Yesus Berjihad


Yesus tidak mau hanya duduk dan menunggu ditangkap oleh kaum Yahudi. Dia menyiapkan murid-muridnya akan adanya bentrokan dan pertikaian. Dengan berhati-hati, agar tidak membuat takut murid-muridnya, dia mengajarkan cara-cara mempertahankan diri. Dia memulainya:

“Ketika aku mengutus kamu dengan tiada membawa pundi-pundi, bekal dan kasut, adakah kamu kekurangan apa-apa?”Jawab mereka, ‘Suatu pun tidak’. Katanya kepada mereka, ‘Tetapi sekarang ini, siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan barangsiapa yang tidak mempunyainya hendaknya dia menjual jubahnya dan membeli pedang’…” (Injil – Lukas 22: 35-36)

Ini adalah persiapan untuk jihad, perang suci –Yahudi melawan Yahudi! Mengapa? Mengapa ini terjadi? Apakah dia tidak menasehatkan mereka untuk ‘hidup berdampingan’– Apakah dia tidak menasehati ke 12 muridnya dengan:

“Lihat, aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati “. (Injil – Matius 10: 16).

jika rasul mengatakan bahwa perang itu tipu daya

Situasi dan kondisi telah berubah dan dengan segala kebijakan maka strategi harus dirubah. Murid-muridnya telah dipersenjatai. Mereka telah mempunyai gambaran masa depan. Mereka tidak mau meninggalkan Galilea dengan tangan kosong. Mereka menjawab:

“… Tuhan, ini dua pedang.” Jawabnya, “Sudah cukup” (Injil – Lukas 22: 38).

Untuk membentuk gambaran Yesus yang baik budi dan lembut hati, sebagai “Pangeran Perdamaian”, kaum misionaris membelanya, bahwa pedang yang dimaksud adalah roh/jiwa! Jika pedang-pedang tersebut adalah jiwa, maka ‘jubah’ di atas berarti juga jiwa. Jika murid-murid Yesus harus menjual jubah jiwa untuk membeli pedang jiwa, maka dalam kasus ini, berarti mereka menjadi jiwa yang telanjang. Lebih dari itu, seseorang tidak akan bisa memotong telinga manusia dengan pedang jiwa.

“Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunuskan pedangnya, dan meletakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya “. (Injil – Matius 26: 51).

Satu-satunya maksud dari pedang-pedang atau senjata tersebut adalah untuk membuntungkan dan membunuh. Di masa Yesus orang-orang tidak akan membawa pedang hanya untuk mengupas apel atau pisang.

Jika saat itu adalah persiapan untuk perang, lalu mengapa sepasang pedang sudah ‘cukup’? Alasannya adalah Yesus tidak bermaksud menyerang pasukan Romawi. Karena ‘temannya’ Yudas bekerja sama dengan penguasa kuil. Dia tahu bahwa dia bisa ditangkap dengan cara yang licik oleh kaum Yahudi. Ini menjadi masalah bagi kaum Yahudi. Dalam suatu peperangan melawan penjaga kuil dan kaum gelandangan di kota, dia mungkin menang. Dan dia yakin sekali karena ada Petrus (si batu), Yohanes dan James (Putra Halilintar) serta delapan murid lainnya yang masing-masing bersedia berkorban dipenjara bersamanya bahkan mati demi dirinya (”Semua murid yang lain pun berkata demikian” (Matius 26: 35)). Mereka semua adalah orang Galilea yang mempunyai reputasi kesetiaan, teroris dan pemberontakan terhadap Romawi.

Dengan bersenjatakan tongkat, batu dan pedang serta rasa percaya diri dan keyakinan terhadap gurunya, mereka yakin bisa mengetuk pintu neraka bagi setiap Yahudi yang mengganggu dan melawan mereka.

Dia (Yesus) telah membuktikan bahwa dirinya mempunyai keahlian dalam mengatur strategi dan rencana, peka terhadap sinyal-sinyal bahaya dan banyak akal. Saat itu bukan waktunya untuk duduk dan ongkang-ongkang kaki untuk menjadi sasaran empuk bagi musuh-musuhnya. Tidak? Itu bukanlah sifatnya. Suatu malam, sewaktu sedang menuju Getsemani –kebun zaitun– dengan suatu bangunan berdinding batu yang jauhnya 5 mil dari kota, dia menggambarkan betapa seriusnya situasi saat itu. Resiko yang harus dihadapi apabila mereka gagal dalam serangan ini.

Anda tidak perlu menjadi anggota militer yang jenius untuk menilai itu. Yesus menunjukkan kekuatannya sebagai ahli siasat dengan bersikap seperti anggota Sandhurst (Suatu akademi militer terbaik di Inggris). Beliau menempatkan delapan dari sebelas muridnya pada pintu masuk bangunan tersebut dan memerintahkan mereka:

“…duduklah di sini sementara aku pergi ke sana untuk berdoa.” (Injil – Matius 26: 36).

Pertanyaan yang mengganggu para pemikir adalah: “Mengapa mereka semua pergi ke Getsemani?” Untuk beribadah? Apakah mereka tidak bisa pergi ke kuil Sulaiman yang mereka lewati apabila tujuan mereka hanya untuk beribadah? Tidak! Mereka pergi ke kebun itu sehingga mereka berada pada posisi yang lebih baik untuk membela diri dari serangan musuh.

Perhatikan, Yesus tidak mengajak kedelapan muridnya” untuk beribadah. Dia menempatkan muridnya secara strategis pada pintu masuk kebun, mempersenjatai dengan pedang, karena situasi yang mungkin terjadi:

“Dan ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus bersamanya … Lalu katanya kepada mereka … Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan aku.” (Injil – Matius 26: 37-38).

Kemana dia membawa Petrus serta Yohanes dan Yakobus sekarang? Ke dalam kebun itu! Untuk beribadah? Tidak! Untuk membuat jalur pertahanan –dia menempatkan delapan orang itu pada pintu masuk dan sekarang ketiga murid lainnya yang terkenal fanatik dan bersemangat, dipersenjatai dengan pedang, hanya untuk ‘menunggu dan mengawasi’- -untuk mengawal! Gambaran ini sangat gamblang. Yesus tidak memberikan gambaran apa pun bagi kita. Dan dia (sendiri) hanya berdoa!

