan ?
    setiap sesuatu yang sebelumnya tidak ada kemudian ada dinamakan baru,setiap yang baru ada adalah ciptaan.
    Tidak salah lagi bila kita menyimpulkan “YESUS DICIPTAKAN OLEH SANG PENCIPTA”

    • 1+1+1=1

      bener tu. jika yesus anak satu2nya tuhan maka klo ternyata ada kehidupan seperti di bumi di planet lain susah dong yesus harus terus nebus dosa ntar jadi juru tebus lagi. alam semesta ni luas kali di bima sakti aja kira2 ada 400 milyar bintang and terdapat sekitar 200 milyar galaksi (baru yang terdeteksi)

  23. kalau di dokrin saja..pantas sja, maaf.. keturunan Muh.SAW keturunan yg dihabiskan waktu mikiran gimana cari isteri yg banyak..sdgkan kristen mikirin Tuhan selaras dgn teknologi…eh udah kalah teknologi ya dg cara ini lgi yg kolot..hehe..peke tu pedang yg buat nyabetin rumput.. org kristen dah pake pengawas dari satelit…dasar dokrin muslim kuno..kacian deh …hahaha pake teknologi kristen lagi.

    • 1+1+1=1

      Kisan penciptaan alam menurut Alkitab dapat kita baca pada Kejadian 1 : 1 – 19 berikut ini :

      “1. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. 2. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”

      “3. Berfirmanlah Allah : “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. 4. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. 5. Dan Allah menamai terang itu siang dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

      “6. Berfirmanlah Allah : “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.” 7. Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan airj yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. 8. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

      “9. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah segala air yang ada di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian. 10. Lalu Allah menamai yang kering itu darat dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 11. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. 12. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 13. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

      “14. Berfirmanlah Allah : “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda mneunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, 15. dan sebagai penerangh pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.”

      “16. Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. 17. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, 18. dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. 19. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.”

      Kalau kita baca ayat-ayat Alkitab tersebut, sepertinya tidak ada masalah. Padahal kalau kita sedikit jeli dan teliti, sebenarnya pada ayat-ayat tersebut banyak bermasalah.

      Contoh : Pada ayat ke 5 dikatakan oleh penulis Alkitab sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

      Kemudian pada ayat ke 8 dikatakan juga sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

      Dan sama saja pada ayat ke 13 juga dikatakan sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

      Pertanyaannya : Darimana penulis Alkitab mengetahui dan menentukan petang, pagi, hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, sementara pada saat itu matahari, bulan dan bintang belum diciptakan?

      Bukankah untuk mengetahui petang harus ada matahari yang sudah mulai tenggelam? Dan bukankah untuk mengetahui pagi, harus ada matahari yang baru mau terbit.

      Dan bukankah untuk mengetahui hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, harus ada perputaran bumi mengelilingi matahari selama 24 jam?

      Mungkin tidak terpikirkan oleh penulis Alkitab jaman dahulu bahwa manusia yang datang belakangan dari mereka, justru lebih pintar, lebih kritis dan ilmu pengetahuan akan berkembang dengan begitu spat dan modern serta vanggih. Ini membuktikan bahwa ayat-ayath tersebut bukan yang difirmankan oleh Allah, tapi hanya pendapat para penulis Alkitab itu sendiri, berdasarkan pengetahuan mereka yang masih terbatas pada saat itu.

      Kalau wahyu atau firman Allah, tentu tidak mungkin Tuhan salah atau keliru memberikan informasi tentang penciptaan alam semesta ini.

