SEJARAH NATAL


— In islamkristen@yahoogroups.com, “Didik” wrote:

Mana dalilnya Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan perintah merayakannya!!

Chritmas diartikan sebagai hari kelahiran Yesus, yang dirayakan oleh hampir semua orang Kristen didunia, berasal dari ajaran Gereja Katolik Roma. Padahal ajaran tersebut tidak terdapat dalam Alkitab dan Yesus-pun tidak pernah memerintahkan kepada murid-muridnya untuk menyelenggarakannya.

Perayaan yang masuk kedalam ajaran Gereja Katolik Roma pada abad ke empat ini, berasal dari upacara adat masyarakat penyembah berhala. Perayaan Natal yang diselenggarakan diseluruh dunia ini samasekali tidak mempunyai dasar dari Alkitab.

Menurut penjelasan di dalam Catholic Encyclopedia edisi 1911, yang berjudul “Christmas”, ditemukan kata-kata yang berbunyi sebagai berikut :

“Christmas was not among the earliest festivals of church, the first evidence of the feast is from Egypt. Pagan custom centering around the January calends gravitated to christmas. ”

“Natal bukanlah upacara gereja yang pertama, melainkan ia diyakini berasal dari Mesir. Perayaan yang diselenggarakan oleh para penyembah berhala & jatuh pada bulan Januari ini, kemudian dijadikan hari kelahiran Yesus.”

Masih dalam Encyclopedi itu juga dengan judul “Natal Day” bapak Katolik pertama mengakui bahwa :

“In the Scnptures, no one is recorded to have kept a feast or held a great banquet on his birthday. It is only sinners (like Pharaoh and Herold) who make great rejoicings over the day in which they were born into the world. ”

“Didalam Kitab Suci, tidak seorangpun yang mengadakan upacara atau menyelenggarakan perayaan untuk merayakan hari kelahiran Yesus. Hanya orang-orang kafir saja (seperti Firaun dan Herodes) yang berpesta pora merayakan hari kelahirannya ke dunia ini.”

Natal Menurut Encyclopedia Americana Tahun 1944

“Christmas…it was according to many authorities, not celebrated in The first centuries of the Christian church, as the Christian usage in gene.ral was to celebrate the death of remarkable persons rather than their birth… ” (The “Communion”, which is instituted by New Testament Bible authority, is a memorial of the death of Christ.) “A feast was established in memory of this even (Christ’s birth) in the fourth century. In the fifth century the Westem Church ordered it fo be celebrated forever on the day of the old Roman feast of the birth of Sol, as no certain knowledge of the day of Christ’s birth existed.

“Menurut para ahli, pada abad-abad permulaan, Natal tidak pernah dirayakan oleh umat Kristen. Pada umumnya, umat Kristen hanya merayakan hari kematian orang-orang terkemuka saja, dan tidak pernah merayakan hari kelahiran orang tersebut.” (“Perjamuan ci” yang termaktub dalam Kitab Perjanjian Baru, hanyalah untuk mengenang kematian Yesus Kristus.) “Perayaan Natal yang dianggap sebagai hari kelahiran Yesus, mulai diresmikan pada abad ke empat Masehi. Pada abad kelima, Gereja Barat memerintahkan kepada umat Kristen untuk merayakan hari kelahiran Yesus, yang diambil dari hari pesta bangsa Roma yang merayakan hari “Kelahiran Dewa Matahari”. Sebab tidak seorangpun yang mengetahui hari kelahiran Yesus.”

Asal usul Natal

Natal berasal dari kepercayaan penyembah berhala yang dianut oleh masyarakat Babilonia kuno dibawah raja Nimrod (cucunya Ham, anak nabi Nuh). Nimrod inilah orang pertama yang mendirikan menara Babel, membangun kota Babilonia, Niniweah dll, serta kerajaan di dunia dengan sistem kehidupan, ekonomi dan dasar-dasar pemerintahan. Nimrod ini adalah seorang pembangkang Tuhan. Jumlah kejahatannya amat banyak, diantaranya dia mengawini ibu kandung¬nya sendiri Semiramis.

