ALKITAB TIDAK SESUAI DENGAN ILMU PENGETAHUAN


Alkitab Tidak Sesuai Lagi Dengan Ilmu Pengetahuan. Ada beberapa kasus dalam Alkitab yang secara tegas bertentangan dengan ilmu pengetahuan (sains) modern. Pertentangan ini membuktikan bahwa Alkitab sama sekali bukan firman Allah, tetapi merupakan karya tulis tangan-tangan jahil pada masa lampau.

1. KITAB KEJADIAN: Penciptaan siang dan matahari.

1:1. Pada mulanya Ellohim menciptakan langit dan bumi.


1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.


1:3. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

AYAT2 DI ATAS BERBICARA TENTANG PENCIPTAAN HARI PERTAMA. BANDINGKAN DENGAN PENCIPTAAN HARI KEEMPAT BERIKUT INI:

1:16 Maka Ellohim menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.

1:17 Ellohim menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,


1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Ellohim melihat bahwa semuanya itu baik.


1:19 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Penjelasan:

Dijelaskan menurut Alkitab, bahwa pada hari pertama, Ellohim (Tuhan-Tuhan) telah menciptakan siang dan malam. Ini sesuatu yang sangat aneh dan tidak bisa diterima secara ilmiah oleh sains modern, oleh karena Ellohim baru menciptakan matahari pada hari keempat. Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa “siang dan malam” sudah ada sebelum matahari diciptakan!

Sebuah kitab yang seharusnya menjadi petunjuk bagi kemaslahatan umat manusia, ternyata bertentangan dengan ilmu pengetahuan yang ada dalam umat manusia.

Menurut sains modern, kejadian siang dan malam disebabkan oleh rotasi/berputarnya bumi pada porosnya terhadap matahari. Matahari yang terus-menerus bersinar menerangi sistem tata surya, menimbulkan terjadinya siang dan malam bukan saja terhadap bumi, tetapi juga terhadap delapan planet lainnya dalam sistem tata surya, berikut satelit-satelitnya (bulan dan semacamnya).

Jadi, bukannya siang dan malam itu muncul secara tiba-tiba, tetapi ia muncul disebabkan oleh sinar matahari.

2. KITAB MARKUS: Jatuhnya bintang pada hari kiamat.

Konon, Yesus berkata:

13:24. “Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya

13:25 dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang (1 )

13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.”

Penjelasan:

Menurut ayat 25, pengarang Markus, dimana konteksnya dinisbahkan ke mulut Yesus, menduga bahwa bintang2 di angkasa itu sebesar batu kali, sehingga pada hari kiamat nanti bintang2 itu akan berjatuhan menimpa bumi. Padahal, terdapat milyaran bintang di jagat raya ini, yang besarnya bahkan jauh melebihi bumi. Sebagai gambaran, dalam sistem jagat raya, matahari adalah sebuah bintang kecil yang bisa jadi tidak terlihat. Ini menunjukkan bahwa masih ada milyaran “matahari2″ lain di jagat raya ini.

Dalam sistem tata surya sendiri, matahari merupakan “bintang” terbesar, berturut2 disusul planet yupiter, saturnus, uranus, neptunus, baru kemudian bumi.

Jadi, bagaimana mungkin bintang2 tersebut akan berjatuhan ke bumi? Sangat tidak ilmiah dan tidak masuk akal!

Lebih lanjut, menurut ayat 32, Yesus sendiri tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Bagaimana mungkin Yesus yang konon adalah Tuhan sampai tidak tahu kapan datangnya hari kiamat? Konsep Tuhan yang sangat lemah!

117 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

117 responses to “ALKITAB TIDAK SESUAI DENGAN ILMU PENGETAHUAN

  1. hh

    Wah Mr. Chodet,

    Jangan gara gara Mr. Adi mengatakan bahwa blog anda semakin jaya, dan karena Ms. Fiet mempromosikannya, anda semakin lancar memposting tuduhan tuduhan yang tidak mendasar itu.

    Tolong berikan kesempatan untuk memberi tanggapan akan semua tulisan anda, jangan main berondong.

    Khususnya di bulan Ramadhan ini, anda harus lebih bersabar.

    Salam

  2. indahsesaatdikeabadian

    Salam knal sebelumnya,,
    statement yang bagus…

    tapi saya cuma mau mempertegas, ada satu sisi di keagamaan atau alkitab yang ga pernah bisa disamakan dengan ilmu pengetahuan karena alkitab dan agama-agama yang ada itu, menceritakan tentang kerohanian, sementara ilmu pengetahuan berbicara tentang dunia. kalau memang anda memaksa harus sesuai atau sama, untuk apa orang-orang mempunyai agama?

    satu lagi yang perlu diperhatikan sebelum menuliskan sesuatu,

    “Charles Darwin, seorang yang membuat pro kontra di dunia karena teori evolusinya, sebelum menghembuskan nafas terakhirnya mengatakan bahwa teori yang pernah dia sampaikan sama sekali salah”.

    • indah..
      anda kristian yg bnr2 halus dan sopan..Salut!

      Di dalam kitab-Nya allah selalu berulang2 memrintahkan kpada kita untuk senantiasa berpikir dan berpikir,atas segala macam penciptaannya..yang paling sederhana adalah penciptaan yg ada pada diri kita sendiri hingga segala yang ada di alam raya ini..

      Selain itu..
      beragama haruslah seimbang,,Dunia dan Akhirat..
      jadi tidak melulu rohaniah kita yg diisi,,duniawi kita juga harus diisi..
      kita diciptakan hidup bermasyarakat,bersuku”..
      tentu harus ada interaksi (muamalah),,dan agama yang benar adalah yg mengajarkan tata cara bermuamalah tadi,mencakup segala aspek kehidupan dunia..

      jadi intinya tidaklah salah ika kita menggali ilmu pengetahuan..karena yakinah,jika memang Kitab yg kita yakini masing2 benar” berasal dari yang Mempunyai dan Menciptakan alam semesta ini,,pasti semuanya ini akan selaras dan sejalan..tidak mungkin bertolak belakang..

      salam

    • tri

      @gary
      makin seru aja hahahaha
      tapi buku ipa saja bisa salah klo ketemu teori baru..gak ada yg pasti didunia ini..

      semua kitab ketika kiamat terjadi bakal diuji siapa yg salah dan benar..so tunggu aja hahahha

    • andi

      sungguh sngat aneh klo al kitab hanya untuk kerohania saja, sama saja anda mengatakan bahwa Tuhan tidak mempunyaai ilmu pengetahuan, padahal Tuhan itu maha tahu, jadi apapun yang tuhan lakukan psti tidak akan pernah bertentangan dengan ilmu pengetahuan, karna tuhan lah yang memberikan kita ilmu pengetahuan, terimakasih.

    • faisal

      @indahsesaatdikeabadian PERBANYAKLAH BELAJAR,

      AKAL DIBERI UNTUK BERFIKIR YG LOGIS

  3. hh

    Alkitab Tidak Sesuai Lagi Dengan Ilmu Pengetahuan. Ada beberapa kasus dalam Alkitab yang secara tegas bertentangan dengan ilmu pengetahuan (sains) modern. Pertentangan ini membuktikan bahwa Alkitab sama sekali bukan firman Allah, tetapi merupakan karya tulis tangan-tangan jahil pada masa lampau.

    1. KITAB KEJADIAN: Penciptaan siang dan matahari.

    1:1. Pada mulanya Ellohim menciptakan langit dan bumi.

    1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

    1:3. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

    1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

    1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

    ……….Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa “siang dan malam” sudah ada sebelum matahari diciptakan!

    >>>Perhatikan ayat 2 itu, “gelap gulita menutupi samudera raya”.
    Begitu terang dijadikan, sisi samudera raya yang menerima terang itu menjadi terang, sementara sisi lain yang tidak menerima terang itu tetap gelap gulita. Sama halnya seperti bumi kita yang sekarang ini, sisi yang menghadap ke matahari menjadi terang, semantara sisi yang tidak mengahadap ke matahari tetap gelap.

    Jadi, pada saat terang itu ada, sudah terjadi siang dan malam. Dan mungkin, walau tanah belum muncul dari samudera raya itu, samudera raya yang menjadi cikal bakal bumi ini sudah berputar, sehingga semua sisi mendapat jatah siang dan malam selama 24 jam.

    >>>>>>Perhatikan ayat 4 dan 5
    Tuhan memisahkan terang itu dari gelap dengan menamai terang itu siang dan gelap itu malam.

    Apa sumber terang pada hari pertama itu sebelum matahari diciptakan?

    >>>>Apakah anda meragukan kesanggupan Tuhan membuat terang tanpa Matahari?

    salam.

    • singkong

      @hh apakah anda meragukan kesanggupan allah swt menciptakan anak manusia tanpa siperempuan harus menikah?? giliran bgni ajh so ga pake akal mkirnya..goblok..ingat ga ada yg mustahil bagi allah untuk menciptakan nabi isa dari seorang perawan…tp dasar org goblok ajh dijadin cerita isa itu roh tuhan dan sgala macem..guoblokkkk

    • topan

      Tapi itu ber kontradiksi dengan ilmiah . tuhan mu haruslah berlogika . Kalo gk berlogika mending lu sembah tuh monyet , sapi . Seperti org di india sana .
      Sekian dan terima kasih

  4. hh

    Menurut ayat 25, pengarang Markus, dimana konteksnya dinisbahkan ke mulut Yesus, menduga bahwa bintang2 di angkasa itu sebesar batu kali, sehingga pada hari kiamat nanti bintang2 itu akan berjatuhan menimpa bumi. Padahal, terdapat milyaran bintang di jagat raya ini, yang besarnya bahkan jauh melebihi bumi.

    >>Tidak disebutkan bahwa keseluruhan bintang yang miliaran jumlahnya di jagad raya ini akan jatuh bukan? Kalau sebagian yang jatuh, apakah bukan bintang namanya? Pernah gak tau, bintang jatuh yang disebut meteor itu yang tiba di bumi, tidak sebesar aslinya?

    salam

    • TORI

      saya agak heran deh klo, bintang yg jatuh ga sebesar aslinya.. hmmm , oke klo argumen lo blg meteor ga sebesar aslinya saat jatuh, cuma lo liat dulu beberpaa data ttg meteor2 yg jatuh dibumi beberapa ribu tahun yg lalu, apakah hanya menghancurkan SEPERTIGA SUNGAI???. itupun baru meteor, apalagi bintang yg gedenya milyaran kali lebih besar ckckc. klo lo blg “percikan” bintang itu jatuh ke bumi(padahal bintang) coba lo pikir gimana jdinya klo “percikan” matahari jatuh?? bahkan matahari gausah percikannya jatuhpun panas bgt(hanya dengan cahayanya). dan oke klo lo maksa ber argumen dengan mengatakan bahwa bintang2 hanya sebagian kecilnya yg jatuh(mungkin karena ke kikis atau emang cuma cipratan) terus jatuh ke bumi dan CUMA NGANCURIN SEPERTIGA SUNGAI???? itu bukannya namannya bukan kiamat??!. itu kaya petasan dong. DAN UNTUK MENGIYAKAN TEORI(PRADUGA) MACAM INI SULIT BGT. berhubung konsep bintang dan mercon beda 2JUTA PERSEN.

  5. CosmicBoy

    @ hh,

    >>>>Apakah anda meragukan kesanggupan Tuhan membuat terang tanpa Matahari?

    ==> Good point.

    Hihihi…Tuhan muslim malah sibuk memenuhi semua keinginan Muhammad (anak kecil, menantu sendiri, babu sendiri, kumpul kebu, harta dan dunia), mana punya masa bikin terang tanpa matahari.

    Xixixi…ada ada saja anak2 pesantren ini kan?

    • berguru ke hh ya..
      kok dibanyak tread ente bilang good point2 aja..
      ^^..sep2

    • singkong

      @hh apakah anda meragukan kesanggupan allah swt menciptakan anak manusia tanpa siperempuan harus menikah?? giliran bgni ajh so ga pake akal mkirnya..goblok..ingat ga ada yg mustahil bagi allah untuk menciptakan nabi isa dari seorang perawan…tp dasar org goblok ajh dijadin cerita isa itu roh tuhan dan sgala macem..guoblokkkk
      tuhan beranak coy,,,tuhan juga yg ewean sama maria,,eh dia jg yg lahir

    • TORI

      good point good point aje lo ckck, harus pake alasan logis juga. klo gt gue balik kenapa tuhan nyiptain akal klo ga buat mikir logis???? jadi mksd lo “ya pokoknya kata tuhan gt yaudah kita gausah mikir” loh??? padahal tuhan berperan juga menciptakan akal. jdi di satu sisi tuhan nyiptain akal tp di satu sisi tuhan ga ngebolehin kita make akal kita?? gt ya bos hahaha

      permaslahannya bukan di MERAGUKAN tp APAKAH ILMU KITA SUDAH SAMPAI. gt

      ZAMAN MUSA YESUS DULU JUGA GABAKALAN TAU KLO BAKALAN ADA MOBIL BOSS.

  6. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren,

    Mau dengar kesaksian?

    Ayuh pasang telinga.

    Tahun lalu gue pada stress…sehingga menganggu kesehatan gue…ini semua gara2 baunyakkkkkknya kerja di kantor. Yeagh begitulah bisnessman wong mau mencari uang juga namanya.

    Gue diagnosis sama doktor dan harus makan ubat segala. CPD makan ubat.

    Praise the Lord, penghujung tahun lalu, gue pada sembuh…stress langsung hilang. Nah, stress gue hilang saat gue ketemu dan berdiskusi sama anak2 pesantren di blog2nya mereka.

    Gue ke doktor seperti dijadwalkan…walah, doktor teriak puji Tuhan…kok stressnya pada hilang? Apakah resep loe? Gue jawab, setiap hari, tanpa putus2 siang & malam, gue debat sama anak2 pesantren. Sambil membaca postingan anak2 pesantren ini khususnya Haiifa, gue pada ketawa-ketiwi, iya, ketawa-ketiwi tanpa putus2…bisa berlanjutan sampe 20-30 minit, coba bayangkan kalo 3 atau 4 postingan yang gitu, walah…trus ketawa-ketiwi sampe2 gue pada tidur nyenyak.

    Loe tau apa jawaban doktor? Bilangnya, Pak Cosmisc, loe sembuh total, stress loe pada hilang, loe keliatan ceria sekarang, saran gue…trus…trus…truskan debat sama anak2 pesantren ini…mereka itu ubat yang mujarab bagi loe.

    Xixixi…

    Cerita tamat.