      Kalau mulai dari ayat 14 s/d 19, itu masih bisa diterima, sebab pada ayat-ayat tersebut benda-benda penerang, seperti matahari, bulan, dan bintang sudah diciptakan Allah. Tetapi mulai ayat 1 s/d 13 tidak masuk akal sebab tidak rasional, dan bertentangan dengan ilmu pengetahuan. (Lebih jelas lagi baca buku tulisan DR. Maurice Bucaille berjudul : “Bible, Qur’an dan Sains Modern”)

      Menurut Alkitab, bumi dan langit ditopang oleh tiang

      Mari kta baca Ayub 9 : 5 – 6 di bawah ini:

      “Dialah yang memindahkan gunung-gunung dengan tidak diketahui orang, yang membongkar-bangkirkannya dalam murka-Nya; yang menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang-goyang.”

      Selanjutnya baca Ayub 26 : 11 :

      “Tiang-tiang langit bergoyang-goyang, tercenang-cengang oleh hardik-Nya.”

      Silahkan baca Mazmur 75 : 3 – 4 :

      “Apabila Aku menetapkan waktunya, Aku sendiri akan menghakimi dengan kebenaran. Bumi hancur dan semua penduduknya; tetapi Akulah yang mengokohkan tiang-tiangnya.”

      Berdasarkan ayat-ayat Alkitab tadi, bumi dan langit punya tiang. Ini sangat bertentangan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan mereka sudah sampai menginjakkan kakinya di bulan. Tapi mereka tidak pernah menemukan dimana letak tiang-tiang langit dan bumi tersbeut.j kalau sekiranya langit dan bumi punya tiang, niscaya sudah banyak pesawat terbang hancur karena menabrak tiang-tiang langit dan bumi tersebut. Mengatakan bumi dan langit punya tiang, pasti bukan berasal dari Tuhan, sebab sangat tidak mungkin Tuhan salah atau tidak tahu. Ini pasti kesalahan penulis Alkitab yang pada saat itu ilmu pengetahuan mereka masih sangat rendah jadi wajar saja kalau mereka keliru.

      Menurut Al Qur’an, langit dan bumi tidak mempunyai tiang

      10. Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (Qs 31 Luqman 10)

      Ayat Al Qur’an tersebut menjelaskan bahwa Allah menciptakan langit tanpa tiang. Di jaman Rasulullah Muhammad saw. hidup, belum ada seorangpun yang pernah menjelajahi ruang angkasa, selain Rasulullah saw. ketika peristiwa Isra’ Mi’raj. Dan beliau tidak menginformasikan kalau langit itu bertiang. Dan memang para ahli jaman sekarangpun dimana mereka telah sampai ke bulan, bahkan melewatinya, mengakui bahwa langit benar-benar tidak bertiang.

      Kalau sekiranya langit itu benar-benar bertiang, sulit dibayangkan sudah berapa banyak pesawat terbang yang menabraknya bukan? Tetapi sampai saat ini belum ada seorangpun yang ahli ruang angkasa pernah memberikan bukti atau kesaksian bahwa langit itu bertiang. Semua ini membuktikan bahwa kesaksian ayat Al Qur’an benar-benar sesuai dengan sains dan ilmu pengetahuan modern saat ini.

    • 1+1+1=1

      apakah pernah pedang tentara islam sampai ke indonesia,malaysia,cina,rusia,afrika? yang ada penjajah kristen belanda datang ke indonesia

    • redribbon

      wah mas penulis.. tulis dong kredibilitas Al kitab terhadap Ilmu pengetahuan… biar terbuka matanya…. dalam Al kitab manusia diciptakan dari keju dan susu? teknologi mana yang berhasil menciptakan manusia dari keju dan susu? Al kitab berkata langit memiliki tiang…. ilmu pengetahuan sesat mana yang mengatakan langit memiliki tiang? Al kitab berkata bumi berbentuk lingkaran (bukan bulat) dan datar (kira2 seperti koinlah) Ilmu pengetahuan dan teknologi mana yang menyatakan bumi seperti koin? bumi itu bulat mas bro…. masi ngeyel selaras dengan teknologi?

    • jack

      emang betul manusia tercipta dari keju dan susu, sebelum membuat manusia sang bapak minum susu (.) (.) dulu dan makan keju kalau udah loyo

    • bible..!!!