Setelah Nimrod meninggal, ibunya yang merangkap istrinya menyebarkan ajaran Nimrod bahwa roh Nimrod tetap hidup selamanya walaupun jasadnya telah mati. Adanya pohon Evergreen yang tumbuh diatas sebatang pohon kavu yang telah mati, ditafsirkan oleh Semiramis sebagai bukti kehidupan baru bagi Nimrod. Untuk mengenang hari kelahiran Nimrod setiap tanggal 25 Desember, Semiramis menggantungkan bingkisan pada ranting-ranting pohon itu sebagai peringatan hari kelahiran Nimrod. Inilah asal usul Pohon Natal. Melalui pemujaan kepada Nimrod, akhirnya Nimrod dianggap sebagai “Anak Suci dari Surga’. Dari perjalanan sejarah dan pergantian generasi ke generasi dari masa¬kemasa dan dari satu bangsa ke bangsa lainnya, akhirnya penyembahan terhadap berhala Babilonia ini berubah menjadi Mesias Palsu, yaitu berupa Dewa Baal, anak Dewa Matahari.

Kepercayaan orang-orang Babilonia yang menyembah kepada “Ibu dan anak” (Semiramis dan Nimrod yang lahir kembali), menyebar luas dari Babilonia ke berbagai bangsa di dunia dengan cara dan bentuk berbeda-beda, sesuai dengan bahasa di negara-negara tersebut. Di Mesir dewa-dewi tersebut bernama Isis dan Osiris. Di Asia bernama Cybele dan Deoius.

Di Roma bernama Fortuna dan Yupiter, juga di negara-negara lain seperti di China, Jepang, Tibet bisa ditemukan adat pemu¬jaan terhadap dewi Madona, jauh sebelum Yesus dilahirkan.

Pada abad ke 4 dan ke 5 Masehi, ketika dunia pagan Romawi menerima agama baru yang disebut “Kristen”, mereka telah mempunyai kepercayaan dan kebiasaan pemujaan terhadap dewi Madonna jauh sebelum Kristen lahir.

Natal adalah acara ritual yang berasal dari Babilonia kuno yang saat itu puluhan abad yang lalu, belum mengenal agama yang benar, dan akhirnya terwariskan sampai sekarang ini. Di Mesir, jauh sebe¬lum Yesus dilahirkan, setiap tahun mereka merayakan kelahiran anak Dewi Isis (Dewi langit) yang mereka percaya lahir pada tanggal 25 Desember.

Para murid Yesus dan orang-orang Kristen yang hidup pada abad pertama, tidak pernah sekalipun mereka merayakan Natal sebagai hari kelahiran Yesus pada tanggal 25 Desember. Dalam Alkitab/Bible, tidak ditemukan walau satu ayatpun Tuhan/ Allah maupun Yesus yang memerintahkan untuk merayakan Natal, sebab perayaan setiap tanggal 25 Desember, adalah perayaan agama Paganis (penyembah berhala) yang dilestarikan oleh umat Kristiani.

Upacara Natal adalah berasal dari ajaran Semiramis istri Nimrod, yang kemudian di lestarikan oleh para penyembah berhala secara turun temurun hingga sekarang ini dengan wajah baru yang disebut Kristen.

Sinterklas

Sinterklas atau Santa Claus sebenarnya bukan ajaran yang berasal dari penganut paganisme (penyembah berhala) maupun Alkitab. Sinterklas adalah ciptaan seorang Pastur yang bernama “Santo Nicolas” yang hidup pada abad ke empat Masehi. Menurut Encyclopedia Britannica halaman 648-649 edisi kesebelas, disebutkan :

“St Nicholas, bishop of Myra, a saint honored by the Greek and Latins on the 6th of December…a Legend of his surreptitious bestowal bf dowries on the three daughters of an impoverished citizen…is said to have originated the old custom of giving present in secret on the Eve of St. Nicholas (Dec 6), subsequently transferred to Christmas day. Hence the association of Christmas with Santa Claus.”

“St. Nicholas, adalah seorang pastur di Myra yang amat diagung-agungkan oleh orang-orang Yunani dan Latin setiap tgl 6 Desember. Legenda ini berawal dari kebiasaannya yang suka memberikan hadiah secara sembunyi-sembunyi kepada tiga orang anak wanita miskin. untuk melestarikan kebiasaan lama dengan memberikan hadiah secara tersembunyi itu digabungkan ke dalam malam Natal. Akhirnya terkaitlah antara hari Natal dan Santa Claus..”

