PERTENTANGAN SIFAT YESUS SEBAGAI TUHAN DI PB


Umat Kristen yang awam, kebanyakan percaya bahwa semua yang tertulis di dalam Alkitab merupakan tulisan-tulisan yang diilhamkan oleh Allah.

Benarkah seluruh isi kandungan yang tertulis di dalam Alkitab itu merupakan ilham dari Allah?

Apakah keyakinan umat Kristen itu adalah keyakinan yang benar?
Ataukah itu adalah kebodohan yang menyebabkan keyakinan yang sesat?

Mengenai hal ini, Dr. Groenen, Ofm, mengajar di beberapa sekolah seminari tinggi, seorang sarjana Kitab Suci dari Roma mengatakan bahwa isi kandungan kitab suci itu, khususnya di New Testament (Perjanjian Baru), adalah: “…karangan-karangan umat yang percaya
kepada-Nya…”.

Para ahli Kitab Suci tahu bahwa Alkitab hanyalah karangan-karangan umat zaman kapak yang sama sekali tidak menitik beratkan pentingnya pemahaman keimanan dengan berpedoman kepada apa yang diajarkan Yesus, melainkan keimanan mereka semata-mata menitikberatkan pada keyakinan bahwa Yesus adalah titisan Tuhan ke dunia.

Berangkat dari pengakuan Paulus tentang pengalaman yang dialaminya (tanpa disertai dengan statement tertulis yang mengukuhkan dari para saksi?), Paulus menuliskan di dalam pembukaan surat-surat khotbahnya bahwa dirinya adalah rasul Yesus Kristus (Rom 1:1, I Kor 1:1, II Kor 1:1, Gal 1:1, Ef 1:1, Kol 1:1, Tit 1:1, II Tim 1:1) yang dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah (Rom 1:1).

Benarkah semua ajaran Paulus yang tertulis di dalam Alkitab itu adalah ilham dari Allah?
Benarkah seperti yang dikatakannya bahwa Yesus adalah Tuhan?

Di dalam Alkitab (I Kor 4:9, 7:12, 7:40, II Kor 8:10, 11:5), Paulus dengan terus terang mengatakan bahwa bukan semua yang tersurat itu merupakan ilham Allah, melainkan sebagiannya adalah berasal dari pemikiran dan pendapat dirinya sendiri.

Berikut pertentangan sifat Yesus sebagai Tuhan Allah didalam Perjanjian Baru :

Pertentangan 1
a. Matius, fasal 3 ayat 17 ?Lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: ?Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.??

b. Matius, fasal 5 ayat 9 ?Berbahagialah orang yang membawa damai, kerana mereka akan disebut anak-anak Allah.?

Ayat di atas bertentangan kerana yang disebut anak Allah tidak hanya Yesus tetapi semua orang yang mendamaikan manusia.

Pertentangan 2
a. Yohanes, fasal 14 ayat 9 ?Barangsiapa melihat Aku, ia telah melihat Bapa? dan ayat 10, ?tidak percayakah engkau, bahwa aku ini di dalam Bapa, dan Bapa pun di dalam Aku? Segala perkataan yang Aku ini katakan kepadamu, bukanlah Aku katakan dengan kehendak sendiri, melainkan Bapa itu yang tinggal dalam Aku. Ia mengadakan segala perbuatan itu.?

b. Yohanes, fasal 17 ayat 23 ?Aku di dalam mereka itu, dan Engkau di dalam Aku; supaya mereka itu sempurna di dalam persekutuan.?

Kata ?mereka? di ayat 23 adalah sahabat Yesus. Sedangkan yang dimaksud ?dengan aku? ialah Yesus.
Jadi frasa ?Aku bersama mereka? artinya Yesus beserta sahabat-sahabatnya.
Jadi Tuhan itu berserta Yesus dan para sahabatnya. Kalau umat Kristian percaya hal kesatuan Yesus dengan Bapa, maka umat Kristian pun harus percaya hal kesatuan Bapa itu dengan semua sahabat Yesus yang berjumlah 12 orang. Jadi bukan Yesus dan Roh Suci saja yang menjadi satu dengan Tuhan, melainkan harus ditambah 12 orang lagi. Ini namanya persatuan Tuhan atau Tuhan persatuan, dan bukan hanya Tri-Tunggal, tetapi 15 Tunggal. Jadi mana yang benar? Tiga menjadi Tunggal atau 15 menjadi Tunggal?

Pertentangan 3
(Tuhan Esa)

a. Yohanes, fasal 17 ayat 3 ?Inilah hidup yang kekal, yaitu supaya mereka mengenal Engkau, Allah yang Esa, dan Yesus Kristus yang telah Engkau suruhkan itu.?

b. Ulangan, fasal 4 ayat 35, ?Maka kepadamulah ia itu ditunjuk, supaya olehmu bahwa Tuhan itulah Allah, dan kecuali Tuhan yang Esa tiadalah yang lain lagi.?

c. Markus, fasal 12 ayat 29, ?Maka jawab Yesus kepadanya. Hukum yang terutama ialah: Dengarlah olehmu hai Israil, adapun Allah Tuhan kita, ialah Tuhan yang Esa.?

d. Ulangan, fasal 6 ayat 4, ?Dengarlah, hai orang Israil: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu Esa!?
Di ayat di atas menyebutkan Tuhan adalah Esa dan menyebut Yesus adalah Pesuruh Allah (Utusan/Rasul), bukan Tuhan.

