BIBEL MENJADI BEBEL(Berbelit-belit)


Artikel ini adalah Bukti bahwa:banned-bible

1.Injil telah di amandemen ( Kayak UUD 45 aja…)

2.Injil teleh terkontaminasi tangan tangan manusia.

Mengenai Bible (1)

Kitab ini diturunkan pada Nabi Isa a.s dalam bahasa Yahudi Kuno(Ibrani).Kitab pertama yang asli telah dimusnahkan oleh Paulus dari pihak Gereja Pauline pada 325 M. Semua naskah Injil yang bertentangan dengan Injil resmi kerajaan Romawi saat itu dibakar. Siapa saja yang memiliki salinan naskah asli dihukum mati. Kitab Injil tertua saat ini ada dalam bahasa Yunani Kuno, bukan Yahudi kuno (Ibrani). Terdiri dari Kitab Perjanjian Lama (Old Testament) yang berisi Taurat dan Zabur serta Kitab Perjanjian Baru (New Testament) yang berisi Injil Markus, Matius, Lukas dan Yahya, perkataan Nabi Isa dan surat pendakwah (Paulus).

Siapakah Yang Menulis Injil ?

Di dalam kitab Injil terdapat 2 bagian yaitu Kitab Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru. Namun begitu Umat Kristian melarang penganutan terhadap Kitab Perjanjian Lama. Sebelum diadakan usaha-usaha membentuk kitab Perjanjian Baru, kitab Injil terdiri daripada 75 bab / surah. Surah ini dikarang oleh perseorangan atau kumpulan pendeta. Inilah yang menyebabkan kitab tersebut mengandung banyak pertentangan dan perbedaan yang serius dan nyata. Pengumpul-pengumpul kitab tersebut juga tidak hidup semasa zaman Nabi Isa atau tatkala Nabi Isa masih hidup. Kebanyakan mereka lahir selepas 20-40 tahun setelah peristiwa penyaliban. Kitab Perjanjian Baru ini baru ada semasa persidangan Nicea pada tahun 325 M di mana semua ketua gereja berkumpul untuk menentukan kembali isi kitab Injil. Sejumlah 27 risalah saja dari sekian banyak risalah ditentukan sebagai yang betul, setelah itu 27 risalah ini dijilidkan menjadi kitab Perjanjian Baru.

Kitab perjanjian ini terdiri dari sejarah dan pelajaran. Bagian sejarah terkandung dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yahya. Sementara bagian pelajaran terdiri dari 21 risalah yaitu : 14 risalah Paulus, 3 risalah Yahya, 2 risalah Petrus, 1 Yakub dan Yahuda.

————

– Injil Matius

Nama Injil Matius diambil dari nama pendeta Matius dari gereja Alexandria Mesir dalam bahasa Hebrew. Beliau dipercayai sebagai orang pertama yang menghasilkan risalah kandungan sejarah. Hasil karangan Matius ini dikarang 20 –  27 tahun setelah Nabi Isa tiada. Bahkan kitab asli karangan Matius sendiri telah hilang, ini diakui sendiri oleh umat Kristian. Setelah itu injil dalam Bahasa Yunani dijumpai, dan dikatakan sebagai Injil karangan Matius. Banyak tokoh Kristian menolak pendapat bahwa Injil ini merupakan karangan Matius, tetapi sebaliknya merupakan karangan gurunya, Petrus.

-Injil Lukas

Injil Lukas diambil dari nama pendeta Lukas dari tahun 25 – 30 M. Beliau juga tidak pernah bertemu Nabi Isa.Banyak tokoh Kristian sendiri mengakui bahwa Injil karangan Lukas merupakan fakta palsu yang bukan merupakan ajaran Nabi Isa. Sebenarnya beliau mengarang injil ini disebabkan tekanan geeja waktu itu. Begitu juga dengan Markus dan Yahya. Kesemuanya tidak pernah hidup sezaman dengan Nabi Isa.

-Injil Yahya (Yohanes)

Kitab Injil Yahya diambil dari nama pendeta Yahya atau lebih dikenal sebagai Yohanes. Beliau merupakan putera saudara perempuan Maryam yaitu ibu Nabi Isa. Yahya mengarang injilnya dalam bahasa Yunani antara tahun 45 – 65 M. Banyak pendeta meragukan kandungan Injil Yohanes ini. Bahkan Encyclopedia Britanica menegaskan bahwa Injil yahya tidak syak lagi di karang oleh seorang mahasiswa Institusi Iskandariah dan bukannya karangan Yahya.

——–

Persoalan mengapa di dalamnya berisi Taurat juga tidak dapat di jawab dengan pasti dan tepat. Ini mungkin juga merupakan bukti bahwa orang Yahudi selalu ingin memalsukan fakta Injil asli, karena bagi mereka, Yahudi, mereka senang bila dapat menyesatkan kaum Kristian dari ajaran asli Nabi Isa, dan mereka berhasil.

Persidangan Nicea

Menurut perkiraan para ahli sejarah, kitab Injil yang masih asli belum diikuti campur tangan para pendeta, masih ada hingga 325 M. Setelah tahun 325 M, kitab ini mulai dinodai oleh Raja Konstantin Rom pada Persidangan Nicea. Karena semasa persidangan ini terdapat perdebatan dan pertentangan pendapat mengenai ketuhanan dan kenabian Isa, perdebatan dalam ajaran pokok, akidahnya.

Satu pendapat (Golongan Arius) mengatakan bahwa Nabi Isa hanyalah seorang manusia dan Nabi yang membawa ajaran agama dari Tuhan. Satu pihak lagi mengatakan bahwa Nabi Isa ialah “anak Tuhan”. Pendapat tentang Isa “anak tuhan” ini didukung oleh pihak gereja dari Alexandria yang diketuai oleh penolong Bishop Iskandariah bernama Athanasius.

Raja Konstantin mempunyai niat tersirat untuk campur tangan dalam hal agama, demi menjaga hak politiknya agar tidak jatuh ke tangan orang lain. Semasa persidangan tersebut, sebanyak 2048 orang Uskup telah hadir untuk membincangkan perselisihan pendapat mengenai Nabi Isa. Sebanyak 1730 orang telah setuju bahwa Nabi Isa adalah seorang manusia biasa yang diutus Allah, 318 orang mengatakan bahwa Isa ialah Anak Tuhan. Walau bagaimanapun majoritas pendapat ini ditolak mentah-mentah Raja Konstantin dan mengambil pendapat minoritas, yaitu Nabi Isa adalah seorang anak Tuhan.

Arius ketua pendukung bahwa Nabi Isa bukan anak Tuhan. Arius (250-336 M) adalah salah seorang murid utama Lucian berbangsa Libya yang juga bersama-sama dengan gurunya menegakkan ajaran Tauhid kepada Allah, Arius merupakan seorang presbyter (ketua majelis agama /gereja) digereja Baucalis Alexandria, salah satu gereja tertua dan terpenting di kota itu pada tahun 318 M.Sejak mangkatnya Lucian pada tahun 312 M ditangan orang-orang gereja Paulus, perlawanan Arius terhadap doktrin Trinity semakin memuncak, dan dalam perjuangannya ini, Arius mendapatkan dukungan dua orang saudara Kaisar Constantin yang bernama Constantina dan Licunes.

Arius dianggap sebagai seorang pemberontak Trinity dengan mendasarkan teori:

“Jika Jesus itu benar-benar anak Tuhan atau Tuhan itu sendiri, maka Bapa harus ada lebih dahulu. Oleh karena itu harus ada “masa” sebelum adanya anak. Artinya anak adalah makhluk. Maka anak itu pun tidak selamanya ada atau tidak abadi. Sedangkan Tuhan yang sebenarnya haruslah abadi, berarti Jesus tidaklah sama dengan Tuhan.”

Atas pandangan Arius tersebut, sebanyak 100 orang pendeta Mesir dan Libya berkumpul untuk mendengar pandangan Arius. Pada waktu inilah juga Arius mengemukakan kembali pendangannya :

“Ada masa sebelum adanya Jesus, sedangkan Tuhan sudah ada sebelumnya. Jesus ada kemudian, dan Jesus hanyalah makhluk biasa yang bisa binasa seperti makhluk-makhluk lainnya. Tetapi Tuhan tidak mungkin binasa.”

Arius memperkuat pendapatnya dengan sejumlah ayat-ayat Bible seperti Yohanes 14:8, “Bapa lebih besar daripada Jesus“; Seandainya kita mengakui bahwa Jesus adalah sama dengan Tuhan, maka kita harus menolak kebenaran ayat Yohanes tersebut.

Pendapat Arius ini secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :

Jika Jesus memang “anak Tuhan”, maka akan segera disertai pengertian bahwa “Bapak Tuhan” haruslah ada terlebih dahulu sebelum adanya sang “Anak”.

Oleh sebab itu tentulah akan terdapat jurang waktu ketika “Anak” belum ada. Oleh karena, “Anak” adalah makhluk yang tersusun dari sebuah “esensi” atau makhluk yang tidak selalu ada.

Dan Tuhan merupakan suatu zat yang bersifat mutlak, kekal, tidak terlihat dan berkuasa, maka Jesus tidak mungkin bisa menjadi sifat yang sama sebagaimana sifat Tuhan.

Argumen Arius ini tidak dapat dilawan lagi, maka mulai tahun 321 M Arius dikenal sebagai seorang presbyter pembangkang. Ia mendapat banyak dukungan dari Uskup-uskup daerah Timur.

Hal ini membuat Alexandria (yang pernah menghukum mati Origen tahun 250 M) menjadi semakin marah.

Arius pula orangnya yang sangat menentang keras keputusan Nicea pada tahun 325 M, sehingga senantiasa mendapatkan tantangan dari orang-orang gereja Paulus. Pada tahun 336 Arius dibunuh di Constantinopel dalam satu muslihat yang licik.Setelah pembunuhan ini segala usaha menentang trinitas dilawan habis-habisan. Naskah Injil diseragamkan.

Naskah yang tidak sama dengan pihak Gereja Pauline dimusnahkan, dihapuskan di bumi Kerajaan Romawi. Inilah sejarah awal tersesatnya ajaran Kristian.

Dalam persidangan Nicea, beberapa Doktrin diperkenalkan, diantaranya Doktrin Trinitas dan Doktrin Penebusan Dosa. Konsep Trinitas sebenarnya telah direka oleh Athanasius, seorang pegawai Gereja Mesir dari Iskandariah,diterima oleh Majelis Nicaea pada 325 M.

Konsep Trinity [KeEsaan Tiga] ini serupa filsafat Plato, kepercayaan Yunani, – Neo – Platonisme” yang mempercayai “Tiga Kekuatan”. Kemungkinan doktrin trinitas tertulari kepercayaan Yunani kuno ini. Trinity yang di pelopori oleh Paulus merupakan ajaran agama Yunani- Romawi, yaitu kerajaan yang berkuasa di Roma pada masa itu. Jadi paham trinitas dari Katolik Roma atau pun aliran kristen yang lain jelas merupakan hasil proses masuknya ajaran lain dalam ajaran Isa, dan bukannya ajaran asli Nabi Isa sendiri !….

Begitu juga dengan Dokrin Penghapusan Dosa yang dipelopori Gereja Alexandria di mana mereka mengatakan bahwa Nabi Isa telah disalib demi tujuan menyelamatkan seluruh umat manusia. Ajaran ini juga jelas hasil proses masuknya ajaran agama romawi Kuno. Hari Minggu yang dianggap hari Suci bagi agama Kristian merupakan hasil pengaruh daripada Kepercayaan ini dan tanggal 25 Desember yang diperingati sebagai Natal, Sebenarnya merupakan tanggal kelahiran tuhan Matahari mereka yaitu “Mithra” dan jelas bukan tanggal lahir Nabi Isa.

Mengenai Bible (2)

Mulai tahun 1582 di Rheims, Bible diterjemahkan dari bahasa Latin berdasarkan Bible Versi Tyndale. (Yang digunakan Gereja Katolik Roma) juga dikenali sebagai Roman Katolik Version. Ini merupakan versi bible yang tertua yang dikenal. Sejak itu sebanyak 4 kali terjemahan telah dibuat. Pada tahun 1611 King James I telah memerintahkan supaya dilakukan penulisan ulang karena terdapatnya pertentangan yang meragukan. Versi penulisan ulang ini kini dinamakan King James Version (KJV) yaitu dengan tidak memasukkan 7 buku kecil (bab). Versi ini selanjutnya dirilis ulang pada tahun 1881 dan diperbaharui pada tahun 1952 dan 1971. kedua Versi terakhir ini dinamakan Revised Standard Version (RSV).Collin yaitu percetakan yang mengeluarkan Revised Standard Version (RSV ) melaporkan bahwa :

“Meskipun begitu, Versi Raja James memiliki cacatan-cacat yang serius, dan cacat ini ada terlalu banyak dan terlalu serius sehingga satu penulisan ulang masih benar-benar diperlukan.” Pada masa kini terdapat lebih kurang 1.500 naskah Bible berbagai bahasa, telah diterjemahkan ke dalam bahasa ibu suatu negara dan ethniknya. Bagaimana pula jauhnya penyimpangan mengingat keterbatasan kosakata setiap bahasa? Dan manakah yang bisa dijadikan standar pengajaran?

Umat Kristian sendiri ada yang secara jujur dan arif mengakui bahwa :

Injil telah dinodai oleh tangan mereka sendiri. Bagaimanakah umat Kristian di Indonesia, apakah berani sejujur ini ? :

1. The Bible Society Of Singapore, Malaysia & Brunei 1987 Perjanjian Baharu Berita Baik Untuk Manusia Moden Pendahuluan

“–.Walaupun kandungan kitab-kitab ini berlainan, tetapi diseluruh kitab ini pokok fikirannya satu. Kesatuannya ialah bahwa kasih Allah telah dinyatakan kepada manusia dengan perantaraan Yesus Kristus.

“Tiap-tiap kitab didahului oleh pendahuluan, yang menerangkan pokok fikiran dan garis besar kitab itu. Ayat yang ditandai dengan [ ]

bererti ayat tersebut tidak terdapat pada naskah perjanjian Baharu yang tertua dan terbaik.