Sinterklas Mengajarkan Kebohongan

Dalam ajaran agama manupun, semua orang tua melarang anaknya berbohong. Tetapi menjelang Natal, banyak orang tua yang membohongi anaknya dengan cerita tentang Sinterklas yang memberikan hadiah Natal ketika mereka tidur. Begitu anak-anak mereka bangun pagi, didalam sepatu atau kaos kaki mereka yang digantungkan didepan pintu rumah, telah berisi berbagai permen dan hadiah lainnya. Oleh sebab itu Sinterklas merupakan pembohongan yang dilakukan oleh setan yang menyamar sebagai manusia.

“Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.”(2 Kor 11:14-15)

Pohon Terang

Pohon Terang atau Pohon Natal, sama sekali tidak pernah dianjurkan oleh Tuhan maupun Yesus untuk mengadakan atau merayakannya. Itu semua diadopsi dari ajaran agama pagan (kafir kuno). Pohon itu sendiri disebut dengan istilah “Mistleto” yang biasanya dipakai pada perayaan musim panas, sebagai persembahan suci kepada matahari.

Menurut Frederick J. Haskins dalam bukunya Answers to Questions disebutkan:

“The use of Christmas wreaths is believed by outhorities to be traceable to the pagan customs of decorating buildings and places of worship at the feast which took place at the same times as Christmas. The Christmas tree is from Egypt, and its origin date from a period long anterior to the Christian Era.”

“Hiasan yang dipakai pada upacara Natal adalah warisan dari adat agama penyembah berhala (paganisme) yang menghiasi rumah dan tempat peribadatan mereka yang waktunya bertepatan dengan malam Natal sekarang. Sedangkan pohon Natal berasal dari kebiasaan Mesir Kuno yang masanya lama sekali sebelum lahirnya agama Kristen.”

Sungguh mengherankan sekali dan sekaligus memprihatinkan, ternyata sebagian besar umat Kristiani tidak mengerti dan tidak menyadari tentang sejarah perayaan Natal dan Pohon Terang.

Mereka begitu antusias menambut kedatangan hari Natal, bahkan jauh jauh hari sebelumnya mereka sudah mempersiapkan dengan biaya yang begitu besar dalam menyambut hari kelahiran Tuhan mereka. Padahal merayakan Natal dengan Pohon Terang samasekali tidak punya dasar atau dalil didalam kitab suci mereka sendiri. Para Pendeta dan Pastur diseluruh dunia bahkan Uskup dan Paus, jika ditanya tentang Natal dan Pohon Terang, pasti akan mengakui bahwa memang tidak ada dalil dan ajaran dalam Alkitab bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan tidak ada satu ayatpun tertulis didalam Alkitab (Bible) yang memerintahkan untuk merayakannya.

Kata Bibel / Alkitab tentang Pohon Natal

“Beginilah firman Tuhan: “Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa¬bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang disegani bangsa-bangsa adaIah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat. ” Tidak ada yang sama seperti Engkau, ya Tuhan! Engkau besar dan nama-Mu besar oleh keperkasaan. ” (Yeremia 10:2-6)

Ayat-ayat Alkitab tersebut jelas sekali mengatakan bahwa Pohon Terang adalah upacara penyembahan berhala yang tidak bisa berbicara, tidak bisa berbuat jahat dan tidak bisa juga berbuat baik. Tetapi kenapa masih saja disembah oleh sebagian besar umat Kristiani? Jawabnya karena mereka tidak mengerti kandungan kitab sucinya, dan hanya ikut-ikutan apa kata pemimpin agama mereka. Tidak mereka sadari bahwa justru mereka bukan pengikut Yesus yang setia.

Apakah Natal Memuliakan Yesus?

“Maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang Tuhan mereka dengan berkata: Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada illah mereka? Aku pun mau berlaku begitu. Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap Tuhan, Allahmu; sebab segala yang menjadi kekejian bagi Tuhan, apa yang dibenci-Nya, itulah yang dilakukan mereka bagi illah mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi illah mereka. (32) Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu Iakukan dengan setia, jangan¬lah engkau menambahinya ataupun mengu¬ranginya. ” (Ulangan 12:30-32)

“Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”(Matius 19:8-9)

“Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia. ” (Markus 7: 7-8)

Merayakan Natal = Melestarikan Kebohongan dan Pemborosan

Menjelang Natal akan bermunculan berbagai iklan di toko-toko, koran, majalah dlsb. Jutaan dolar dan miliaran rupiah dihamburkan untuk promosi berbagai barang dagangan untuk keperluan Natalan. Semuanya dikemas sedemikian rupa sehingga tampak seperti “Malaikat Pembawa Terang”, padahal tanpa mereka sadari ajaran Yesus mereka telantarkan, karena yang mereka rayakan adalah tradisi ajaran agama kafir kuno, bukan perintah Tuhan ataupun Yesus

“Bukan setiap orang yang berseru kepada¬Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapaku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23)

“Percuma mereka beribadah kepada-Ku. sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.” (Markus 7: 7-8)

“Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: “Untuk apa pemborosan ini? Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.” (Matius 26:8-9)

Dari penjelasan sejarah Natal ini, jelas¬lah bahwa Natal itu bukan ajaran Yesus.