  7. parhobass

    Alkitab memang bukan kitab ilmu pengetahuan…

  8. Joe Siagian

    saya adalah orang yang selalu beranggapan bahwa kebenaran sejati adalah kebenaran yang tunggal, walaupun bisa saja dalam kenyataannya, tidak tunggal seperti yang kita harapkan sesuai dengan pemahaman kita. tetapi dalam hal kaitan antara kitab suci (dalam hal ini alkitab) dengan ilmu pengetahuan, saya (setidaknya saat ini) sepakat dengan pendapat bahwa seharusnya terdapat kesesuaian antara keduanya

    menanggapi komentar kawan parhobass, saya masih belum menangkap maksud kawan parhobass dengan mengatakan kalimat sesingkat itu sehingga sangat wajar kawan miller menanggapi demikian. “alkitab bukan kitab ilmu pengetahuan”, benar, jika yang dimaksud kawan parhobass adalah tujuan utama diwahyukannya alkitab. tapi tentu bukan berarti bahwa dengan itu, alkitab boleh2 saja tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan. adanya ketidakcocokan antara keduanya (jika ada), menurut saya, perlu mendapat perhatian lebih karena bagaimana mungkin di satu sisi kita berbicara bahwa alkitab datang dari Tuhan tetapi tidak sesuai dengan KEBENARAN yang kita terima lewat pengamatan. apakah mungkin Tuhan tidak mengetahui KEBENARAN pengamatan itu?

    saya menambahkan huruf kapital pada kata kebenaran di atas bukan tanpa alasan. saya merasa perlu menuliskan demikian karena saya tahu bahwa berbeda dengan kebenaran yang ilahiah (yang biasanya kita terima dari kitab suci), kebenaran ilmiah adalah KEBENARAN YANG SIFATNYA EVOLUTIF. apa yang dianggap benar hari ini belum tentu benar juga di masa yang akan datang. karena itu kita PERLU HATI2 menghubungkan keduanya. jangan kita serta merta mengatakan bahwa “oh kitab suci ini salah karena bertentangan dengan teori itu”. itu adalah kesimpulan yang terburu2 karena kita tidak tahu apakah “teori itu” sudah pasti benar mutlak atau tidak

    saya pernah membaca komentar kawan miller yang berkata bahwa alkitab tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan dan kitab suci kawan sesuai dengannya. tanggapan saya adalah, banyak hal, yang mungkin menjadi dasar pertimbangan kawan berbicara begitu, hanyalah berbicara tentang interpretasi kitab suci. sehingga jika ada ketidakcocokan, yang tidak cocok tersebut bukanlah antara kitab suci dan sains, melainkan antara interpretasi kitab suci dan sains. demikian pula dengan kecocokan. itu pun terjadi antara interpretasi kitab suci dan sains

    mungkin saya ingin berbicara lebih banyak soal ini tetapi berhubung waktu saya sempit jadi mungkin kita tunda dulu. soal tanggapan artikel ini saya rasa sudah diposting oleh kawan hh. dan bagaimana tanggapan kawan miller tentang itu?

    • terima kasih telah memberikan jawaban yg baik tidak seperti si cosmicboy..
      seperti yg saya sudah katakan di artikel daftar dosa2 Yesus..
      Anda tidak perlu kawatir,.jika kita memang yakin bahwa kitab suci agama kita masing-masing berasasal dari Sang Pencipta,Pemilik,Pengatur alam semesta ini..pasti semuanya akan selaras dan sejalan..
      Tetap istiqamah saja dengan apa yg kita yakini itu..
      sains bkn harga mati tetapi sains juga adalah salah satu alat pembuktian terbaik saat ini..

    • Joe Siagian

      maaf kawan miller, mungkin kita berbeda pandangan soal “pembuktian” yang kawan bicarakan. bagi saya tidak ada yang namanya pembuktian mutlak akan kebenaran ilahi yang berasal dari pengetahuan dan hikmat manusia. untuk itulah diperlukan iman. iman tidak butuh pembuktian. jika semua hal dalam kitab suci harus dibuktikan, untuk apa iman? karena itu saya tidak setuju dengan kalimat terakhir kawan miller di atas =)

  9. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren,

    Al-Quran bukan kitab ilmu pengetahuan.

    Al-Quran ialah manual untuk buat bom, kitab suci perang, kitab cuci otak, memperalatkan perempuan & menghambakan manusia.

    Xixixi…ada ada saja anak pesantren ini.

    Beda dengan Al-Kitab, bukan kitab ilmu pengetahuan tapi tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan dan terutama sekali kitab kesaksian hubungan Allah dan manusia.

    Karena itu kitab itu kekal, sebab selagi ada Allah, selagi itulah ada makhluk.

    Makhluk ada di sorga…ilmu pengetahuan ngga perlu.

    Bom juga ngga perlu di sorga kecuali kalo ada anak2 pesantren pengen ngebom sorga!!!

    Kah kah kah…ada ada saja anak2 pesantren ini kalo pada omongan.

    • CosmicBoy

      @ Miller,

      berguru ke hh ya..
      kok dibanyak tread ente bilang good point2 aja..

      Iya, namanya juga gratis.

      Kola loe pengen…bisa gue berikan asalkan nulisnya seperti hh.

      1000 x juga gue bisa nulis…

      Xixixi…mana mungkin…muslim2, maunya saja dialem2 gitu.

      Dari dulu lagi juga gitu…banyak leher manusia hilang gara2 itu (nter leher gue juga, oooop jangan dipisahkan, gue masih sayang lho).

      Xixixi…ada ada saja anak pesantren ini kalo pada omongan.

  10. parhobass

    For All;
    Alkitab memang bukan kitab ilmu pengetahuan.

    Ilmu pengetahuan, katakanlah di sana ada cabang ilmu informatika,
    sekarang sebutlah satu saja Kitab suci yang mengatakan adanya LINUX, Windows 7…

    kalau Alkitab adalah kitab ilmu pengetahuan maka seharusnya semua bahasa teknik termaktup di sana, nyatanya?

    Semua yang teknis adalah usaha.
    Yang melakukan adalah manusia.
    Alkitab membicarakan tentang pelaku teknis2 ini, pelaku ilmu pengetahuan. Menyembuhkan manusianya, bukan mengatur ilmu yang dibuat oleh manusianya. Alkitab tidak mengajari manusia cara menjalankan traktor, tetapi mengajari sopir traktor supaya jangan menjalankan traktornya di rumah penduduk, sehingga rumah penduduknya hancur… sesederhana itu ajah koq…
    Banyak kitab, tetapi hanya satu yang mengena ke kemanusianya dan TUHAN. Ada kitab lain yang sibuk dengan “cara menjalankan” traktor.

    Benar kata Joe Siagian,
    menurut saya, perlu mendapat perhatian lebih karena bagaimana mungkin di satu sisi kita berbicara bahwa alkitab datang dari Tuhan tetapi tidak sesuai dengan KEBENARAN yang kita terima lewat pengamatan. apakah mungkin Tuhan tidak mengetahui KEBENARAN pengamatan itu?

    yang menjadi masalah adalah ketika ilmu pengetahuan di mata oleh beberapa orang, yang kemungkinan juga bukan seorang ahli sudah final dan selesai..
    katakanlah ilmu fisika tidak pernah lepas dari pengandaian.. teknik penyelesaian matematis juga tidak akan pernah cocok dengan fisika, matematika bisa mempermainkan angka imaginer (i), tetapi adakah mekanika bisa menerapkan imaginer (i) dalam kehidupan nyata, lantas apakah fisika tidak ada? tidak matematis?…

    A dan B terpisah sejauh C.
    kalau A mendekati B setengahnya C maka mereka terpisah sejauh setengah C, katakanlah D

    seterusnya A mendekati B lagi sejauh setelah D, katakanlah E…

    dan seterusnya sampai tak berhingga..
    nah menurut teori matematis ini, si A dan si B tidak akan pernah bertemu karena tetap terpisah sejauh tak berhingga dari jarak setengah C…

    nah orang-orang seperti ini berusaha membuat hal yang sama dengan Alkitab, sehingga hal-hal yang matematis, tetapi tidak mekanis dipakai untuk meruntuhkan orang beragama, sayangnya orang beragama memakai hukum yang sama untuk mengadu antar agama… sayang sekali..

    tentang penciptaan di atas…
    yang menjadi masalah sekarang adalah..
    ketika manusia hanya mengenal matahari dan bintang sebagai sumber “terang”
    tetapi setelah ditemukan sumber cahaya yang melebihi matahari,lantar datang lagi pemikiran bahwa ternyata bukan hanya Adam yang diciptakan di mula pertama, kemungkinan ada juga mahluk lain, maka timbullah ide-ide allien, UFO dan sebagainya…

    nah ketika ilmu manusia ini berkembang dan tidak pasti, Alkitab menjawab dengan pasti…
    seperti astronomi awal tentang asal mula manusia/alam dls
    Alkitab menjawab begini loh asal mula manusia, begini lho asal nya kenapa manusia cenderung jahat…, begini lho cara Tuhan membuat manusia itu tidak jahat… kalau manusia bisa menanggapi Alkitab (tepatnya menanggapi Allah) sedari awal maka ide-ide UFO, alkitab korup, alkitab tidak ilmiah semuanya itu tidak akan ada…
    tetapi semua itu ada karena ada alternatif yang lain…yang oleh karena “misterius” Sang Khalik semuanya itu bisa terjadi.

  11. hh

    @ Mr. Chodet
    Berhubung saya belum membaca Al Qur’an secara keseluruhan, hanya sebagian sebagian saja, sehingga saya belum tau apakah di Al Qur’an ada cerita penciptaan bumi ini seperti tertulis dalam Alkitab.

    Kalau ada, syukurlah. Mudah2an sesuai dengan Ilmu Pengetahuan. Tolong di post ya, pak Chodet.
    __________
    Sdr. Chodet,
    Tuhan adalah sumber terang, dan Tuhan dapat menjadikan terang dengan atau tanpa benda penerang, seperti matahari.

    Memang tidak disebutkan dengan jelas apa sumber terang pada hari pertama itu, tetapi tidak mustahil bahwa sumber terang itu adalah Tuhan sendiri.

    Banyak hal hal yang lain yang tidak disebutkan dengan jelas dalam penciptaan itu, tetapi dapat diduga bagaimana terjadinya.

    Contohnya:
    “Lalu dipisahkanNyalah terang itu dari gelap.

    Tidak disebutkan dengan jelas bagaimana Tuhan memisahkannya, tetapi dapat kita menduganya bahwa caranya adalah dengan membuat gelombang cahaya/terang itu bergerak lurus, sehingga terang itu tidak berbelok menerangi sisi yang tidak menghadap terang itu. Dan supaya semua permukaan itu mengalami pemisahan terang dan gelap secara teratur dan merata, dibuatlah bumi itu perputar pada porosnya, agar secara teratur menghadap terang. Kala terang terus atau gelap terus, mampuslah kita ini.

    Juga tidak dijelaskan dengan detail bagaimana Petang dan Pagi itu terjadi, dan tidak dijelaskan bagaimana setiap permukaan bumi itu mengalami terjadinya petang dan pagi. Tetapi dapat kita ketahui bagaimana terjadinya: separoh dari permukaan samudera raya itu mendapat terang dan separoh lagi tidak dan tetap gelap gulita. Dengan membuat bumi ini berputar, maka kedua sisi bumi yang berbatasan dengan gelap itu mengalami petang dan pagi bersamaan. Permukaan bumi yang berada di batas gelap bergerak menuju gelap mengalami petang dan akhirnya malam gelap gulita, dan permukaan yang berada dibatas terang bergerak menuju terang (menghadap terang) mengalami pagi dan akhirnya siang terang benderang. Maka setiap satu jam seluas limabelas derajat permukaan bumi itu, baik darat maupun air mengalami petang ataupun pagi.

    Bagaimana terjadinya Petang dan Pagi itu menjadi hari pertama? Juga tidak dijelaskan, tetapi dapat kita duga: Pada saat terang itu ada dan bumi mulai berputar, maka permukaan bumi dibatas gelap (tidak mendapat terang) menuju terang, bergerak berputar hingga menuju batas terang dengan gelap, maka terjadilah petang (permukaan yang pertama kali mendapat terang mengalami terang selama duabelas jam dan bergerak menuju gelap); itulah petang. Kemudian, setelah mulai di posisi gelap dan berada disana selama duabelas jam terus bergerak berputar hingga mengalami terang, itulah PAGI.

    Hahahaahha,,,,,panjang sekali ya. Ini imajinasiku sendiri lho………

    Pada hari ke-empat, Tuhan membuat benda benda penerang itu juga sebagai tanda yang menunjukkan masa masa yang tetap dan hari hari dan tahun tahun. Tanda hari hari dengan berputarnya bumi pada porosnya, dan tanda tahun tahun dengan berputarnya bumi mengelilingi Matahari pada orbitnya.

    Jadi, tidak harus dijalaskan bukan? Demikian juga sumber terang dihari pertama itu, tidak harus dijelaskan.
    ____________________

    Ok. bro,
    Bagaimana dengan bulatnya bumi ini? Alkitab mengatakanna, bro.

    Mari kita baca Jesaya 40:22
    Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

    Sesuai dengan science bukan?

    Salam.

  12. CosmicBoy

    @ Miller,

    Setiap org bertanggungjawab terhadap postingan/tulisannya.

    Ngga usah bawa2 nama org lainlah.

    Dan juga ngga usah banding2kan.

    This is unethical.

    Belajar cara berdiskusi/debat dgn baik.

    Jangan buat ‘ad hominem’.

    Tau apa itu ‘ad hominem’? (kayaknya ngga sih).

    Iaitu serang/counter hujah2 gue bukan serang pribadi gue. Pribadi gue ngga ada hubungan dengan topik diskusi atau apalah, ngerti tongkito? (kayaknya ngga sih).

    Ada ada saja anak pesantren ini.

    • maaf kawan miller, mungkin kita berbeda pandangan soal “pembuktian” yang kawan bicarakan. bagi saya tidak ada yang namanya pembuktian mutlak akan kebenaran ilahi yang berasal dari pengetahuan dan hikmat manusia. untuk itulah diperlukan iman. iman tidak butuh pembuktian. jika semua hal dalam kitab suci harus dibuktikan, untuk apa iman? karena itu saya tidak setuju dengan kalimat terakhir kawan miller di atas =)

      >>Ya tidak masalah jika kita berbeda itu pandangan anda..pandangan saya, kita kan diberi akal oleh Allah,,di Al Quran berkali2 Allah memerintahkan kita untuk senantiasa berfikir,berfikir dan berfikir atas segala penciptan-NYA di dunia ini..Jadi menurut saya tidak salah jika manusia mencari” pembuktian dari kitab sucinya lewat ilmu pengetahuan yg dimilikiny,karena memang itu sifat alamiah manusia yg selalu ingin tau..
      Masalah iman,,sy berpendapat hanya iman akan hal” tertentu yg tdk butuh pembuktian,sperti Wujud fisik Allah..kita kan tdk kan pernah tau wujud Allah seperti apa..
      tapi untuk iman yg lain,selama ada jalan untuk mencari kebenarannya ya tidak masalah kita coba buktikan..

      salam

    • memang salah ya?^^,knapa malu?
      emang iya toh dr forumer” kristian yg sy jumpai,,hanya dengan kau sy tidak nyambung..
      sila kau baca diskusi saya dengan Joe,aman2 aja tuh..^^

  13. @all kristiani

    Jika bibel bukan kitab pengetahuan…
    berarti kitab yg tak berpengetahuan….

    betulllll???