Contoh ayat yang memiliki tanda [ ] dalam Perjanjian Baru :

1. Matius 6 : 13

–  [ Engkaulah raja engkaulah,dan engkaulah yang mempunyai kuasa dan kemuliaan selama-lamanya ]

2. Matius 23 : 14

[ alangkah dasyatnya bagi kamu guru-guru Taurat dan orang Farisi : kamu munafik! , kamu memperdayakan janda-janda dan merampas rumah-rumah mereka, lalu berpura-pura berdoa panjang-panjang, sebab itu, hukuman kamu akan menjadi lebih berat.! ]

3. Markus 7 : 15

[ Sebab itu, jika kamu bertelinga, dengarkanlah! ]

4. Markus 10 : 44 & 46

[ Di sana ulatnya tidak mati-mati dan apinya tidak padam-padam ] 44 [ Di sana ulatnya tidak mati-mati dan apinya tidak padam-padam ] 46

5. Lukas 17 : 36

[ Dua orang laki-laki yang sedang berada di ladang : seorang akan , dan seorang lagi ditinggalkan ]

6. Lukas 22 : 19 – 20

” inilah tubuhku [ yang diberikan untuk kamu. Buatlah sedemikian untuk memperingati aku.”—. “cawan ini ialah perjanjian Allah yang Baharu, yang dimenteraikan dengan darahku, darah yang ditumpahkan untuk kamu ]

7. Lukas 22 : 43 � 44

[ Seorang malaikat tampak kepadanya dan menguatkannya karena penderitaan nya lebih tekun lagi dia berdoa, sehingga peluhnya menitik ke tanah seperti darah. ]

8. Lukas 23 : 17

[ Pada tiap perayaan paskah, Pilatus melepaskan seorang tahanan bagi rakyat ]

————

Bukti di atas merupakan sebagian saja yang telah ditambah dan berapakah jumlah ayat yang telah ditambah / dikurangkan sebenarnya? Tidak diketahui jumlahnya !. Sejarah telah jujur dan nyata membuktikan bahwa Injil telah mengalami banyak perubahan selama berabad-abad.

The Revised Standard Version 1952 & 1971, The New American

Standart Bible dan The New World Transalation Of The Holly scriptures

telah menghapuskan beberapa ayat dalam The King James Version.

Reader�s Digest telah mengurangi isi kandungan Kitab Perjanjian Lama

sebanyak 50 % dan Kitab Perjanjian Baru sebanyak 25 %.

Persoalan yang timbul di sini ialah :

– Dari mana datangnya ayat di atas ?

– Siapa yang mengarang ayat tersebut ?

– Sebenarnya ayaqt mana saja yang masih perlu diuji kesahihannya?

“Di antara mereka itu ada satu golongan yang memutar belitkan

lidahnya dengan (membaca) Kitab supaya kamu kira bahwa kitab itu

dari Allah padahal ianya bukanlah dari sisi Allah dan sedang mereka

berdusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui….” (Surah 3:78)

Contoh peristiwa besar yang bertentangan dengan akal atau ayat yang

saling bertentangan :

1. Nabi Daud berzina dengan istri orang lain

II Samuel 11 : 4-5

“Dan Nabi Daud mengantar para utusan, dan mengambilnya (isteri

Uriah); lalu ia datangi dan tidur bersama maka setelah perempuan itu

membersihkan dirinya, lalu kembali ke rumahnya. Dan wanita itu telah

hamil, lalu mengirim dan memberitahu Daud dan katanya saya bersama

bayi”.

Mungkinkah ini ayat dari Allah? Atau ditulis oleh rasul suci ?

Berpikirlah !

2. Nabi Nuh Mabuk dan Bugil

Kejadian 9 : 23 � 24

” Dan Shem dan Japhet mengambil sehelai pakaian, dan meletakan di

atas bahu mereka, dan berjalan undur ke belakang dan menutup tubuh

bapanya yang telanjang dan muka mereka membelakangi bapa mereka

agar tidak melihat tubuh bapa mereka yang bugil itu. Dan Nuh tersadar

dari araknya, dia tahu apa yang telah dilakukan oleh kedua anaknya”.

Apakah Allah mengutus Nabi Nuh yang digambarkan berperilaku

seperti itu ? Berpikirlah ! Mungkinkah ini penyelewengan yang

dilakukan Yahudi untuk menyesatkan kaum kristian?

3. Kematian Yudas Pengkhianat, bandingkan !

Matius 27 : 3 – 5

“� Bila Yudas melihat Yesus telah dijatuhkan hukuman mati, dia

menyesal lalu dia mengembalikan 30 uang perak upahnya kepada imam

Yahudi; dan berkata : Aku telah berdosa mengkhianati orang yang tidak

berdosa sehingga dihukum mati. Yudas melempar uang itu ke dalam

bilik sembahyang , lalu dia menggantungkan diri.

Kisah Para Rasul 1 : 18 � 19

Apa yang terjadi yaitu dengan uang yang diterima Yudas dari

perbuatannya yang jahat itu, dia membeli sebidang tanah. Di situ dia

tersungkur mati. Badannya terbelah dan perutnya terburai. Semua orang

yang tinggal di Yerusalem mendengar kejadian ini.”

4. Misteri Malkisedik

Ibrani 7 : 1 � 3 : “Adapun Malkisedik itu, yaitu raja di Salem dan Imam

Allah Taala, yang sudah berjumpa dengan Ibrahim tatkala Ibrahim

kembali daripada menewaskan raja-raja lalu diberkatinya Ibrahim.”

“Kepadanya juga Ibrahim sudah memberi bagian sepuluh esa. Makna

Malkisedik itu kalau diterjemahkan, pertama-tama artinya raja

keadilan, kemudian pula raja di Salem, yaitu raja damai.” Yang tiada

berbapak dan tiada beribu, dan tiada bersilsilah dan tiada berawal atau

berkesudahan hidupnya, melainkan ia disamakan dengan Anak Allah,

maka kekallah ia imam selama-lamanya.”

Jelas sekarang, bahwa Malkisedik seorang raja di Salem tanpa bapa

dan ibu, malah tiada silsilahnya. Apakah cerita yang disebutkan dalam

Kitab Injil ini benar ayat dari Allah atau cuma dongeng purba atau

dongeng sebelum bobo buat adik bayi kita supaya tertidur ?

Kalau umat Kristian memuja kehebatan Yesus, memujanya anak tuhan,

bahkan Tuhan itu sendiri, yang tidak berawal serta berakhir, maka

kenapa Malkisedik yang sakti mandraguna ini tidak diangkat sebagai

salah satu cabang Tuhan juga ? mungkin bisa menjadi tokoh ke-4

memainkan peranan Tuhan.

Yesus ternyata tewas dibanding Malkisedik, Yesus masih dilahirkan

oleh Mariam atas kekuasaan Tuhan Bapa, sementara Malkisedik tidak

memiliki Bapa dan tidak memiliki ibu sama sekali, silsilahnya pun tidak

ada.

Jika memang Malkisedik ini kekal. Dimana beliau sekarang berada dan

sedang ngapain? Jadi masih mungkinkah kitab ini dipercaya, atau yang

mempercayainya masih serupa mereka yang mempercayai keris, tanpa

ilmu pengetahuan, hanya kebutaan ?

Mengenai Bible (3)

Kitab Suci / Holy Bible dalam agama kristen itu terbagi dalam dua

bagian, yaitu : Old Testament (Perjanjian Lama) dan New

Testament(Perjanjian Baru). Literatur kristen dalam bahasa Indonesia

memanggil salinan kitab suci itu dengan “Alkitab”.

Biblia, yang merupakan Kitab Suci dalam agama Yahudi, dipanggil oleh

pihak kristen dengan Perjanjian Lama dan merupakan bagian dari kitab

suci agama kristen. Biblia itu terbagi atas tiga bagian : Torah dan

Nebiim dan Kethubiim.

Kitab suci agama Yahudi itu disebut juga �Perjanjian”. Inti isinya

termaktub dalam Sepuluh Perintah (Ten Commadments) seperti termuat

dalam Keluaran (20: 1-12) dan dalam Ulangan (5:1-21), yang merupakan

perjanjian Yahuwa dengan bani Israil. Sepuluh Perintah itu termuat

dalam dua buah Luh, yang dibawa turun oleh Nabi Musa dari puncak

sebuah bukit batu di semenanjung Sinai, yang pada puncak yang

terpandang suci itu Nabi Musa menerimakan perjanjian dari Allah Maha

Kuasa (Yahuwa)

Di dalam hubungan perjanjian Yahuwa dengan bani Israil itu, Kitab Suci

Al-Qur’an dari agama Islam menyebut �Perjanjian” tersebut dalam

berbagai Surah dengan al-Mitsaq , (Baqarah, 27; Ra’ad, 27; Nisak, 153;

Maidah, 15; Baqarah, 63, 84,93; dan berbagai Surah lainnya), yang

bermakna: Perjanjian.

Karena pihak kristen berpendirian bahwa ketetapan yang diberikan

Allah Maha Kuasa kepada Jesus (Isa Al-Masih) itu pun merupakan

perjanjian, maka lahir dua istilah dalam dunia kristen, yaitu : Perjanjian

Lama dan Perjanjian Baru.

Perjanjian Baru / New Testament

Perjanjian Baru merupakan kitab suci yang paling azasi dalam agarna

kristen sekalipun dunia kristen itu mengakui kitab suci agama Yahudi

merupakan bagian dari kitab sucinya juga.

Perjanjian Baru itu terbagi atas empat bagian :

1. Gospels (himpunan Injil) terdiri atas empat Injil :

a. Injil Matius, karya Matius.

b. Injil Markus, karya Markus.

c. Injil Lukas, karya Lukas.

d. Injil Yahya, karya Yahya.

2. Acts of Apostles (Kisah Rasul-Rasul) terdiri atas sebuah kitab saja,

yang merupakan karya Lukas.

3. Epistles (himpunan Surat) terdiri dari 14 buah Surat Paulus (Rum,

Korintus Pertama, Korintus Kedua, Galatia, Epesus, Pilipi, Kolose,

Tesalonika Pertama. Tesalonika Kedua, Timotius Pertama, Timosius

Kedua, Titus, Pilemon, Ibrani, 1 buah Surat Yakub (James), 2 buah Surat

Peterus, 3 buah Surat Yahya, 1 buah Surat Yahuda.

4. Apocalypse (Wahyu) terdiri’ atas sebuah kitab saja, yang merupakan

karya Yahya.

Perbandingan luas isi dari keempat-empat bagian itu, dengan meminjam

Kitab Perjanjian Baru cetakan 1955 yang diterbitkan Gedung Alkitab di

Jakarta, tercatat sebagai berikut :

Injil Matius : 93 halaman

Injil Markus : 60 halaman

Injil Lukas : 97 halaman

Injil Yahya : 74 halaman

Kisah Rasul-Rasul : 90 halaman

Surat Paulus : 216 halaman

Surat-surat lain : 43 halaman

Kitab Wahyu : 45 halaman

jumlah : 718 halaman

Melihat perbandingan luas isi di atas dapat disimpulkan suatu fakta

bahwa himpunan Surat-Surat Paulus itu merupakan bagian yang sangat

dominan di dalam Perjanjian Baru itu.

Synoptic Gospels

Keempat Injil di atas itu adalah tulisan empat tokoh mengenai

peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Jesus, semenjak lahir sampai

menjalankan missinya dalam wilayah Galelia (Palestina Utara) dan

terakhir dalam wilayah Judea (Palestina Selatan).

Tiga Injil yang pertama (Matius, Markus, Lukas) itu disebut dengan

Synoptic Gospels, yakni Injil-Injil yang hampir bersamaan isinya.

Sekalipun dijumpai perbedaan-perbedaan kecil di sana sini mengenai

urutan Silsilah, urutan Kejadian, ragam Peristiwa, akan tetapi dalam

rangka keseluruhannya hampir bersamaan.

Kalangan Sarjana-sarjana-Bible (Biblical Scholars), yang melakukan

penelitian secara intensif terhadap satu persatu Injil itu,

menyimpulkan bahwa masing-masing penulis Injil sama-sama memungut

dari suatu Sumber Asal, akan tetapi Sumber-Asal (Q) itu sudah tidak

dijumpai kini dan tidak dikenal sama sekali.

Sebaliknya Injil Yahya mempunyai cara sendiri di dalam mengisahkan

kehidupan beserta missi dari Jesus itu. Baikpun urutan Kejadian

maupun ragam peristiwa agak jauh berbeda dengan 3 Injil yang disebut

Synoptic Gospels itu.

Perbedaan lainnya bahwa 3 lnjil yang pertama itu bercerita dalam bentuk

yang sederhana dan mudah dipahami, akan tetapi Injil Yahya telah

dipenuhi oleh ungkapan-ungkapan filosofis.

Perbedaan lainnya yang sangat tajam sekali ialah mengenai lama missi

yang dijalankan Jesus dalam wilayah Galelia dan wilayah Judea itu. 3

Injil pertama bercerita bahwa Jesus Kristus itu menjalankan missinya

dalam masa satu kali Perayaan Paskah, lalu tertangkap pada masa

perayaan Paskah itu di Jerusalem. Jadi, Jesus menjalankan missinya

dalam tempo lebih kurang satu tahun saja.

Tetapi Injil Yahya bercerita bahwa Jesus Kristus itu menjalankan

missinya dalam masa tiga kali Perayaan Paskah, dan terakhir ditangkap

dalam Perayaan Paskah di Jerusalem. Jadi menurut Yahya, Jesus

Kristus menjalankan missinya dalam tempo 3 tahun, bukan satu tahun

seperti keterangan ketiga Injil yang tergolong Synoptic Gospels itu.

Keempat Injil itu disusun penulisnya di dalam bahasa Greek kuno

(Yunani). Sedangkan Jesus Kristus lahir dan hidup dalam lingkungan

masyarakat Yahudi di Palestina, yang dewasa itu berada di bawah

kekuasaan imperium Roma, dan menjalankan missinya dalam

lingkungan masyarakat Yahudi itu, yang dewasa itu cuma mengenal dan

mempergunakan bahasa Arainik yaitu suatu dialek dari bahasa Ibrani

(Yahudi).