Yesus seumur hidupnya tidak pernah sekalipun menyuruh merayakan Natal bagi dirinya. Merayakan dirinya sebagai seorang Nabi atau Rasul saja beliau tidak pernah ajarkan, apalagi menyuruh merayakan kelahirannya sebagai Tuhan!! Tidak ada satu dalilpun dalam Alkitab menyatakan Yesus lahir tanggal 25 Desember. Pendeta, Pastur bahkan Paus di Roma-pun mengakui bahwa Natal bukan ajaran gereja.

50 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

50 responses to “SEJARAH NATAL

  1. idrus Alhabsyi

    kita boleh saja tidak menerima hari natal, tetapi kita tidak boleh menyangkal tentang kelahiran Nabi ISA as.Dan hari kelahiran boleh dirayakan, sebagaimana anak kita jika telah datang hari raya ulang tahunnya, maka kita akan merasa repot untuk meranyakannya.Dan sebagai umat Islam wajar kalau kita mengucapkan selamat hari raya kelahiran Nabi Isa as.Apalagi dia salah satu Nabi yang wajib kita nyakini, masalah kita berbeda pendapat dengan mereka wajar karena secara aqidah sudah berbeda.

    • @Mas Idrus Alhabsyi
      Khalifah kita umat Islam juga berbeda-beda karakter, ada yang sangat bijaksana (Abu Bakr) ada yang tegas (Umar) dll…. jadi saya kita pandangan kita sebagaimana lajimnya Islam pasti berbeda-beda pula.

    • ASTRID

      1. Ibnu Taimiyah, Ibnul Qoyyim dan para pengikutnya seperti Syeikh Ibn Baaz, Syeikh Ibnu Utsaimin—semoga Allah merahmati mereka—serta yang lainnya seperti Syeikh Ibrahim bin Muhammad al Huqoil berpendapat bahwa mengucapkan selamat Hari Natal hukumnya adalah haram karena perayaan ini adalah bagian dari syiar-syiar agama mereka. Allah tidak meredhoi adanya kekufuran terhadap hamba-hamba-Nya. Sesungguhnya didalam pengucapan selamat kepada mereka adalah tasyabbuh (menyerupai) dengan mereka dan ini diharamkan.

      Diantara bentuk-bentuk tasyabbuh :
      1. Ikut serta didalam hari raya tersebut.
      2. Mentransfer perayaan-perayaan mereka ke neger-negeri islam.

      Mereka juga berpendapat wajib menjauhi berbagai perayaan orang-orang kafir, menjauhi dari sikap menyerupai perbuatan-perbuatan mereka, menjauhi berbagai sarana yang digunakan untuk menghadiri perayaan tersebut, tidak menolong seorang muslim didalam menyerupai perayaan hari raya mereka, tidak mengucapkan selamat atas hari raya mereka serta menjauhi penggunaan berbagai nama dan istilah khusus didalam ibadah mereka.

    • raditya lazuardi

      emang Nabi Isa lahirnya kapan?? dan kepada siapa kita harus mengucapkan??

    • ihsan

      Kalau aqidah berbeda,buat apa mengucapkan selamat Natal,itu sama artinya mengakui agama mereka yg mempertuhankan Yesus yg jelas2 MANUSIA. Ikut menyambut atau mengucapkan “selamat” atas perbuatan syirik,sama saja menyukai hal yg dimurkai Allah. Anda belajar lagi menge nai Islam,jangan sok beragumentasi tetapi SALAH,apa wajib merayakan hari lahir Nabi. Apalagi dgn cara menyamakan dgn hari lahir Dewa Mata hari,anda bisa dihukumi dgn MUSYRIK. Kecuali kalau anda memang pe ngikut Gus Dur yg setia.