    • Joe Siagian

      tolong dibaca pernyataannya baik2 dan jangan ditambah2kan atau dikurang2i dan coba pahami maksudnya tanpa prasangka buruk

      kawan parhobass menulis “alkitab bukan kitab ILMU PENGETAHUAN”. ilmu pengetahuan yang dimaksud adalah apa yang kita kenal sebagai sains. apa kawan ayruel tahu apa itu sains dan bagaimana metode ilmiah dan epistemologi yang sah dalam sains?

      coba kawan pahami dulu jawaban pertanyaan saya di atas lalu baca lagi pernyataan kawan parhobass dan pikirkan apakah alkitab bisa menjadi referensi yang sah bagi sains atau tidak

      salam =)

    • CosmicBoy

      @ Ayruel,

      @all kristiani

      Jika bibel bukan kitab pengetahuan…
      berarti kitab yg tak berpengetahuan….

      betulllll???

      ==>

      Anak pesantren, sila bedakan:

      Bukan ilmu pengetahuan (tulisan par)

      dan

      Yang tak berpengetahuan (cerpen loe)

      Xixixi…ngga level sama kami. Membaca pun ngga tau.

      daripada loe ke sini membuang masa, mendingan loe jual bakso bikin kasi makan sama anak bini!

      Anak-anak pesantren, kaciannnnnn, udahlah MISKIN, BODOH PULA.

  14. @ Joe ,,sory slh tempat reply,ni sy tlis lg

    maaf kawan miller, mungkin kita berbeda pandangan soal “pembuktian” yang kawan bicarakan. bagi saya tidak ada yang namanya pembuktian mutlak akan kebenaran ilahi yang berasal dari pengetahuan dan hikmat manusia. untuk itulah diperlukan iman. iman tidak butuh pembuktian. jika semua hal dalam kitab suci harus dibuktikan, untuk apa iman? karena itu saya tidak setuju dengan kalimat terakhir kawan miller di atas =)

    >>Ya tidak masalah jika kita berbeda itu pandangan anda..pandangan saya, kita kan diberi akal oleh Allah,,di Al Quran berkali2 Allah memerintahkan kita untuk senantiasa berfikir,berfikir dan berfikir atas segala penciptan-NYA di dunia ini..Jadi menurut saya tidak salah jika manusia mencari” pembuktian dari kitab sucinya lewat ilmu pengetahuan yg dimilikiny,karena memang itu sifat alamiah manusia yg selalu ingin tau..
    Masalah iman,,sy berpendapat hanya iman akan hal” tertentu yg tdk butuh pembuktian,sperti Wujud fisik Allah..kita kan tdk kan pernah tau wujud Allah seperti apa..
    tapi untuk iman yg lain,selama ada jalan untuk mencari kebenarannya ya tidak masalah kita coba buktikan..

    salam

    • Joe Siagian

      betul kawan. saya mengerti maksud kawan dan saya sepakat

      yang saya permasalahkan adalah pembuktian suatu kitab suci itu benar atau tidak berdasarkan sains. ini menurut saya sangat keliru. sains dapat dipakai sebagai pengendali interpretasi kitab suci tapi bukan sebagai alat pembuktian kebenaran. dengan sains dan proses logika, sains mungkin bisa mengatakan suatu kitab itu palsu atau tidak (misalnya injil barnabas yang ternyata ditulis pada abad 16 yang kental bahasa italinya), tetapi tidak bisa digunakan untuk menyatakan suatu kitab adalah benar2 dari Allah. ini maksud saya

      tentang masalah rasio dan iman yang kawan bicarakan di atas saya sepakat kecuali masalah pembuktian yang sempat mampir dalam komentar kawan

      credo ut intelligam & intellego ut credam =)

    • CosmicBoy

      @ Miller,

      Xixixi…salah ngirim ya…itulah anak pesantren, sambil ketik sambil buat bom…tau2 ke orang lain.

      Ada ada saja.

    • @ diatas Qu

      Ngomong apa sih ente?g nyambung deh..^^

  15. parhobass

    @Ayrel Chana

    Jika bibel bukan kitab pengetahuan…
    berarti kitab yg tak berpengetahuan….

    betulllll???

    saya kira logic penyelesaiannya salah…

    bibel bukan kitab pengetahuan…,
    artinya Alkitab tidak melulu membahas tentang ilmu pengetahuan, walau beberapa ada, contohnya Bumi bulat, seperti kutipan ayat dari saudara hh di atas…

    berarti kitab yg tak berpengetahuan….
    terserah Anda mengartikan pengetahuan tersebut.
    -Kalau pengetahuan matematik, memang bukan, walau sebagian ada… coba cari dasar penghituang pi (22/7), ada juga di Alkitab…
    -Kalau astronomi, memang bukan, walau sebagaian ada, contohnya awal mula alam semesta
    -Kalau ilmu agama, memang bukan, walau sebagian ada, contohnya agama yahudi dan kristen…
    -Kalau tentang TUHAN, tepat sekali… Alkitab menceritakan tentang TUHAN.
    sebab “Takut akan Tuhan adalah permulaan Hikmat”…

    • Fitri

      @Parhobbas
      Punya nyali juga buat kemari.

      Tolong beritahu sama pastur jerukpurut (baca : jakpurut) itu, enggak usah promosi lagi di blog saya. Karena saya sudah datang dan komen ke blog yang dia promosikan tapi dimoderasi dan tak ada tanggapan.

      Jadi percuma juga dia promosi kayak gitu.

  16. parhobass

    tambahan:
    pi =22/7 (sebagai approksimasi ajah)

  17. parhobass

    @Fitri

    Punya nyali juga buat kemari.

    kenapa emang? di sini pembunuh kah?
    yang salah itu harus dibenarkan, setuju kah?
    kalau setuju maka ngga salah saya ke sini…
    hehehehe

    Tolong beritahu sama pastur jerukpurut (baca : jakpurut) itu, enggak usah promosi lagi di blog saya. Karena saya sudah datang dan komen ke blog yang dia promosikan tapi dimoderasi dan tak ada tanggapan.

    Jadi percuma juga dia promosi kayak gitu.

    kalau gitu saya promosi blok saya deh, karena saya juga ngga kenal jakpurut Anda
    http://www.hakadosh.wordpress.com

    • Fitri

      Si pak tua jephman juga sama saja!!! Komentar saya dimoderasi dan tak ada tanggapan!!! Tolong sampaikan pada pastur jeruk purut, jangan promosi lagi kalau enggak mau dikomentari!!!!

  18. hhhhhh…

    Bukan Kitab Ilmu Pengetahuan

    so…
    Kitab ilmu yg tak berpengetahuan…
    atau ,,,,
    kitab tanpa ilmu pengetahuan
    alias
    kitab kebodohan…
    atau Kitab Ketololan
    brarti ….

    Kitab Kegelapan..

    Tak berilmu Pengetahuan toch…..

    Ilmu itu kan artinya Pengetahuan
    asal kata ‘alima ya’lamu i’lman

    • CosmicBoy

      @ Ayruel,

      Kayaknya tanggapan loe sepertinya orang yg sudah kalah omong.

      Masak?

      Matematika aja dibilang sains.

      Anak2 pesantren…pantess kalian masih muslim.

      Ada ada saja.

    • Joe Siagian

      hehehe.. kawan ayruel ini kok memaksakan kehendak pemikirannya sendiri sih. yang nulis kalimat itu kan kawan parhobass. hak kawan parhobass untuk klarifikasi dan menuliskan maksud sebenarnya beliau berbicara seperti itu. kenapa jadi kawan yang memaksakan pemikiran kawan sendiri?

      lagipula kawan ini tampaknya memaksakan suatu kitab suci harus jadi kitab ilmu pengetahuan ya? silakan saja kawan bawa kitab suci kawan ke komunitas ilmiah dan silakan kawan berargumen dengan mereka tentang kebenaran sains. atau silakan kawan tanyakan pada seorang ilmuwan apakah kitab suci kawan bisa dijadikan referensi sains atau tidak

      kalau jawabannya tidak, silakan kawan tanyakan kenapa. setelah tahu kenapa, dan kawan masih memaksa bahwa kitab suci harus juga berupa kitab ilmu pengetahuan, silakan jadikan buku teks sains kawan sebagai kitab suci kawan yang baru

      no offense =)

  19. parhobass

    Ayruel Chana,

    hhhhhh…

    Bukan Kitab Ilmu Pengetahuan

    Fisika itu bukan Matematika…
    walaupun di dalam Fisika ada Matematikanya…
    pengertiannya di situ…

    so…
    Kitab ilmu yg tak berpengetahuan…
    atau ,,,,
    kitab tanpa ilmu pengetahuan
    alias
    kitab kebodohan…
    atau Kitab Ketololan

    kategorinya bukan di situ…
    semisal hanya ada 2 warna, Hitam dan Putih..
    sehingga tidak Hitam maka Putih..
    atau tidak Putih maka Hitam…
    masalahnya Ilmu Pengetahuan itu sendiri bukan cuman satu bidang.. ada banyak…
    salah satunya ilmu informatika…
    pertanyaan saya ke Anda, sebutka kitab suci agama mana yang di dalamnya pernah menuliskan LINUX, Windows 7, atau Nokia..
    Tidak memungkiri di dalam kitab suci ada hal hal mendasar tentang ilmu pengetahuan….
    Contohnya PI (3.14) ada dasarnya di Alkitab.

    brarti ….

    Kitab Kegelapan..

    lari lagi dah….
    tetapi satu kutipan kepada Anda…
    Titus 1:15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis.

    Tak berilmu Pengetahuan toch…..

    Ilmu itu kan artinya Pengetahuan
    asal kata ‘alima ya’lamu i’lman

    benar Ilmu itu adalah kata serapan oleh bahasa Indonesia dari bahasa Arab ilm

    di dalam Kamus besar bahasa Indonesia
    il·mu (n)
    1 pengetahuan tt suatu bidang yg disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu: dia memperoleh gelar doktor dl — pendidikan;
    2 pengetahuan atau kepandaian (tt soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb);

    sehingga tepat kata saya di atas, bahwa Ilmu Pengetahuan itu cakupannya banyak… bukan hitam dan putih saja…

    seperti Anda, ilmu pengetahuannya di bidang debat(contoh), lalu disebut ilmu debat.

    jadi dapat ditarik kesimpulan
    ilmu itu adalah usaha untuk mengetahui sesuatu…
    dan sesuatu ini lah yang disebut pengetahuan, yaitu ilmu yang lebih khusus lagi…

    • CosmicBoy

      @ par,

      Hehehe…bagu gue anak TK harus dirotan kalo pada memberontak…kakakaka.

      Masak org yang kerjanya bikin bom utk membunuh orang yg tak berdosa bisa mengerti ilmu manusia?

      Bahasa binatang aja mereka ngga tau.

      Hanya Roh Kudus saja yg bisa menjamah hati mereka.

      Itulah doa gue.

      Amin.

  20. parhobass

    @CosmicBoy
    dengan menggunakan kesabaran, hikmat dan kelemahlembutan mungkin mereka yang salah akan sedikit demi sedikit bisa diperbaiki..
    kecuali yang salah itu tetap mau dipertahankan ya ngga apa2.. itulah namanya pilihan.

    perumpamaan saya:

    di toilet, pada umumnya emang bau…
    kalau kita teriak bau, bau bau, tanpa mau merendah membersihkannya ya akhirnya kita sendiri yang bau…..

    benar ngga?

    mari belajar…. belajar seperti Kristus, yang mau turun ke dunia

  21. oh..gitu toch….
    akuin aja Bibel adalah Kitab tak berpengetahuan…
    kan clear tuch…

  22. hh

    @Mr. Ayrul Chana,

    Judul artikel ini: Alkitab tidak sesuai dengan Ilmu Pengetahuan.

    Uraiannya artikel ini: Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa “siang dan malam” sudah ada sebelum matahari diciptakan!

    Ilmu Pengetahuan yang khusus mempelajari ketidakmasukakalan ini adalah Ilmu Astronomi dan Ilmu Fisika (IPA/SAINS), bukan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Politik.

    So my friend Airul,
    Arti Ilmu Pengetahuan yang ada di judul artikel ini adalah IPA/SAINS,

    So and So,
    Pendapat sdr Parhobas yang menyatakan bahwa: Alkitab memang bukan kitab ilmu pengetahuan…, artinya adalah bahwa Alkitab memang bukan kitab IPA/SAINS.

    Ngartos way nya, Juragan?

    Salam

    • parhobass

      bro hh
      agak sedih memang menerangkan hal-hal mendasar kepada orang-orang yang sudah mengetahui dasar tertentu, tetapi dasar tertentu yang dia ketahui salah jika dibandingkan dengan dasar-dasar yang tepat…

  23. hh

    @ Ayrul, my Brethren

    Seperti sudah dituliskan sdr Parhobas dalam komentarnya di postingan ini bahwa konsep Phi (3.14); garis keliling suatu lingkaran dibagi diameter ada dalam alkitab, dengan ini, Alkitab bukanlah kitab kebodohan seperti yang anda tuduhkan.

    Mau tau konsep Phi itu?

    Saya mau jelaskan (bro Parhobas, saya minta ijin ya)

    Sewaktu Raja Salomo (bukan Nabi) mau mendirikan Bait Suci, beliau memanggil seorang ahli tembaga dari Tirus bernama Hiram, ibunya orang israel dari suku naftali. Kalau dalam adat Batak, Raja salomo adalah paman (tulang) dan hiram adalah keponakan (bere)

    Kalau aku yang mencatat kitab Raja raja pasal 7, ada percakapan antara raja Salomo dengan berenya adalah sbb.

    ‘Hiram, bere
    “Apa Tulang?
    ‘Bikin dulu tiang tembaga yang diameternya 3.82 hasta.
    “Apa itu diameter Tulang?
    ‘Besarnya tiang itu dapat dililit oleh tali sepanjang 12 hasta. Kalau kau bagi panjang tali itu dengan phi, hasilnya 3.82 hasta, dan itulah diameter dari tiang itu.
    “Ok, tulang, perintah siap dilaksanakan.

    Hehehe.
    Salam.

  24. @ Joe

    ok,setidaknya ada kesepakatan beberapa hal diantara kita Joe..
    tidak mesti semuanya sepakat,betul?

    sy sdh bilang sains hanya “salah satu” dari beberapa alat pembuktian kebenaran suatu kitab suci..Karena manusia zaman sekarang segala sesuatunya harus serba ilmiah penjelasannya baru mau percaya..manusia saat ini sudah pada pintar,sehingga tidak mau terdoktrin begitu saja oleh para pemuka agamnya..