Nazarenes dan Christians

Pengikut Jesus yang pertama sekali terdiri atas kelompok-kelompok

Yahudi dalam wilayah Galelia maupun Judea, yang oleh kalangan

Sarjana-sarjana Bible (Biblical Sholan) disebut dengan Early Christians,

yakni Orang kristen yang pertama sekali.

Pada masa hidup Jesus sendiri maupun masa berikutnya belum dikenal

sebutan orang kristen (Christianis). Mereka itu cuma disebut oleh

kalangan lainnya, terutama oleh pihak-pihak yang menantang Jeus,

dengan sebutan Nazarenes. Yakni para pengikut Nazareth. Hal itu

disebabkan Jesus sekalipun dilahirkan di Bethlehem, akan tetapi

keluarganya menetap di kota-kecil Nazareth dalam wilayah Galelia.

Oleh sebab itulah para mukmin pertama itu disebut pihak lawannya

dengan pengikut orang Nazareth atau Nazarenes. Dari sebutan

Nazarenes itulah lahir sebutan Nashara dalam bahasa Arab dan sebutan

Nasrani dalam bahasa Indonesia.

Sedangkan sebutan Christians (Kristen) baru muncul pada masa

belakangan, jauh sepeninggal Jesus. Sebutan itu bermula lahir di kota

besar Antiokia di Syria Utara, sewaktu Barnabas dan Paulus

menjalankan missinya di kota besar itu, yang mempunyai kedudukan

sebagai ibukota imperium Roma untuk wilayah belahan Timur.

Disebabkan Barnabas dan Paulus di dalam missinya tidak henti-hentinya

menyatakan dan menegaskan bahwa Jesus itu adalah Christos

(AI-masih) maka orang sekitarnya memanggilkan mereka itu dengan

para pengikut Kristus (Christians). Dari situlah lahir sebutan Orang

kristen di dalam bahasa Indonesia.

Jesus wafat, menurut A. Powell Davies di dalam The First Christian

cetakan 1957 halaman 13, sekitar tahun 29 Masehi. Pendapat itu

dikukuhkan oleh Hugh J. Schonfield dalam The Authentic New

Testament cetakan 1958 halaman XIV.

Sedangkan peristiwa pada kota-besar Antiokia itu terjadi, menurut Hugh

J. Schonfield, sekitar tahun 46-48 masehi. Jadi Iebih kurang dua puluh

tahun sepeninggal Jesus barulah muncuI sebutan Christians (orang

Kristen).

Early Christians (Kristen Pertama) dan Gentile Christians (Orang

Kristen Asing / Berikutnya)

Pada akhirnya pecah sengketa sengit antara Barnabas dengan Paulus

pada kota-kota besar Antiokia itu (Kisah Rasul-Rasul, 15 :39), dan juga

Peteros dengan Paulus pada kota-besar Antiokia itu ia, 2: 11-21 ). Inti

pokok yang menyebabkan sengketa itu tidak pernah dijelaskan di dalam

Kisah Rasul-Rasul, akan tetapi hal itu akan dicoba dijelaskan dalam

uraian berikut.

Karena sengketa sengit itu Paulus bersama Silas meninggalkan

kota-besar Antiokia untuk selama-lamanya (Kisah Rasul-Rasul,

15:40-41) menuju Asia Kecil dan Makedonia dan semenanjung Achaia

(Grik) guna mengembangkan ajarannya dalam lingkungan orang Grik

dan mereka itulah yang disebut dengan Gentile Christians (Orang

kristen Asing).

Sebutan itu lahir dalam dunia kristen untuk membedakan kelompok

Pengikut yang Baru itu dengan Kristen Petama, Early Christians, yakni

para pengikut Jesus Kristus yang mula-mula dalam lingkungan

masyarakat Yahudi di Palestina, yang disebut dengan Nazarenes itu.

Para pengikut yang pertama diyakini telah musnah sebagian besarnya

pada masa pemberontakan total bangsa Yahudi di Palestina terhadap

penindasan imperium Roma, yang berlangsung sepuluh tahun lamanya,

yaitu antara tahun 65 sampai 75 masehi. Legiun X dari pihak Roma

melakukan pembunuhan-pembunuhan massal (massacre) pada

perkampungan-perkampungan Yahudi di seluruh Palestina, kecuali yang

sempat melarikan diri ke lembah Mesopotamia dan Arabia Selatan dan

berbagai wilayah lainnya.

Sewaktu Panglima Titus pada tahun 70 masehi berhasil merebut dan

menguasai benteng pertahanan terakhir dari pihak Yahudi, yaitu Kota

Suci Jerusalem, maka berlangsung pembunuhan massal lagi. Panglima

Titus bertindak menghancurkan Bait Allah di atas bukit Zion, yakni Bait

Allah yang terkenal megah dan agung itu, yang pada masa dulu bermula

dibangun oleh Nabi Sulaiman dan dikenal dengan Kuil Sulaiman

(Solomon’s Temple).

Panglima Titus mengumumkan wilayah Jerusalem dan sekitarnya

dikuasai kini oleh pihak imperium Roma dan wilayah tersebut diberi

nama dengan : Aeliae Capitolae. Semenjak tahun 70 masehi itu setiap

orang Yahudi tidak di izinkan memasuki wilayah Aelice Capitolae itu.

Semenjak pemberontakan total yang gagal itulah dikenal dalam sejarah

bangsa Yahudi dengan Great Diaspora, yakni masa memencar tanpa

tanah air. Pada masa yang sangat tragis itu diyakini

kelompok-kelompok pengikut Jesus yang pertama-tama (Early

Christians) ikut musnah. Kecuali kelompok kecil yang sempat

meliputkan dirinya ke kota Pella di seberang sungai Jordan, yang pada

masa belakangan dikenal dengan sekte Ebionites yang mempunyai Injil

sendiri yang dikenal dalam sejarah dengan Ebionite Gospel (Injil

Ebionites), yang isinya jauh berbeda dengan Injil-Injil yang menjadi

pegangan dunia kristen pada masa berikutnya dan kini.

Karena kelompok yang pertama-tama dapat dikatakan telah musnah

pada masa pemberontakan itu maka berkembanglah kelompok pengikut

yang baru, dibawah ajaran Paulus, yaitu Gentile Christians (Orang

Kristen Asing).

====================
1. I Yohannes 5: 7-8
====================

Menurut Alkitab terjemahan LAI 1984:

[I Yohannes 5:7] Sebab ada tiga yang memberi kesaksian [di dalam sorga:
Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
[5:8] Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi]: Roh dan air dan darah
dan ketiganya adalah satu.

Ada dua sumber berbeda yang digunakan untuk menulis Alkitab Versi NIV (New
International Version) dan NASV (New American Standard Version) serta King
James Version (KJV). KJV berasalkan dari teks Alkitab Bizantium, sedangkan
NIV dan NASV berdasarkan terjemahan dari Teks Alexandria.

Berikut ini akan kita lihat di mana bedanya.

(In the following examples the King James Version differs from the NIV, and
NASV. because it bases it’s translation on the Byzantine text-type and the
NIV and NASV base theirs on the Alexandrian text-type.)

a. KJV [1 John 5:7-8] “For there are three that bear record in heaven, the
Father, the Word, and Holy Ghost: and these three are one. And there are
three that bear witness in earth, the spirit, and the water, and the blood;
and these three agree in one.”
NIV [1 John 5:7] “For there are three that testify: v. 8 the Spirit, the
water and the blood: and the three are in agreement.”

Pada KJV tercantum bahwa yang memberikan kesaksian di surga adalah: BAPA,
FIRMAN, dan ROH KUDUS, ditambahkan keterangan bahwa ketiganya adalah satu,
serta ada tiga yang memberikan kesaksian di bumi, yakni: ROH, AIR dan DARAH,
dan ketiganya juga satu.

Tetapi pada NIV hanya dicantumkan mengenai ROH, AIR, dan DARAH, tetapi tidak
dicantumkan mengenai Bapa, Firman dan Roh.

Di bawah ini ada keterangan mengapa terjadi demikian:
——————————————————
1. When Erasmus first printed the Greek New Testament in 1514 it did not
contain the words “in heaven, the Father, the Word, and Holy Ghost: and
these three are one. And there are three that bear witness in earth,”
because they were not found in any of the Greek manuscripts that Erasmus
looked at.

(Ketika Erasmus pertama kali mencetak Kitab Perjanjian Baru berbahasa Yunani
pada tahun 1514, maka hal itu tidak mengandung kalimat: ” in heaven, the
Father, the Word, and Holy Ghost: and these three are one. And there are
three that bear witness in earth,”, karena hal tersebut tidak ditemukan pada
manuskrip Yunani yang dilihat oleh Erasmus).

2. These words were not quoted by any of the Greek church fathers. They most
certainly would have been used if the Trinity in the 3rd and 4th centuries.

(Kalimat ini tidak pernah dikutip oleh para Bapa Gereja Yunani. Mereka
secara pasti baru menggunakannya pada abad ke III dan ke IV saat doktrin
Trinitas diperkenalkan).

3. These words are not found in any ancient versions of the New Testament.
These include Syriac, Coptic, Armenian, Ethiopic, Arabic, Slavonic, nor in
the Old Latin in its early form.

(Kalimat ini tidak ditemukan pada versi-versi tua Perjanjian Baru, termasuk
versi-versi Siria, Koptik, Armenia, Ethiopia, Arab, Slavonik, dan tidak pula
pada Bhs Latin Kuno pada bentuknya awalnya).

4. These words begin to appear in marginal notes in the Latin New Testament
beginning in the fifth century. From the sixth century onward these words
are found more and more frequently.

(Kalimat ini mulai timbul pada catatan pinggir dari Perjanjian Baru
berbahasa Latin yang diawali pada Abad ke V. Semenjak Abad ke VI dan
seterusnya, kalimat ini makin sering ditemukan).

5. Erasmus finally agreed to put these words into new editions of his Greek
New Testament if his critic’s could find one Greek manuscript that contained
these words. It appears that his critics manufactured manuscripts to include
these words.

(Erasmus akhirnya setuju untuk memasukkan kalimat ini pada edisi baru
Perjanjian Baru berbahasa Yunaninya asalkan dapat ditemukan
sekurang-sekurangnya satu manuskrip Yunani yang mengandung kalimat ini.
Nampaknya bahwa kritik manuskrip buatannya untuk memasukkan kalimat ini).

6. These additional words are found in only eight manuscripts as a variant
reading written in the margin. Seven of these manuscripts date from the
sixteenth century and one is a tenth century
manuscript.

(Kalimat tambahan ini ditemukan hanya pada delapan manuskrip sebagai bacaan
variatif yang ditulis sebagai catatan pinggir. Tujuh dari
manuskrip-manuskrip yang berasal dari Abad ke XVI dan satu buah berasal dari
abad ke X – jadi relatif baru – penterjemah).

7. Erasmus’ New Testament became the basis for the Greek New Testament,
“Textus Receptus”, which the King James translators used as the basis for
their translation of the New Testament into English.

TAMBAHAN PENJELASAN SEHUBUNGAN DENGAN TOPIK INI
————————————————
Silahkan anda membuka SURAT KIRIMAN YAHYA (I YOHANES) 5: 6-8

[I Yohanes 5:6] Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu
Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah.
Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena roh adalah kebenaran.
[5:7] Sebab tiga yang memberi kesaksian (di dalam surga Bapa, Firman dan Roh
kudus dan ketiganya adalah satu.
[5:8] Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi) Roh dan air dan darah dan
ketiganya adalah satu. (sebelum mendapat kritikan kalimat mulai kata “di
dalam sorga” pada ayat 7 sampai kata “bumi” pada ayat 8 tidak memakai tanda
kurung, yang ngritik DR GC Van Niftrik)

SEDANGKAN menurut THE HOLY BIBLE international version, Zondervan Bible
publisher, Grand Rapid Michigan USA, 3th printing july 1981 halaman 926
BERBUNYI :

[I Yohanes 5:6] This is the one who come by water and blood- jesus christ.
He did not come by water only, but by water and blood. And it is the spirit
who tetifies, because the spirit is truth.
[5:7] for there are three that tetify
[5:8] the spirit, the water, and blood. And three are in agreements.

ARTINYA :
[I Yohanes 5:6] INILAH DIA YANG DATANG DENGAN AIR DAN DARAH. IA TIDAK DATANG
DENGAN AIR SAJA, MELAINKAN AIR DAN DARAH. DAN ROHLAH YANG MENYAKSIKAN,
KARENA ROH ADALAH KEBENARAN.
[5:7] ADA TIGA YANG MENYAKSIKAN
[5:8] AIR, DARAH DAN ROH DAN KETIGANYA MENJADI SATU.

Membaca ayat diatas, tampaklah penyisipan yang dilakukan penterjemah
Alkitab. Ternyata kalimat mulai dari “Didalam sorga” pada ayat 7 sampai kata
“di bumi pada ayat 8 adalah palsu. Kalau ayat itu dulunya nggak ada mengapa
sekarang muncul? Kalau dulunya memang ada mengapa sekarang di hilangkan?

BERIKUT KOMENTAR TENTANG PEMALSUAN AYAT INI:
———————————————
1. DR G.C. VAN NIFTRIK DAN D.S.B.J BOLAND : Didalam Alkitab tidak
diketemukan suatu istilah yang dapat diterjemahkan dengan kata TRITUNGGAL
ataupun ayat-ayat tertentu yang mengandung dogma tersebut, mungkin dalam 1
Yahya 5 : 6-8. Tetapi sebagian besar dari ayat itu agaknya belum tertera
dalam naskah aslinya. Bagian itu setidak- tidaknya harus diberi kurung.
(Dogmatika masa kini, BPK Jakarta, 1967 hal 418). Penterjemah Alkitab
rupanya menuruti saran keduanya. Dengan
memberi kurung kalimat itu.

2. Drs. M E Duyverman : Menurut salinan tertua jalannya kalimatnya adalah
begini : KARENA TIGA MENJADI SAKSI, YAITU ROH AIR DAN DARAH. Rupanya
TAMBAHAN mulai terbubuh sebagai keterangan pinggir KALIMAT; PENYALIN
KEMUDIAN MEMASUKAN KE DALAM BUNYI NAS karena berpikir ini adalah perbaikan
penyalin lama. SAMPAI KINI HAL ITU MASIH TERJADI. (Pembimbing ke dalam
perjanjian baru, BPK Jakarta 1966 hal 145). Mengapa keterangan pinggir itu
dapat masuk menjadi ayat tuhan dengan
begitu gampangnya?? Padahal ayat ini pokok doktrin trinitas. Mengapa bisa
ketambahan ayat???