  2. idrus Alhabsyi

    Kita sebagai umat Islam tidak boleh menghina agama lain terlebih Nabi yang mereka nyakini sebagai anak Tuhan.Menjaga sikap di depan agama lain merupakan menghormati kenyakinan mereka, meskipun berbeda dengan kenyakinan kita.Semua nabi yang diutus misinya hanya satu yaitu menegakkan kalimat Tuhan YHE, kalaupun adaperubahan itu akibat dari tangan-tangan kotor ahli sejarah.

  3. Wah..

    Saya sudah baca artikel ini dari atas sampai bawah.

    Kesan : Boleh juga.

    tapi satu hal :

    Umat Kristen, tidak merayakan KELAHIRAN PAGAN pada 25 Des.

    Tetapi Merayakan Kelahiran YESUS.

    Oke.

    Peringatan hari Lahir Yesus bisa di laksanakan kapan saja.

    Bisa tanggal 25 Des. Bisa 1 January, Bisa 27 des, bisa bulan February…
    Atau bulan Juli.

    Terserah..

    Oke..?

    Tapi,

    Karena sedari dulu…. sudah dirayakan bersama-sama pada tanggal 25 Des,…
    Maka… kita merayakannya BERSAMA-SAMA tanggal 25 Des .

    Biar Akur.

    Kalau ada yang ngga mau merayakan tanggal 25 desember sebagai hari kelahiran Yesus,… Ya silahkan.

    Kalau ada yang merayakan tanggal 25 Des (bersama-sama dengan umat seluruh dunia)…. Ya silahkan juga.

    Bebas kok.

    Yang pokok adalah……
    Kristen tidak BERDOA KEPADA Dewa PAGAN pada saat perayaan natal,… tetapi BERDOA kepada TuH@n.

    Saya pasang pohon natal, untuk merayakan KELAHIRAN YESUS.
    (bukan kelahiran Nimrod)

    Yang ada di benak saya itu ya YESUS . Bukan NIMROD.

    Orang memberi hadiah adalah karena mereka ingin MEMBAGI kebahagiaan natal kepada orang sekitar.

    Kalau punya duit buat beli hadiah…kenapa musti di larang dan di salahkan..?

    Sirik…?

    Kalau mau kalian boleh juga kok dapat hadiah natal.. (asal nanti ngga berprasangka buruk mengira kristenisasi)

    Oke..?

    Jelas ya kalian semua..

    Ngga usah sewot gitu lah..

    Kalem saja..

    Semua orang kristen udah tau koq kalau 25 Des. bukan lahirnya Yesus. Kan ditulis di Alkitab suasana pada saat Yesus lahir.
    (kristen ngga bloon-bloon banget kok..😆 )

    Kristiani juga sudah tau itu bekas hari pagan…. ada sejarahnya kok…..kita sudah baca..
    ngga ada yang disembunyikan kok…

    Kaisar Romawi sengaja mengganti hari pagan dengan Hari Yesus agar supaya generasi berikutnya tidak lagi mengingat PAGAN… melainkan mengingat Yesus.

    Dan Kaisar Romawi ini tampaknya berhasil !

    Jadi jangan repot-repot…

    Okey..?

    Siiippp

    • raditya lazuardi

      mau nanya lagi,, di alkitab di sebutin ga kapan tepatnya yesus lahir?? emangnya diperintahin yaa ma yesus??

  4. oh..boleh ya dirayakan pada hari yg berbeda2..saya baru tahu..terima kasih atas informasinya…

  5. charles

    Hahahha mau cari uang lewat situs jangan gini caranya dong…

    Miskin yah???

    Kalo merasa agama kalian sudah baik..knp jd mencela agama lain??

    Saya rasa anda lebih penuh dengan kebohongan besar..

    Biarkanlah Tuhan yg membalas…

  6. Sandi

    jangan telalu menyebut artikel ini sebagai alat untuk memprovokasi antar agama, karena perbuatan yang di lakukan oleh kaum anda lebih parah . . dan itu banyak terjdi dimana2 . .

  7. ASTRID

    Yeremia 10:2-4:

    “Beginilah firman Tuhan: “Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah
    langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di
    langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang
    disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon
    kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh
    tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak, orang
    memperkuatnya dengan paku dan palu supaya jangan goyang.”

    Jadi, Alkitab/Bibel sendiri dengan tegas mengutuk keras pembuatan
    pohon Natal. Mengapa umat Kristen yang mengklaim Alkitab sebagai

    pedoman hidupnya malah justru menodai firman Tuhannya sendiri?