      Bagai mana tuhan mu yesus apakah dia juga nebus dosa setan,iblis,hantu,umat jin..dll..bagai menurut mu bro…bagai mana di israel itu engga ada pohon cemara..ada apa jika kamu natal pakai pohon cemara..memang moderen sekali pengikut paulus..entar santaklus..datang memberi hadiah dongeng bobo aza…

  24. hamba,

    Biarlah orang kafir yang dengan susah payah menemukan teknologi untuk mendapatkan uang yang banyak atau materi kesenangan dunia semata , yang penting orang Islam bisa beli hasil temuannya dan menikmatinya sehingga menambah kemudahan untuk beribadah kepada Allah swt.

  25. Ping-balik: Jangan Lupakan Poso |

  26. dodol

    Kl gk salah ketuhanan Yesus ditetapkan pda kekaisaran roma ya?
    Lantas logo/simbol di atas kepalanya adalah lambang dari dewa matahari?
    & ini terjadi semata2 hanya utk merebut simpati agar ketuhanan yesus bisa diterima secara budaya setempat.

    Lantas knapa tuhan harus ditetapkan secara bersama?
    lantas hukum & aturan keagamaannya tentu bisa di atur juga dong.suka2 penganutnya. agama yg di atur oleh kesukaan pemeluknya??
    Lantas kehormatan & kebesaran sifat tuhan ada dimana?

    Pakailah ilmu & kritislah dlm memilih yg haq & benar. krna sesungguhx siksa neraka itu nyata bagi mereka yg mengetahuinya namun menutupinya.

    (sekedar sharing ja bro)

  27. bingung

    LUCU JUGA…. KALIAN SALING MENGHINA DAN MEMUJI ORANG YANG SAMA2 DLAM POSISI KITAB KALIAN MASING2 ADALAH ORANG2 PILIHAN YANG MAHA KUASA….. KLO DAH KAYA GINI SEBENARNYA YANG BERDOSA TUH ORANG YANG KALIAN HINA ATAU KALIAN SENDIRI SENDANG OBJEK YANG KALIAN PERBINCANGKAN ADALAH JUGA BAGIAN DARI ORANG2 SUCI DALAM KITAB KALIAN…..
    BERHENTILAH BERDEBAT DAN DEKATKAN DIRI PADA TUHAN YANG KALIAN SEMBAH… SOAL ORANG DISAMPING KALIAN MAU MASUK SORGA ATAU NERAKA… ITU URUSAN DIA DENGAN TUHANNYA…. OK…

  28. Teo

    berbibaca tentang Yesus sebaiknya anda jangan hanya mengambil ayat sepotong sepotong. kenapa anda tidak menelusuri maksud Yesus yang menyebutkan bahwa ia datang untuk mengenapi ayat ayat tertentu? kenapa juga anda tidak menelusuri kata Yesus dalam Injil Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. …

    • bible..!!!

      Tapi kamu sunat engga,makan babi,minum,zinah,…tenang aza bro dosamu sudah ada yg nebus..datang aza kegereza,pendeta memaafkanmu…dan berilah persembahan uang buat pendeta ya biar dosamu dihapus…

  29. guardiman

    Coba berfikir sedikit jernih deh, Tuhan itu memiliki sifat Maha artinya memiliki derajat yang lebih tinggi/melebihi sifat-sifat yang dimiliki ciptaannya termasuk manusia, contoh Tuhan itu Maha pencipta, Maha Kuasa, Maha Suci, Maka Perkasa, Maha mulia/ terhormat, Maha Kuat, Maha Menghidupkan, Maha Mematikan dst.dst……. jadi Tuhan itu memiliki sifat di atas segalanya daripada mahlukNya

    • kl Tuhan itu punya sifat Maha….. Maha…..Maha……dst ga mungkin makhluk Tuhan Ciptaannya ky mnusia bikin patung tuhan lalu disembah.,apalagi tuhan katanya disakiti dibunuh dan disalib oleh manusia tentara romawi pasti yang disalib waktu itu bukan tuhan dong.