3. Jerry Falwell. Tokoh kristen RADIKAL Amerika Serikat ini mengomentari
pemalsuan ayat-ayat itu sebagai berikut : THE REST OF VERSE 7 AND FIST NINE
WORDS OF VERSE 8 ARE NOT ORIGINAL, AND ARE NOT TO BE CONSIDERD AS APART OF
THE WORDS OF GOD. (Jerry Falwell, Liberty Bible Commentary, thomas Nelson
Publisher, Nashville, Camden New York 1983 halaman 2638). Artinya sebagian
kalimat pada ayat 7 dan sembilan kata pertama di ayat 8 adalah tidak asli
dan tidak bisa dianggap
sebagai firman Tuhan.

Keterangan tambahan:

Justru dengan adanya penambahan tersebut maka menimbulkan suatu perbedaan
doktrinal yang nyata, perbedaan yang ada adalah mengenai konsep tritunggal
yang menjadi doktrin utama gereja Kristen dewasa ini. Karena jika kita
melihat pada ayat-ayat pada manuskrip yang lebih tua, yang tidak mengandung
tambahan tersebut, maka tidak ada pendukung yang kuat akan doktrin
tritunggal yang dianut oleh gereja. Maka ditambahkanlah ayat tersebut.

==================
2. Matius 28:16-20
==================

[Matius 28:18] Yesus mendekati mereka dan berkata: “KepadaKu telah diberikan
segala kuasa di sorga dan bumi.

Ayat Matius 28:18 ini adalah AYAT PALSU!. PALSU! PALSU! PALSU! PALSU! PALSU!
PALSU! PALSU! PALSU! PALSU! PALSU! PALSU! PALSU! PALSU!

Karena Kitab Matius fasal 28 sebetulnya hanya sampai ayat 15. Sebagai
berikut:

[Matius 28:15] Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan
kepada mereka. Dan CERITERA INI TERSIAR diantara orang Yahudi SAMPAI
SEKARANG INI.

King James Version:
[Matthew 28:15] So they took the money, and did as they were taught: and
this saying is commonly reported among the Jews UNTIL THIS DAY.

American Standard Version:
[Matthew 28:15] So they took the money, and did as they were taught: and
this saying was spread abroad among the Jews, and continueth UNTIL THIS DAY.

Fokuskan pada kata yang saya huruf besarkan diatas: CERITA INI TERSIAR (di
antara orang Yahudi) SAMPAI SAAT INI. Ini adalah KATA-KATA PENUTUP DARI
LAZIMNYA SEBUAH CERITA!

Pada Alkitab versi King James dan American Standard diatas, jelas sekali
tertulis …”Until this day” (sampai hari ini). Begitu pula kalau kita
melihat Alkitab dalam bahasa sehari-hari:

[Matius 28:15] Maka tentara pengawal itu mengambil uang itu, dan melakukan
seperti yang dipesankan kepada mereka. Oleh karena itu cerita itu masih
tersiar di antara orang Yahudi SAMPAI PADA HARI INI.

Ayat Matius 28:15 inilah sesungguhnya ayat terakhir dari Kitab Matius fasal
28.

Sedangkan lima ayat berikutnya, Matius 28:16-20, adalah ayat-ayat yang baru
ditambahkan oleh Gereja kemudian.

[Matius 28:16] Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang
telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.
[28:17] Ketika melihat Dia mereka menyembahNya, tetapi beberapa
orangragu-ragu.
[28:18] Yesus mendekati mereka dan berkata: “KepadaKu telah diberikan segala
kuasa di sorga dan di bumi.
[28:19] Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah
mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
[28:20] dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan
kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir
zaman.”

Mereka yang dikaruniai akal sehat dan membaca Kitab Matius fasal 28 ini
dengan cermat akan segera mendeteksi bahwa Injil Matius 28:15 merupakan
penutup Injil Matius 28.

“Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka.
Dan CERITA INI TERSIAR diantara orang Yahudi SAMPAI SAAT INI” (Matius
28:15).

Perhatikan kata-kata yang saya huruf besarkan diatas, “CERITA INI TERSIAR
SAMPAI SAAT INI” (;Sampai hari ini) menunjukkan bahwa peristiwanya sudah
lama berlalu. Ini memperlihatkan bahwa Injil ini sudah lama selesai ditulis.
Cerita ini sudah menjadi cerita rakyat yang terus dipupuk selama puluhan
tahun, baru kemudian ayat 16-20 ditambahkan.

Namun karena Gereja ingin menambahkan doktrin keimanan mereka dalam Injil,
sehingga tanpa malu-malu mereka menambahkan ayat-ayat palsu tersebut,
walaupun akhirnya janggal di kuping yang mendengarnya.

Maka tulisan yang ada pada ayat Matius 28 pasal 15 itu seharusnya akan
ditaruhnya pada akhir ayat Matius 28 atau tepatnya SETELAH/PADA ayat Matius
28:20! Perhatikan kalimat “… CERITERA INI TERSIAR DIANTARA ORANG YAHUDI
SAMPAI SAAT INI!” (;sampai hari ini/until this day) Kalimat begini kan jelas
merupakan SEBUAH KALIMAT PENUTUP! Semoga apa yang saya maksudkan dalam
pemaparan saya ini bisa difahami oleh rekan-rekan sekalian.

Baiklah akan saya jelaskan lagi.
——————————–
– Matius 28 pasal 11-15 adalah berisikan mmengenai Dusta Mahkamah Agama
(cerita mengenai serdadu-serdadu romawi disogok). Menariknya adalah sebagian
tulisan terakhir dari ayat Mat.28:15 itu: ‘CERITERA INI TERSIAR DIANTARA
ORANG YAHUDI SAMPAI SEKARANG INI’. Kalau ibarat film kalimat macam begini
kan sama artinya dengan kalimat ‘THE END’ atau kalau dalam komik ‘TAMMAT’
(^_^)

– Matius 28 pasal 16 sampai 20 intinya adaalah perintah untuk memberitakan
Injil kepada seluruh makhluk, padahal dulu jelas-jelas Yesus telah
memerintahkan kepada murid-muridnya untuk HANYA menyebarkan Injil kepada
bangsa Yahudi saja (Matius 15:5-6 & 15:24-26), tapi sekarang fokus saya
adalah Mat.28:16-20 ini bukan ke pertentangan masalah tersebut. Silahkan
perhatikan lagi:

[Matius 28:16] ….. (Silahkan baca diatas)
[28:17] …..
[28:18] …..
[28:19] Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah
mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,[28:20] dan ajarlah mereka
melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah,
Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir
zaman.

Sekarang saya tanya. Apakah cerita ketika Yesus memerintahkan untuk
menyebarkan Injil kepada seluruh bangsa seperti dikatakan dalam Mat.28:19-20
ini TIDAK TERSIAR SAMPAI SAAT INI????? (^_^) Jelas sampai sekarang cerita
tersebut masih tersiar bahkan cerita ini JAUH LEBIH TERSIAR daripada cerita
dalam Mat.28:11-15 mengenai dusta mahkamah agama (serdadu romawi disogok)
itu.

Tapi mengapa tulisan “…CERITA INI TERSIAR SAMPAI SAAT INI” sudah ada
sebelum Mat.28:16? Yaitu tepatnya pada ayat Mat.28:15? Sebabnya karena
memang ayat itulah sebetulnya AYAT PENUTUP dari Injil Matius 28! Seharusnya
kalau ayat-ayat Kitab Matius 28:16 itu benar-benar ada, maka sebagai ayat
penutup Matius 28 adalah ayat Mat.28:20 dan isinya seharusnya sbb:

[28:20] dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan
kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir
zaman. DAN CERITERA INI TERSIAR SAMPAI SAAT INI.

Masalahnya adalah kalau memang ayat Mat.28:16-20 itu benar-benar ada dan
merupakan kelanjutan dari Mat.28:11-15 maka kalimat “… CERITA INI TERSIAR
SAMPAI SAAT INI”.. alias kalimat “THE END” atau “TAMMAT” itu harusnya baru
ada setelah Ayat Matius pasal 28:20 (atau menjadi ayat terakhir dari Matius
28)!

Karena bukankah KEDUA CERITA itu (Mat.28:15-cerita tentang serdadu romawi
disogok MAUPUN Mat.28:20-cerita tentang perintah dari Yesus untuk
menyebarkan Injil) MERUPAKAN SATU RANGKAIAN CERITA? Merupakan bagian-bagian
cerita YANG SAMBUNG-BERSAMBUNG dalam Injil Matius 28?

Kenapa ketika belum sampai ayat Mat.28:20, melainkan baru sampai Mat.28:15
sudah ada tulisan “memvonis” seperti lazimnya seorang kakek yang ingin
menyudahi cerita ketika sedang mendongeng kepada cucunya: “KISAH/TULISAN INI
MASIH TERSIAR SAMPAI SEKARANG INI CUCUKU!”… (^_^)

Masalah ini kalau mau dianalogikan, ibarat komik yang terdiri dari jumlah
keseluruhan 100 halaman, jelas halaman terakhirnya dari komik tersebut
adalah halaman 100 (analogi dengan Kitab Matius 28; Halaman 100 itu sama
dengan Mat.28:20).

Saya lanjutkan kembali. Maka seharusnya tulisan ‘THE END’ atau ‘TAMMAT’
untuk mengakhiri, atau sebagai penutup dari komik tersebut harusnya juga
adanya di halaman terakhir buku tersebut, yaitu halaman 100. Seperti juga
seharusnya kalimat ‘CERITA INI TERSIAR SAMPAI SAAT INI’ pada Matius 28
harusnya juga ada pada ayat terakhir pada Matius 28 itu yaitu tepatnya pada
ayat Matius 28:20.

Ndilalah kok pada kenyataannya sekarang ini kalimat ‘CERITA INI TERSIAR
SAMPAI SAAT INI’ dalam Matius pasal 28 kok sudah ada pada ayat ke-15nya
-(harusnya pada Matius pasal terakhir/ke-220 donk)-?!?!? Ini sama aja tulisan
‘THE END’ atau ‘TAMMAT’ dalam komik yang saya ceritakan diatas itu sudah ada
pada halaman 90! Atau malah baru di halaman 70 dsb! -(Harusnya yang benar
pada halaman terakhirnya alias halaman 100 donk!)…

Jadinya tulisan “CERITA INI TERSIAR SAMPAI SAAT INI’ dalam Matius 28 dan
tulisan ‘THE END’/’TAMMAT’ dalam komik diatas itu ibarat bayi berarti
LAHIRNYA TERLALU CEPAT alias PREMATURE! (^_^) Harusnya baru muncul pada ayat
Mat.28:20 kok sudah ada pada ayat Mat.28:15. Harusnya baru ada pada halaman
100 kok sudah keburu nongol pada halaman 90! (^_^)

Mengenai ayat-ayat palsu yang baru ditambahkan oleh Gereja ini,
perhatikanlah pernyataan para pakar Alkitab dan sejarah pemikiran Kristen
seperti:

– Hugh J. Schonfield, nominator pemenang HHadiah Nobel tahun 1959, dalam
bukunya The Original New Testament, hal. 124:

“This (Matthew 28:15) would appear to be the end of the Gospel (of Matthew).
What follows (Matthew 28:16-20) from the nature of what is said, would then
be a latter addition”

“Ayat ini (Matius 28:15) nampak sebagai penutup Injil (Matius). Dengan
demikian, ayat-ayat selanjutnya (Matius 28:16-20), dari kandungan isinya,
nampak sebagai (ayat-ayat) yang BARU DITAMBAHKAN KEMUDIAN”.

– Selanjutnya, Robert Funk, Professor Ilmuu Perjanjian Baru, Universitas
Harvard, dalam bukunya The Five Gospels, mengomentari ayat-ayat tambahan ini
sebagai berikut:

“The great commission in Matthew 28:18-20 have been created by the
individual evangelist… reflect the evangelist idea of launching a world
mission of the church. Jesus probably had no idea of launching a world
mission and certainly was not the institusion builder. (is is) not reflect
direct instruction from Jesus”

“Perintah utama dalam Matius 28:18-20… diciptakan oleh para penginjil….
memperlihatkan ide untuk menyebarkan ajaran Kristen ke seluruh dunia. YESUS
SANGAT MUNGKIN TIDAK MEMILIKI IDE UNTUK MENGAJARKAN AJARANNYA KE SELURUH
DUNIA DAN (Yesus) SUDAH PASTI BUKAN PENDIRI LEMBAGA INI (agama Kristen).
(Ayat ini) tidak menggambarkan perintah yang diucapkan Yesus”

Lagi pula meskipun SEANDAINYA (;hanya pengandaian, karena sudah terbukti ini
ayat palsu) ayat tersebut benar diucapkan Yesus, belum dapat dianggap
sebagai rumusan Trinitas, sebab ayat ini hanya menyebut tiga oknum, dan
tidak pernah mengatakan bahwa yang tiga tersebut adalah satu.

Yang tidak palsu adalah ayat-ayat berikut ini, bahwa Yesus sama sekali tidak
memiliki kuasa baik di dunia maupun di akhirat, dan hanya Allah lah yang
memiliki kuasa:

[Yohanes 4:6] Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh
perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul
dua belas.

[Yohanes 5:30] Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku
menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab
Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus
Aku.

[Yohanes 7:1] Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak
mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk
membunuh-Nya

[Yohanes 12:27] Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan?
Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang
ke dalam saat ini.

[Markus 6:5] Ia tidak dapat mengadakan satu mujizatpun di sana, kecuali
menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka.

[Lukas 23:8] Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Sebab sudah
lama ia ingin melihat-Nya, karena ia sering mendengar tentang Dia, lagipula
ia mengharapkan melihat bagaimana Yesus mengadakan suatu tanda.
[23:9] Ia mengajukan banyak pertanyaan kepada Yesus, tetapi Yesus tidak
memberi jawaban apapun.