    Ok..ane Off dulu mau libur lebaran nih..^^

    salam Joe

    • Joe Siagian

      hohoho yowiss.. =)
      yang penting saya udah kasih poin pemikiran saya

      met lebaran semuanya
      mohon maaf lahir dan batin =)

  25. CosmicBoy

    @ Muslimin dan Muslimat,

    Miller

    Wedul

    Fitri

    Hamba Allah

    Boni

    Ayrual

    Haniifa

    dan temen2 muslimin yg sekali sekala ke sini

    Gue ucapkan Selamat Hari Raya/Lebaran, semoga kalian semua bahagia bersama keluarga tercinta.

    Tuhan memberkati.

    Gue masih rindukan Indonesia.

    Wasalam.

  26. parhobass

    met idul fitri chodet…

    parhobass/hakadosh

  27. hh

    Mr. Chodet22

    Met Idul Fitri ya, sobat.

    salam
    hh

  28. d'Girl

    hm…..
    temen²…..
    gk usah pada ribut² mikirin smua hal itu yah….
    cm mw blng bwt smua tmn² kristiani,
    “CUMA ALLAH YANG LEMAH YANG BUTUH PEMBELAAN!”
    dan Allah kita bukan Allah yang lemah!
    jadi gk usah sibuk untuk membantah, menyanggah atw pun kesel karena setiap jawaban yang gk sesuai sama yang kita tahu…..

    Jesus still Jesus!!
    no matter what u said about Him…. :)

    KebesaranNya mengatasi apapun….

  29. ASTRID

    AYAT-AYAT ALKITAB YG MUSTAHIL DIPRAKTEKKAN

    1. Hukum Sabat

    Hari Sabat (sabtu) adalah hari tuhan yang harus dikuduskan. Pada hari itu setiap orang dilarang bekerja, dilarang memasang api di rumah (lampu, kompor, dan lain-lain) karena Sabat adalah hari perhentian penuh. Orang yang bekerja pada hari Sabtu harus dihukunm mati (Keluaran 20:8-11, 31:15, 35:2-3). Ayat ini mustahil dipraktekan di jaman modern. Siapa yang sanggup mengamalkan? Siapa yang mau dibunuh apabila melanggar hukum Sabat?

    2. Bunuh orang kafir dan musyrik !! (Ulangan 13:6-9)

    Ayat ini memerintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah. Ayat ini tidak bisa diterapkan. Buktinya umat Yahudi dan Kristen tidak pernah membunuh umat Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

    3. Dilarang memakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan (Imamat 19:19)

    Bila ayat ini diamalkan, maka manusia akan kembali kepada jaman primitif, ketinggalan jaman, ketinggalan gaya dan tidak modernis.

    4. Cungkil mata yang menyesatkan orang untuk berbuat dosa (Matius 5:-29)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang Kristen menjadi buta.

    5. Potong kaki dan tangan orang yang menyesatkan ke arah dosa (Matius l8:8-9)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang kristen menjadi pincang dan buntung.

    6. Dilarang melawan penjahat (Matius 5:39-44)

    Ayat ini mustahil dipraktekkan di masyarakat manapun. Bila ajaran ini diterapkan, maka menghancurkan tatanan sosial dan keamanan masyarakat. Apa jadinya di masyarakat apabila suatu kejahatan tidak dilawan? Tidak melawan kejahatan berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, maka kriminalitas akan meningkat dan subur berkembang.

    7. Kasihilah musuhmu (Lukas 6:27-29)

    Ajaran ini sangat menguntungkan penjajah.

    8. Dilarang membawa perbekalan, dilarang membawa dua helai baju dan dilarang membawa kasur dalam perjalanan (Matius 10:9-10)

    Kenyataannya, umat Kristen sendiri tak ada yang bisa mengamalkan ayat ini.

    • Mereka (Kristen) selalu bilang kalau Islam menganggap Kristen adalah kafir. Namun kenyataanya justru Islam pun adalah kafir dimata mereka.

      Thank’s ASTRID atas infonya Ulangan: 13:6-9

    • tri

      @fitri
      “Namun kenyataanya justru Islam pun adalah kafir dimata mereka.”

      wah mbak fit saya kurang setuju..emangnya muslim penyembah berhala? sehingga dianggap kafir oleh org yahudi? ato mbak memang menyembah berhala?

      Bunuh orang kafir dan musyrik !! (Ulangan 13:6-9)

      Ayat ini memerintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah

    • @tri

      Bukankah dimata kalian islam dianggap menyembah batu hajar aswad? Bahkan ada yang bilang Islam menyembah ka’bah.

      Saya rasa yang disampaikan Astrid cukup jelas, kalau umat Islam dianggap kafir dimata mereka.

      Dan ngomong-ngomong kenapa kewajiban membunuh itu tidak dilaksankan?

  30. parhobass

    @Astrid

    AYAT-AYAT ALKITAB YG MUSTAHIL DIPRAKTEKKAN

    judulnya bombastik, tetapi benar. sebab banyak perintah Allah yang memang susah dipraktekkan.

    Tetapi menurut Astrid, adalah beberapa point ini:

    1. Hukum Sabat

    Hari Sabat (sabtu) adalah hari tuhan yang harus dikuduskan. Pada hari itu setiap orang dilarang bekerja, dilarang memasang api di rumah (lampu, kompor, dan lain-lain) karena Sabat adalah hari perhentian penuh. Orang yang bekerja pada hari Sabtu harus dihukunm mati (Keluaran 20:8-11, 31:15, 35:2-3). Ayat ini mustahil dipraktekan di jaman modern. Siapa yang sanggup mengamalkan? Siapa yang mau dibunuh apabila melanggar hukum Sabat?

    Paling tidak Israel pernah melaksanakannya.
    Hukum ini juga sinergi dengan Janji yang menyertainya, ketika semuanya tidak ditepati, maka ada Janji Yang Baru diberikan, sudah tau Janji Yang Baru?


    2. Bunuh orang kafir dan musyrik !! (Ulangan 13:6-9)

    Ayat ini memerintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah. Ayat ini tidak bisa diterapkan. Buktinya umat Yahudi dan Kristen tidak pernah membunuh umat Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

    terimakasih atas pujiannya,….
    inilah salah satu Janji Yang Baru itu… Kasihilah sesamamu…


    3. Dilarang memakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan (Imamat 19:19)

    Bila ayat ini diamalkan, maka manusia akan kembali kepada jaman primitif, ketinggalan jaman, ketinggalan gaya dan tidak modernis.

    arti rohaninya… jangan menerima ajaran dari dua allah… Kalau percaya TUHAN, maka jangan percaya kepada allah lain… kalau percaya allahmu maka jangan gunakan perkataan TUHAN untuk memperkuat perkataan allahmu…atau sebaliknya


    4. Cungkil mata yang menyesatkan orang untuk berbuat dosa (Matius 5:-29)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang Kristen menjadi buta.

    ada tubuh rohaniah adapula tubuh badaniah..
    kalau tubuh rohaniah Anda sesat maka selamanya ia buta.. kalau buta itu sama dengan cungkil saja, biar Tuhan Yesus berikan mata yang baru, itupun kalau Anda mau… saya kira mata rohani Anda sudah buta, so cungkillah itu dan gantikan dengan mata rohani yang dari Tuhan Yesus, mau!!!


    5. Potong kaki dan tangan orang yang menyesatkan ke arah dosa (Matius l8:8-9)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang kristen menjadi pincang dan buntung.

    idem dengan yang di atas… kalau kaki rohaninya begitu mudah memfitnah, kerjaannya mengutak atik Alkitab untuk dapat sebisa mungkin memfitnah, maka sebaiknya kakinya dipotong, supaya tidak dapat berjalan lebih jauh lagi, karena kalau semakin jauh, ia akan berjalan menuju kematiannya sendiri… kalau Anda sudah memotong kaki yang kurang ajar itu, maka Tuhan Yesus akan berikan kaki yang baru sama sekali, yaitu kaki yang gemar melakukan perkerjaan Tuhan Yesus…

    6. Dilarang melawan penjahat (Matius 5:39-44)

    Ayat ini mustahil dipraktekkan di masyarakat manapun. Bila ajaran ini diterapkan, maka menghancurkan tatanan sosial dan keamanan masyarakat. Apa jadinya di masyarakat apabila suatu kejahatan tidak dilawan? Tidak melawan kejahatan berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, maka kriminalitas akan meningkat dan subur berkembang.

    Dilarang menghakimi, karena hanya Yesuslah HAKIM, Dia-lah Allah sang HAKIM.
    karena bisa saja saya menghakimi Anda dengan ajaran2 sesat Anda di sini, eh suatu saat ditangkap Tuhan Yesus menjadi umatNYA, kan saya lebih kurang ajar lagi, ya toh…
    so biarkanlah semua yang jahat Tuhan Yesus saja yang menghakimi, karena Akhir Jaman, Hari Penghakiman akan ada kelak.


    7. Kasihilah musuhmu (Lukas 6:27-29)

    Ajaran ini sangat menguntungkan penjajah.

    lihat point di atas…

    8. Dilarang membawa perbekalan, dilarang membawa dua helai baju dan dilarang membawa kasur dalam perjalanan (Matius 10:9-10)

    Kenyataannya, umat Kristen sendiri tak ada yang bisa mengamalkan ayat ini.

    idem dengan di atas…

    saran saya ke Anda, kalau Anda membaca Alkitab, usahakan tarik makna rohaniahnya dulu, karena Yang mengispirasikan penulisan itu adalah ROH…
    Anda tidak mengenal roh, makanya anda melulu mengartikan segala sesuatu dengan anti-roh (lahiriah=duniawi)

  31. arryo

    Jgn perdebatkan firman Tuhan.krn firman Tuhan tdk utk diperdebatkan tp dilaksanakan bagi yg percaya.Jgn sekali-sekali menafsirkan firman Tuhan dengan logika,krn firman adalah Allah itu sendiri.itu hak Tuhan.sbb ada tertulis,rancanganmu bukanlah rancanganKU!!!!tp ketauhilah,rancanganKu adalah rancangan damai sejahtera.Komentar kalian salah semua!!krn komentar kalian tdk didasari dgn iman.
    Sekali lagi,jgn pernah bicara kl tdk tau yg SEBENARNYA.Alkitab tdk bs ditafsirkan dgn logika.JIKA ANDA TDK BERIMAN,MAKA ANDA TDK MKN BS MENAFSIRKAN ALKITAB DGN BENAR.JD JGN KOMENTAR!!!!!!!!!!!!

  32. tangan2 jahil itulah yang ditunjuk tuhan untuk memberitakan injil kepada seluruh umat manusia

  33. heb

    manusia hanya bisa
    menafsirkan
    tapi yang memegang semua kuasa di seluruh jagat ini
    adalah sang pencita
    yesus datang kedunia ini untuk mengobati yang sakit
    seperti anda
    ini
    yang hanya bisa menafsirkan tetapi tidak tau makna apa yang terkandung dalam alkitab itu sendiri

    dan saya ingin bertanya
    kata anda bawah alkitab di tulis oleh tangan jail
    atau hanya kakarangan manusia
    1 apakah karangan alkitab di tulis sebelum nabi muhamad saw lahir atau sesudah
    jika sebelum siapa yang mengatakan atau siapa yang mengatakan injil itu hanya karangan
    apakah nabi muhamad saw
    mengatakan demikian

    padahal islam itu belum
    ada
    padahal islam lahir
    400 tahun sesudah keristen
    dan jika sesudah tahun berapakah muhamad lahir
    padahal injil itu di wahyukan sebelum muhamad lahir

    ,,
    jadi siapa yang berbohong

    asal anda tahu
    bahwa
    nabi muhamad sendiri percaya kalau injil itu firman dari allah yang harus dipercaya
    nabi muhamad sendiri memberi teladan yang baik kepada seluruh umat islam
    mengapa anda tidak memberikan teladan yang baik kepada semua oang
    anda justru menghasut semua orang dengan tafsiran anda yang tidak masuk akal
    firman tuhan berkata
    yang awal akan menjadi akhir
    dan yang akhir menjadi awal

    mungkin umur saya dengan umur anda beda jauh
    karna umur saya masih 20 tahun

    gbu

  34. Ree

    @heb

    setuju…

    al-quran sndiri bilang klo alkitab atw taurat dan injil itu kebenaran.

    “dan kami telah iringkan jejak mereka (nabi bani israil) dengan isa putra maryam, membenakan kitab yang sebelumnya, yaitu taurat. dan kami telah memberikan kepadanya kitab injil didalamnya (beisi) petunjuk dan cahaya (yg menerangi) dan membenarkan kitab sebelumnya, yaitu kitab Taurat, dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertaqwa” (Qs. Al Maa-idah ayat 46)

    jadi klo menyangkal alkitab sama aja menyangkal al-quran sendiri donk…

  35. eet

    ”RASA” YG BENAR(the right”feel”)
    Pengamatan saya mengenai Alquran memberi kesandan rasa bahwa Alquran tidak merupakan suatu karia yg lengkap.Kalau anda membuka ALKITAB,anda akan melihat bahwa ALKITAB berawal dengan kalimat Pada mulanyaTUHAN menciptakan langit dan bumi(Kej .1:1)
    Ketika anda membaca terus isi ALKITAB,anda akan mengetahui adanya urutan kronologis mulai dari prnciptaan ,kejatuhan manusia ke dalam dosa,air bah,menara Babel,panggilan Abraham,tua-tau ALKITAB,panggilan musa,keluarnya bangsa israel dari tanah perhamban,pembentukan bangsa israel,dalam pembuangan,mereka kembali di bawah perinta Cyrus,pembangunan kembali,nubuatan akan datangnya Messiah,kedangannya Messiah dan kehidupanNya,kematianNya,kebangkitanNya,dan berawalnya jaman gereja…kemudian anda akan sampai pada buku terakhir dalam ALKITAB,dan anda akan membaca mengenai berakhirnya alam jagat raya.
    ALKITAB memberi rasa dan kesanutuh,lengkap,karena diawali dengan pernyatan pada mulanya dan berlangsung terus berakhirnya sejarah manusia.

    TIDAK ADA AWAL,TIDAK ADA AKHIR
    Tetapi kalau anda prhatikan Alquran,karena kondisinya yg tdak beraturan.Anda merasa ada sesuatuyg lepas ngambang,setelah anda membaca surat demi surat,karena tidak ada kaitan kelogisan antara surat yg satu dengan surat yg lain.Contohnya, satu surat membahas mengenai hal sepele,bahwa Allah menghendaki agar para istri Muhammad behenti berdebat dan cecok di hadapnnya,sementara surat berikutnya meloncat mengenai penyerangan atas berhala-berhalaArab.jadi anda merasakan sesuatu yg tidak utuh,juga merasa tidak puas karena anda tidak dapat mengetahui inti ceritnya,apalagi secara keseluruhan.
    Sodaruku yang kukasihi,bila mau membaca buku cerita harus Utuh jangan dipenggal penggal pasti tidak akan nyambung.Jngan sekali kali menghina THUAN yg menciptakan kita,aku berdoa pasti TUHAN YESUS menjamah orang2 yg menghinNya dan dia akan bertekuk lutut dihadapNya dan Anda akan merasakan kasihnya,karena DIYA maha pengampun dan mengasihi ciptaanNya.