  30. alo

    sebenarnya komentarin juga agama kitab agama yang lain seperti Tripitaka dan weda. Tapi sebaiknya menurut ane kementarin kitab agama masing-masing saja lah…….. Kalau ente-ente menafsir kitab agama lain maka nggak akan diterima oleh penganut kitab tersebut.

  31. Vic

    ADAKAH YANG BENAR? SIAPAKAH YANG BENAR?
    Wahai orang-orang yang merasa diri benar! Apakah kamu yang empunya kebenaran itu?
    Anggaplah kamu-kamu adalah orang benar, sekalipun bukan empunya kebenaran itu, lalu apakah guna hidupmu?
    Hanya memperdebatkan kebenaran mu terhadap kebenaran lain?
    Hanya itukah kebenaran bagimu sekalian orang-orang benar?
    Lalu apa gunanya kebenaranmu dalam kehidupan?
    Ketika sesamamu, entah keluargamu, kerabatmu, atau yang lain membutuhkanmu?
    Apakah kamu, yang adalah orang benar, tau berbuat benar bagi sesamamu?
    Benar yang bagaimana? memBerdayakannya atau memPerdayakannya?
    Apakah Mother Teresa dari Calcutta India yang percaya akan KRISTUS YESUS adalah orang salah?
    Adakah seseorang yang percaya pada sesuatu yang salah, melakukan hal benar?
    Sekali lagi, jika kamu adalah orang benar.. apa guna kebenaranmu dalam kehidupan ini?
    Lihatlah / bayangkanlah seseorang yang hanya memperdebatkan suatu kebenaran yang menurutnya baik dan benar dan hanya memperdebatkannya saja, dan pikirkanlah hal itu, apakah itu baik dan benar? Apakah kegunaan dari perdebatan itu? Apakah orang miskin jadi kaya? Apakah Orang sakit jadi sehat? Apakah orang yg bersedih hati, beroleh sukacita?
    Ingatlah! Hanya orang berguna yang melakukan hal-hal yang berguna!

  32. begini mas bro …..Kalau yesus itu tuhan tidak mungkin bisa dianiaya, dilecehkan, disiksa dan disalib oleh orang-orang romawi kecuali orang-orang romawi itu dianggap sebagai tuhan-tuhan juga, logika sederhana aja yang namanya tuhan itu adalah serba maha…..maha kuasa, maha berani, maha menentukan (pembuat takdir), maha mengendalikan,maha perkasa, maha kuat, pokoknya tidak mungkinlah kekuatan manusia bisa mengalahkan kekuatan tuhan contohnya apakah manusia bisa mengelak dari ketuaan dan kematian karena hidup dan mati itu adalah kuasa tuhan bukan kuasa manusia semoga bisa membuka benang kusut

  33. @all…utamakanlah niat untuk mencari kebenaran dengan analisa kritis terhadap semua informasi mennggunakan akal fikiran dan hati nurani seraya memohon petunjuk kepada Tuhan Yang maha Kuasa. kalau sudah yakin silahkan sajikan ke netter lain insya Allah menjadi amal kebajikan, hindari dan takutlah memposting pernyataan yang asal-asal yang nanti dapat menyesatkan orang hingga makin jauh dari kebenaran, kecuali bagi yang siap menanggung akibatnya dihadapan mahkamah Tuhan yang Maha Adil

  34. bgi krestn sya mu nax?/////coba dtangkan 1 ayat yg mnybutkan bhwa yesus adalah tuhan??????????????