[II Korintus 13:4] Karena sekalipun Ia telah disalibkan oleh karena
kelemahan, namun Ia hidup karena kuasa Allah. Memang kami adalah lemah di
dalam Dia, tetapi kami akan hidup bersama-sama dengan Dia untuk kamu karena
kuasa Allah.

Kalau memang Yesus berkuasa di sorga dan bumi, maka dalam pertarungan bebas
melawan prajurit romawi di bukit golgotta itu, Yesus akan menang, tidak
kalah seperti yang kita ketahui dalam kepercayaan Kristen. Dan kemudian
prajurit Romawi itu akan digantung di tiang salib, dan setelah itu Yesus
juga akan mengampuni dosa umat Kristen! (^_^)

=================
3. Markus 16:9-20
=================

[Markus 16:15] Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia,
beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
[16:16] Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang
tidak percaya akan dihukum.

Lagi-lagi ayat yang satu ini, yaitu Markus 16:15-16 adalah AYAT PALSU.

Jadi menurut mereka Yesus memerintahkan untuk menyebarkan Injil untuk
seluruh makhluk. Tapi setelah diselidiki, ternyata ayat diatas adalah ayat
Palsu. Kitab Markus 16 ternyata hanya sampai ayat 8:

[Markus 16:8] Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab
gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada
siapapun juga karena takut.
Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan
teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-muridNya
memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan
tentang keselamatan yang kekal itu.

Ayat Markus 16:8 diatas inilah yang sebetulnya merupakan ayat penutup dari
Markus 16. Sedangkan ayat Markus 16:9-20 adalah palsu dan baru disusupkan
oleh gereja kemudian. Berikut ayat-ayat PALSU tersebut:

[Markus 16:9] Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu,
Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus
pernah mengusir tujuh setan.
[16:10] Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu
mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.
[16:11] Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat
olehnya, mereka tidak percaya.
[16:12] Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua
orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.
[16:13] Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang
lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya.
[16:14] Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika
mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati
mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah
melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
[16:15] Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia,
beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
[16:16] Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang
tidak percaya akan dihukum.
[16:17] Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan
mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa
yang baru bagi mereka,
[16:18] mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut,
mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas
orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”
[16:19] Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah
Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.
[16:20] Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan
turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang
menyertainya.

– Alkitab kitab Markus pasal 16 yang diterrbitkan Lembaga Biblika Indonesia
yang dicetak oleh percetakan Arnoldus Ende 1986/1987, Pada catatan kakinya
berbunyi:

“Dengan singkat. Bagian ayat ini hanya terdapat dalam beberapa naskah.
Nampaknya baru dalam abad ke-2 masuk ditambahkan dalam injil Markus. Bagian
akhir injil Markus ayat 9-20 bercerita mengenai penampakan Yesus. Ini memang
termasuk kitab suci, TETAPI AGAKNYA TIDAK TERMASUK INJIL MARKUS YANG ASLI”.

– Pada The Christian Counselor’s New Testaament, Markus 16 berakhir pada
pasal 16 ayat 8. Kemana ayat 9-20? Pada akhir kalimat terdapat catatan kaki:

“These verse are omitted by better MSS. An alternative shoter ending is
found in same”.

“Ayat-ayat ini dihapus oleh terjemahan MSS yang terbaik. Penutup lebih
pendek seperti ini (Markus 16 berakhir pada ayat 8) bisa ditemukan pada
beberapa versi lainnya.

– Pada The Holy Bible New International Veersion pada catatan kaki ayat 8
berbunyi :

“The two most reliable early manuscripts do not have mark 16:9-20”.

“DUA MANUSKRIP PALING TUA TIDAK MEMILIKI MARKUS 16:9-20”.

– “Serious doubts exists as to whetheer these verses belong to the Gospel of
Mark. They are absent from important early manuscripts and display certain
peculiarities of vocabulary, style and theological content that are unlike
the rest of Mark. HIS GOSPEL PROBABLY ENDED AT 16:8, OR ITS ORIGINAL ENDING
HAS BEEN LOST. (From the NIV Bible Foot Notes, page 1528)”

– Kata Herman Bakel dan Dr. A. Powel Daviees, “Injil Matius 28:19 (28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka
dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,) dan Injil Markus 16:9-19 ADALAH
SISIPAN. Bacalah bukunya.” (Hashem, “Jawaban Lengkap Kepada Pendeta Dr. J.
Verkuyl,” terbitan JAPI, Surabaya, tahun 1969, halaman 94).

Jadi perintah Yesus untuk memberitakan injil kepada seluruh makluk adalah
ayat Palsu yang sengaja disisipkan oleh tangan-tangan jahil. Jadi dengan ini
yang benar adalah Yesus hanya untuk bani Israel saja seperti yang Yesus
katakan dengan tegas di Matius 10:5-6:

[Matius 10:5] Kedua belasmurid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada
mereka, “JANGANLAH KAMU MENYIMPANG KE JALAN BANGSA LAIN atau masuk ke dalam
kota orang Samaria,
[10:6] melainkan PERGILAH KEPADA DOMBA-DOMBA YANG HILANG DARI UMAT ISRAEL.

Dan Matius 15:24-26:

[Matius 15:24] Jawab Yesus: “AKU DIUTUS HANYA KEPADA DOMBA-DOMBA YANG HILANG
DARI UMAT ISRAEL.”
[15:25] Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata:
“Tuhan, tolonglah aku.”
[15:26] Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan
bagi anak-anak dan melemparkannya kepada ANJING.”

Itulah ayat yang asli dan tidak palsu.BER

73 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

73 responses to “BIBEL MENJADI BEBEL(Berbelit-belit)

  1. Subhanallah…
    Lengkap sekali pengetahuan @mas terhadap kitab yang nyeleneh ini…

    Bravo….

    #Haniifa.

  2. Andri

    Si Paulus siapa???????roma?????
    ko’ ikut2 an nulis Injil wah “SUPER GILA” berani nulis ayat suci sendiri….

  3. Dapat Kristologi disini n itu adalah salah satu ilmu yang diperlukan untuk Dakwah nih

  4. @Kuliah Gratis
    Disinilah tempat kuliah Kristologi yang mumpuni…

  5. ampe merah nih mata…hehehehee…

    • @Kang Adi
      Sayangnya para bromocorah di @IK dan ex @mas Wedul nggak ada yang nongol… kalau saja ada, rame dah jadi bahan tertawaan… hehehe

  6. NabiMuh

    Pembaca budiman jika Anda adalah umat Muslim yang baik, artikel ini janganlah kau baca, terkutuklah yang menulis artikel ini…

    Nabi Muhammad bersabda tiada Tuhan selain Allah dan Allah itu Maha Pengasih dan Penyanyang Umatnya..Jelas yang menulis ini adalah Iblis berkepala Manusia..

    Waspadalah

    Wassalam !

    • gue

      Lho mas……… saya udah baca sampai disini berarti artikelnya juga udah baca semua dong……. gimana to sampeyan itu?????? he he he

      Lagian artikelnya bagus, menjelaskan dng nalar, dasar2 & sumber2nya disebutkan jelas jadi tidak asal2an/fitnah shg menambah pengetahuan kita to???!!!!

      Kalau menurut gue yang menulis artikel ini adalah Manusia Baik Hati, mau membagi ilmu tanpa imbalan agar kita bisa berpikir-memilih-melangkah dalam menjalani hidup ini. (Semoga Allah melimpahkan pahala atas amal baik nya dan rahmat serta kelapangan, kemudahan dalam segala urusannya yg baik. amin)

      Lha malah tanggapan mas NabiMuh yg gue tidak jelas, artikelnya keutara tanggapannya keselatan gak nyambung. Kalau gak sependapat ya ditanggapi aja pakai dasar2 & sumber2 yang jelas & valid gitu…………..

      salam.

      NB. : …..spada aja lah Was…… eh…Mas

  7. Firman

    NABI MUSLIM MEMANG TEKKUTUK..

    ISLAM HADIR PADA SAAT IBLIS DIENYAHKAN KE DUNIA..

    MAAF YA.. SURGA BUKAN RUMAH ANDA?
    AMIN?

    YA DONK..

    HEHE

    MAAP YA..

    SALAM DAMAI

    HORASSS…

    JANGAN MARAH… ya mbeeekk

    Gitu aja nangis..

    TAHAN MENTAL DONK KATANYA MUSLIM..

    MUSLIM itu MUSUHE LASKAR INDONESIA MERDEKA..MEkso ya persis kamu..haha

    MAaap loh ya dari huatiku yang paling dalam ini..hehe

    MAAP…

    Kalo masih tidak terima ya MAAP..

    • Hm….Kuterima ma’afmu…

    • eit salah..MAAP yach..
      ya dech…
      terimakasih atas permintaan maapmu

    • jaj

      firman (NABI MUSLIM MEMANG TEKKUTUK.)

      kayanya mas firman tidak mengerti apa yang dimaksud dengan terkutuk atau di kutuk atau sebaliknya!!!

      jika NANI MUSLIM EMANG TERKUTUK!! kayanya semua manusia ingin terkutuk, soalnya Nabinya orang muslim di Do’akan, di solawatkan, di puji, disayangi, dan menjadi panutan jutaan umat islam di dunia.
      kuburanya juga megah, luas,(maaf mungkin rumah anda tidak seluas+seindah makam nabinya umat islam), gerbangnya dilapisi emas, namanya diukir disamping nama ALLAH. makam raja sekalipun tidak seindah makam nabinya umat islam.
      coba bandingkan dengan makam Tuhan yesus!!!kayanya ga usah d jelaskan, makamya juga ga ada!!!heheh…

      udah jangan nangis itu realita!!so jadi yang pantas d sebut terkutuk itu tuhan jesus yang kamu imani apa NABINYA ORANG MUSLIM??

  8. @Bang Firman
    Nggak ngerti ahh…:mrgreen:

  9. @Bang Firman
    Ya sudah saya maafken…. hehehe… minta maaf sampai ngemis-ngemis gituh :mrgreen:

  10. Fietria

    @Firman
    Saya kok juga jadi engga ngerti?😆

  11. hidayat

    sok tau loe, muslim yang kayak gini nich yang rusak keislaman… kalau mau shar untuk mengokohkan saudara2 kita bahaslah yang positif…loe tau ga sejarah nabi kita?loe tau ga arti islam?loe tau ga alquran cerita apa tentang injil dan tentang isa baca no al-nisa dan al-imran

  12. @hidayat
    tentang isa baca no al-nisa dan al-imran
    ________________
    Hua.ha.ha
    Mana ada Al Qur’an Surah Al-NISA ?!
    Dasar dungu…😀

    http://haniifa.wordpress.com/2009/07/27/bom-comments/

  13. Fietria

    Mungkin surat Al-Nisa dibuat sendiri oleh hidayat.

  14. Hhhhhhh…
    Al nisa …….surat mana tuch?
    Al imran………mana ada juga…

    hhhhh…surat ala hidayat toch

  15. hidayat (asli)

    @nyang nulis artikel ini:
    saya mau nambahin. di bibel sendiri ada ayat tentang bebel (belit-belit). Jadi bibel sendiri ngakui ke’bebelan’nya. Baca aja kitab masmur 18:26

  16. CosmicBoy

    @ Anak-anak pesantren,

    Masa lowong buat cerpen…lalu dituang ke sini.

    Hahahaha…anak2 pesantren…pantess.

  17. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren,

    Kitab ini diturunkan pada Nabi Isa a.s dalam bahasa Yahudi Kuno(Ibrani).

    ==> Hahahahaha…cerpen lagi? Buktinya mana? Bisa tunjukkan kitab Injil yg diturunkan pada Nabi Isa, jamin saya akan masuk Islam, kayaknya bukan saya saya, Pak Jell juga, Pak Iman, Pak hh dll…? …rame-rame mengucapkan “La ilah ha ilallah, Yasyuwa’ Kalamullah.”

    Hahahaha…

    Anak pesantren, kalo tidak mau otong, buat cerpen.

  18. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren

    Kitab pertama yang asli telah dimusnahkan oleh Paulus dari pihak Gereja Pauline pada 325 M.

    ==> Cerpen edisi ke-2, hahahaha…Paulus meninggal pada 80 Masehi, kok bisa bangkit dan musnahkan kitab suci asli pada 325 M????

    Anak2 pesantren, kalo bukan main otong waktu lowong, buat cerpen…hahaha.

    _______________________________________

    Berarti bible adalah cerpen.

    Karena kita selalu mengutip ayat bible.

  19. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren,

    Semua naskah Injil yang bertentangan dengan Injil resmi kerajaan Romawi saat itu dibakar. Siapa saja yang memiliki salinan naskah asli dihukum mati.

    ==> Cerpen edisi ke-3…hahahaha (sambil ketawa-ketiwi meliat keresahan anak2 pesantren), dongeng darimana…(kalo bukan dari para pembuat cerpen@ kiyai2).

    (1) “Semua naskah Injil” ==> semua cerpen2 seperti Maria Majdalena nikah sama Yesus, Yudas Al-Iskarioti bukan pengkhianat tapi sahabat baik Yesus, Allah ada 2, Allah jahat dan Allah baik (Yesus)…

    (2) “Semua naskah Injil yang bertentangan dengan Injil resmi kerajaan Romawi saat itu dibakar.” ==> Injil rasmi sudah ada 90 M, ngga perlu tunggu 325 M dan pemerintah Romawi untuk rasmikan…hahahaha…Markus ditulis pada 55-60 M, Matius pada 70-75 M, Lukas pada 70-80 M dan Yuhana pada 90 M (Yuhana meninggal pada 95 M). Dengan meninggalnya Yuhana, hawariyyun terakhir, maka tamatlah penulisan Injil. Injil2 yang ditulis sesudah kematian Yuhana (95M) adalah palsu karena tidak ada para hawariyyun yang hidup untuk mengesahkannya! Cerpen2 seperti Maria Majdalena nikah dgn Yesus adalah cerpen yg ditulis sesudah kematian semua hawariyyun, ia ditulis kira2 300 M! Bakar Injil, hahaha…ngga pernah saya dengar…kecuali dari anak2 pesantren.