    Salam sejahtera GBU.

    • Wildan

      Kalau menurut saya, al quran menerangkan sesuatu secara loncat itu krn quran memakai pola matematika yg rumit, yg menunjukkan al quran nggak bisa dibuat manusia atau siapapun kecuali tuhan. Kalau mengenai inti ceritanya bisa ditangkap kalau kita mau berpikir. Krn tuhan menciptakan segala sesuatu tidak ada yg sia-sia. Termasuk otak kita.

  36. zorgon

    bukanya Taurat itu juga diakui islam?

  37. r_bean

    udahlah ngapain ngabisin waktu nanggepi orang bebal alias bodoh…

    kan ada tertulis amsal 26: 4 “Jangan menjawab orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan engkau sendiri menjadi sama dengan dia.”

    gak usah diteruskan, intinya “TUTUP” blog ini !!!!!!!

  38. Iblis Kesasar

    HO..HO.HO.HO……

    HMMMM……TERNYATA AKU….MENDAPAT DUKUNGAN….DARI HASIL KARYA KU…..
    AKU MENANTI KALIAN…UNTUK MENEMANIKU..DI NERAKA…UNTUK MENJADI BAHAN BAKAR UMAT MANUSIA……
    WAHAI PARA PENGIKUT SETIAKU….PERTAHANKAN…..IMANMU..JANGAN TERGODA DENGAN LOGIKA-LOGIKA YANG TIDAK MASUK AKAL KALIAN………..TUTUP FIKIRAN KALIAN…..HAHAHAHAHAHAHAHA……
    SAMPAI JUMPA DI NE…RAA…KAAAA………

  39. Iblis Kesasar

    PERCAYALAH…!!!!!

    DOSA KALIAN SUDAH….AKU TEBUS….
    DOSA KALIAN SUDAH….AKU TEBUS….
    DOSA KALIAN SUDAH….AKU TEBUS….

    HAHAHAHAHAHAHAAAA………….

  40. Roy Rey

    Ehh… maaf bos chodet…. sampe lupa…. salam kenal..yah..

  41. joe

    Alkitab tidak bertentangan dengan sains. Tergantung yang dimaksud sains itu yang mana? kalo maksud nya evolusi. Teori evolusi, bukan termasuk sains (sains harus dapat dibuktikan dengang dicoba, di ulang, dll, contohnya gravitasi, bisa dicoba jatuhin bolpen, bola, dll). Kalo evolusi? ngga ada yang pernah lihat. Evolusi lebih tepat diklasifikasikan sebagai agama/kepercayaan (evolusi tidak sama dengan seleksi natural). Kalo tertarik cari saja infromasinya di internet. Terlalu banyak untuk dibahas.

    Oh ya, untuk salam penutup, kalo evolusi memang sains, orang2 beragama adalah yang paling kasihan, karena evolusi = TIDAK ADA TUHAN. Mengerti kenapa sekarang banyak orang Atheis?

  42. jack

    Kisan penciptaan alam menurut Alkitab dapat kita baca pada Kejadian 1 : 1 – 19 berikut ini :

    “1. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. 2. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”

    “3. Berfirmanlah Allah : “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. 4. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. 5. Dan Allah menamai terang itu siang dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

    “6. Berfirmanlah Allah : “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.” 7. Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan airj yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. 8. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

    “9. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah segala air yang ada di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian. 10. Lalu Allah menamai yang kering itu darat dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 11. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. 12. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 13. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

    “14. Berfirmanlah Allah : “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda mneunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, 15. dan sebagai penerangh pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.”

    “16. Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. 17. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, 18. dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. 19. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.”

    Kalau kita baca ayat-ayat Alkitab tersebut, sepertinya tidak ada masalah. Padahal kalau kita sedikit jeli dan teliti, sebenarnya pada ayat-ayat tersebut banyak bermasalah.

    Contoh : Pada ayat ke 5 dikatakan oleh penulis Alkitab sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

    Kemudian pada ayat ke 8 dikatakan juga sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

    Dan sama saja pada ayat ke 13 juga dikatakan sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

    Pertanyaannya : Darimana penulis Alkitab mengetahui dan menentukan petang, pagi, hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, sementara pada saat itu matahari, bulan dan bintang belum diciptakan?

    Bukankah untuk mengetahui petang harus ada matahari yang sudah mulai tenggelam? Dan bukankah untuk mengetahui pagi, harus ada matahari yang baru mau terbit.

    Dan bukankah untuk mengetahui hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, harus ada perputaran bumi mengelilingi matahari selama 24 jam?

    Mungkin tidak terpikirkan oleh penulis Alkitab jaman dahulu bahwa manusia yang datang belakangan dari mereka, justru lebih pintar, lebih kritis dan ilmu pengetahuan akan berkembang dengan begitu spat dan modern serta vanggih. Ini membuktikan bahwa ayat-ayath tersebut bukan yang difirmankan oleh Allah, tapi hanya pendapat para penulis Alkitab itu sendiri, berdasarkan pengetahuan mereka yang masih terbatas pada saat itu.

    Kalau wahyu atau firman Allah, tentu tidak mungkin Tuhan salah atau keliru memberikan informasi tentang penciptaan alam semesta ini.

    Kalau mulai dari ayat 14 s/d 19, itu masih bisa diterima, sebab pada ayat-ayat tersebut benda-benda penerang, seperti matahari, bulan, dan bintang sudah diciptakan Allah. Tetapi mulai ayat 1 s/d 13 tidak masuk akal sebab tidak rasional, dan bertentangan dengan ilmu pengetahuan. (Lebih jelas lagi baca buku tulisan DR. Maurice Bucaille berjudul : “Bible, Qur’an dan Sains Modern”)

    Menurut Alkitab, bumi dan langit ditopang oleh tiang

    Mari kta baca Ayub 9 : 5 – 6 di bawah ini:

    “Dialah yang memindahkan gunung-gunung dengan tidak diketahui orang, yang membongkar-bangkirkannya dalam murka-Nya; yang menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang-goyang.”

    Selanjutnya baca Ayub 26 : 11 :

    “Tiang-tiang langit bergoyang-goyang, tercenang-cengang oleh hardik-Nya.”

    Silahkan baca Mazmur 75 : 3 – 4 :

    “Apabila Aku menetapkan waktunya, Aku sendiri akan menghakimi dengan kebenaran. Bumi hancur dan semua penduduknya; tetapi Akulah yang mengokohkan tiang-tiangnya.”

    Berdasarkan ayat-ayat Alkitab tadi, bumi dan langit punya tiang. Ini sangat bertentangan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan mereka sudah sampai menginjakkan kakinya di bulan. Tapi mereka tidak pernah menemukan dimana letak tiang-tiang langit dan bumi tersbeut.j kalau sekiranya langit dan bumi punya tiang, niscaya sudah banyak pesawat terbang hancur karena menabrak tiang-tiang langit dan bumi tersebut. Mengatakan bumi dan langit punya tiang, pasti bukan berasal dari Tuhan, sebab sangat tidak mungkin Tuhan salah atau tidak tahu. Ini pasti kesalahan penulis Alkitab yang pada saat itu ilmu pengetahuan mereka masih sangat rendah jadi wajar saja kalau mereka keliru.

  43. nasacomcenter

    Susah dijelaskan yaaa ayat2 diatas??? ada blog lain yg jelasin bahwa satu hari gak 24 jam bumi saat ini, begitu juga jawaban penginjil di daerahku. tapi begitu pertanyaan dilanjutin ” bagaimana tanaman bisa hidup tanpa matahari???” bagaimana jawabannya??
    Salam,
    numpang baca tulisan lainnya ya…..

    • Ya Pakai Lilin…wahahahahahaha (lha wong di tanya dengan sungguh-sungguh aja mereka marah koq…, apa lagi di tanya dengan becanda…??! , misal.: 1.sejak kapan Yesus jadi Tuhan…??
      2.waktu Yesus ABG sampai Umur 29 thn.. Yesus kemana aje…??
      …sampai sekarang gak ada jawaban yang memuaskan….??? bahkan tidak sedikit yg njawab… sambil maki-maki…, Tobaaaat..tobat.

  44. pendapat kalian itu semua salah besar tentang Firman Allah, kalau ini memang benar? Alkitab itu bukan firman Allah, jadi contoh yang simple saja apakah kalian bisa menciptakan Hewan, atau membentuknya sedemikian rupa, dan apakah kalian juga tahu apa isi hati, dan pikiran Tuhan mengapa Dia menciptakan cakrawala ini, terima kasih

  45. apakah Anda kalian semua bisa berpendapat seperti itu, apakah ada salah satu diantara kalian pengikut ajaran aliran lucifer?

  46. dakota

    YESUS KRISTUS memberkati kita semua….siapapun kita,,,apapun kita….dari agama apapun kita semua……Dia tetap mengasihi kita karena Dia tdk dapat menyangkali Dirinya sendiri bahwa Dialah Pencipta Kita …..amin….Tuhan Yesus Memberkati…….

  47. Hey

    lihat bagaimana richard dawkins menelanjangi kebohongan “kebenaran ilmu pengetahuan” dari harun yahya yang kalian bangga2kan

  48. tomo

    kalau memang sains dan bibel sejalan, kenapa pada masa renaisance di eropa, banyak ilmuwan (terutama ilmuwan astronomi) yang dihukum bakar hidup2 oleh gereja. sejarah permusuhan antara paus dengan ilmuwan sains bukan rahasia lagi. menunjukkan sains dan prinsip gerejani dalam injil akan selalu bertentangan.

  49. Mohon maaf, mohon ya…dimengerti bahwa Alkitab itu kepercayaan kami orang Kristen, tidak dapat disamakan. Sekalipun itu tidak sesuai dengan ilmu sains, memangnya kitab yang lain sesuai? Toh, belum ada bukti yang jelas bukan? Dengan mempublikasikan tulisan seperti ini anda secara tidak langsung menghujat sekaligus menghakimi kami orang-orang Kristen. Mohon dimengerti bahwa setiap orang punya kepercayaan sendiri, jangan langsung terang-terangan seperti itu. Satu lagi saya orang Kristen TIDAK PERNAH : MERAGUKAN TUHAN KAMI. Sekian, mohon maaf apabila ada salah kata. Terimakasih.

  50. Satu lagi saya merasa tersinggung dengan ucapan anda yang mengatakan bahwa Konsep Tuhan saya sangatlah lemah! dari segi kata-kata saja anda sudah salah! Tuhan itu mencakup seluruh agama, berarti agama anda sendiri anda hujat? Dan memangnya anda sudah membaca Alkitab maka tahu bahwa Yesus tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat? Memangnya anda tahu? Darimana? Mohon sangat mohon kalau tidak mau agamanya dihujat jangan menghujat..jujur sakit hati dengan kata-kata pedas anda seperti itu, bahkan kalau saya tidak mengampuni seperti ajaran agama kami..mungkin anda sudah saya caci maki…

  51. Mantan pendeta

    Bukti kepalsuan alkitab …. Alkitab tahun 1928 mazmur atau zabur pasal 92 ayat 11 dikatakan” Tuhan meninggikan daud dan kemuliaannya setinggi cula badak”
    sedangkan……..
    alkitab tahun 1991 dan 2001 mazmur atau zabur disebutkan……
    “tuhan meninggikan tanduk daud setinggi tanduk banteng”
    Ini sama sekali bukan firman tuhan…. Tapi firman hasil karya manusia.

  52. Saya ingin mempertegas lagi bahwa Alkitab itu sangat berbeda dengan ilmu pengetahuan Karna hanya tuhan yg tahu Ilmuwan tidak bisa melawan tuhan karna tanpa tuhan Ilmuwan Tidak akan ada di dunia ini begitu juga kita,kita tidak akan ada jika tuhan tidak menciptakan kita,Padahal siapapun yg melawan tuhan akan binasa,sekian terima kasih

  53. Oh Ya satu lagi Tuhan Itu tidak ada dosa malahan tuhan yg menghapus dosa kita,Kita mempunyai agama masing2 dan harus rukun satu sama lain apapun agamanya pencipta kita semua mengatakan kita tidak boleh mengejek agama lain.saya sangatttttttttt kecewa dengan pembuat blog ini nanti kalian akan sadar sendiri jika tuhan membuat sesuatu akibat dosa2 kalian saya kutuk blog ini menjadi blog yg tidak ada comment nya saya sangat marah:-(

  54. Rahasia Mantra Dewa Bumi, Rahasia Langsung Merubah Nasib, Dewa bumi tanpa pamrih:
    ” Namo Samanto Motonom, Om Turu Turu Tiwei Soha”

    Bacalah dengan khusyuk dan tulus, sebanyak mungkin sehingga hidup Anda berubah.
    Semoga sharing ini bermanfaat

  55. gogo

    jadi bicara aja dengan Tuhannya Alkitab benar apa tidak…

  56. imani apa yang anda yakini dan aku imani apa yang aku yakini. berhenti menghina agama2 orang karna tak ada faedahnya sama sekali bagi anda-anda semua. dalam semua agama di katakan bahwa kita tidak boleh menghina orang lain. apa untungnya buat anda meninggikan diri anda???? aku orang kristen,tidak di ajarkan untuk menghina orang lain. jadi saya katakan kepada anda semua yang merasa diri orang kristen,berhenti untuk berdebat karna bukan dengan berdebat kita mendapat yang baik tapi dengan iman kita. mengerti tentang ajaran kita bukan dengan ilpu pengetahuan tapi dengan iman,.kita percaya bahwa Yesus adalh penyelamat kita. Syaloom

  57. Arraydx

    Berdasarkan penjelasan di atas, ayat 1 lebih tepat dipahami sebagai tindakan pertama Allah
    dalam penciptaan, yaitu menciptakan langit dan bumi, sedangkan ayat 2 menerangkan
    keadaan bumi setelah diciptakan di ayat 1 dan sebelum proses penciptaan di ayat 3-31.
    Dengan kata lain, seluruh ayat 1-31 harus dipahami secara kronologis.