  35. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia ketika tangan dan kakinya dipaku di tiang salib memohon pertolongan kepada Allah/Bapa?
    Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Matius 27:46)
    =>Sebagai manusia, Yesus selalu menunjukkan ketergantunganNya kepada Tuhan dalam keadaan apapun. Sebagai manusia sama seperti kita ini, Yesus mengalami kengerian (betapa sakitnya) hukuman tersebut.>>>

    itu artinya jelaslah YESUS itu manusia,,,,,BUKAN TUHAN,,,,,
    Kalau dia TUHAN,,Pasti dia bisa selamat dari siksaan itu,,
    kalau dia ANAK TUHAN,,Mana ada orang tua nya diam saja anaknya dibunuh,,pasti TUHAN (Bapaknya) menyelamatkan dia,,

    Kalau YESUS tuhan,,,Pasti dia menunjukkan kekuasaanya agar selamat dari penyiksaan itu,,
    Pliisss dah,,,jangan Bodoh

    • hahaha

      kamu tidak mengerti tidak usah banya bacot..
      gni nya ajaran islam??menjelek2kan agama lain??
      terlalu rendah la kalo gtu ajaran kalian bung..

  36. lauricacid

    Ini adalah ayat-ayat Alkitab yang menerangkan Ketuhanan Yesus, dan hanya bisa dipahami oleh orang-orang yang percaya.

    Yesaya 7:14
    Yesaya 9:5
    Yesaya 43:11 (Lukas 2:11)
    Hosea 13:4
    Mikha 5:1
    Mat 28:18
    Lukas 1:35
    Lukas 2:11
    Lukas 24:51,52
    Yohanes 1:1-3, 14
    Yohanes 1:30
    Yohanes 3:28-31
    Yohanes 8:58
    Yohanes 10:30
    Yohanes 11:25
    Yohanes 17:2
    Yohanes 17:5
    Yohanes 20:28
    Roma 9:5
    Filipi 2:6
    Kolose 1:15-17
    Kolose 2:9
    1 Tesalonika 4:13-18
    Ibrani 1:1-4
    Ibrani 1:8-9
    Ibrani 2:5-18
    Ibrani 13:8
    1 Yohanes 5:20
    Wahyu 1:7-8
    Wahyu 1:17-18

  37. rewind

    Maaf kami tanpa mengurangi segala hormat , kami akan merasa sangat terhina jika mempunyai Tuhan yang tersiksa dan harus repot2 menjadi manusia dan digambarkan dengan tubuh telanjang dan tersalib,apakah kalian sendiri tidak prihatin melihatnya? berpikirlah logis , terlalu rendah derajat Tuhan yg kalian gambarkan itu…

  38. maret

    mohon kepada umat kristiani untuk tidak membalas menghujat, ingat kasih bukan hanya slogan dan dimulut saja tetapi harus mendarah daging dalam roh kita..tetap tekun dalam Tuhan dan sukacita kita tidak ditentukan oleh orang lain..berdoalah untuk siapapun yang menghujat, memusuhi atau membencimu..

    • jojo

      kl saya jadi orang kristen…sy akan menyembah bapa/Allah bukan yesusnya….jelas yesus mengajarkan spt itu..dia memohon kepada bapa/allah…kenapa yg dijadiin tuhan yesusnya……..kl mau mencontoh yesus..contohlah seperti yesus memohon/menyembah bapa/allah….

  39. jojo

    yohanes 10: 30 Aku dan Bapa adalah satu.”……..aneh disini dikatakan satu tapi masih memohon sama bapak/allah

  40. Rahasia Mantra Dewa Bumi, Rahasia Langsung Merubah Nasib, Dewa bumi tanpa pamrih:
    ” Namo Samanto Motonom, Om Turu Turu Tiwei Soha”

    Bacalah dengan khusyuk dan tulus, sebanyak mungkin sehingga hidup Anda berubah.
    Semoga sharing ini bermanfaat

  41. aya

    To chodet22…
    Terlihat sekali apa yg saudara posting di atas menunjukan bhw tdk memiliki pengetahuan baik itu Kitab Musa,Zabur,kitab para nabi dan Injil itu sendiri.