    (3) Salinan naskah asli ialah Markus, Lukas, Matius dan Yuhana…ngga ada yang lain…yg lain itu cerpen2 dan novel2. Naskah2 ini ditulis antara 55-90 M oleh para hawariyyun dan para tabiun. Naskah terakhir ditulis oleh Yuhana, hawariyyun yg terakhir pada 90M, sesudah (meninggal), ngga ada lagi para hawariyyun…maka Injil2 yang ditulis sesudah ke4 Injil ini ialah palsu karena bukan ditulis oleh para hawariyyun & tabiun melain oleh para cerpenis kayak anak2 pesantren, yang menulis riwayat hidup dan pengajaran Yesus kayak anak2 pesantren main otong! Hahaha…

    Semoga kalian kurang membaca cerpen dan novel di pesantren, lebihkan amal kamu dengan membaca fakta2 sejarah dan CINTALAH ILMIAH.

  20. CosmicBoy

    @ Chodet,

    @Comic Coboy
    Iya..saya juga udach tahu sebagian bibel anda itu cerpen…
    nggak usah dikasih tahu saya juga dach tahu kok…

    ==> Xixixi, kok cepet sekali angkat bendera putih?

    Anak2 pesantren…pantess..!

  21. bonar

    cosmicboy…..gue salut ama lo,emang nih anak2 islam pada pauk.biarlah…….kita hrs maapin mereka brow.kacian mereka pada buta.nyata nya pada doyan kawin ama bom.apa itu ajaran qur’an.buka mata liat ama lo semua yg ga caya Isa.percaya akan kuasa Nya.lo jadi selamat….bukan ngebom aje.

  22. bonar

    biarlah mereka masih anak2…….bayangin aja.muhamad aja ga bs baca,gmana mau nulis qur’an…..akh…memang tulul,pake sok tau masalah injil.baca tu al-imran isi nya mutlak beda ama yg lain.jgn urus kitab yg agung di dunia,dasar cemen lo anak2 pesantren dungu

  23. ASTRID

    KEMUSTAHILAN KETUHANAN YESUS !!!

    Alkitab mencatat beberapa kemustahilan berkaitan dengan dugaan ketuhanan Yesus, misalnya, Yesus sujud menyembah kepada Allah (Matius 26:39 dan Markus 14:35-36). Selain itu, ketika disalib, Yesus berteriak memohon pertolongan kepada Allah (Matius 27:46 dan Markus 15:34, teks ini sebenarnya dikarang dari Mazmur 22:2-6). Yesus juga tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat (Markus 13:31-32). Bahkan, Yesus menyuruh umatnya untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah (Matius 6:9-13). Tindakan/sifat2 Yesus tersebut, sangat mustahil dimiliki oleh Tuhan, tetapi tindakan/sifat2 tersebut hanya mungkin dimiliki oleh makhluk2-Nya yang sudah semestinya menjadi hamba2-Nya.

    Catatan2 Alkitab di atas, jelas2 membantah ketuhanan Yesus. Tetapi mengapa umat Kristen bersikukuh menuhankan Yesus? Jawabannya terletak pada “doktrin gereja” yang sudah ditanamkan kepada setiap individu Kristen semenjak ia masih kanak2. Umat Kristen, pada dasarnya tidak benar2 memahami isi Alkitab yang sebenarnya. Mereka lebih mendasarkan diri pada apa yang gereja katakan tentang Yesus, bukan berdasarkan pada apa yang sebenarnya Alkitab katakan tentang Yesus. Di sinilah penyebab kesalahpahaman umat Kristen tentang pribadi Yesus.

    Lebih jauh, hampir semua orang yang mendengar cerita penyaliban ketika itu, beranggapan bahwa yang disalib itu adalah Yesus, oleh karena rupa orang tersebut benar2 mirip dengan Yesus. Hal ini dimanfaatkan oleh para sastrawan dari Yunani dan Romawi (dimana bangsa Romawi ketika itu menjajah Palestina) yang ingin mengabadikan cerita penyaliban itu, dengan menjadikan Septuaginta Perjanjian Lama berbahasa Yunani sebagai salah satu sumber karangan mereka. Lebih jauh lagi, nama “injil” yang diklaim umat Kristen untuk menyebut karya sastrawan “Matius”, “Markus”, “Lukas”, dan “Yohanes”, justru baru muncul pada akhir abad ke-2 Masehi (“Salib di Bulan Sabit”, karya: DR. Jerald F. Dirks). Adapun Kitab Suci Injil yang diturunkan Allah kepada Yesus, sebagaimana dinarasikan dalam injil2 kanonik di bawah ini, telah hilang dimusnahkan oleh tangan2 Bani Israel.

    Matius 4:23 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. (Lihat juga Matius 9:35; 11:1; 24:14; dan 26:13).

    Markus 1:14 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, (Lihat juga Markus 1:15,38-39; 3:14; 8:35; 10:29; 13:10; 14:9; dan 16:15,20).

    Lukas 4:43 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus.” (Lihat juga Lukas 4:44; 8:1; 9:6; dan 20:1).

    Jelasnya, nama “injil” yang diberikan kepada “Matius”, “Markus”, “Lukas”, dan “Yohanes”, BUKANLAH Kitab Suci Injil yang asli, yang diturunkan Allah kepada Yesus. Sedangkan Injil sebagaimana tersebut dalam ayat2 “injil” kanonik di atas, tentu saja Injil yang asli yang diturunkan Allah kepada Yesus. Pada waktu itu, sedikit sekali orang yang benar2 tahu dan mengerti tentang “Injil”. Barulah setelah Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, tabir kebohongan Perjanjian Baru itu sedikit demi sedikit semakin terbongkar.

    Wassalaam.

    • Joe Siagian

      coba kawan baca tanggapan tuduhan itu di sini

      http://www.sarapanpagi.org/8-kemustahilan-ketuhanan-yesus-vt605.html

      kawan bilang injil matius, markus, lukas dan yohanes adalah injil palsu tetapi menggunakan ayat di injil tersebut sebagai dasar argumen bahwa Yesus memberitakan injil yang diturunkan Allah

      saya kutip lagi dengan penekanan :
      Sedangkan Injil SEBAGAIMANA TERSEBUT dalam ayat2 “injil” kanonik di atas, TENTU SAJA INJIL YANG ASLI YANG DITURUNKAN ALLAH KEPADA YESUS. Pada waktu itu, sedikit sekali orang yang benar2 tahu dan mengerti tentang “Injil”.

      apa ada yang aneh dalam tuduhan tersebut? kalau palsu ngapain kawan jadikan dasar argumen? gimana nih? apa saya yang keliru?

  24. tri

    klo palsu kok dijadikan alasan utk menyangkal kristus? berarti percaya sama yg palsu ya..hahahahahha

    semakin buat berita jelek ttg yesus..org non kristen semakin penasaran dgn yesus..:)

  25. astaga

    Waduh aq bingung nech,,
    Sebenarnya ngbahas apa..??
    Mang tu Al-Quran dah dibaca habis belum..??
    sampe2 kurang kerjaan baca Alkitab….
    Tapi salut dech kalian dah niat baca Alkitab semoga ja kalian bisa mengerti truz ga mengartikannya perbagian kata aja..
    Coba kalian baca Al-Quran yg pake terjemahan jangan yang pake bahasa arab, jamin kalian bakal kaget..
    Lagian Al-Quran tu banyak nyembunyiin fakta dari kalian makanya dilarang pake bahasa lain..
    Biar orang ga ngerti arti yang sebenarnya,,
    Aku ga mw ngbahasa kejelekan agama kalian..
    Secara ngomong ma Tuhan aja harus teriak2..
    Coba doa tu jangan ribut, mau ibadah ja harus diingatkan orang laen mana pake TOA segala..
    Berisik kale

    • Batak…….. batak……….

    • deliana

      passs bgt
      waduh mmg Al-QuRan
      dah habiz ada baca???
      sampe2 Alkitab ikut juga anda baca
      atau???? jangan2 anda tertarik dengan Agama kristiani tapi karna malu ,,,, jadi jlek2 in Alkitab
      gmn secchhh
      mikir dunxx
      yahhh
      bkn brarti mojokin anda ~~~~~

    • Bloc ini tidak baik, sangat menyerang….kita umat beragama saling menghormati, bukan nya menjelek-jelekan agama lain. Saya setuju dengan astaga baca kitab yang terjemahan bahasa Indonesia secara utuh.

  26. ASTRID

    AYAT-AYAT RAMALAN ALKITAB YANG MELESET TAK TERPENUHI

    1. Ramalan Paulus tentang kedatangan Yesus (I Tesalonika 4:16-17).

    Dalam ayat ini Paulus meramalkan bahwa setelah kebangkitan Yesus dari kubur, dia dan seluruh pengikutnya yang masih hidup itu akan diangkat bersama-sama dengan Yesus dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Ramalan ini tidak terpenuhi, bukan Yesus yang menjemput Paulus, tapi pedang kaisar Nero yang memenggal leher Paulus di Roma tahun 64 M.

    Ramalan Paulus ini tidak akan terjadi, meski dia diberi waktu 2000 tahun lagi untuk menunggu kegenapan nubuatnya.

    2. Ramalan kedatangan Yesus (Matius 10:23; 16:28; Markus 9:1 dan Lukas 9:27).

    Yesus menubuatkan bahwa dia dan kerajaan Allah akan datang sebelum para muridnya selesai mengunjungi kota-kota Israel. Ramalan ini meleset jauh, sebab sampai saat ini Yesus belum juga turun datang kembali ke dunia. Padahal para murid Yesus sudah mati semua 2000 tahun yang lalu.

    3. Hak keturunan Abraham (Kejadian 21:12).

    Dalam ayat ini Tuhan menubuatkan bahwa yang disebut keturunan Abraham adalah berasal dari Ishak. Nubuat ini meleset jauh lebih besar, Sebab dalam I Tawarikh 1:28-30 Ismail juga disebut sebagai anak keturunan Abraham.

    4. Ramalan Tuhan Meleset (Yeremia 34:4-5)

    Dalam ayat Tuhan berfirman bahwa Zedekia, raja Yehuda tidak akan mati oleh pedang, melaikan akan mati dengan damai. Nubuat ini meleset jauh, dalam kitab Yeremia 52:10-11 diceritakan bahwa pada akhir hayatnya Zedekia tewas ditangan raja Babel. Sebelum meninggal, mata Zedekia dibutakan, lalu dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian ditaruh dalam rumah hukuman sampai meninggal.

    5. Nubuat Tuhan tidak terjadi (Yeremia 36: 30).

    Dalam kitab Yeremia 36: 30 Tuhan berfirman bahwa keturunan Yoyakim tidak ada yang naik tahta kerajaan Daud. Nubuat ini ternyata meleset. Diceritakan dalam kitab II Raja-raja 24:6 bahwa sepeninggal Yoyakim, yang naik tahta menggantikannya adalah Yoyakhin, anaknya.

    Wassalaam.

  27. pak_dhe

    @sodara2 muslim:

    1) tahu gak, kenapa kalian akan jarang menemukan diskusi yg “mempersalahkan” kitab Al-Quran dalam blog2 org Kristen.. (kalaupun ada, sgt sedikit..), dan sebaliknya, ada byk blog2 smcam ini. karena bukan tugas kami mengomentari/menghakimi kitab anda…tugas kami adalah mendalami sungguh2 kitab kami.kami bljr kitab kami sendiri aja (dgn sgl kerendahan hati), masih byk yg blm bisa tersingkap sempurna.trus..ngapain kami musti ngurusin kitab org laen?? kami ditugaskan utk “membela iman” kami, dan bukannya “menyerang iman” kamu.

    2)saya seorang mahasiswa skolah Alkitab…sy membaca byk buku sejarah ttg kepenulisan Alkitab yg ditulis scr obyektif, tanpa menutup2i bbrp fkta yg ditulis di atas. tapi… tulisan anda jauh lebih byk mengandung kesalahan. sungguh…ga bo’ong.bahkan utk data plg sederhana saja anda salah memaparkannya. anda baca buku apa? tulisan para pakar ato para kyai? lain kali, bcalah lbih banyak buku sbg pembanding…jgn cuma 1-2 buku. baca juga ulasan2 dr pakar2 kristen.

    3) setelah (DENGAN PERCAYA DIRI) menghakimi kitab kami, anda harus memastikan bahwa iman anda dibangun…bahwa anda semakin mencintai Islam, semakin rindu mendalami kitab kalian sendiri, menjadi umat Allah yg lbh baik. tapi kalo tulisan anda (dan mereka yg tertawa krn ‘pengetahuan’ ini) tidak menerbitkan iman, kasih dan sejahtera…saya merasa tulisan anda tidak berguna.

    salam…
    Tuhan memberkati.

  28. pak_dhe

    saya bisa mengajukan pertanyaan2 ttg Islam dan Al-Quran yg akan membuat kalian pusing ga karu2an..sangat bisa. tp sy tidak merasa itu perlu ataupun bermanfaat. saya lebih senang memperkenalkan kebenaran dalam iman saya daripada mencari2 kesalahan dlm iman kamu…

    huuufff….
    andai saja sodara2 ini bisa memiliki paradigma yg baru..yg sedikit lbh bijak.

    • jaj

      pak_dhe==>saya bisa mengajukan pertanyaan2 ttg Islam dan Al-Quran yg akan membuat kalian pusing ga karu2an..sangat bisa.
      __________________________________
      ommmmdoooo lo
      udah jelas islam itu tidak ada keraguan didalamnya, pak_dhe aja yang buta hatinya kagak seneng kalo otaknya dikasi yang enak-enak, yang enteng-enteng dah jelas islam itu masuk AKAL engga masung BOKONG engga kaya yang pak_dhe imani semuanya pada ga nyambung…wong jelas manusia kok dianggap tuhan!!!udah gitu sekarang entah di mana, kalo masih ada suruh keluar jangan sembunyi melulu!!.kakakakakak

      kalo emang pak_dhe bisa bikin saya kalang kabut dengan pertanyaan pa_dhe ayooooo kalo bisa…
      kalo ga di bales pak_dhe ooommmm doooooo alias omong doank!!

  29. kamarul

    firman:NABI MUSLIM MEMANG TEKKUTUK..

    ISLAM HADIR PADA SAAT IBLIS DIENYAHKAN KE DUNIA..