Sedangkan di satu ayat menyebutkan Tuhan dengan Yesus menjadi satu, di ayat yang lain lima belas menjadi satu. Mana yang benar? Menurut pengakuan umat Kristian sendiri, suatu Kitab Suci yang kandungan ayat-ayatnya bertentangan antara satu dengan lainnya tentu sulit dipercayai kesuciannya, karena yang disebut suci itu bersih dari kekeliruan dan perselisihan.

Pertentangan 4
a. Yohanes, 10:30 ?Aku dan Bapa itu satu adanya.?

b. Matius, fasal 27 ayat 46 ?Maka sekira-kira pukul tiga itu berserulah Yesus dengan suara yang nyaring katanya: ?Eli, Eli, lama sabaktani?, artinya: ?Ya Tuhan, apakah sebabnya Engkau meninggalkan Aku??

Berdasarkan seruan Yesus di ayat Matius 27:46 di atas, jelas bahwa Yesus tidak bersatu dengan Tuhan, yakni Tuhan meninggalkan Yesus. Mestinya kalau Tuhan menjadi satu dengan Yesus, di saat itulah saat yang tepat untuk menolong Yesus, tapi kenyataannya Tuhan tidak bersatu dengan Yesus sehingga Yesus sendiri perlu meminta tolong. Bolehkah dikatakan dengan sebutan ?Tuhan Yesus? kalau menolong dirinya saja tidak mampu?

Pertentangan 5
a. Umat Kristian menyembah Yesus sebagai Tuhan.
b. Akan tetapi kenyataannya Yesus yang dikatakan bersatu dengan Tuhan mestinya tindakan-tindakan dan perbuatannya menyerupai perbuatan Tuhan. Akan tetapi kenyataannya tidak demikian: Tuhan tidak tidur tetapi Yesus tidur; Tuhan tidak sakit tetapi Yesus sakit; Tuhan tidak makan tetapi Yesus makan; Tuhan tidak menyembah sesiapa pun tetapi Yesus menyembah Tuhan; Tuhan tidak mati tetapi Yesus mati.

Pertentangan 6
a. Umat Kristian menganggap salah satu sebab yang menyebabkan Yesus bersatu dengan Tuhan adalah kerana baginda mengetahui perkara yang ghaib.

b. Markus, fasal 13 ayat 31 dan 32 ?Sesungguhnya langit dan bumi akan lenyap, tetapi perkataanku kekal. Tetapi akan harinya atau ketika itu tidak diketahui oleh seorang pun, baik segala malaikat yang di surga pun tidak, anak itu pun tidak, hanyalah Bapa saja.?
Jelas bahawa dalam Alkitab sendiri tertulis yang Yesus sendiri mengaku tidak ada yang tahu bila berlakunya hari Kiamat, melainkan hanya Tuhan sendiri. Tegasnya Yesus sendiri tidak mengetahui waktu berlakunya hari Kiamat, yang termasuk suatu yang ghaib. Yang tidak tahu itu pasti bukan Tuhan, kerana Tuhan Maha Mengetahui.

Pertentangan 7
a. Galatia 2:20 ??namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan dirinya untuk aku.?

b. Yohannes 14:10 ?Tiadakah engkau percaya bahwa aku ini di dalam Bapa, dan Bapa pun di dalam aku? Segala perkataan yang Aku ini katakan kepadamu, bukanlah Aku katakan dengan kehendak sendiri, melainkan Bapa itu yang tinggal di dalam Aku. Ia mengadakan segala perbuatan itu.?

Jika Yesus dikatakan Tuhan Anak karena kenyataannya bahawa ?aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam aku?, maka bagaimana pula dengan Paulus, yang menyatakan bahwa Yesus di dalam dia dan dia di dalam Anak Allah (Yesus)?
Paulus mengaku bahwa dirinya bukan lagi Paulus tetapi sudah jelmaan Yesus/Mesias (

(Bandingkan pernyataan Paulus: ?Kristus hidup di dalam aku, aku di DALAM ANAK ALLAH? dengan pernyataan Yesus: ?Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?). Adakah Paulus itu Tuhan Cucu? Berarti sekarang sudah bertambah lagi satu Tuhannya umat kristen.

11 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

11 responses to “PERTENTANGAN SIFAT YESUS SEBAGAI TUHAN DI PB

  1. Kacau nih…daripada baca al kitab yg bikin pusing, mending baca Ko Ping Ho.

    • JOJON

      kacau balau, kenapa ci jesus sebagai tuhan malah di salib dbugilin lgi, kan kasian y, pasti klo malem2 kedinginan,,,,,,,

  2. ERICK

    wahh.. jujur aja ni..
    Tulisan diatas ga bisa digolongkan kepada siapa pembuatnya..
    kalo yang buat kaum teolog..udah pasti ga mungkin..
    kalo yang buat kaum awam..udah pasti terlalu ga jelas..

    jadi saya pikir.. tulisan diatas hanya hasil dari pengetahuan hermeneutis yang sifatnya setengah-setengah..