    Sebagai contoh pada poin 1.
    1. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mampu meng-kristen-kan umat Israel dimana ia menjalankan misi dan tugas keagamaannya?

    Saudara chodet22….perlu saudara ketahui bhw Yesus datang ke dunia “TDK MEMBAWA AGAMA”.
    Orang2 yg mengimani ajaran2NYA lah disebut Kristen.semoga anda paham.
    Yg 19 point juga sama saudara menulis tp tdk mengerti ayat2 dlm Injil.

    Saudara2 Muslim…
    Perlu saudara2 muslim ketahui bhw YESUS lahir kedunia untuk menggenapi nubuatan2 yg disampaikan para nabi2 ribuan tahun lalu.
    Mari kita lihat ayat2 dibawah ini :

    NUBUATAN NABI2 TENTANG ISA ALMASIH

    1. Nabi Mikha meramalkan bahwa Isa akan lahir di Betlehem (Mikha 5 : 1),
    Mikha 5:1
    Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil diantara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
    Ramalan atau nubuatan nabi Mikha tersebut digenapi atau dipenuhi dengan lahirnya Isa di Betlehem (Matius 2 : 1-6)
    1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
    2 dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”
    3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
    4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
    5 Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
    6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”
    2. Nabi Yesaya meramalkan atau menubuatkan bahwa Isa akan lahir dari seorang perempuan perawan (Yesaya 7 : 14),
    Yesaya 7 : 14
    14. Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
    Ramalan atau nubuatan nabi Yesaya tersebut digenapi dengan hamilnya Maryam (ibu Isa) yang masih perawan dan belum pernah disentuh laki-laki (Lukas 1 : 30-35, Matius 1 : 10-25)
    Lukas 1 : 30-35
    30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
    31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
    34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
    35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
    Matius 1 : 20-25
    20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
    21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”
    22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
    23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita.
    24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,
    25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.
    3. Ratusan tahun sebelum Isa lahir, Allah telah berfirman melalui nabi Yesaya mengenai rencana kedatangan Isa ke dunia. Nabi Yesaya menubuatkan bahwa Isa yang akan datang akan menderita sengsara. Dia akan dianiaya, dihina dan dihindari orang. Namun Dia membiarkan diri-Nya ditindas. Dia tidak pernah mengeluh, tidak mau melawan. Dia tidak pernah membuka mulut-Nya untuk membantah (Yesaya 53:2-7). Dia rela menderita karena kita. Dia datang untuk memikul dosa dan kejahatan kita. Dia menanggung hukuman yang seharusnya kita tanggung. Dia ditikam, diremukkan. Dia kena tulah. Dia memikul kutuk. Seharusnya kitalah yang dihukum Allah. Tetapi hukuman tersebut dipindahkan dan ditimpakan kepada Isa agar kita selamat. Semua itu dilakukan Isa karena Dia mengasihi kita.
    Yesaya 53 : 2-7
    2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
    3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
    4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
    5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
    6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
    7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
    Ramalan atau nubuatan nabi Yesaya tersebut digenapi dalam Perjanjian Baru dalam 1 Petrus 2 : 23-24.
    1 Petrus 2 : 23-24
    23 Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.
    24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
    Nabi Yesaya juga telah meramalkan bahwa dalam matinya, Isa ada diantara penjahat-penjahat (Yesaya 53 : 9)
    Yesaya 53 : 9
    9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
    Ramalan nabi Yesaya tersebut digenapi pada saat penyaliban Isa (Yesus) (Lukas 23 : 33, 46)
    Lukas 23 : 33,46
    33. Setelah sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Isa di sana bersama kedua penjahat, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang lagi di sebelah kiri-Nya.
    46. Kemudian dengan suara nyaring Isa berseru, Ya Bapa, kedalam tangan-Mu kuserahkan nyawa-Ku.” Sesudah bersabda demikian, Ia menghembuskan nafas terakhir.
    NUBUATAN NABI2 TENTANG ISA ALMASIH