“…dan mulailah ia merasa sedih dan gentar. Lalu katanya kepada mereka, ‘Hatiku sangat sedih seperti mau mati rasanya … ‘ Maka ia maju sedikit, lalu sujud (seperti posisi shalat bagi Muslim), dan berdoa, katanya, ‘Ya Bapa ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari padaku, tetapi janganlah seperti yang kukehendaki; melainkan seperti yang Engkau kehendaki’…” (Injil – Matius 26: 37-39).

“Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa; Peluhnya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.” (Injil – Lukas 22: 44).

Apakah arti ratapan dan tangisan ini? Apakah dia menangis karena kulitnya luka? Tidak mungkin ia melakukan hal itu! Karena seperti nasehatnya pada muridnya:

“Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cukillah dan buanglah itu … Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, maka penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa daripada tubuhmu yang utuh masuk neraka.” (Injil -Matius 5: 29-30).

Kita mungkin menilai Yesus dengan tidak adil bila kita menduga bahwa dia menangis seperti seorang wanita untuk menjaga tubuhnya dari luka fisik. Beliau menangis bagi umatnya –kaum Yahudi. Mereka memegang suatu pemikiran yang aneh yaitu bahwa jika mereka berhasil membunuh Al-Masih (Kristus), maka akan menjadi bukti yang meyakinkan terhadap kebohongan Yesus. Akan tetapi Allah Subha-nahu wa Ta’a1a tidak akan pernah membiarkan hal itu terjadi. Karenanya, penolakan kaum Yahudi terhadap Yesus Putra Maria sebagai Al-Masih yang dijanjikan adalah –Penolakan Yang abadi.

Cerita yang penuh dengan ratapan tangis yang mengerikan dan membekukan darah ini menimbulkan simpati di hati yang mendalam. Dan para pengabar Injil memanfaatkannya dengan efektif. Kita diceritakan bahwa Yesus ditakdirkan untuk meninggal demi menebus dosa umat manusia. Bahwa dia telah “dipersiapkan untuk menjalani pengorbanan diri, sebelum dunia ini dibuat”. Bahwa bahkan sebelum bahan-bahan dasar dunia ini terbentuk, sudah ada suatu kontrak antara “Bapa dan Putranya” dan bahwa pada tahun 4000 setelah Adam (menurut perhitungan Kristen, dunia beserta isinya ini berumur 6000 tahun), Tuhan dalam bentuk Yesus sebagai orang kedua dalam Trinitas yang membingungkan, turun langsung untuk menebus manusia dari dosa turunan dan dosa manusia itu sendiri. (”Trinitas”: Dalam ajaran Kristen yang ada dalam Injil – Bahwa ada 3 kesaksian dalam surga yaitu Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu (1 Yohanes 5: 7))

Dari peristiwa rencana mempersenjatai diri, sang guru menyebar kekuatannya di Getsemani dan doa yang penuh dengan air mata darah untuk meminta pertolongan Tuhain, tergambar bahwa Yesus tidak mengetahui adanya perjanjian mengenai pengorbanan dirinya. Ini mengingatkan pada cerita Ibrahim yang membiarkan anaknya disembelih sebagai pengorbanan kepada Tuhan.

Jika ini adalah rencana Tuhan untuk suatu pengorbanan diri bagi menebus dosa umat manusia, maka jelaslah bahwa Tuhan telah salah memilih korban. Calon yang dipilih ini sangat enggan untuk mati. Mempersenjatai diri! Meratap! Berkeringat! Menangis! Mengeluh! Berbeda sekali dengan respon Lord Nelson, seorang pahlawan perang yang terkenal dengan kata-katanya yang abadi:

“Terima kasih Tuhan, saya telah menyelesaikan tugas saya!” Telah jutaan orang sampai saat ini yang dengan suka rela mengorbankan jiwanya bagi raja dan negaranya dengan senyum di wajahnya, dengan teriakan Amandhla! atau Allahu Akbar atau “Tuhan menyelamatkan Sang Ratu”. Yesus tidak rela untuk berkorban: Jika ini adalah skenario dari pengorbanan, maka ini adalah adegan yang tidak menjiwai. Ini adalah pembunuhan tingkat pertama dan bukannya pengorbanan diri.

Mayor Yeast-Brown, dalam bukunya Life of a Bengal Lancer meringkas ajaran Kristen tentang pengorbanan ini hanya dengan satu kalimat:

“Tak satu pun suku kafir yang pernah menyusun cerita yang sangat aneh yang penuh dengan dugaan, bahwa manusia lahir dengan dosa bawaan dari nenek moyangnya; dan dosa bawaan itu (yang sebetulnya bukanlah tanggungjawabnya secara pribadi) harus ditebus; dan bahwa sang pencipta alam beserta isinya ini telah mengorbankan satu-satunya putranya untuk menebus kutukan misterius ini.”

42 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

42 responses to “Yesus Berjihad

  1. Joe Siagian

    oke mari kita asumsikan bahwa Yesus adalah ahli strategi dan berniat membela diri dari aksi penangkapan yang akan dilakukan oleh Yudas dan ahli2 taurat pada saat itu. pertanyaan saya, mengapa Yesus tidak melarikan diri saja? atau mengapa Yesus tidak membunuh Yudas sebelum Yudas pergi ke orang2 farisi dan ahli2 taurat? mengapa dua pedang sudah cukup? mengapa 12 orang sudah cukup?

    lalu mengenai tempat kejadian. kalian mengatakan bahwa tempat itu adalah tempat strategis untuk bertempur dan murid2 tidak ke sana untuk beribadah. kalian juga mengutip injil lukas. apa kalian tidak memperhatikan ayat yang juga disampaikan lukas?