    >>>>>Iblis sudah pun wujud sebelum manusia diwujudkan lagi wahai firman, anta tidak ngerti apa2

  30. yoka

    iri?Tuhan Yesus kan ganteng…. ga kayak yang buat?liat aja nnt akhir jaman!!

  31. joe

    Janganlah anda tidak sopan dengan membuat karikatur Tuhan Yesus seperti itu,

    bagaimana perasaan anda ketika meliahat karikatur Muhamad nabi besar anda.

    apakah maksud anda ingin membalas?
    apakah itu yang diajarkan agama anda?

  32. wahai orang orang tidak percaya…
    sebaik nya jangan mempermalukan tuhan mu sendiri..
    Agama boleh banyak,,,
    Nabi boleh banyak,,,
    PADANGAN bisa suka2,,,
    tapi jalan masuk kesurga hanya satu, Yesus…
    dihari pengahakiman nanti yesus yang akan mengahakimimu..
    ini lah anti kristus biadab yang akan dibakar bersamam setan,,
    baca Quran mu! apa ini yang diinginkan????

    • jaj

      yesus akan bersaksi :

      ==>aku adalah manusia sama seperti engkau dulu aku hanyalah sebagai nabi dan rosul yang diutus tuhan kepadamu dan aku sekarang turun dari sorga sebagai umat nabi Muhammad. SAW.

      ==>dulu aku gagal menjadi utusan tuhan karena umatku malah akan menyiksa dan menyalibku setelah itu malah menganggap aku sebagai tuhan.

      ==>maka dari itu pada hari ini engkau yang menganggap aku tuhan, aku ucapkan selamat jalan menuju Neraka yang abadi.

      wasalam

  33. demm

    Trima kasih yah atas ulasannya… Semakin kalian menggencet menghina dan menindas kami dan agama kami… Maka kami akan semakin berkembang semakin besar dan semakin kuat… Tuhan memberkati

  34. demm

    Trima kasih yah atas ulasannya… Semakin kalian menggencet menghina dan menindas kami dan agama kami… Maka kami akan semakin berkembang semakin besar dan semakin kuat…kami gak perlu berbuat anarkis…apapun yg kalian bilang.. Hanya Yesus yg bilang Tidak ada Yang dapat menemui Bapa tanpa Melalui Aku. Artinya… Kalo gak percaya Yesus yah gak masuk surga…tp tentu saja bukan surga duniawi yg kalian percayai.. Di surga kok dapetnya ditemenin cw2 cantik.. Ada2 aja.. Apa bedanya itu sama berbuat maksiat?ngebunuh orang sejak kapan masuk surga? Kalian aja gak ngerti inti agama kalian apa..napa ngurusin agama orang lain? Ampe sibuk ngebedah kitab suci agama lain… Bedah sono kitab suci kalian sendiri… Ngeri gak artinya apa? Jangan cuman ngerti bacanya doang.. Tp ditanya maknanya apa cuman bisa bungkam…ucapan2 dalam bahasa arab tuh beneran ngerti artinya gak? Brapa banyak sih dari kalian ygh betulan paham isi kitab suci kalian? Bukannya kalian yg paling gampang dibelokkan sama petinggi agamanya? Kan pada gak ngerti artinya… Ampe bisa dibelokkan ke pemahaman ngebomin orang bisa masuk surga.. ..çк..çк..çк..(¬_¬!!)”..çк.. Makanya kalo agama sendiri belum ngerti.. Gak usah sok expert agama lain deh… Jadi kaya pepatah kuman di sebrang lautan keliatan..gajah di pelupuk mata gak keliatan..
    Tp bagaimanapun… Semakin keras kalian menekan kami…semakin kami akan berkembang… Tuhan memberkati

  35. audy

    Kayanya gak perlu ditanggepin beginian… Teman2 dari pesantren pada dapet pelajaran yg salah nih kayanya…. Atau sebenernya tidak puas dengan kitab sucinya sendiri sampai membedah kitab suci orang lain… Kalau kami yah… Tidak ada habis2nya mendalami kitab suci kami dan memperdalamm iman kami..
    Kalau kalian kayanya mempelajari kitab suci orang lain berasa udah dalem bangett gitu ilmunya soal agamanya sendiri. Tp kami sih gak perlu membalas… Karena kami diajar soal kasih..kami mengasihi kalian.. Tuhan memberkati

  36. hamba Tuhan

    Wahai saudaraku seiman dan seISLAM, teguhkan pendirianmu kepada ALLAH, jangan tergoda oleh bujukan iblis-iblis laknatullah di dunia ini, perbanyak zikir pada sang Maha Esa, Tuhan Tunggal ALLAH SWT. Wassalam.

    • tiraida

      ahhahaha .. bersiaplah kau masuk neraka, oke2🙂

    • 1+1+1=1

      Pokok-pokok pikiran di bawah ini, tanpa bisa dibantah oleh siapapun, membuktikan bahwa “Kristen” sama sekali bukan ajaran Yesus!

      1. Yesus tidak pernah mengajarkan atau memberi nama “Kristen” pada misi dan tugas yang diembannya.

      2. Yesus tidak pernah memerintahkan umatnya (umat Israel) untuk sembahyang (kebaktian) di “gereja”.

      3. Yesus tidak pernah menyatakan dirinya sebagai “Tuhan Pencipta Semesta Alam”.

      4. Yesus tidak pernah memerintahkan umatnya (umat Israel) untuk menyembah dia.

      5. Agama Kristen baru benar-benar eksis setelah kanonisasi Perjanjian Baru. Sebelumnya, Kristen sama sekali belum eksis di muka bumi ini.

      6. “Kristen” adalah istilah Yunani dari kata “Christos” yang merupakan terjemahan dari kata Ibrani “Mesiah” yang berarti “yang diurapi” atau “yang ditahbiskan”. Sementara Yesus adalah seorang Israel yang berbahasa Ibrani. Jadi, bagaimana mungkin Yesus mengajarkan “Kristen” yang notabene bukan istilah bahasanya?

      7. Selama hidupnya di dunia, Yesus tidak pernah menyeberang ke negeri lain kecuali hanya muter-muter di negeri Israel. Bagaimana mungkin Tuhan hanya mondar-mandir di negeri Israel saja? Memangnya manusia pada waktu itu cuma ada di negeri Israel?

      8. “Kristen” menemukan identitas dirinya melalui propaganda Paulus Tarsus. Sebagaimana diketahui, Yesus, tidak pernah kenal, tidak pernah melihat, tidak pernah menyebut, dan tidak pernah berbicara dengan manusia yang bernama Paulus dari Tarsus.

      9. Yesus disunat, sedangkan umat Kristen tidak perlu disunat (sesuai ajaran Paulus).

      10. Yesus meninggal diberi kain kafan, sedangkan umat Kristen meninggal berpakaian pengantin (seperti meninggalnya Paulus).

      Dari pokok-pokok pikiran di atas, jelaslah bahwa “Kristen” bukan saja tidak pernah diajarkan oleh Yesus, tetapi istilah “Kristen” sendiri baru muncul puluhan tahun kemudian setelah dugaan penyaliban Yesus (Kisah Para Rasul 11:26), yakni resminya setelah kanonisasi Perjanjian Baru.

      Wassalaam.

    • 1+1+1=1

      gak mungkin islam masuk neraka orang di al quran aja disebutkan bahwa maryam merupakan wanita yang paling baik tu kan gak menghina isa beda dengan alkitab ente n di dalam alquran aja ada surat yang bernama surat maryam emang di injil ente ada surat muhammad jadi kalo islam yang benar mampuslah ente

  37. 1+1+1=1

    Kisan penciptaan alam menurut Alkitab dapat kita baca pada Kejadian 1 : 1 – 19 berikut ini :

    “1. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. 2. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”

    “3. Berfirmanlah Allah : “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. 4. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. 5. Dan Allah menamai terang itu siang dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

    “6. Berfirmanlah Allah : “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.” 7. Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan airj yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. 8. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

    “9. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah segala air yang ada di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian. 10. Lalu Allah menamai yang kering itu darat dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 11. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. 12. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 13. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

    “14. Berfirmanlah Allah : “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda mneunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, 15. dan sebagai penerangh pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.”

    “16. Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. 17. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, 18. dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. 19. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.”

    Kalau kita baca ayat-ayat Alkitab tersebut, sepertinya tidak ada masalah. Padahal kalau kita sedikit jeli dan teliti, sebenarnya pada ayat-ayat tersebut banyak bermasalah.

    Contoh : Pada ayat ke 5 dikatakan oleh penulis Alkitab sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

    Kemudian pada ayat ke 8 dikatakan juga sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

    Dan sama saja pada ayat ke 13 juga dikatakan sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

    Pertanyaannya : Darimana penulis Alkitab mengetahui dan menentukan petang, pagi, hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, sementara pada saat itu matahari, bulan dan bintang belum diciptakan?

    Bukankah untuk mengetahui petang harus ada matahari yang sudah mulai tenggelam? Dan bukankah untuk mengetahui pagi, harus ada matahari yang baru mau terbit.

    Dan bukankah untuk mengetahui hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, harus ada perputaran bumi mengelilingi matahari selama 24 jam?

    Mungkin tidak terpikirkan oleh penulis Alkitab jaman dahulu bahwa manusia yang datang belakangan dari mereka, justru lebih pintar, lebih kritis dan ilmu pengetahuan akan berkembang dengan begitu spat dan modern serta vanggih. Ini membuktikan bahwa ayat-ayath tersebut bukan yang difirmankan oleh Allah, tapi hanya pendapat para penulis Alkitab itu sendiri, berdasarkan pengetahuan mereka yang masih terbatas pada saat itu.

    Kalau wahyu atau firman Allah, tentu tidak mungkin Tuhan salah atau keliru memberikan informasi tentang penciptaan alam semesta ini.

    Kalau mulai dari ayat 14 s/d 19, itu masih bisa diterima, sebab pada ayat-ayat tersebut benda-benda penerang, seperti matahari, bulan, dan bintang sudah diciptakan Allah. Tetapi mulai ayat 1 s/d 13 tidak masuk akal sebab tidak rasional, dan bertentangan dengan ilmu pengetahuan. (Lebih jelas lagi baca buku tulisan DR. Maurice Bucaille berjudul : “Bible, Qur’an dan Sains Modern”)

    Menurut Alkitab, bumi dan langit ditopang oleh tiang

    Mari kta baca Ayub 9 : 5 – 6 di bawah ini:

    “Dialah yang memindahkan gunung-gunung dengan tidak diketahui orang, yang membongkar-bangkirkannya dalam murka-Nya; yang menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang-goyang.”

    Selanjutnya baca Ayub 26 : 11 :

    “Tiang-tiang langit bergoyang-goyang, tercenang-cengang oleh hardik-Nya.”

    Silahkan baca Mazmur 75 : 3 – 4 :

    “Apabila Aku menetapkan waktunya, Aku sendiri akan menghakimi dengan kebenaran. Bumi hancur dan semua penduduknya; tetapi Akulah yang mengokohkan tiang-tiangnya.”

    Berdasarkan ayat-ayat Alkitab tadi, bumi dan langit punya tiang. Ini sangat bertentangan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan mereka sudah sampai menginjakkan kakinya di bulan. Tapi mereka tidak pernah menemukan dimana letak tiang-tiang langit dan bumi tersbeut.j kalau sekiranya langit dan bumi punya tiang, niscaya sudah banyak pesawat terbang hancur karena menabrak tiang-tiang langit dan bumi tersebut. Mengatakan bumi dan langit punya tiang, pasti bukan berasal dari Tuhan, sebab sangat tidak mungkin Tuhan salah atau tidak tahu. Ini pasti kesalahan penulis Alkitab yang pada saat itu ilmu pengetahuan mereka masih sangat rendah jadi wajar saja kalau mereka keliru.

    Menurut Al Qur’an, langit dan bumi tidak mempunyai tiang

    10. Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (Qs 31 Luqman 10)

    Ayat Al Qur’an tersebut menjelaskan bahwa Allah menciptakan langit tanpa tiang. Di jaman Rasulullah Muhammad saw. hidup, belum ada seorangpun yang pernah menjelajahi ruang angkasa, selain Rasulullah saw. ketika peristiwa Isra’ Mi’raj. Dan beliau tidak menginformasikan kalau langit itu bertiang. Dan memang para ahli jaman sekarangpun dimana mereka telah sampai ke bulan, bahkan melewatinya, mengakui bahwa langit benar-benar tidak bertiang.

    Kalau sekiranya langit itu benar-benar bertiang, sulit dibayangkan sudah berapa banyak pesawat terbang yang menabraknya bukan? Tetapi sampai saat ini belum ada seorangpun yang ahli ruang angkasa pernah memberikan bukti atau kesaksian bahwa langit itu bertiang. Semua ini membuktikan bahwa kesaksian ayat Al Qur’an benar-benar sesuai dengan sains dan ilmu pengetahuan modern saat ini.

  38. 1+1+1=1

    Mari kita simak dengan cermat ayat kitab umat Kristen yang tertulis dalam Kejadian 6 : 5 – 7 berikut ini :

    “Ketika dilihat Tuhan, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah Tuhan, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. Berfirmanlah Tuhan : ”Aku akan mengapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.”

    Ayat di atas ini sebenarnya kalau umat Kristen sedikit serius dan jeli, itu sangat melecehkan terhadap kemahakuasaan Allah. Ayat tersebut sangat jelas menunjukkan kekeliruan dan ketidak mahakuasaan Allah itu sendiri.

    Penulis Alkitab menceritakan rencana awal ketika Tuhan menciptakan manusia, dimana Tuhan bermaksud semua manusia hidup tanpa dosa, tanpa cela, tanpa masalah.

    Tetapi setelah makhluk yang bernama manusia itu tercipta, dalam perjalanan kehidupan manusia itu sendiri, hasilnya tidak seperti yang Dia inginkan.

    Ternyata manusia ciptaan-Nya itu cenderung membuahkan kejahatan semata, maka menyesalah Tuhan bahwa Dia telah menjadikan manusia di bumi ini. Saking rasa menyesal begitu berat, maka membuat hati Tuhan pilu. Maka untuk menghapus manusia dari kejahatan yang mereka buat, didatangkan-Nya air bah untuk melenyapkan semua manusia saat itu, kecuali Nabi Nuh beserta keluarganya dan orang-orang yang beriman kepadanya.