    1. Nabi Mikha meramalkan bahwa Isa akan lahir di Betlehem (Mikha 5 : 1),
    Mikha 5:1
    Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil diantara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
    Ramalan atau nubuatan nabi Mikha tersebut digenapi atau dipenuhi dengan lahirnya Isa di Betlehem (Matius 2 : 1-6)
    1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
    2 dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”
    3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
    4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
    5 Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
    6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”
    2. Nabi Yesaya meramalkan atau menubuatkan bahwa Isa akan lahir dari seorang perempuan perawan (Yesaya 7 : 14),
    Yesaya 7 : 14
    14. Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
    Ramalan atau nubuatan nabi Yesaya tersebut digenapi dengan hamilnya Maryam (ibu Isa) yang masih perawan dan belum pernah disentuh laki-laki (Lukas 1 : 30-35, Matius 1 : 10-25)
    Lukas 1 : 30-35
    30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
    31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
    34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
    35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
    Matius 1 : 20-25
    20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
    21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”
    22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
    23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita.
    24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,
    25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.
    3. Ratusan tahun sebelum Isa lahir, Allah telah berfirman melalui nabi Yesaya mengenai rencana kedatangan Isa ke dunia. Nabi Yesaya menubuatkan bahwa Isa yang akan datang akan menderita sengsara. Dia akan dianiaya, dihina dan dihindari orang. Namun Dia membiarkan diri-Nya ditindas. Dia tidak pernah mengeluh, tidak mau melawan. Dia tidak pernah membuka mulut-Nya untuk membantah (Yesaya 53:2-7). Dia rela menderita karena kita. Dia datang untuk memikul dosa dan kejahatan kita. Dia menanggung hukuman yang seharusnya kita tanggung. Dia ditikam, diremukkan. Dia kena tulah. Dia memikul kutuk. Seharusnya kitalah yang dihukum Allah. Tetapi hukuman tersebut dipindahkan dan ditimpakan kepada Isa agar kita selamat. Semua itu dilakukan Isa karena Dia mengasihi kita.
    Yesaya 53 : 2-7
    2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
    3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
    4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
    5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
    6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
    7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
    Ramalan atau nubuatan nabi Yesaya tersebut digenapi dalam Perjanjian Baru dalam 1 Petrus 2 : 23-24.
    1 Petrus 2 : 23-24
    23 Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.
    24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
    Nabi Yesaya juga telah meramalkan bahwa dalam matinya, Isa ada diantara penjahat-penjahat (Yesaya 53 : 9)
    Yesaya 53 : 9
    9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
    Ramalan nabi Yesaya tersebut digenapi pada saat penyaliban Isa (Yesus) (Lukas 23 : 33, 46)
    Lukas 23 : 33,46
    33. Setelah sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Isa di sana bersama kedua penjahat, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang lagi di sebelah kiri-Nya.
    46. Kemudian dengan suara nyaring Isa berseru, Ya Bapa, kedalam tangan-Mu kuserahkan nyawa-Ku.” Sesudah bersabda demikian, Ia menghembuskan nafas terakhir.

    Saudara2 muslim mintalah petunjuk dari ALLAH agar diberi hidayah.
    jika saudara membaca ayat2 ini hanya utk menyerang org kristen maka saudara tdk akan mendpt apa2.

    • jemun

      Tolong dituliskan satu aja ayat yang menyatakan yesus menyuruh manusia masuk agama kristen

    • Sahabat2ku semua lintas agama,aku gk pernah berfikir org krinten itu salah.ketahuilah Nabi Isa as dituhankan tahun _+500masehi yg dirundingkan dlm konfrensi antar raja2 romawi yg penuh muatan politik kala itu.coba kalian cari sdr sumber sejarah raja2 nasrani.mereka mengacak2 injil yg sbnarnya,kln gk slh hy gk tau sejarah klkuan raja2 eropa

  42. Udah susah percaya sama kitab bible karna isi nya selalu berubah rubah belum lagi di tambah ayat yang td nya tidka ada menjadi ada , itu lah kitab yang sudah tercampur dengan noda otak manusia sudah tidak suci lg karna firman tuhan dan noda otak manusia jadi 1 maka nya penuh dengan kontradiksi .