  8. Sampai sekarang, masih ada satu pertanyaan yang menganjal di hati saya…

    Pertanyaan ini aslinya dari @Cosmic boy..

    dan belum terjawab.

    http://jelasnggak.wordpress.com/2009/12/13/muhammad-sudah-sunat/

    .
    .
    .

    Silahkan,

    Mungkin ada muslim yang berandi menjawab.

    terima kasih.

  9. @All Kristiani
    Buruan lihat sebelum diedit sama @Mbah-e…

    http://haniifa.wordpress.com/2009/12/14/balada-seekor-burung-gereja/

    Ayo toch, enak toch…😀😆

  10. brotherhood

    sudahlah kalian janganlah saling mempeributkan agama, kita punya Tuhan yg sama, kenapa agamanya yg dipermasalahkan? carilah Tuhannya bukan agamanya supaya engkau bisa diterima di Surga. apa pahalanya dengan mempeributkan agama siapa yg benar? manusia..manusia……..
    Peace…………

    • raditya lazuardi

      Tuhan yang sama?? Tuhan gw ALLAH SWT maha esa, tidak beranak dan tidak di peranakan,, JELAS??!!

  11. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.
    Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
    Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

    Lukas 2:9-11 itu dalil untuk merayakannya !sister

    • Tiap diri manusia itu pasti ada penjaganya yaitu Malikat Rakib dan Malaikat ‘Atib, jadi kalau Nabi Isa Al Masih pasti yang datang adalah Malaikat Jibril pembawa firman Allah subhanahu wa’tala.

      Wassalam, Haniifa.

  12. Gak punya Roh kudus tapi punya rohjali sih !wahai perempuan perempuan yang ada diblog ini kalian dikasihi Yesus jangan kalian mau disesatkan oleh ibu haji Irena handono karena ibu haji ini hidup tampa Roh kudus tapi kamu harus diajar sama Roh kudus
    Kamu harus belajar sama Roh kudus jangan belajar sama setan Prof dan DR palsu !
    Lukas 12:12
    Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”*

    1 Yoh 2:27
    Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu–dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta–dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

  13. Kalian tolong jangan bloon tidak semua hal hal ditulis diAlkitab tetapi akan disingkapkan melalui Roh kudus seperti tanggal 25 desember ,rahasia-rahasia lain kamu gak punya Roh kudus akhirnya kamu ngbelangsak sendiri !disingkapkan dalam penglihatan Bil 12;6
    Lalu berfirmanlah Ia: “Dengarlah firman-Ku ini. Jika di antara kamu ada seorang nabi, maka Aku, TUHAN menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan, Aku berbicara dengan dia dalam mimpi.
    yoel 2:28-29
    “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
    Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu

    • @Oom Luga
      “Dengarlah firman-Ku ini. Jika di antara kamu ada seorang nabi, maka Aku, TUHAN menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan, Aku berbicara dengan dia dalam mimpi.
      ___________________
      Firman-Ku = YESUS
      TUHAN = YESUS
      Aku = YESUS
      DiriKu = YESUS
      dia =NABI
      nabi = NABI

      “Dengarlah YESUS. Jika di antara kamu ada seorang NABI, maka YESUS, YESUS menyatakan YESUS kepadanya dalam penglihatan, YESUS berbicara dengan NABI dalam mimpi.

      Bijimana ?! bisa menyimak😦

  14. Adam menghilangkan Roh kudus saat dia makan buah pohon yang dilarang Tuhan saat dia memakannya Roh kudus undur secara resmi darinya !ada suatu kekosongan didalam diri manusia yang hanya Roh kudus bisa mengisi,selama itu belum terisi manusia akan mencarinya seperti kafilah mencari air .”dipadang gurun sebab dipadang guru air lebih mahal dari emas orang mau mengganti emas untuk meggatikannya dengan air,selama itu belum diisi hatinya kering hampa !dan terus mencari mengembara !tetapi mereka tidak tahu bahwa itu hanya adadidalam Yesus baca yoh 4:14