    Lukas 22:39-40
    22:39. Lalu pergilah Yesus ke luar kota dan sebagaimana biasa Ia menuju Bukit Zaitun. Murid-murid-Nya juga mengikuti Dia.
    22:40 Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: “Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan.”

    ayat 39 mengatakan bahwa ‘seperti biasa’. dengan kata lain memang Yesus dan para murid-Nya secara rutin sering ke sana. jadi tempat itu bukanlah suatu tempat khusus untuk menyiapkan pertempuran. lalu di ayat 40 dikatakan bahwa Yesus mengajak murid2-Nya untuk berdoa. bagaimana kalian menjelaskan hal itu?

    lalu kalian mengatakan bahwa Yesus mencungkil mata-Nya sendiri? karena mata-Nya menyesatkan Dia? menyesatkan dalam hal apa? memangnya apa yang dilihat oleh Yesus sebelum kejadian itu? lalu mengapa sang ahli strategi mencungkil mata-Nya sebelum pertempuran? tolong dijelaskan

    lalu perhatikan paragraf ini
    “Dari peristiwa rencana mempersenjatai diri, sang guru menyebar kekuatannya di Getsemani dan doa yang penuh dengan air mata darah untuk meminta pertolongan Tuhain, tergambar bahwa Yesus tidak mengetahui adanya perjanjian mengenai pengorbanan dirinya. Ini mengingatkan pada cerita Ibrahim yang membiarkan anaknya disembelih sebagai pengorbanan kepada Tuhan.”

    Yesus tidak tahu tentang pengorbanan diri-Nya?
    coba baca dari injil lukas, injil yang kalian kutip sendiri di atas
    9:22 Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”
    18:31. Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu berkata kepada mereka: “Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan segala sesuatu yang ditulis oleh para nabi mengenai Anak Manusia akan digenapi.
    18:32 Sebab Ia akan diserahkan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, diolok-olokkan, dihina dan diludahi,
    18:33 dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit.”
    22:37 Sebab Aku berkata kepada kamu, bahwa nas Kitab Suci ini harus digenapi pada-Ku: Ia akan terhitung di antara pemberontak-pemberontak. Sebab apa yang tertulis tentang Aku sedang digenapi.”

    kalian juga mengutip injil matius. dan lihatlah apa yang juga ditulis matius tentang hal ini

    16:21. Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
    17:22. Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia
    17:23 dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.” Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.
    20:19 Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.”

    betul sekali bahwa kita seharusnya ingat akan kejadian Abraham yang mengorbankan anaknya, Ishak, anak yang dijanjikan Tuhan, yang lahir dari istrinya yang sah, anaknya yang dikasihinya. Ketika Abraham mau membunuh anaknya, Tuhan menghentikan Abraham dan ternyata tidak hanya sampai di situ. dikatakan dalam alkitab bahwa

    22:13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.

    Abraham tidak jadi membunuh anak yang dikasihinya tetapi sebagai gantinya ia mengorbankan domba jantan sebagai korban bakaran pengganti anaknya. benar. begitu kita mendengar kisah pengorbanan Yesus, sangat wajar jika kita mengingat kejadian yang berlalu ribuan tahun sebelumnya.

    Allah tidak hanya ingin menguji iman Abraham tetapi juga menyampaikan nubuat tentang pengorbanan dosa manusia. karena itulah Yohanes Pembabtis berkata ketika Yesus datang kepadanya

    1:29. Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

    Yesus sebagai manusia sangat wajar mengalami pergulatan batin dalam diri-Nya. sangat wajar jika Yesus merasa takut, bahkan meratap dan menangis. Dia tahu bahwa sebentar lagi Dia akan menerima cawan murka Allah yang sepantasnya diberikan kepada kita, orang2 berdosa

    lalu di paragraf di atas juga disebutkan
    “Kita mungkin menilai Yesus dengan tidak adil bila kita menduga bahwa dia menangis seperti seorang wanita untuk menjaga tubuhnya dari luka fisik. Beliau menangis bagi umatnya –kaum Yahudi. Mereka memegang suatu pemikiran yang aneh yaitu bahwa jika mereka berhasil membunuh Al-Masih (Kristus), maka akan menjadi bukti yang meyakinkan terhadap kebohongan Yesus. Akan tetapi Allah Subha-nahu wa Ta’a1a tidak akan pernah membiarkan hal itu terjadi. Karenanya, penolakan kaum Yahudi terhadap Yesus Putra Maria sebagai Al-Masih yang dijanjikan adalah –Penolakan Yang abadi.”

    saya juga teringat kata2 Yesus ketika Petrus mengatakan hal yang mirip

    16:21. Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
    16:22 Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: “Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau.”
    16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”

    perhatikan apa jawab Yesus. Saya kutip lagi ya
    “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”

    .
    .
    .

    memangnya siapa kita ini sehingga kita bisa menghakimi kebenaran Allah? siapa kita sehingga kita layak memaksakan idealisme kebenaran kita kepada Allah?

  2. Joe Siagian

    lalu saya juga mau bertanya. apa menurut kawan2 muslim juga cerita Yesus yang asli adalah seperti ini? seperti inikah kisah yang tertulis dalam alquran? kalau kawan2 muslim memang tidak meyakini cerita ini, lalu kenapa diposting disini? kenapa kawan2 menuliskan artikel yang bohong, bahkan menurut kawan sendiri? lalu mengapa kawan berusaha mengaitkan cerita ini dengan istilah2 khas muslim, seperti jihad. lalu mengapa pula ketika Yesus sujud, harus diberi embel2 “seperti posisi shalat bagi Muslim”?

    apakah sujud itu hanya sikap doa orang muslim saja? tokoh2 alkitab juga sujud. bahkan rasul Paulus yang kalian bilang sebagai rasul palsu juga sujud. tentu kalian tidak akan bilang kalo Paulus adalah orang muslim khan?

    tolong jawab pertanyaannya
    God bless you all guys =)

    • loe

      hhh…cari tahu dulu apa itu ISLAM.

      Ibrahim,musa,daud,Isa Alaihim salam

      adalah Islam…
      Kok bisa???

      cari aja jawabannya sendiri…
      disini topicnya ttg berjihad

    • Joe Siagian

      tunggu dulu. yang jadi pertanyaan saya adalah, apakah sujud itu hanya sikap doa orang muslim saja? sebab tokoh2 alkitab juga banyak yang sujud. bahkan rasul Paulus yang kalian bilang sebagai rasul palsu juga sujud. saya juga pernah berdoa dengan cara sujud, berlutut, sambil duduk, atau sambil berdiri

      tetapi walaupun begitu saya tidak pernah memaksakan posisi doa saya harus seperti ini atau seperti itu. karena saya yakin bahwa Tuhan lebih melihat sikap hati saya daripada sikap doa saya secara jasmaniah. saya tidak bilang sujud adalah cara yang jelek, tetapi percuma juga kalo sujud tetapi hati masih congkak dan egois

      perkara Yesus, Abraham, Musa, dan Daud itu islam ya itu menurut kawan. saya pribadi tidak setuju dan saya tidak terlalu tertarik membahasnya atau mempelajari apa itu islam. di blog ini kalian sudah cukup memberi tahu saya apa itu islam yang sesungguhnya

  3. CosmicBoy

    @ muslimin dan muslimat,

    Doa saya dan teman2 Kristiani yg lain dipanjatkan ke korban2 gempa bumi di Padang, Sumatera.

    Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada mereka, Aminnnnnn.

    Takziah.

    • mereka digempa atas kejahatan mereka,anda bilang Yesus berjihad tolong tunjukkan ayat konfirmasinya minimal 10 ayat jangan menyesatkan dengan satu ayat ya penyesat !menafsirkan kitab suci tanpa Roh kudus ya dilempar keneraka jadi kayak tulisan diatas saya yakin dicomot dari Ahmed Deedat

    • alah…. agama pembohong tu si yesus…..
      tau gak kenapa yesus punya foto….
      sementara nabi lainnya gak punya foto….
      karna nabi laennya tu gak sombong, ganteng, rendah hati, dll tu makanya nabi yg laen gak ada fotonya
      sementara yesus..
      dah brewok,botak pede pula tu di foto.. dasar sombong…..
      tapi sombong kok…
      di ujung kematiaannya meminta pertolongan kpd Allah y…??? aneh…
      katanya anak tuhan… kok gak sekuat Allah..
      o…. tu karna dia ngaku2 j….kale….

    • Joe Siagian

      kawan riswanto ini bicara apa sih.. emang kapan Yesus difoto? apa selama 3 tahun berkeliling desa2 di israel sana Yesus pernah ikut sesi pemotretan? pernah masuk headline majalah? pernah foto bareng temen2 sekelas di buku kenangan sekolah? pernah nempelin foto di kartu KTP atau SIM? atau Yesus punya akun facebook dan ada foto2 selama berkeliling di israel?

      kapan Yesus pernah difoto? emang kamera dan video ditemukan tahun berapa?

      saya udah bilang dalam komentar saya di blog ini bahwa alkitab tidak menyebutkan ciri2 fisik Yesus. apakah rambutnya gondrong atau tidak, badannya pendek atau tidak, dll.. semua gambar yang kawan lihat tentang Yesus, semua itu hanyalah gambaran, persepsi dari orang yang melukis. sama saja dengan orang2 yang membuat lukisan dan film tentang tokoh2 alkitab lain, seperti Musa atau Daud. tidak ada orang yang benar2 tahu bagaimana wajah dan fisik Yesus yang sebenarnya. mungkin gambar2 itu dibuat berdasarkan ciri2 kebanyakan orang israel pada masa itu

      tetapi hal ini tidak menjadi masalah, karena semua orang kristen tahu bahwa gambar2 itu bukanlah gambar Yesus yang sebenarnya dan orang2 kristen juga tidak pernah menyembah gambar2 atau patung2 itu

      jadi, masihkah Yesus sombong karena punya foto?

  4. CosmicBoy

    @ joe,

    Anak2 pesantren, kalo bukan ngebom, bikin cerpennnnnnn.

    Hasilnya ialah seperti di atas.

    Malah di pesantren sana mereka tidak diajar untuk berpikir!

    Jadi ngga pernah maju2.

    Pantess masih muslimm.

    Syalom.

  5. HUAHAHAHAHAHAAHA!
    DUA PEDANG MANA CUKUP BUAT PERANG!

    HARUSNYA YESUS NYURUH BELI TANK 10 BIJI AMA BOM NUKLIR 2 BATANG!!!!

  6. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيمِ

    Hotline dan Donasi Gempa di Sumatera Barat

    HOTLINE GEMPA SUMATERA BARAT
    0751 9824971 s/d 0751 9824980.
    FREE CALL

    Donasi Gempa Sumatera Barat
    BCA KCU Thamrin
    No. Rek: 206.300668.8,
    atas nama Kantor Pusat PMI.
    Bank Mandiri KCU Jakarta Krakatau Steel
    No. Rek: 070-00-0011601-7,
    atas nama Palang Merah Indonesia.

    PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat) untuk gempa Padang
    BCA Soepomo
    No. 600.034.7777
    Bank Mandiri Ps. Minggu
    No. 126.000.1005. 114

    tvOne Satu Untuk Negeri
    Bank Mandiri cab Jkt Pulo Gadung
    No Rekening : 125-000-7926-793
    Bank BRI Cab Rawamangun

    No Rekening :
    0386-01-000-111-304
    Bank BNI 46
    Cab Rawamangun
    No Rekening :
    3009-2009-5

    Dompet MetroTV
    Bank BCA KCU Puri Indah
    No. Rekening : 288 3333 888
    a.n PT MEDIA TELEVISI
    INDONESIA
    Bank Mandiri Cabang Jakarta Kebun Jeruk
    No.Rekening : 117 0000 778894
    a.n PT MEDIA TELEVISI INDONESIA

    TPI Peduli
    BCA KCU Wisma ‘46 cab. Sudirman – Jakpus
    Nomor Rekening : 319.3028990

    a/n PT. Cipta TPI (Dompet Peduli)
    BNI cab. Jakarta Pusat
    Nomor Rekening : 201.96985

    a/n Cipta TPI PT / Dompet Peduli
    BRI cab. Gedung BRI II
    Nomor Rekening : 020601.000592304

    a/n TPI Program Peduli, PT

    Pelanggan Telkomsel :
    Telkomsel juga menyediakan layanan SMS Peduli bagi pelanggan yang ingin memberikan sumbangan bagi para korban bencana gempa bumi di Sumatera barat. Cukup ketik SUMBANG dan kirim ke 5000. Seluruh hasil sumbangan akan disalurkan melalui PMI.

    Pelanggan Indosat :
    Mari bantu
    korban bencana gempa bumi di Sumatera barat dengan mengirimkan SMS Donasi
    Caranya : ketik SUMBAR kirim ke 5000
    Setiap SMS donasi senilai Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) ini akan disumbangkan untuk membantu saudara – saudara kita yang mengalami bencana di Sumatera Barat.