    -salam

  3. johan

    Udah..diemin aja,mdh2an mrk dapat hidayah dr Allah SWT untuk kembali ke jalan yang benar..Amin

  4. lab.otak

    ngapain juga ya orang – orang pada ngikutin pemikiran yang salah (diakuin sendiri oleh paulus) nah paulusnya sendiri udah tobat eh yang ngikutin paada kebablasan ampe sekarang kesianan tuh kalau ampe dibawa mati, aturan nya si ikutin aja paulusnya yang dah nyadar keslahannya dan tobat deh tuh .

  5. siman.A

    kenapa saudara2 sering caci maki YESUS? kalian semua harus tau bahwa YESUS akan datang lagi pada kali ke 2 untk menghakimi orang yang hidup dan dan yang mati IA akan datang sebagai IMAM MAHDI hakim yang adil dan penuh kuasa IA akan menentukan mana padi dan mana ilalang padi akan dimasukan kedalam lumbung sedangkan ilalang akan dimasukan kedalam nyala api neraka kekal dan disitu akan terdapat ratap tangis dan kertak gigi terutama bagi orang2 yang selama hidupnya selalu mencaci makiNYA,Amin datanglah TUHAN YESUS MARANATA

  6. siman.A

    Kalau anda sekalian mau ke surga anda harus berjalan dng orang yang datang dari surca siapakah yang datang dari surga?hanya YESUS PUTRA Maria yang datang dari surga makanya YESUS katakan dalam Injil yohanes bahwa dirumah BAPAKU banyak tepat tinggal

  7. siman.A

    saya dlm tempat ini tidak ingin berpolemik dng siapaun saya hanya menyampaikan apa yang akan terjadi di hari kiamat sesuai dengan apa yang TUHAN YESUS ajarkan pada saya lewat firmanNYA didalam Alkitab mari saurara2ku kita berhenti untuk saling mencaci maki karna kita mau ke surga atau ke neraka adalah pribadi lepas pribadi bapak tdk bs ajak anak ibu tdk bs ajak bapak masing2 membawa dirinya sendiri,bukankah kita sesama manusia harus saling mengasihi?

  8. siman.A

    saudaraku yang terkasih mengenai Trinitas perlu tau bahwa,doktrin keristiani itu adalah ELLOHIM yg Esa dengan tiga kodrad kuasaNYA yaitu: BAPA mencipta ANAK berfirman ROH KUDUS menuntun membimbing memelihara.Contoh ELLOHIM orang krsten misalnya Bapak Presiden Indonesia SBY. pada saat beliau di istana negara beliau adalah presiden RI pada saat beliau di cikeas di rumahnya beliau adalah suami ibu Ani ayah dari kedua anaknya pada saat beliau ke MPR beliau adalah Mandataris MPR pertanyaannya apakah PA SBY ada 3? itulah ELLOHIM orang kristen yaitu ELLOHIM yang Esa dengan tiga kodrat kuasaNYA

    • nr

      trinitas d samain ma pak SBY
      huahahahahaha!
      Trus apa mungkin klo pak SBY sdang sakit maka dia mminta prtolongan pd drinya sndri?
      “pak SBY,pak SBY tlonglah aku!”

      spt yg d lakukn yesus saat d salip
      “eli,eli lama sabakhtani”?!

      Huahahahahaha!
      LOL

  9. siman.A

    mengenai Anak ELLOHIM YESUS sama anak2 yang lain yang juga disebut anak ELLOHIM beda YESUS! ANAK Tunggal makanya disebut inilah ANAKKU kepadaNYA AKU berkenan karena itu tadi saya telah terangkan tentang Trinitas buat saudaraku perlu kamu tau bahwa ELLOHIM wujudNYA itu ROH Yoh 4;24 2kor 3;17 TUHAN itu ROH kenapa YESUS yang manusia itu disebut TUHAN karna TUHAN yang ROH itu diam didalam manusia YESUS melakukan pekerjaan TUHAN, karna itu pada saat dikayu salib itu YESUS teriak ELOI ELOI lama sabaktani karena ROH itu keluar dari tubuh YESUS, karena itu adalah misi ELLOHIM yang harus dijalankan oleh YESUS,demi prnyelamatan manusia,memang sukar kalau kita memahami Iman Kristen harus percaya dulu baru TUHAN memberi pengertian lewat urapan ROH KUDUS karna yang bisa menerangkan ini kepada orang yang tdk percaya hanyalah ROH KUDUS asal kita mau membuka hati untuk TUHAN maka IA pasti akan menyatakan diriNYA pada anda saya berharap saudaraku mau mebuka hati agar ROH KUDUS datang mengangkat selubung yg selama ini menutup mata hati saudara hingga tidak mengenal siapa sih YESUS itu kuncinya buka hati undang TUHAN, saudara boleh minta dan katakan YESUS sebenarnya ENKAU ini siapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s