    Sungguh ironis sekali jika Tuhan ditempatkan oleh penulis Alkitab sebagai perancang atau pencipta yang keliru. Tentu hal ini akan membuat setan dan kawan-kawannya bangga atas kekeliruan Tuhan. Setan-setan tentu menertawakan Tuhan bahkan meledek Dia, karena setan-setan merasa menang dalam menggoda manusia ciptaan Tuhan sehingga mereka tergelincir dalam dosa dan kejahatan. Dan dalam cerita tersebut, dilukiskan penyesalan Tuhan yang begitu mendalam hingga hati-nya sangat pilu karena kegagalan yang dibuat oleh Tuhan sendiri.

    Satu hal lain yang perlu kita catat, bahwa jika nanti di akhirat kita akan dilemparkan oleh Tuhan ke dalam api neraka, manusia berhak memprotes terhadap keputusan Tuhan yang akan menghukum kita. Kenapa? Sebab terciptanya kita manusia di muka bumi ini, semuanya bukan atas kehendak kita sendiri, tetapi atas kehendak-Nya.

    Dialah Allah yang telah menjadikan dan menciptakan kita, tanpa diminta oleh kita bukan? Maka jika kita manusia akan disiksa di api neraka, itu suatu keputusan Tuhan yang keliru, sebab semua kesalahan tidak boleh ditimpakan kepada kita manusia, karena yang bersalah justru Tuhan itu sendiri.

    Buktinya Tuhan mengaku dengan jujur dan polos bahwa Dia keliru telah menjadikan manusia yang ternyata cenderung berbuat kejahatan di muka bumi. Bagaimana mungkin kesalahan Tuhan ditiumpakan kepada manusia!

    Oleh sebab itu kalau perlu di akhirat nanti kita adakan demo secara besar-besaran menentang keputusan Tuhan, karena Dia telah melanggar Hak Asasi Manusian (HAM) bukan?

    Semua ini membuktikan bahwa si penulis Alkitab tidak profesional, karena menempatkan Tuhan pada posisi yang lemah.

    Justru dengan adanya ayat-ayat seperti itu, membuat para pembaca Alkitab yang serius dan kritis, akan memberikan penilaian yang salah terhadap isi Alkitab, apalagi menyangkut ketidak mahakuasaan Tuhan itu sendiri. Halinitentu merupakan pelecehan terhadap Tuhan, sekaligus membuktikan bahwa Alkitab tidak semuanya berisi wahyu atau firman Allah, tetapi banyak yang berasal dari tulisan manusia.

    Tuhan Tidak Tahu??

    Silahkan baca Kejadian 18 : 20 – 21

    “20. Sesudah itu berfirmanlah Tuhan : “Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya. 21. Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluah kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya.”

    Menurut penulis Alkitab, di kala dosa dan kebejatan yang begitu besar telah terjadi di kota Sodom dan Gomorah, malaikat Tuhan melaporkan kejahatan mereka kepada Tuhan. Untuk mengetahui apakah laporan malaikat tersebut benar atau tidak, maka Tuhan harus turun ke dunia untuk mengetahuinya.

    Dilukiskan oleh penulis Alkitab bahwa Tuhan perluh turun ke bumi untuk membuktikan laporan malaikat yang sampai kepada-Nya. Penulis Alkitab init idak menyadari bahwa ayat-ayat tersebut justru benar-benar sangat merendahkan kemahakuasaan Tuhan.

    Kalau laporan kasus Sodom dan Gomorah saja lantas Tuhan harus turun ke dunia untuk mengetahuibnya, bagaimana dengan laporan malaikat di jaman sekarang, dimana jumlah manusia sudah begitu banyaknya (sekitar 6 milyar) dan kejahatan sangat sulith dhitung jumlahnya? Kalau semata itu harus dicek kembali satu persatu kebenarannya oleh Tuhan dengan turun ke dunia ini, kapan urusan Tuhan akan selesai? Kalau begitu diana letak kemahakuasaan Tuhan itu sendiri?

    Jika ayat tersebut benar-benar wahyu Allah, berarti Allah di dalam Alkitab tersebut tidak memiliki sifat Maha atas segala sesuatu, dan Dia bersiat lemah seperti makhluk makhluk ciptaan-Nya. Tapi itulah kenyataannya dan demikianlah apa yang harus diimani oleh umat Kristiani karena mereka merasa yakinn bahwa Alkitab adalah 100% wahyu Allah yang tidak mungkin bisa salah atau keliru, walaupun bertentangan dengan hati nurani mereka.

    Kenyataan bahwa Tuhan benar-benar turun ke bumi untuk mengetahui laporan malaikat kepada-Nya, tertulis jelas di dalam Alkitab dimana Abraham datang mendekat dan berdiri di hadapan Tuhan, hingga terjadilah dialog antara Tuhan dan Abraham sebagai berikut :

    Abraham : “Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar Bersama-sama dengan orang fasik? Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar di dalamnya itu? Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?” (Kej 18: 23 – 25)

    Tuhan : “Jika Kudapati lima puluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka.” (Kej 18 : 26)

    Abraham: “Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan, walaupun aku debu dan abu, sekiranya kurang lima orang dari kelima puluh orang benar itu, apakah Engkau akan memusnahkan seluruh kota itu karena yang lima itu?” (Kej 18 : 27 – 28)

    Tuhan : “Aku tidak memusnahkannya, jika Kudapati empat puluh lima disana.” (Kej 18 : 28)

    Abraham :”Sekiranya empat puluh lima didapati disana?” (Kej 18: 29)

    Tuhan : “Aku tidak akan berbuat demikian karena yang empat puluh lima itu.” (Kej 18 : 29)

    Abraham: “Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata sekali lagi. Sekiranya tiga puluh didapati disana?” (Kej 18 : 30)

    Tuhan : “Aku tidak akan berbuat demikian, jika Kudapati tiga puluh disana.” (Kej 18 : 30)

    Abraham : “Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan. Sekiranya dua puluh didapati disana?” (Kej 18 : 31)

    Tuhan : “Aku tidak akan memusnahkannya karena yang dua puluh itu.” (Kej 18 : 30)

    Abraham : “Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati disana?” (Kej 18 : 32)

    Yang menarik dari ayat-ayat Alkitab tersebut terlihat sepertinya Abraham main-main dengan Tuhan. Dan yang lebih tidak rasional yaitu Tuhan koq dinasehati oleh Abraham. Bagaimana mungkin manusia bisa menasehati Tuhan? Mestinya Tuhanlah yang menasehati manusia, bukan sebaliknya!

    Tuhan Berpikir

    Bacalah Kejadian 18 : 17

    “Berpikir Tuhan : “Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?”

    Kalau untuk mengatakan kepada seorang saja (nabi Abraham) lantas Tuhan berpikir dulu, bagaimana di zamanh sekarang yang sudah semakin modern dan canggih, apalagi jumlah manusia telah mencapai sekitar lebih kurang 6 (enam) milyar.

    Berbagai masalah, kejadian, problematika, dan kasus yang terjadi di dunia yang semakin tidak kruan ini, kalau semuanya itu harus dipikirkan oleh Tuhan, bisa dibayangkan, bagaimana sibuk dan pusingnya Tuhan dalam mengatasi manusia di dalam semesta ini.

    Maaf, kalau kualitas ilmu pengetahuan Tuhan yang ada di dalam Alkitab hanya seperti itu, bisa-bisa Tuhan stress, mungkin bisa gila! Na’udzubillahi min dzaalik!

    Tuhan tidak mungkin punya sifat lemah yang digambarkan oleh penulis Alkitab pada ayat-ayat tersebut.

    Kalau ayat-ayat itu diyakini sebagai firman Allah, ini berarti Tuhan di dalam Alkitab tersebut tidak memppunyai sifat Maha atas segala sesuatu, bahkan Dia sama seperti makhluk ciptaannya.

    Karenanya bagaimana mungkin kita manusia harus menjadikan Dia sebagai satu-satunya yang mutlak serta berbakti dan menyembah hanya kepada-Nya, dan yang menentukan keselamatan semua umat manusia, sementara Dia sendiri tidak punya sifat Maha atas segalanya?

    Sekarang marilah kita lihat dan membandingkan bagaimana Tuhan (Allah) yang ada di dalam kitab suci Al Qur’an, apakah Dia bersifat Maha atas segala sesuatu atau tidak! Perhatikan ayat-ayat sebagai berikut:

    12. Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu. (Qs 65 Ath Thalaq 12)

    Subhanallah!! Dari satu ayat ini saja jelas sekali terlihat betapa luar biasa ilmu Allah dalam Al Qur’an. Betapa Maha Kuasanya Dia terhadap segala sesuatu. Dan betapa ilmu-Nya tidak terbatas meliputi segalanya.

    59. Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)” (Qs Al An’am 59)

    Subhanallaah!!! Dari ayat Al Qur’anj tersbeut, jelas sekali kita melihat suatu perbedaan yang sangat menyolok antara Alkitab (Bible) dengan Al Qur’an.

    Ayat-ayat Bible tadi terlihat betapa Allah ilmu-Nya sangat terbatas, sehingga Dia harus keliru, menyesal, tidak tahu, berpikir dan lain-lain. Sementara Allah dalam Al Qur’an pada ayat-ayat tadi dijelaskan bahwa Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu dan ilmu-Nya tidak terbatas. Bahkan segala kunci yang ghaib semuanya diketahui-Nya.

    Nah, Allah inilah yang pantas kita sembah, kita jadikan satu-satu tumpuan hidup, tempat kita memohon pertolonan, karena Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu dan Dia punya sifat Maha atas segalanya

  39. ipo

    @ 1+1+1=1

    mantap bro n salam kenal.
    salut buat anda.
    Allah Tuhan kita memang benar2 Maha Kuasa……..

    • 1+1+1=1

      terima kasih dan salam kenal juga. merupakan kewajiban kita semua sebagai muslim untuk meluruskan para penentang ajaran islam

  40. hannah

    saya mau analisis sedikit..
    Tuhan Yesus mati disalib bukan karena dia kalah, tetapi untuk menebus dosa manusia. karena harusnya manusia yang dihukum Allah. tetapi Yesus rela menggantikan manusia.

    dan soal waktu, itu dapat berbeda karena setiap kitab dari setiap agama berbeda saksi.
    lagipula aliran agama itu banyak, dari 1 agama aja ada beberapa kan?
    tapi kita semua punya keyakinan sendiri.

    kubur Yesus memang tidak mewah, hanya terbuat dari gua batu. mungkin jauh dibandingkan islam yang kubur nabinya terbuat dari emas dan dipuji serta dihormati.
    anda membaca semua bacaan alkitab kan?
    saat sebelum dibunuh Yesus dianggap sebagai penjahat dan penghujat nama Allah karena ia mengaku sebagai Anak-Nya.
    mana ada orang yang dituduh sebagai penjahat yang dipuja-puja?
    lagipula kubur tidak penting, kan?
    untuk apa orang meninggal diberi emas.

    ayolah, katanya Bhineka Tunggal Ika melekat di Indonesia.
    bahkan terdapat pasal dimana kita harus menghormati setiap budaya atau keyakinan setiap agama.
    lagipula setiap agama berujung kepada kebaikan, bukan?

    kalo gini mana buktinya?
    sama aja kalian ga menghormati warga lain.
    karena kalian menghujat kepercayaan orang lain.

  41. Tulisan diatas “COPAS” lihat tanda2 copasnya.
    – 7. Lukas 22 : 43 � 44
    – Reader�s Digest telah mengurangi isi kandungan Kitab Perjanjian Lama

    Buat artikel yg ginian kok Copas omm yg punya blog? dari copasnya aja da ketauan kalau suka ambil punya orang. gimana mau dipercaya kebenarannya?
    Cabee deehh….

  42. agung

    HAHAHAHAHA

    kemana aja gan?????
    Bible yang mana dulu Old testemen/ New Testement??

    Injil diturunkan pada Nabi Isa???????????

    BWAHAHAHAHAHAHA

    Nabi Isa ga pernah menulis apapun, tapi murid2nya lah yang menulis Injil, dan Injil tidak sekonyong2 turun kaya Alquran..

    yang jelas sih ALQURAN ADALAH JIPLAKAN DARI OLD TESTEMENT DIBUMBUI HADIS2 YG NGAWUR

    WKWKWKWKWKWKWK…KASIAN ENTE LULUSAN PASANTREN

    • jack

      wekekekekeke ada domba mabok, gimana mau jiplak kitab memble, nama tuhan dalam al kitab aje masih kagak jelas meskipun udah 2000 tahun lebih berlalu

  43. Just_^

    Hmm.. percuma debat soal isi sebuah kitab suci, g bakalan ada jalan keluarnya..
    Lebih baik sekarang kalian semua introspeksi diri kalian masing2, sudahkah diri dan hati kalian sudah layak menghadap Allah? klo belum, perbaiki hubungan anda dengan Allah, dan juga sesama.. jangan mudah di adu domba sama yang nulis ni artikel, dia iblis..

    Kita hidup cuma sesaat..
    Kerajaan Allah sudah dekat..
    Bertobatlah..
    Amin..

  44. utakutik

    Kita lihat saja nanti, siapa benar, siapa salah.. yang pasti tiap-tiap orang punya kepercayaan sendiri-sendiri. Yang paling penting ialah kasihilah sesamamu manusia seperti kamu mengasihi dirimu sendiri, karena itulah isi dari hukum taurat..dan semua itu sudah digenapi dan diselesaikan oleh Tuhan Yesus di kayu salib.
    FYI, penulis2 di alkitab tidak asal nulis.. mereka nulis krn Roh Kudus yang nuntun mereka. Roh Kudus dicurahkan Tuhan sendiri 40 hari setelah kenaikanNya ke Surga.

  45. Ο Θεός είναι ο ποιμένας μου

    biar anda tau yesus itu memang anak,tetapi dia itu adalah tetap tuhan karena yesus itu adalah firman allah yang kekal dan tetap akan hidup selama lamanya,walaupun anda menyebutkan yesus itu bukan tuhan tapi ada tertulis tidak ada satu pun manusia yang sampai kepada bapa kalau tidak melalui aku berarti kala pun tidak melalui yesus sama saja tidak meyembah allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s