    Pelanggan XL :
    XL juga membuka layanan SMS Donasi untuk mempermudah pelanggan yang hendak menyalurkan donasi bagi korban bencana gempa bumi di Sumatera Barat. Pelanggan dapat mengirimkan donasi
    Caranya, Ketik SUMBAR, kirim ke 2000 (untuk donasi Rp.2.000) atau 5000 (untuk donasi Rp.5.000).
    Seluruh donasi dari pelanggan akan didonasikan tanpa pungutan tarif apapun. Donasi akan disalurkan melalui lembaga sosial melalui berbagai program yang dibutuhkan.

    Semoga saudaraku semua di sana diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menjalani cobaan ini.. dan segera dipulihkan kembali.. sekaligus kami turut berduka dan berharap bagi yang meninggal mendapatkan ampunan ALLAH dan mendapatkan sebaik baiknya tempat di sisiNYA.. amieeeeeeeeeeen.. silahkan sahabat dan saudaraku mari kita berbagi bukan jumlah besar dan kecilnya tetapi keTULUSan hati.. merasakan penderitaan sesama kita.. semoga semua ini cepat berakhir.. wassallaaaam..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    Bagi Para Sahabat yang mau menyebarluaskan atau mau menambahkan silahkan di COPAS saja bebas..

    (C)opas dari @Kang Boed; http://www.kangboed.com/hotline-dan-donasi-gempa-di-sumatera-barat.html

  7. faithfreedom

    berani nongol ke FFI gak bos?

    indonesia.faithfreedom.org

  8. Fitri

    Ternyata yesus pun berjihad..

  9. linda

    ya udah, ga usah adu kepeRcayaan geto duNks,,,
    yang peNting kita imaNi siapa yg kt peRcya.

  10. Assalamu’alaikum semuanya..
    Mohon maaf Lahir batin..
    hufff,baru bisa OL lagi d sini nih,semenjak lebaran..
    Ayo semangat” semuanya!

    Shalom’alaichem

  11. DANI

    Salam kenal untuk semua, ijinkan saya utk bergabung.

    To : All Muslim

    Ada kalanya kita melupakan sesuatu, bahwasanya kita hanya berdakwah, dan menyampaikan kesalahpahaman mengenai Islam to rekan2 kita Kristiani khususnya. Jadi mana kala, mereka mendebatkan sesuatu, rasa2nya hal yang pantas hanyalah menfeed back balik dengan kata2 yang baik. Ingat, mereka suka menclaim bahwa kita adalah orang yang KASAR, MUNAFIK, TUKANG BUNUH, GILA KAWIN DLL. Wajarlah, mengingat mereka sudah terdoktrin untuk membenci Islam, apalagi yang dari lahirnya di lingkungan Kristen. Saran saya, untuk pengasuh blog ini, mungkin gambar2 yang memprovokasi sebaiknya diganti dengan gambar2 yang lain. Tunjukkan bahwa kita juga bisa santun dalam berbahasa dan beretika, tapi tidak membuat diri kita lemah dalam hal DAKWAH……..karena sudah wajib bagi kita untuk menerangkan kepada mereka atas segala kesalahpahaman yang ada.

    To : Kristener’s

    Bagi anda juga sekalian, tolong menyampaikan dalil apapun tentang Islam hendaknya jangan main serang sana serang sini kaya cacing kepanasan, lontarkan pertanyaan yang anda mau tau jawabannya dari kami dalam bentuk apapun. Ingat, pakai bahasa yang baik, karena ini DISKUSI. Kalo mau menang sendiri, sebaiknya jangan disini. Lebih cocoknya di pengadilan aja, karena disana, ada HAKIM yang memutuskan. Jelas kan ?

    Itu aja dari saya

    Wassalam wr wb

    • hh

      Sdr. DANI,
      mungkin gak gambar header blog ini diganti? Habis, ngak enak bukanya saat anak anak dekat. Kalau mungkin, tolonglah dihimbau.
      salam.
      ———————————————————-

      Fitri :
      Sepertinya enggak bisa, karena mas chodet enggak ijinkan headernya diganti. Dan saya juga tidak diberi hak untuk merubah pengaturan blog ini. Saya hanya diberi hak mereply komentar dan memuat artikel baru.
      Mohon maklum.

    • Joe Siagian

      rasanya pertanyaan saya dalam komentar di atas juga belum terjawab sampai saat ini kawan dani. mungkin kawan mau menjawab? rasanya saya sudah memakai bahasa yang baik dan menurut saya, jika memang niatnya diskusi dan menghargai keyakinan orang lain, seharusnya tidak ada klaim pernyataan dari kawan2 muslim, tetapi pertanyaanlah yang seharusnya muncul. kalaupun memang kawan2 muslim ingin menuliskan suatu pernyataan, seharusnya dasar pernyataannya bukanlah alkitab, tetapi suatu dasar lain yang menjadi kepercayaan umat muslim sendiri

      di mana etika berdiskusi ketika kita menghakimi orang lain dan menyatakan kesalahan orang lain dengan memutarbalikkan ajaran orang lain tanpa mau tahu penjelasan orang lain terhadap tuduhannya? inikah yang disebut diskusi?

    • hh

      Dani yang ditanya Fitri yang jawab, gpplah.

      O ya, apa alasannya Ms. Fitri? Mengapa tidak boleh dirobah? Mengapa harus seperti itu gambarnya? Mengapa tidak mendemontrasikan sesuatu yang baik ganti hal yang jelek seperti itu?

      ——————————————————

      Fitri : Karena pengaturannya terkunci. Dan kuncinya kan ada sama chodet22 dan saya tidak diberi kunci itu.

    • hh

      Intinya bukan pada kunci, neng Fit, tetapi mas chodet (kalau benar benar mas chodet ada), dan pertanyaan itu lebih tertuju ke mas chodet, mengapa membuat gambar header seperti itu?

      Jadi pertanyaan saya bukan tertuju sama neng fiet.

  12. DANI

    Maaf untuk bung Joe, sepertinya kalo kami meyakini dengan kitab kami lalu menanyakan apa yang kami yakini kepada anda , menurut anda itu diskusi ????? Sebaliknya pun begitu…….

    Beberapa hal yang bung Joe musti tau :

    1. Di sini di blog ini, kami para muslim menanyakan hal2 mengenai Kristiani, memberikan pernyataan, dan menyanggah tanggapan. Dan untuk itu sah2 aja apabila anda ikut berkomentar, memberikan sanggahan dll layaknya orang diskusi lah. Gak perlu tegang… rileks aja…..