  43. Aldi @ kitab umat Islam seperti Alquran danHadist juga banyak yang mencoba menrubah-rubagh isi bahkan berusaha memalsukannya akan tetapi umat Islam mempunyai kitab suci Alquran Aslidan banyak yang hapal jad sangat sulit dipalsu

  44. TUHAN ITU 1, AGAMA YANG BENAR JUGA 1

    Hay domba2 tersesat, Kristen itu ajaran paulus, hey kristen itu ajaran Paulus bukan Yesus, dimana ada Yesus mengatakan dia Tuhan? Sembahlah aku? adakah dia mengatakan agama yang benar itu kristen? Hay domba2 tersesat, injil itu palsu, yang asli berbahasa ibrani dan ditujukan pada YAHUDI, 4 kitab yang pernah turun,

    1. Taurat/Torah – Musa/Moses – Bahasa Ibrani
    Diturunkn untuk Bani Israel alias YAHUDI Laknatullah

    2. Zabur – Daud/David – Bahasa Kirtibi
    Diturunkn untuk Bani Israel alias YAHUDI Laknatullah

    3. Injil – Isa Almasih ibnu Maryam/Yesus Kristus son of Mary
    Diturunkn untuk Bani Israel alias YAHUDI Laknatullah

    4. Al-Quran Kareem – Bahasa Arab
    Kitab terakhir oleh Nabi terakhir yang DITURUNKAN untuk SEMUA umat MANUSIA. Tidak ada SATU-pun kontradiksi didalamnya, Allah SWT menjanjikan keasliannya dan tidak akan bisa dipalsukan lagi oleh orang kafir dan YAHUDI laknatullah

    HEY, INJIL itu PALSU, sudah dipalsukan-pun masih saja dapat diketahui kepalsuannya, Tunjukkan padaku dimana ada ayat yang menunjukkan Yesus berkata: AKU TUHAN, SEMBAHLAH AKU. tunjukkan dimana ayat yang menyatakan; AGAMA KRISTEN ADALAH AGAMA YANG BENAR. TUNJUKKAN MAKA AKU SIAP MASUK KRISTEN SEKARANG JUGA!

    tidak perlu kita berdebat saudaraku, sesungguhnya kristen adalah agama yang dekat dgn ISLAM, knp? karna dengan memahami injil dan sejarah yesus itu sendiri maka UMAT KRISTEN akan sadar bahwa semua kitab dan semua NABI dijamannya mengajarkan TAUHID, MENYEMBAH 1 TUHAN dan tidak membuat kerusakan di bumi, sadarlah wahai pengikut PROPHET YESUS, jika kau memang berimabn kepadanya anda akan beriman pada TUHAN-NYA yaitu ALLAH SWT, Tuhan itu SATU, YESUS itu nabi, bahkan dia telah bernubuat akan datangnya Nabi MUhammad SAW sebagai PEMBENAR seluruh umat MANUSIA DI BUMI! karna dia (YESUS) ditujukan pada BANI ISRAEL, YA! BANI ISRAEL alias YAHUDI, musuh sebenarnya dalah YAHUDI, sebentar lagi KIAMAT, dan anda tahu apa yang terjadi pada UMAT KRISTEN? sebahagian mengikuti yahudi dan sebagian bertaubat kejalan yang benar dengan masuk ISLAM karna sesungguhnya satu2nya jalan untuk masuk SURGA hanya melalui ISLAM!

    Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam [Ali ‘Imran/3:19]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s