    Hal selanjutnya yang perlu dibahas adalah cakupan “langit dan bumi” di ayat 1. Apakah
    langit dan bumi di sini harus dimengerti secara hurufiah yang merujuk pada langit di atas dan
    bumi di bawah saja? Ataukah istilah ini merupakan sebuah ungkapan yang mencakup seluruh
    alam semesta beserta isinya? Berdasarkan konteks yang ada, ungkapan “langit dan bumi” di
    sini merujuk pada seluruh alam semesta. Ungkapan ini muncul lagi di Kejadian 2:1 dan 2:4.
    Dalam dua teks yang sangat dekat dengan Kejadian 1:1 ini, langit dan bumi jelas merujuk
    pada alam semesta. Ayat-ayat Perjanjian Lama yang lain juga sering memakai ungkapan ini
    dalam arti yang sama (Kej. 14:19,22; 2 Raja 19:15; Yes 44:24; 66:1). Yoel 3:15-16 “Matahari
    dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya…langit dan bumi
    bergoncang”. Dari teks ini terlihat bahwa langit dan bumi sejajar dengan matahari + bulan +
    bintang-bintang. Berpijak pada arti “langit dan bumi” ini, kita sebaiknya memahami bahwa
    dalam rentetan kisah penciptaan, Allah pertama-tama memang sudah menciptakan seluruh
    alam semesta (Kej 1:1), tetapi keadaannya masih belum teratur (Kej 1:2). Allah selanjutnya
    menata bumi yang belum tertata tersebut (Kej 1:3-31). Dengan demikian, matahari dan benda
    penerang lain sebenarnya sudah ada sejak ayat 1. Allah selanjutnya menata tempat dan fungsi
    mereka di hari ke-4.

    http://www.gkri-exodus.org/

  58. Arraydx

    Pandangan di atas lebih sesuai dengan karakteristik penciptaan di Kejadian 1. Ide yang
    menonjol dari Kejadian 1 sebenarnya adalah ide pemisahan/penataan (ayat 4, 7, 9, 14, 16),
    misalnya cakrawala untuk memisahkan air yang di atas dan yang di bawah (ayat 4, 7). Apa
    yang sering kita pahami sebagai penciptaan sebenarnya hanyalah penataan. Contoh: Allah
    tidak menciptakan laut dan darat pada hari ke-3 (ayat 9-10), karena sebelumnya bumi sudah
    berisi air (ayat 2, 6-8). Ia hanya mengumpulkan air ke suatu tempat (memisahkan air dari
    darat), sehingga yang daratan bisa terlihat. Ayat 9 “Hendaklah segala air yang di bawah langit
    berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering”. Air dan darat sudah ada
    sebelumnya (ayat 1). Allah hanya menata atau memisahkan mereka.

    Argumentasi lain yang perlu kita cermati adalah pemakaian kata Ibrani bara, yang biasanya
    dipakai untuk penciptaan dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada (creatio ex nihilo). Kata
    bara pertama kali muncul di ayat 1, setelah itu kata ini baru muncul lagi di hari ke-5 (ayat
    21). Di hari ke-1 sampai hari ke-4 kata bara tidak pernah dipakai. Hal ini sangat mungkin
    mengindikasikan bahwa semua proses penciptaan di hari ke-1 sampai ke-4 hanyalah penataan
    (bukan menciptakan dalam arti mengadakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada).

    http://www.gkri-exodus.org/

  59. Johnk524

    whoah this blog is fantastic i really like studying your articles. Keep up the good paintings! You understand, many individuals are looking around for this info, you could aid them greatly. bddbgdedddcc

  60. Budi sadono

    Bintang jatuh itu adalah istilah kuno untuk menyebutkan meteorit (istilah modern).

    Saya menemukan link berikut ini yang membahas penciptaan alkitab:

    http://k-yu80.blogspot.com/2013/06/bigbang-dalam-alkitab-bagian-2-situasi.html

    dan

    http://k-yu80.blogspot.com/2011/05/bigbang-dalam-alkitab-kronologi.html

  61. saya mencoba menjawab tentang penciptaan hari pertama dan ke empat……anda bayangkan jika matahari di ciptakan padahari pertama…apakah ada bibit yang akan tumbuh ..karena Tuhan menciptakan semua dari awal atau kecambah…belumada sesuatupuin yang melindungibumi dari sengatan matahari…yang berapa juta kali panasnya……untuk itu di perlukan cahaya lembut dari cahaya Tuhan untuk merawat kecambah samapai bisa kuat dan subur..tuhan menciptakan cakrawala dulu yang kita kenal sebagai atmosfir..untuk melindungi bumi dari sengatan matahari yang kelak akan diciptakan …sungguh ajaib Tuhan kita…..dul agama itu Iman bukan Akal[logika]…ini saja untuk di renungkan…karena jika inibenar maka semua pertanyaan anada pasti salah…

  62. ferlia

    buat apa beragama? kalau hanya membuat kalian saling menghujat satu sama lain.

  63. Tahukah anda bahwa matahari terbentuk dari,gas kosmis,dan allah yang membuat gas kosmis. Yang sebelunya jagat raya dalam keadaan gelap

  64. Aku beriman kepada Injil dan Yesus dan aku tidak butuh sains untuk memperteguh imanku kepada Yesus, walaupun sains memang aku butuhkan untuk kehidupanku di dunia, sebab sains itu berjalan dinamis, bukan statis sesuai dengan dunia yang terus berkembang, sedangkan iman adalah bersifat statis dan di butuhkan untuk keselamatan ku setelah aku meninggal nanti, oleh karena itu, Injil mengatakan : ” Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang di harapkan, dan bukti dari segala sesuatu yang tidak terlihat (ibrani 11:1).

    Menurut saya orang yang beriman menggunakan sains untuk memperteguh imannya, adalah sangat keliru, apalagi ada orang yang mengatakan Iman adalah percaya sepenuh hati, dan percaya sepenuh hati tersebut harus dengan pembuktian, yaitu pembuktian sains, maka logika tsb buat keimanan saya sangatlah tidak masuk akal ?

    Boleh saja ada yang mau menggunakan sains sebagai pendukung kitab suci (atau keimanannya), tapi ingat, 1 ayat saja yang ada di kitab suci orang tsb tidak sesuai dengan sains, maka runtuhlah seluruh klaim kitab suci tersebut yang katanya dari Tuhan.

    mudah2an dapat di mengerti.

  65. AWS

    rosul tidak pernah menghina pamanya yang kafir, belajar dan teladani rosul. maknai AL- KAFIRUN. Mari hidup rukun karena perbedaan ini sengaja diciptakan oleh Allah SWT agar kita saling menghargai.

  66. Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (Al Qur’an, 21:33)
    Disebutkan pula dalam ayat yang lain bahwa matahari tidaklah diam, tetapi bergerak dalam garis edar tertentu:
    “Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (Al Qur’an, 36:38)
    Fakta-fakta yang disampaikan dalam Al Qur’an ini telah ditemukan melalui pengamatan astronomis di zaman kita. Menurut perhitungan para ahli astronomi, matahari bergerak dengan kecepatan luar biasa yang mencapai 720 ribu km per jam ke arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang disebut Solar Apex. Ini berarti matahari bergerak sejauh kurang lebih 17.280.000 kilometer dalam sehari. Bersama matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari juga berjalan menempuh jarak ini. Selanjutnya, semua bintang di alam semesta berada dalam suatu gerakan serupa yang terencana.
    Keseluruhan alam semesta yang dipenuhi oleh lintasan dan garis edar seperti ini, dinyatakan dalam Al Qur’an sebagai berikut:
    “Demi langit yang mempunyai jalan-jalan.” (Al Qur’an, 51:7)
    Terdapat sekitar 200 milyar galaksi di alam semesta yang masing-masing terdiri dari hampir 200 bintang. Sebagian besar bintang-bintang ini mempunyai planet, dan sebagian besar planet-planet ini mempunyai bulan. Semua benda langit tersebut bergerak dalam garis peredaran yang diperhitungkan dengan sangat teliti. Selama jutaan tahun, masing-masing seolah “berenang” sepanjang garis edarnya dalam keserasian dan keteraturan yang sempurna bersama dengan yang lain. Selain itu, sejumlah komet juga bergerak bersama sepanjang garis edar yang ditetapkan baginya.
    Garis edar di alam semesta tidak hanya dimiliki oleh benda-benda angkasa. Galaksi-galaksi pun berjalan pada kecepatan luar biasa dalam suatu garis peredaran yang terhitung dan terencana. Selama pergerakan ini, tak satupun dari benda-benda angkasa ini memotong lintasan yang lain, atau bertabrakan dengan lainnya. Bahkan, telah teramati bahwa sejumlah galaksi berpapasan satu sama lain tanpa satu pun dari bagian-bagiannya saling bersentuhan.
    Dapat dipastikan bahwa pada saat Al Qur’an diturunkan, manusia tidak memiliki teleskop masa kini ataupun teknologi canggih untuk mengamati ruang angkasa berjarak jutaan kilometer, tidak pula pengetahuan fisika ataupun astronomi modern. Karenanya, saat itu tidaklah mungkin untuk mengatakan secara ilmiah bahwa ruang angkasa “dipenuhi lintasan dan garis edar” sebagaimana dinyatakan dalam ayat tersebut. Akan tetapi, hal ini dinyatakan secara terbuka kepada kita dalam Al Qur’an yang diturunkan pada saat itu: karena Al Qur’an adalah firman Allah.