    /tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

    Saat orang menerima air ini (Roh kudus )ia menemukan apa yang hilang berabad -abadsaat saat saya mengetik ayat ini Roh kudus turun sampai saya menangis saya tahu Tuhan sedang menyampaikan sesuatu , seperti itulah yang nanti dirasakan mereka yang menerimaKu yaitu Roh kudus sukacita yang tidak terungkapkan dengan kata kata!
    wowo teman saya muslim berkata gua kalau dengerin lagu natal rasanya damai banget !dari lagu itu anda bisa rasakan sukacita Roh kudus makanya beda, lagu kristen dan islam bedanya bagaikan langit dan bumi dengan jujur saya katakan bukan kerena saya kristen memang bagaikan langit dan bumi !bimbo,juga mengatakn lagu natal itu lagu kekal mereka tahu musik !musik itu bahasa universal sekalipun mereka menyangkal Yesus tapi kapasitas lagu lmereka tidak bisa bohongi !mengenal Yesus ialah suatu kasih karunia besar jika anda belum percaya ini kesempatan besar !oarang islam berjilbab berkata lagu orang kristen itu ada nafasnya !dalam festifal lagu international lagu Joy to the world peringkat no satu yang adalah lagu natal !gimana wong yang ilhami Roh kudus ,Roh Tuhan !

  15. Orang Islam iri karena kalau natal itu suasana lebih kudus suci indah agung dibanding cuma lebaran apaan potong aja tuh ketupat sampai lo mati !mereka iri karena gemerlap lampunya yang sangat luar biasa indahnya lihat dong dimal-mall jauh banget dibanding lebaran yang suasananya kampungan !

  16. brotherhood

    Hentikan semua omong kosong ini!!! komentar kalian malah merusak agama kita semua!!! Islam & Kristen MALU punya pengikut seperti kalian!!!
    Hentikan atau kami tutup paksa blog ini!!!

  17. brotherhood

    DARIPADA MEMBUKA BLOG YG TIDAK JELAS VISI & MISI NYA.
    Lebih berguna memikirkan bagaimana memajukan Bangsa & Negara ini, apa sumbangsih kita semua bagi kesejahteraan rakyat Indonesia??
    Mari kita pikirkan & ambil aksi mengatasi masalah2 sosial yg ada di sekitar kita.
    Disitu pikiran, tenaga, waktu kita lebih dibutuhkan.
    Peace…….

    • @Oom Borokder:mrgreen:
      Lha sampean tidak tahu gituh ?!
      Institusi Kejaksaan, Kepolisian… s/d DPR yang jelas-jelas punya visi dan misi… jeblog kabeh😦

      Lalu sampean bak dewa penolong para blogger…. hua.ha.ha…. ngaca dunk.

  18. brotherhood

    saya tidak memposisikan diri saya sbg dewa penolong para blogger (ini istilah anda) untuk apa?
    saya hanya mengajak anak muda Indonesia supaya bisa berbuat lebih bagi bangsa ini, dimulai dari hal2 kecil sekitar kita, masalah negeri masih banyak (kemiskinan,kurangnya lapangan pekerjaan,human trafficking,prostitusi,rusaknya lingkungan).
    kenapa kita tidak terjun disitu dimana hasilnya bisa lebih nyata & dirasakan manfaatnya bagi kesejahteraan rakyat bangsa ini?? walaupun awalnya hanya skope yg kecil??
    daripada kita mempeributkan sesuatu yg hasil akhirnya apa?? hanya caci maki tidak berkesudahan??
    Peace……..

    • @Brotherhood
      Justru dengan blogging kita menyampaikan apa yang kita yakini.
      Saudara Muslim ?! sampaikanlah walau satu ayat.
      Saudara Nashrani ?! sampaikanlah walau satu ayat.

      Mohon maaf saya kira penulis dan atau pemilik blog ini hanya sekedar menyampaikan sebagai bukti terhadap agama dan kepercayaannya sekurang-kurangnya mendapat pencerahan dari para komentator… anggap saja dari pendapat sampean … apakah ini bukan bukti nyata ?!

    • ihsan

      Coba aja jawab dgn otak Lo kalau memang bisa berpikir dgn benar,:apa mungkin seorg “manusia” yg lahir melalui vagina menjadi TUHAN? Yesus aja tidak pernah mengatakan:”Aku lah Tuhan dan sembahlah Aku”. Lo aja yg ngeyel dgn segala dalih,kalau Tuhan itu tak perlu ngaku2 bahwa dirinya Tuhan,yg penting kalau PAULUS yg bilang,ya benar la itu. Bukti bahwa agama Kristen ini adalah memang ciptaan si Paulus si penipu.