    2. Di sini kami juga menampung apa yang akan anda tanyakan seputar Islam, kami akan coba jawab.

    Jadi kalo anda bilang dasar pernyataannya bukanlah alkitab, tetapi suatu dasar lain yang menjadi kepercayaan umat muslim sendiri, kayanya itu sulit dilakukan dan tidak ada yang namanya diskusi, bung Joe.

    Wassalam

    • Joe Siagian

      bukan begitu maksud saya kawan. dalam suatu diskusi, masing2 orang harus memiliki definisi yang sama, dasar yang sama dalam memahami sesuatu, aksioma dan prinsip yang sama. jika salah satu saja dari hal2 di atas tidak dimiliki peserta diskusi, pada akhirnya hanya akan muter2 terus di titik yang sama tanpa ada kemajuan. kenapa? karena hal2 di atas tidak didasarkan atas rangkaian proses logis yang berlangsung selama diskusi. hal2 di atas bukanlah produk diskusi tetapi adalah bahan baku dalam diskusi

      karena itu dalam suatu diskusi tentulah dibutuhkan suatu dasar kebenaran yang sama, yang bukan bertujuan untuk dibuktikan. bagi kami orang kristen, dasar itu adalah Firman Tuhan yang diberikan dalam Alkitab. dan tentu saja, kalian tidak percaya bahwa Alkitab berisi Firman Tuhan bukan? karena itu pada dasarnya suatu diskusi tidak bisa berjalan

      sebetulnya kita bisa saja berdiskusi dengan menggunakan dasar yang sama, yaitu dengan syarat bahwa semua peserta diskusi mengasumsikan bahwa Alkitab memang berisi Firman Tuhan. jika hal ini yang dilakukan oleh kalian tentu diskusi bisa berjalan. tetapi implikasinya adalah tidak ada suatu pernyataan yang sah dilontarkan secara sepihak untuk menyalahkan kebenaran yang telah diasumsikan sebelumnya tanpa ada suatu mekanisme penelaahan yang komprehensif

      kawan menulis demikian :
      Di sini di blog ini, kami para muslim menanyakan hal2 mengenai Kristiani, memberikan pernyataan, dan menyanggah tanggapan. Dan untuk itu sah2 aja apabila anda ikut berkomentar, memberikan sanggahan dll layaknya orang diskusi lah. Gak perlu tegang… rileks aja…..

      benarkah kalian semua melakukan itu? benarkah sebelum memberikan pernyataan kalian memberikan pertanyaan terlebih dahulu? dengan menggunakan bahasa yang baik? di blog ini, kawan muslim yang paling sering bertanya sebelum memberikan pernyataan sepihak adalah kawan fitri. dan saya hargai itu. mungkin ada juga kawan2 yang lain, tetapi jumlahnya tidak signifikan dibanding kawan2 muslim yang lebih dulu memberi pernyataan ketimbang pertanyaan. bahkan lebih parah lagi, setelah memberikan pernyataan sepihak, ia tidak mau tahu tanggapan orang kristen atas tuduhannya

      silakan bandingkan judul2 artikel di blog ini. judulnya jelas provokatif. dan ijinkan saya bertanya kepada kawan, apakah judulnya berupa pertanyaan atau pernyataan? ambil contoh artikel “menurut Alkitab Yesus adalah nabi palsu”. apa pernyataan ini merupakan hasil telaah komprehensif akan seluruh isi Alkitab? atau suatu pernyataan yang muncul dari nafsu yang menggebu2 untuk menyalahkan keyakinan orang lain?

      saya bisa saja mengemukakan hal yang mirip dengan apa yang dilakukan kawan chodet22 (saya asumsikan penulis artikel tersebut adalah kawan chodet22). saya bisa mengatakan bahwa umat islam mempercayai banyak tuhan. terlihat dari ayat alquran yang banyak mengutip kata “Kami” dengan menggunakan “K” kapital. dengan logika anak kecil saja sudah cukup bagi saya untuk mendapatkan kesimpulan bahwa umat islam adalah umat politeis. tetapi benarkah demikian? saya tahu dengan jelas bahwa saya tidak berhak menyatakan hal itu karena saya tidak pernah mempelajari islam secara komprehensif. membaca keseluruhan alquran saja belum pernah. lagipula apa mungkin umat islam selama ribuan tahun tidak menyadari kesimpulan sederhana seperti itu? karena itulah saya tidak mengeluarkan pernyataan provokatif seperti itu kepada kalian karena saya tahu bahwa saya tidak berhak untuk itu

      apa bisa dimengerti sampai sejauh ini?

      untuk mendapatkan pengertian akan apa yang saya sampaikan secara lebih sederhana, ijinkan saya memberi ilustrasi. misalkan kalian adalah orang rasional yang tidak percaya akan segala macam ramalan. misalkan kalian telah mendengar ramalan nostradamus yang mengatakan bahwa pesta olahraga olimpiade akan dilangsungkan tahun 2039 di cina. tetapi di sisi lain, misalkan mama lauren meramalkan olimpiade akan dilangsungkan tahun 2040 di india. lalu kalian mengatakan bahwa ramalan nostradamus salah karena olimpiade akan dilangsungkan tahun 2040 di india. sahkah pernyataan kalian? bukankah kalian adalah orang rasional yang tidak percaya segala jenis ramalan?