  19. brotherhood

    Maaf sebelumnya, menyampaikan apa yg kita yakini atau mencari kelemahan pihak lain?
    saya tergilitik untuk bersuara disini karena prihatin dengan komentar2 yg seharusnya tidak layak diucapkan seseorang yg mengaku dirinya beragama dan mana adat ketimuran yg dibangga-banggakan itu? atau ini kebebasan blogging yg kebablasan?
    Apa gunanya ayat?semua agama memberikan tuntunan hidup yg baik,beragama itu bentuk hubungan antara manusia sebagai individu dengan Tuhannya, bagaimana tanggung jawab hidupnya terhadap Tuhannya yg dia yakini.
    Bukan untuk diadu teori & kebenarannya.
    bentuk bukti nyata yg mana?apakah keberadaan blog2 spt ini hasilnya bisa mengatasi masalah2 pengangguran?kemiskinan?orang2 yg lapar bisa makan?orang2 yg tergusur bisa punya rumah?
    Tidak bisa kan?hanya bisa dilihat oleh orang2 yg melek teknologi internet (segelintir orang).
    Peace………

    • @brotherhood
      Hehehe…. sampean suka ngenet, tapi telmi wae ahh….
      Kasus @Neng Prita bijimanah boss ?!
      Kita lihat 2 sisi:
      1. RS OMI
      2. Neng Prita….

      Absolute berlawanan bukan…

      Sikian…

    • raditya lazuardi

      kita disini mo tuker pikiran tentang agama,, udah ada yang mikirin negara dan bangsa ini,, klo sampean mo gabung silah kan cari blognya sendiri,, klo ada yang menggunakan kata” ga sopan itu karena terprovokasi aja atau ga punya jawaban tepat.. yang jelas bukan muslim yang memulai

  20. Brotherhood

    bung Haniifa, kita lihat dulu esensi persoalannya,kasus Prita vs Omni ad/ tentang ketidakpuasan terhadap pelayanan publik yg disuarakan oleh Prita sbg pemakai jasa Omni, dalam kasus ini saya mendukung Prita, karena prosedur medis yg dijalankan Omni jelas salah. Sedangkan di blog ini yg dibahas ad/ masalah pertentangan keyakinan,dimana hal tsb adalah area privacy & hak tiap individu & tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun.
    Okelah saya tidak mau debat kusir dengan anda.
    Saya sudah melihat tulisan2 di blog haniifa yg lain, dan saya sangat senang karena blog tsb memberikan kontribusi & memberikan masukan2 positif bagi pembacanya, kembangkan terus yg seperti itu, mengenai pemprovokator yg mengacau,sebaiknya saudara bisa dng bijak menyikapinya,atau tdk perlu ditanggapi,jgn terpancing dng komen mereka, Sukses untuk anda dalam berdakwah…….
    Sampai jumpa.

    • @Bung Brotherhood
      Seperti yang saya perkirakan sampean memang sangat objektif dan selectif memilih dan memilah namun mohon maaf, kita semua tahu aturan main suatu blog. Jadi dalam hal ini bukanya saya membela admin blog ini atau sependapat dengan beliau 100% namun lebih diutamakan kedewasan berwacana dan berfikir, karena cara pandang terhadap rivalitas seharusnya menjadi landasan check and balance… (tesa x antitesa). Keputusan akhir tentu dikembalikan pada setiap pembaca/ responder artikel.

      Salam hormat selalu, Haniifa.

    • wah jangan jangan bung brotherhood ini satrio piningit/ratu adil…….salam mass..

  21. Maaf

    Apakah dalam islam diajarkan untuk memperolok agama lain wahai kaum muslimin?
    Apakah kalian lupa isi dari surat Al-Kafirun?
    Aku tahu mungkin apabila kita membaca artikel tentang olok2 yang dilakukan umat nasrani membuat hati kita menjadi panas,tapi akan lebih baik apabila kita menanggapi sesuai kebenaran dan bukti2 yang riil meskipun cemoohan yang kita dapat!
    Terima Kasih!

    • Tapi didalam Islam dikatakan bahwa jadikanlah setan itu musuh yang nyata buatmu.

      Mungkin setan kafirun, maksudnyah ?!

    • raditya lazuardi

      klo gw sih gitu.. hehe
      merekanya aja yang mulai duluan,, biasa udah kepentok dan ga bisa ngeles,, jadi tindakannya provokatif gitu supaya yang muslim juga bisa disalahkan,, apalagi mereka di bantu setan yang terus membisikan kemarahan di hati kita,, lengkap deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s