      serupa dengan cerita di atas, kalian menyalahkan Alkitab menggunakan Alkitab, padahal kalian tidak mempercayai Alkitab. kalian mengemukakan suatu pernyataan yang kalian anggap benar menggunakan Alkitab padahal kalian tidak percaya Firman Tuhan yang ada dalam Alkitab

      jelas bahwa yang kalian lakukan bukanlah bertujuan untuk mengemukakan apa yang benar, apa yang sesungguhnya merupakan kebenaran, atau apa yang sesungguhnya terjadi. tetapi yang kalian lakukan adalah mencari2 kesalahan, pembenaran akan klaim sepihak dan keyakinan kalian menggunakan kitab suci orang lain, serta berusaha mengungkapkan kontradiksi. padahal tidak semua hal yang kelihatannya bertentangan memiliki sifat anihilasi satu sama lain. silakan tinjau lagi cerita di atas. benarkah kedua ramalan itu bertentangan? apakah jika salah satu benar maka yang lain pasti salah? bagaimana jika beberapa tahun kemudian akan ada kebijakan bahwa olimpiade akan dilangsungkan setahun sekali? tentu tidak ada kontradiksi

      saya tidak melarang kawan untuk mengemukakan suatu pernyataan. sudah saya katakan bahwa adalah hak kawan menyatakan keyakinan kawan karena ini ruang publik. tetapi jika kawan masih memiliki hati dan logika yang sering kawan2 muslim lain banggakan, seharusnya hal sederhana seperti ini bisa dimengerti dengan baik. kawan ingin memberikan suatu pernyataan yang benar menurut kawan, berikanlah, dengan menggunakan dasar yang memang kawan yakini betul. kawan ingin mempertanyakan keyakinan kami, pertanyakanlah, tetapi hargailah penjelasan kami. jika ada yang salah dengan penjelasan kami, kemukakanlah apa yang salah. penjelasan kami pun tidak selamanya benar karena kami pun manusia. tidak perlu ngotot untuk menyalahkan kami karena kami tidak memaksa kawan untuk meyakini apa yang kami yakini

      semoga bisa diterima. terima kasih =)

  13. DANI

    Postingan ini mungkin sepele , Tapi ini di dapat dari kabarnet.wordpress. Pengasuh blognya Raden, dia menanyakan hal ini kepada Cosmic Boy yang:

    Mengapa ada ayat 38a & 38b di injil Yohanes pasal 18 ? Dan tidak ada di injil yang lain.

    Sampe saat ini CB masih blum bisa jawab….. ckckckckck

    Ayat lengkapnya berikut ini :

    37 Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Jadi Engkau adalah raja?” Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.”

    38a Kata Pilatus kepada-Nya: “Apakah kebenaran itu?”

    38b Sesudah mengatakan demikian, keluarlah Pilatus lagi mendapatkan orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka: “Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya.

    39Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu. Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu?”

    (YOHANES 18:37-39)

    Berikut ini adalah Komentar Raden ( sang Pengasuh Blog ):

    Kenapa CosmicBoy & kawan2nya suka bohong ?
    sbb menurut ajaran kristen dosa k itu sdah ada yg nanggung, makanya mrk bebas.., dan ga ada yg jujur.

    Ya walahualam bis saawab aja deh. Yang tau cuma CB dan Tuhan.

    Wassalam

  14. Joe Siagian

    maaf kawan dani, saya agak terganggu dengan komentar kawan dani yang menyatakan bahwa kami sudah terdoktrin untuk membenci islam, apalagi yang dari lahirnya di lingkungan kristen

    kalau boleh saya ingin berbagi cerita hidup saya dengan kawan2 di sini. saya hidup dalam lingkungan kristen. saya sekolah di sekolah katolik sampai saya SLTP. setelah SLTP saya melanjutkan ke SMU negeri. dan sampai saya sekolah di sana, saya bahkan tidak tahu apa perbedaan antara islam dan kristen. saya menyangka bahwa Muhammad adalah nabi hanya saja saya belum membacanya dalam alkitab. saya menyangka bahwa Yesus adalah Tuhan bagi semua orang, termasuk bagi teman2 saya yang muslim, sehingga pada saat itu cukup sering saya mengatakan frase ‘Tuhan Yesus’ ketimbang ‘Tuhan’ ketika berbicara dengan teman2 saya. saya pernah secara langsung membacakan ayat Alkitab di depan teman saya ketika dia berbicara bahasa yang tidak pantas diucapkan padahal dia seorang muslim.

    itu semua saya lakukan karena saya tidak tahu perbedaan antara islam dan kristen. jangankan diajarkan untuk membenci, tahu perbedaannya saja tidak. tetapi walaupun begitu saya menghargai tata cara ibadah teman2 saya yang muslim. ketika saya sedang bermain di rumah teman saya dan dia sedang sholat maka saya akan diam dengan tenang sampai dia selesai sholat. ketika teman saya berpuasa saya tidak makan di depan dia. tetapi saya tidak tahu perbedaan teologis antara kedua agama tersebut. saya hanya menyangka bahwa banyak jalan menuju Tuhan dan semua agama adalah benar. pada saat itu saya tidak diajarkan untuk membenci agama apapun, tetapi diajarkan untuk tenggang rasa dan menghormati keyakinan orang lain, baik di dalam gereja ataupun dalam pelajaran PPKn di sekolah. itu yang saya dapatkan

    lalu kira2 apa yang terjadi ketika di SMU? saya secara tidak sengaja menemukan semacam selebaran yang berisi tentang tuduhan2 dan kesalahan2 agama2 yang ada di indonesia, hindu, budha, dan kristen. dan selebaran itu berasal dari DKM sekolah saya. tidak hanya itu, di perpustakaan sekolah pun pernah ditayangkan secara terbuka debat syekh ahmad deedat dan banyak orang yang menonton pada saat itu. di koperasi sekolah pun dijual video provokatif tentang ‘benarkah Yesus disalib?’. di pusat perbelanjaan di kota saya pun dijual banyak video dari irene handoko.

    pertanyaan saya sederhana. patutkah semua video itu diputar dan dijual di tempat umum? saya tidak mempermasalahkan jika video itu diputar dan dijual di masjid2. tetapi tempat umum?

    asal kawan tahu saja, seumur hidup saya, saya tidak pernah melihat video yang menyerang keyakinan kawan secara langsung, dijual di gereja atau tempat umum. karena itu saya bingung, siapa membenci siapa? siapa yang didoktrin untuk membenci orang lain? apa urusan kalian untuk membuat video dan penjelasan tentang kebohongan hari natal? atau tentang kepalsuan kerasulan paulus? bukankah itu semua berada di luar bahasan keyakinan kalian sebagai muslim?

  15. ASTRID

    Aku bersaksi bahwa Tuhannya orang kristen hanya seorang BANCI yang mampus di tiang salib”

  16. ASTRID

    hehehe agama kristen mengajarkan cinta kasih….kasihilah musuhmu…..kasihilah sesamamu….seperti mengasihi diri sendiri terhadap ke zoliman; jika di tampar pipi kiri berikan pipi kanan….selesailah dendam…..Ini enaknya didengar waktu khotbah, prakteknya SULIT banget, lihat aja postingan Banyak Orang Kristen MEnghina ,Mamfitnah Dll.
    MANA BUKTINYA KRISTEN AGAMA CINTA KASIH ?

    BANYAK LAGI NEGARA2 ISLAM DI BANTAI…
    Tahun 1064. Rombongan peziarah Kristen sebanyak 7000 orang yang dipimpin oleh seorang Uskup telah menyerang orang-orang Arab dan Turki di Yerusalem.

    Tahun 1456. Pertempuran Belgrade 1456, 80.000 orang Turki dibunuh oleh orang-orang Kristen. Sampai disini saja entah sudah berapa banyaknya nyawa umat manusia yang telah dihabisi oleh orang Kristen. Umat Yahudi disembelih, umat Islam dibantai, bahkan umat seimanpun dihabisi juga oleh Kristen.Kekejaman dan kebiadaban Kristen memang terlalu spektakuler, mungkin sudah menjadi darah daging mereka untuk menghabisi nyawa orang. Buktinya jumlah manusia yang telah dibunuh oleh orang Kristen berkali-kali lipat lebih banyak daripada perbuatan sejenis yang dilakukan oleh umat Islam dan agama lainnya.

    Berbagai pembantaian Kristen terhadap Umat Islam terjadi dimana-mana hingga saat ini, negara-negara Muslim di fitnah dan penduduknya di bunuh mulai dari Irak, Palestina, Libya, Chechya, Filipina, Pakistan, Afganistan, Libanon, Maroko, Turki hingga Indonesia…. sampai saat ini.

    Jangan ngarang dan bikin cerita ngibul biar keliatan Islam yang salah ..

    Makanya UNTUK ORANG KRISTEN BELAJAR SEJARAH dong..

    • Joe Siagian

      memang sulit untuk dilakukan. tetapi saya yakin bahwa jauh di lubuk hati kawan yang terdalam, kawan tahu betul bahwa ajaran Yesus adalah ajaran yang benar. karena pembalasan adalah hak Tuhan, bukan hak manusia

      jangan fokus pada perbuatan orang2. fokuslah pada apa yang diajarkan, karena pada dasarnya semua orang beragama berusaha melakukan segala hal yang diajarkan, walaupun sangat sering kita gagal.

      perbuatan orang memang bisa jadi tolok ukur kebenaran tetapi tidak bisa menjadi acuan yang final, karena sebaik apapun seseorang, ia pasti masih punya kesalahan. dan orang yang tidak sempurna tidak layak untuk menjadi acuan final bagi kebenaran Allah yang sempurna.

      lagipula kalau melihat keadaan sekitar, coba buka mata kawan lebar2. masih banyak orang2 kristen yang hidup dengan benar, tidak dalam hal2 yang kawan sebutkan di atas. kawan membanggakan islam sebagai agama yang benar karena kelakuan orang2nya? memang siapa sih orang2 yang kawan bicarakan? apa mereka tidak pernah melakukan dosa sama sekali? atau mungkin yang dimaksud oleh kawan adalah kawan sendiri? kawan tidak pernah melakukan dosa? tidak butuh pengampunan dari Tuhan?

  17. ASTRID

    yang lebih aneh lagi kenapa umat kristen itu merayakan natal dengan pohon cemara dan suasana salju.
    apa yesus lahir di musim dingin dekat pohon cemara?
    hayoooooooo.
    kalian sama sekali tidak punya agama asli.
    kitab gak asli..
    ritual gak asli…
    lalu apa ciri khas ibadah kalian wahai orang kafir

  18. DANI

    Ok Bung Joe, Trimakasih atas masukannya. Anda adalah orang kedua yang sangat sopan dalam berkata-kata sehingga saya sedikit mengerem kebiasaan saya untuk menyudutkan hal2 yang mungkin bisa memicu SARA .

    Anda pantas saya juluki sebagai seorang Kristian yang punya sikap. Saya hargai itu. Berarti kita ada kecocokan dalam hal diskusi, dan saya sependapat dengan anda.

    Ok, semoga anda bisa berdiskusi dengan santai di forum ini.

  19. Jhon Copa

    saya sangat respect kepada bung siagian.. nice work bro… dan juga kpd bung dani…. qta butuh bacaan di blog ini yang memberi wawasan…. bukan asbun…. seperti astrid… (saya yakin dia sendiri bukan orang yang saleh/jarang sholat…. ketauan dari cara bicaranya.. jadi lbh baik astrid….. banyak mendekatkan diri dengan Tuhan dulu…. supaya tutur kata anda jadi lebih baik… ) GBU

    • Satria Bajaj Hitam

      Ya, benar sekali…
      Hai, Astrid, seandainya kalau anda sadar, anda tahu bahwa sikap & tutur kata anda telah mencoreng agama anda sendiri. Seharusnya tidak anda lakukan.
      Satu hal lagi, anda tidak bisa menganggap perbuatan seseorang/sebagian orang adalah juga perbuatan semua orang, anda mengertikan maksud saya?
      Untuk apa kalian memperdebatkan agama, yang justru selalu menjadi sumber pertikaian. Lihatlah apa yang sedang terjadi di blog-blog semacam ini. Lebih baik perbanyak ibadah agar dosa-dosa kita diampuni dan diberi kekuatan agar kita terhindar dari berbuat dosa yang baru.
      Saya orang Katolik, setiap hari saya berdoa, mohon kekuatan dari TUHAN agar saya bisa mengalahkan iblis dalam diri saya. Saya tidak begitu menguasai Alkitab, tapi satu hal yang saya selalu yakini & imani, bahwa TUHAN itu ada dan TUHAN selalu beserta kita, orang-orang yg beriman kepadaNYA.
      Salam damai…

  20. DANI

    Saya setuju pada bung Satria bajaj hitam, karena dia meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk mengalahkan perbuatan yang berpotensi menimbulkan dosa.

    Berarti secara tidak langsung, dia tidak begitu saja mempercayai keselamatan melalui penebusan dosa, karena dia selau meminta kekuatan pada Tuhan Yang Maha Esa untuk menjauhkan godaan Iblis dari hatinya.

    Ok dalam hal ini g setuju. Mudah2an diberikan pencerahan yang lebih baik lagi.

    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s