  67. Muslim Knight
    Bagaimana dgn ayat bible yg ini? 1. KITAB ULANGAN: Tuhan meracuni orang asing. 14:21 Janganlah kamu memakan bangkai apapun, tetapi boleh kauberikan kepada pendatang yang di dalam tempatmu untuk dimakan, atau boleh kaujual kepada orang asing; sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu. Janganlah kaumasak anak kambing dalam air susu induknya.” (Hah? Tuhan mau meracuni bangsa asing? Rasialis!) 2. KITAB KEJADIAN: Tuhan capek dan beristirahat (lebih jelas, lihat Kitab Keluaran 31:16-17).** 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-nya itu. 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. (Tuhan capek lalu istirahat seharian? Emangnya buruh yang harus libur sehari dalam seminggu?) 3. KITAB KEJADIAN: Adam dan Hawa bermain petak umpet dengan Tuhan. 3:8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah Tuhan Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan istrinya itu terhadap Tuhan Allah di antara pohon-pohonan dalam taman. 3:9 Tetapi Tuhan Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?” 3:10 Ia menjawab, “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” (Tuhan berpatroli lalu Adam dan Hawa bersembunyi?) 4. KITAB KEJADIAN: Tuhan menggauli Sara. 21:1. TUHAN memperhatikan Sara, seperti yang difirmankan-Nya, dan TUHAN melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya. 21:2 Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya. (Hah? Tuhan menggauli Sara?) 5. KITAB KEJADIAN: Roh Allah melayang-layang. 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. (Bagaimana penulis Alkitab bisa tahu kalau “Roh Allah” melayang-layang di atas air?) 6. KITAB KEJADIAN: Rupa Allah. 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (Rupa manusia seperti rupa Allah?) 7. KITAB KEJADIAN: Tuhan lebih dari satu. 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.” (Memangnya Tuhan Allah ada berapa ya?) 8. KITAB KEJADIAN: Tuhan menyesal dan pilu. 6:6-7 maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. Berfirmanlah TUHAN: “Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.” (Tuhan menyesal? Hati Tuhan pilu?) 9. KITAB KEJADIAN: Tuhan berfirman di dalam hati. 8:21 Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: “Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan. (Tuhan berfirman di dalam hati? Bagaimana penulis Alkitab bisa tahu?) 10. KITAB YESAYA: Tuhan bersuit. 5:26 Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat! 7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur. (Bagaimana suara suitan Tuhan?) 11. KITAB ZAKHARIA: Tuhan bersiul. 10:8 Aku akan bersiul memanggil mereka dan Aku akan mengumpulkan mereka, sebab Aku sudah membebaskan mereka, dan jumlah mereka menjadi banyak seperti dahulu. (Bagaimana bunyi siulan Tuhan?) 12. KITAB YEREMIA: Tuhan mengaum. 25:30. Dan engkau ini, nubuatkanlah segala firman ini kepada mereka. Katakanlah kepada mereka: TUHAN akan menengking dari tempat tinggi dan memperdengarkan suara-Nya dari tempat pernaungan-Nya yang kudus; Ia akan mengaum hebat terhadap tempat penggembalaan-Nya, suatu pekik, seperti yang dipekikkan pengirik-pengirik buah anggur, terhadap segenap penduduk bumi. (Kapan Tuhan mengaum? Bagaimana bunyinya?) 13. KITAB YESAYA: Tuhan mencukur. 7:20 Pada hari itu dengan pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, yakni raja Asyur, Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan pisau itu akan melenyapkan janggut juga. (Hah? Tuhan meminjam pisau cukur? Tuhan mencukur kepala dan bulu paha?) 14. KITAB YEREMIA: Tuhan jemu menyesal. 15:6 Engkau sendiri telah menolak Aku, demikianlah firman TUHAN, telah pergi meninggalkan Aku. Maka Aku mengacungkan tangan-Ku dan membinasakan engkau; Aku sudah jemu untuk merasa sesal. (Jemu juga rupanya Tuhan menyesal yah?) 15. KITAB 2 SAMUEL: Tuhan naik kerub. 22:11 Ia mengendarai kerub, lalu terbang, dan tampak di atas sayap angin. (Hebat bisa terbang yah?) 16. KITAB YESAYA: Tuhan memekik, mengerang, mengah-mengah, dan megap-megap. 42:13. TUHAN keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangat-Nya untuk bertempur; Ia bertempik sorak, ya, Ia memekik, terhadap musuh-musuh-Nya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya. 42:14. Aku membisu dari sejak dahulu kala, Aku berdiam diri, Aku menahan hati-Ku; sekarang Aku mau mengerang seperti perempuan yang melahirkan, Aku mau mengah-mengah dan megap-megap. (Bagaimana suara pekikan Tuhan? Bagaimana Tuhan mengerang dan megap-megap?) 17. KITAB HOSEA: Tuhan menyuruh melacur. 3:1. Berfirmanlah Tuhan kepadaku: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti Tuhan juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis.” (Mungkin pola hidup freesex dasarnya ayat ini yah?) Dan lain sebagainya. Keterangan: **Kitab Keluaran 31:16-17, dapat dikontroversikan dengan firman Allah dalam Al-Qur’an: QS.2:255. Allah, tidak ada tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya, Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. BALAS Muslim Knight Apr 28, 2015 @ 08:50:42 Kontradiksi dlm bible : Ketika Yesus bertemu Yairus, apakah anak perempuan Yairus sudah mati ? a. Ya, sudah mati (Matius 9: 18) Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: “Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.” b. Belum mati, masih sakit dan hampir mati! (Markus 5: 23) ” Dan memohon dengan sangat kepada-Nya: “Anakku perempuan sedang sakit, hampir mati , datanglah kiranya dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, supaya ia selamat dan tetap hidup.” Mana yang lebih dulu diciptakan, siang-malam atau matahari ? a. Hari pertama, Tuhan menciptakan cahaya, lalu memisahkan terang dan gelap. DinamaiNya terang itu siang dan gelap itu malam (Kejadian 1: 3-5) b. Pada hari ke empat, matahari baru diciptakan (Kejadian 1: 14-19) Mana yang lebih dulu diciptakan, pohon atau manusia ? a. Pohon diciptakan sebelum manusia diciptakan (Kejadian 1: 11-12, 26-27) b. Manusia diciptakan sebelum pohon diciptakan (Kejadian 2: 4-9) Mana yang lebih dulu diciptakan, hewan atau manusia ? a. Burung diciptakan sebelum manusia diciptakan (Kejadian 1: 24-27) b. Manusia diciptakan sebelum hewan diciptakan. (Kejadian 2: 7, 19) Jika manusia mempunyai keturunan, berdosa atau tidak ? a. Tuhan menyuruh manusia untuk berketurunan (Kejadian 1: 28) b. Tuhan menganggap wanita yang melahirkan berdosa, sehingga anak yang lahir harus disucikan (Imamat 12: 1-8) Tuhan puas atau tidak dengan ciptaanNya ? a. Puas (Kejadian 1: 31) b. Kecewa (Kejadian 6: 5-6) Tuhan dikenal sebagai The Lord/Yahweh/Yehova pada era Musa atau sebelumnya ? a. Jauh sebelum era Musa (Kejadian 2: 4, 4: 26, 12: 8, 22: 14-16, 26: 25) b. Tuhan baru menyatakan diriNya kepada Musa, dan sebelumnya belum dikenal (Keluaran 6: 2-3) Waktu Adam memakan buah larangan, seharusnya pada hari itu Adam mati atau tidak ? a. Tuhan melarang Adam memakan buah larangan, jika dilanggar maka Adam akan mati hari itu juga (Kejadian 2: 17) b. Adam memakan buah larangan itu, dan tetap hidup selama 930 tahun (Kejadian 5: 5) Tuhan selalu menunjukkan keadilan atau tidak ? a. Tuhan menerima korban persembahan dari Habel, tapi Tuhan menolak persembahan dari Kain tanpa sebab yang jelas (Kejadian 4: 4-5) b. Tuhan selalu menunjukkan keadilan dan Dia tidak memandang semua manusia dengan sepihak (II Korintus 19: 7, Kisah Para Rasul 10: 34, Roma 2: 11) Tuhan maha melihat atau tidak ? a. Tuhan mencari dan bertanya lokasi seseorang (Kejadian 3: 8-10, 4: 9) b. Tuhan dapat melihat semuanya dan tidak ada yang tersembunyi dari penglihatannya. (Amsal 15: 3, Yeremia 16: 17, 23: 24-25, Ibrani 4: 13) Bisa sembunyikah manusia dari hadapan Tuhan ? a. Manusia dapat pergi dari hadapan Tuhan (Kejadian 3: 8, 4: 16) b. Setiap orang tidak dapat sembunyi dari hadapan Tuhan. Tuhan memenuhi langit dan bumi. (Yeremia 23: 23-24) Berapa pasang hewan yang harus dibawa ke atas bahtera Nuh ? a. Satu pasang dari segala hewan tanpa kecuali (Kejadian 6: 19-22, 7: 8-9, 7: 14-16) b. Tujuh pasang dari segala hewan yang tidak haram dan sepasang dari segala hewan yang haram (Kejadian 7: 2-5) Tuhan menghendaki kekacauan atau tidak ? a. Di Babel, Tuhan mengkacaubalaukan bahasa di seluruh bumi (Kejadian 11: 9) b. Paulus berkata bahwa Tuhan tidak menghendaki kekacauan (I Korintus 14: 33) Siapakah anak Daud yang kedua? a. Kileab (II Samuel 3: 2-3) b. Daniel (I Tawarikh 3: 1) Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak? a. Ya (II Samuel 5: 13-16) b. Tidak (I Tawarikh 14: 3-7) Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem? a. 11 orang yaitu Syamua, Sobab, Natan, Salomo, Yibhar, Elisua, Nefeg, Yafia, Elisama, Elyada dan Elifelet (II Samuel 5: 13-16) b. 13 orang yaitu Syamua, Sobab, Natan, Salomo, Yibhar, Elisua, Elpelet, Nogah, Nefeg, Yafia, Elisama, Beelyada dan Elifelet (I Tawarikh 14: 3-7) Di kota mana Daud mengambil tembaga? a. Betah dan Berotai (II Samuel 8: 8) b. Tibhat dan dari Kun (I Tawarikh 18: 8) Siapa anak Tou yang diutus untuk mengucapkan selamat kepada Daud? a. Yoram (II Samuel 8: 10) b. Hadoram (I Tawarikh 18: 9-10) Dari orang bangsa apa saja Daud mengambil perak dan emas untuk Tuhan? a. Aram (II Samuel 8: 11-12) b. Edom (I Tawarikh 18: 11-12) Siapakah panitera (sekretaris) Daud? a. Seraya (II Samuel 8: 15-17) b. Sausa (I Tawarikh 18: 14-16) Berapakah tentara berkuda tawanan Daud? a. 1700 orang (II Samuel 8: 4) b. 7000 orang (I Tawarikh 18: 4) Berapa ekor kuda kereta yang dibunuh Daud? a. 700 ekor (II Samuel 10: 18) b. 7000 ekor (I Tawarikh 19: 18) Yang dibunuh Daud, pasukan berkuda atau pasukan jalan kaki? a. 40.000 pasukan berkuda (II Samuel 10: 18) b. 40.000 pasukan berjalan kaki (I Tawarikh 19: 18) Siapakah panglima musuh yang tewas di tangan Daud? a. Sobakh (11 Samuel 10: 18) b. Sofakh (I Tawarikh 19: 18) Daud memerangi Israel atas hasutan Tuhan atau atas bujukan ibiis ? a. Tuhan murka lalu menghasut Daud (II Samuel 24: 1) b. Setan bangkit lalu membujuk Daud (I Tawarikh 21: 1) Siapakah kepala Triwira pengiring Daud? a. Isybaal, orang Hakhmoni (II Samuel 23: 8) b. Yasobam bin Hakhmoni (I Tawarikh 11: 11) Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang? a. 800 orang (II Samuel 23: 8) b. 300 orang (I Tawarikh 11: 11) Berapakah angkatan perang Daud dari orang Israel? a. 800 orang (II Samuel 24: 9) b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21: 5) Berapakah angkatan perang Daud dari orang Yehuda? a. 500.000 orang (II Samuel 24: 9) b. 470.000 orang (I Tawarikh 21: 5) Berapakah kandang kuda milik Salomo (Sulaiman)? a. 40.000 kandang (I Raja-raja 4: 26) b. 4000 kandang (II Tawarikh 9: 25) Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)? a. 3300 mandor (I Raja-raja 5: 16) b. 3600 mandor (II Tawarikh 2: 2) Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo? a. 2000 bat air (I Raja-raja 7: 26) b. 3000 bat air (II Tawarikh 4: 5) Berapakah jumlah keturunan Yakub seluruhnya? a. 66 jiwa (Kejadian 46: 26) b. 70 jiwa (Keluaran 1: 5) Berapa lama Yoyakhin menjadi raja di Yerusalem? a. 3 bulan (II Raja-raja 24: 8) b. 3 bulan 10 hari (II Tawarikh 36: 9) Berapa anak Yesua dan Yoab yang pulang kembali ke Yerusalem dan Yehuda dari pembuangan Nebukadnezar? a. 2812 orang (Ezra 2: 6) b. 2818 orang (Nehemia 7: 11) Berapa anak-anak Benyamin dan siapa nama mereka ? a. 10 orang yaitu Bela, Bekher, Asybel, Gera, Naaman, Ehi, Rosh, Mupim, Hupim dan Ared (Kejadian 46: 21) b. 5 orang yaitu Bela, Asybel, Ahiram, Sefufam dan Hufam (Bilangan 26: 38-39) c. 3 orang yaitu Bela, Bekher dan Yediel (I Tawarikh 7: 6) d. 5 orang yaitu Bela, Asybel, Ahrah, Noha, dan Adar (I Tawarikh 8: 1-5) Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela) dan siapa nama mereka ? a. 5 orang yaitu Ezbon, Uzi, Uziel, Yerimot dan Iri (I Tawarikh 7: 7) b. 9 orang yaitu Adar, Gera, Abihud, Abisua, Naaman, Ahoah, Gera, Sefufan dan Huram (I Tawarikh 8: 3-5) c. 2 orang yaitu Ared dan Naaman (Bilangan 26: 40) Berapa batasan umur manusia? a. Tuhan membatasi umur manusia hanya 120 tahun saja atau tidak lebih dari itu (Kejadian 6: 3) b. Umur manusia bisa lebih dari 120 tahun : Adam 930 tahun (Kej. 5: 3-5), Set 912 tahun (Kej. 5: 6-8), Enos 905 tahun (Kej. 5: 9-11), Kenan 910 tahun (Kej. 5: 12-14), Mahalaleel 895 tahun (Kej. 5: 15-17), Yared 962 tahun (Kej. 5: 18-20), Henokh 365 tahun (Kej. 5: 21-23), Metusalah 969 tahun (Kej. 5: 25-27), Lamekh 777 tahun (Kej. 5: 28-32), Nuh 950 tahun (Kej. 9: 29), Sem 600 tahun (Kej. 11: 10-11), Arpakhsad 438 tahun (Kej. 11: 12-13), Selah 433 tahun (Kej. 11: 14-15), Eber 464 tahun, (Kej. 11: 16-17), Meg 239 tahun (Kej. 11: 18-19), Rehu 239 tahun (Kej. 11: 20-21), Serug 230 tahun (Kej. 11: 22-23), Nahor 148 tahun (Kej. 11: 24-25), Sara 127 tahun (Kej. 23: 1-2), Ismael 137 tahun (Kej. 25: 17), Yakub selanu 147 tahun (Kej. 47: 28), Lewi 137 tahun (Kel. 6: 15), Kehat 133 tahun (Kel. 6: 17), Amram 137 tahun (Kel. 6: 19), Harun 123 tahun (Bil. 33: 39), Ayub 140 tahun lebih (Ayub 42: 16-17) Tuhan menyesal atau tidak? a. Tuhan tidak punya sifat menyesal (I Samuel 15: 29,Bilangan 23: 19) b. Tuhan menyesal (Kejadian 6: 5-6, I Samuel 15: 10-11,35, Samuel 24: 16, Yeremia 26:3, Yeremia 42:10, Keluaran 32: 14) Tuhan bisa dilihat atau tidak? a. Tuhan tidak bisa dilihat dan didengar (Yohanes 5: 37, I Timotius 1: 17, 6: 16, Keluaran 33: 20, I Yohanes 4: 12) b. Tuhan bisa dilihat oleh mata(Keluaran 33: 11, 33: 20, Kejadian 18: 1, 26: 24, Yohanes 5: 37, ; I Timotius 6: 16, 1: 17, I Yohanes 4: 12 ) c. Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24: 9-10) d. Tuhan kelihatan sedang duduk (Yesaya 6: 1) e. Tuhan bisa dilihat dari jauh (Yeremia 31: 3) Berapa nama silsilah dari Abraham sampai dengan Daud? a. Lukas 3: 31-34 mencatat 15 nama dari Daud sampai dengan Yesus b. Matius 1: 2-6 hanya mencatat 14 nama dari Daud sampai dengan Yesus Dalam silsilah dari Abraham sampai dengan Daud, siapakah anak Hezron? a. Anak Hezron adalah Arni (Lukas 3:33) b. Anak Hezron adalah Ram (Matius 1:3) Berapa nama silsilah dari Daud sampai dengan Yesus? a. Lukas mencatat 43 nama dari Daud sampai dengan Yesus (Lukas 3: 23-31) b. Matius hanya mencatat 28 nama dari Daud sampai dengan Yesus (Matius 1: 6-16) Siapakah anak Daud yang menurunkan Yesus? a. Salomo (Matius 1: 6) b. Natan (Lukas 3: 31) Yesus memasuki Yerusalem naik apa? a. Seekor keledai (Markus 11: 7; Lukas 19: 35) b. Seekor keledai betina dan seekor anak keledai (Matius 21: 7) Bolehkah membawa tongkat dan kasut dalam perjalanan? a. Ya, boleh (Markus 6: 7-9) b. Tidak boleh (Matius 10: 9-10, Lukas 9: 1-3) Kesaksian Yesus tentang dirinya, benar atau salah? a. Tidak benar (Yohanes 5: 31) b. Benar (Yohanes 8: 14) Berapa jumlah orang buta yang bertemu Yesus di Yerikho? a. Dua orang buta (Matius 20: 29-30) b. Hanya satu orang buta saja (Markus 10: 46) Dimana Yesus menemui orang kerasukan setan? a. Di Gedara (Matius 8: 28) b. Di Gerasa (Markus 5: 1-2) Berapa jumlah orang kerasukan setan yang ditemui Yesus? a. Ada 2 orang (Matius 8: 28) b. Hanya 1 orang saja (Markus 5: 1-2) Apa yang diucapkan Yudas di hadapan Yesus? a. Salam Rabi (Matius 26: 49) b. Rabi (Markus 14: 45) c. Yudas tidak mengucapkan apa-apa/diam (Lukas 22: 47) Ketika Yesus berjalan di atas air, bagaimana respon para muridnya? a. Mereka menyembah Yesus (Matius 14: 33) b. Mereka tercengang dan bingung (Markus 6: 51-52) Jam berapa Yesus disalibkan ? a. Jam sembilan (Markus 15: 25) b. Jam 12 Yesus belum disalibkan (Yohanes 19: 14) Yesus membawa damai dan keselamatan atau onar ? a. Yesus menyelamatkan dunia (Matius 5: 9, Yohanes 3: 17, Yohanes 12: 47) b. Yesus membawa onar, pedang dan kekacauan keluarga (Matius 10: 34-36) Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga? a. Tidak ada, hanya Yesus saja yang pernah naik ke sorga (Yohanes 3: 13) b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5: 24, II Raja-raja 2: 11) Tuhan menepati janji atau tidak ? a. Tuhan berjanji akan memberikan tanah Kanaan kepada Abraham (Kejadian 17: 8) b. Abraham meninggal pada umur 175 tahun tetapi janji Tuhan belum terpenuhi (Kejadian 25: 8, Kisah Para Rasul 7: 2-5, Ibrani 11: 13) Lot adalah orang yang benar atau tidak ? atau apakah Perzinahan dibenarkan ? a. Ketika Lot mabuk, kedua anaknya tidur dengannya, lalu hamil dan memiliki anak dari ayah mereka (Kejadian 19: 30-38) b. Lot adalah orang yang benar (II Petrus 2: 7) Siapa nama anak dari Elifaz ? a. Teman, Omar, Zefo, Gaetam, dan Kenaz (Kejadian 36: 11) b. Teman, Omar, Zefo, Kenaz (Kejadian 36: 15-16) c. Teman, Omar, Zefi, Gaetam, Kenaz, Timna, and Amalek (I Tawarikh 1: 35-36) Siapakah bapak-bapak 12 bangsa Israel ? a. Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, dan Benyamin (Kejadian 49: 2-28) b. Semuanya kecuali Dan diganti Manasye (Wahyu 7: 4-8) Dimanakah Yakub dikuburkan ? a. Dalam sebuah gua di Makhpela, yang dibeli dari Efron orang Het (Kejadian 50: 13) b. Di makam daerah Sikhem, yang dibeli dari anak-anak Hemor (Kisah Para Rasul 7: 15-16) Benar atau salahkah jika meminjamkan uang dengan minta bunga atau riba? a. Salah (Imamat 25: 37, Mazmur 15: 5) b. Benar (Matius 25: 27, Lukas 19: 23-27) Dimanakah Harun menemui ajalnya ? a. Di gunung Hor (Bilangan 33: 38) b. Di Mosera (Ulangan 10: 6) Kemana orang Israel pergi setelah kematian Harun ? a. Dari gunung Hor ke Zalmona lalu ke Funon dst. (Bilangan 33: 41-42) b. Dari Mosera ke Gudgod lalu ke Yotbata (Ulangan 10: 6-7) Sisera dibunuh oleh Jael ketika Sisera sedang tidur atau berdiri ? a. Tidur (Hakim-hakim 4: 21) b. Berdiri (Hakim-hakim 5: 25-27) Berapa jumlah anak Isai ? a. 7 plus Daud, jadi semuanya ada 8 (I Samuel 16: 10-11, 17: 12) b. Semuanya ada 7 (I Tawarikh 2: 13-15) Kenalkah Saul dengan Daud ketika Daud melawan Goliat ? a. Sangat kenal (I Samuel 16: 19-23) b. Tidak kenal sama sekali (I Samuel 17: 55-58) Siapakah yang membunuh Goliat ? a. Daud (I Samuel 17: 50) b. Elhanan (II Samuel 21: 19) Siapa nama imam besar yang memberi Daud roti ? a. Ahimelekh (I Samuel 21: 1-6) b. Abyatar (Markus 2: 26) Siapa yang membunuh Saul ? a. Saul bunuh diri dengan merebahkan dirinya di atas pedang (I Samuel 31: 4-6) b. Atas permintaan Saul sendiri, seorang Amalek membunuh Saul (II Samuel 1: 2-10) c. Saul dibunuh oleh orang Filistin di Gilboa (II Samuel 21: 12) Berapa Daud membayar barang peternakan ? a. 50 syikal perak (II Samuel 24: 24) b. 600 syikal emas (I Tawarikh 21: 22-25) Kapankah Baesa meninggal ? a. Baesa meninggal ketika masa 26 tahun pemerintahan Raja Asa (I Raja-raja 16: 6-8) b. Baesa mendirikan sebuah negeri ketika masa 36 tahun pemerintahan Raja Asa (II Tawarikh 16: 1) Berapa umur Ahazia ketika menjadi raja ? a. 22 tahun (II Raja-raja 8: 25-26) b. 42 tahun (II Tawarikh 22: 1-2) Kemanakah Yusuf dan Maria ketika menunggu kelahiran Yesus ? a. Lari ke Mesir menunggu sampai Herodes meninggal, karena Herodes membunuh semua bayi lelaki berusia dua tahun atau kurang (Matius 2: 13-16) b. Menetap di Yerusalem sampai Yesus lahir lalu ke Nazaret, tidak pernah ke Mesir (Lukas 2: 22-40) Siapakah yang melihat roh turun dari langit ? a. Yesus (Matius 3: 16, Markus 1: 10) b. Yohanes (Yohanes 1: 32) Kemanakah Yesus setelah dibaptis ? a. Langsung dibawa roh ke ke padang gurun selama 40 hari dan dicobai Iblis (Matius 4: 1-11, Markus 1: 12-13) b. Hari ketiga setelah dibaptis, Yesus pergi ke perkawinan di Kana (Yohanes 2: 1-11) Kemana iblis membawa Yesus ? a. Ke bubungan bait Allah lalu ke atas gunung (Matius 4: 5-8) b. Ke atas gunung lalu ke bubungan bait Allah (Lukas 4: 5-9) Haruskah kita melawan terhadap musuh ? a. Kasihilah musuhmu (Matius 5: 39, 44) b. Yesus ingin semua musuhnya dibunuh (Lukas 19: 27) Bolehkah para rasul mendatangi kaum selain Israel ? a. Tidak boleh (Matius 10: 2, 5-6) b. Petrus -salah seorang rasul, mendatangi kaum selain Israel (Kisah Para Rasul 15: 7) Anak siapakah Zakharia ? a. Anak Berekhya (Matius 23: 35) b. Anak imam Yoyada (II Tawarikh 24: 20) Siapa yang menegur wanita pembawa minyak ? a. Para rasul (Matius 26: 8) b. Beberapa rasul (Markus 14: 4) c. Yudas Iskariot (Yohanes 12: 4-5) Apa dulu yang dilakukan dalam perjamuan kudus ? a. Roti lalu anggur (Matius 26: 26-29, Markus 14:22-25) b. Anggur lalu roti (Lukas 22: 17-20) Siapa yang membeli tanah ? a. Imam-imam kepala (Matius 27: 3-7) b. Yudas (Kisah Para Rasul 1: 16-19) Apa yang dilakukan Yudas dengan uang peraknya ? a. Melemparnya ke dalam bait suci lalu pergi (Matius 27: 5) b. Untuk membeli tanah (Kisah Para rasul 1: 16-19) Bagaimana Yudas menemui ajalnya ? a. Gantung diri (Matius 27: 5) b. Jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar (Kisah para Rasul 1: 18) Berapa jarak para perempuan dari Yesus di kayu salib ? a. Melihat dari kejauhan (Matius 27: 55, Markus 15: 40, Lukas 23: 49) b. Cukup dekat sehingga Yesus bisa berbicara dengan ibunya (Yohanes 19: 25-26) Siapa yang pertama kali datang ke kuburan Yesus ? a. Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus (Matius 28: 1) b. Keduanya dan ditambah dengan Salome (Markus 16: 1) c. Keduanya dan ditambah dengan Yohana dan perempuan lain (Lukas 24: 10) d. Maria Magdalena sendirian (Yohanes 20: 1) Apa yang terjadi ketika orang-orang pertama datang ke kuburan Yesus ? a. Terjadi gempa karena datangnya malaikat yang menggulingkan batu dan duduk di atasnya, di luar kuburan (Matius 28: 2) b. Tidak ada gempa, ada seorang pemuda duduk di dalam kuburan (Markus 16: 5) c. Tidak ada gempa, ada dua orang berdiri di dalam kuburan (Lukas 24: 2-4) d. Tidak ada gempa, ada dua malaikat duduk di dalam kuburan (Yohanes 20: 12) Bisakah Yesus disentuh ketika menampakkan diri setelah kematiannya ? a. Maria Magdalena dan Maria yang lain memeluk kakinya (Matius 28: 9) b. Yesus melarang Maria memegangnya karena Yesus belum pergi ke Bapa (Yohanes 20: 17) c. Delapan hari kemudian, Yesus menyuruh Tomas menyentuhnya walau Yesus belum pergi ke Bapa (Yohanes 20: 27) Yesus mengajar sesudah atau sebelum Yohanes ditangkap ? a. Sesudah (Markus 1: 14) b. Sebelum (Yohanes 6: 17-25) Kemana Yesus dan para rasul pergi setelah memberi makan 5000 orang ? a. Genesaret (Markus 6: 53) b. Kapernaum (Yohanes 6 : 16-17) Bolehkah memberitakan Injil di Asia ? a. Roh Kudus melarang (Kisah Para Rasul 16: 6) b. Paulus memberitakan Injil di Asia (Kisah Para Rasul 19: 8-10) Bolehkah para malaikat menghanguskan rumput ? a. Seluruh rumput dihanguskan para malaikat (Wahyu 8: 7) b. Mereka diperintahkan untuk tidak merusak rumput (Wahyu 9: 4) BALAS Muslim Knight Apr 28, 2015 @ 08:55:29 Mau lagi? (1) EZRA 2:5 VS NEHEMIA 7:10. Dalam Ezra, jumlah anak Arah TERTULIS: “775 orang”, TETAPI dalam Nehemia: “652 orang”. (2) 2 RAJA-RAJA 8:26 VS 2 TAWARIKH 22:2. Dalam 2 Raja-raja, umur Ahazia ketika naik raja TERTULIS: “22 tahun”, TETAPI dalam 2 Tawarikh: “42 tahun”. (3) 2 RAJA-RAJA 24:8 VS 2 TAWARIKH 36:9. Dalam 2 Raja-raja, lamanya raja Jojachin berkuasa TERTULIS: “3 bulan”, TETAPI dalam 2 Tawarikh: “3 bulan 10 hari”. (4) 2 SAMUEL 10:18 VS 1 TAWARIKH 19:18. Dalam 2 Samuel, yang dibinasakan Daud TERTULIS: “700 ekor kuda kereta”, “40.000 orang BERKUDA”, dan “panglima perang SOBACH”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “7.000 ekor kuda kereta”, “40.000 orang BERJALAN KAKI”, dan “panglima perang SOFACH”. (5) 2 SAMUEL 8:9-10 VS 1 TAWARIKH 18:9-10. Dalam 2 Samuel, nama raja Hamat dan anaknya TERTULIS: “Toi dan Yoram”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “Tohu dan Hadoram”. (6) 2 SAMUEL 23:8 VS 1 TAWARIKH 11:11 (1). Dalam 2 Samuel, nama pahlawan yang mengiringi Daud TERTULIS: “Josech Basjebet anak Tachkemoni”, “kepala SEGALA PENGHULU”, dan “menikam 800 orang”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “Yasobam anak Hachmoni”, “kepala ORANG TIGA PULUH”, dan “menikam 300 orang”. (7) 2 SAMUEL 24:1 VS 1 TAWARIKH 21:1. Dalam 2 Samuel, yang mengajak Daud melawan Israel TERTULIS: “TUHAN”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “SETAN”! (8) YOHANES 1:18 VS KEJADIAN 18:1 & 32:30. Dalam Yohanes TERTULIS: “hanya Yesus yang melihat Allah”, TETAPI dalam Kejadian 18 & 32: “Abraham dan Yakub pun pernah melihat Allah”. (bertentangan literatur). (9) 2 SAMUEL 8:8 VS 1 TAWARIKH 18:8. Dalam 2 Samuel, tempat dimana raja Daud memindahkan perunggu TERTULIS: “Tebach dan Berotai”, TETAPI dalam 1 Tawarikh: “Tibchat dan Chun”. (10) KELUARAN 4:22 VS YEREMIA 31:9. Dalam Keluaran, yang merupakan anak sulung Allah TERTULIS: “ISRAIL”, TETAPI dalam Yeremia: “AFRAIM”. (11) YOHANES 5:31 VS YOHANES 8:14. Dalam Yohanes 5, perkataan Yesus TERTULIS: “Jika aku menyaksikan dari hal diriku, maka kesaksianku itu TIDAK BENAR”, TETAPI dalam Yohanes 8: “Jika aku menyaksikan dari hal diriku, maka kesaksianku itu BENAR”. (bertentangn redaksi). (12) YOHANES 10:38 & 14:11 VS YOHANES 14:28. Dalam Yohanes 10:38 & 14:11, perkataan Yesus TERTULIS: “Bapa di dalam aku dan aku di dalam Bapa (karena itu Yesus = Tuhan)”, TETAPI dalam Yohanes 14:28 Yesus berkata: “..Bapa LEBIH BESAR dari aku”. (bertentangan prinsip). (13) YOHANES 14:9 VS YOHANES 5:37. Dalam Yohanes 14, TERTULIS: “Yesus berkata: Siapa yang melihat aku, dia telah melihat Bapa”, TETAPI dalam Yohanes 5: “Yesus berkata: rupa-Nya (Bapa) pun tidak pernah kamu lihat”. (bertentangan prinsip). (14) YOHANES 10:30 VS YOHANES 17:11,21,22,23. Dalam Yohanes 10, TERTULIS: “Yesus menyatu dengan Bapa (karena itu Yesus = Tuhan)”, TETAPI dalam Yohanes 17: “Yesus menyatu dengan murid2nya”. (salah persepsi). (15) MATIUS 3:17 VS MATIUS 5:9; KELUARAN 4:22 & YEREMIA 31:9. Dalam Matius 3, TERTULIS: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan (karena itu Yesus = Anak Allah)”, TETAPI dalam Matius 5: “Yesus berkata: Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah”, dalam Keluaran: “Israel adalah anak sulung Allah”, dan dalam Yeremia: “Afraim adalah anak sulung Allah”. (salah persepsi). (16) MATIUS 1:20 VS LUKAS 1:41. Dalam Matius, TERTULIS: “…Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus (karena itu Yesus = Roh Kudus)”, TETAPI dalam Lukas: “…dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus”. (salah persepsi). (17) 1 KORINTUS 8:6 VS ULANGAN 4:35 & MARKUS 12:29. Dalam 1 Korintus, TERTULIS: “Paulus berkata: hanya ada satu Allah saja yaitu Bapa dan hanya ada satu Tuhan saja yaitu Yesus Kristus”, TETAPI dalam Ulangan: “Tuhan itulah Allah, dan kecuali Dia tiada yang lain lagi”, dan dalam Markus: “Yesus berkata: Hai Israel, adapun Allah, Tuhan kita, Tuhan yang Esa”. (bertentangan prinsip). (18) 1 KORINTUS 8:6 VS MATIUS 15:24 & YOHANES 17:3. Dalam 1 Korintus, TERTULIS: “Paulus berkata: …dan hanya ada satu Tuhan saja yaitu Yesus Kristus”, TETAPI dalam Matius: “Yesus berkata: Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel”, dan dalam Yohanes: “Yesus berkata: …mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus”. Menurut Yesus sendiri, dia adalah UTUSAN TUHAN. (bertentangn prinsip). (19) LUKAS 2:11 VS MATIUS 6:6-15 & 7:21. Dalam Lukas, TERTULIS: “Malaikat berkata: telah lahir juru selamat yaitu Kristus Tuhan itu”, TETAPI dalam Matius 6:6-15 “Yesus menyuruh umatnya untuk berdoa kepada Bapa (Allah)”, dan dalam Matius 7:21 “Yesus berkata: “bukan tiap2 orang yang menyeru aku, Tuhan, Tuhan, yang akan masuk surga, hanyalah orang2 yang melakukan kehendak Bapaku yang di surga”. (bertentangan prinsip). (20) MATIUS 1:21 VS MATIUS 16:27 & YOHANES 5:30. Dalam Matius 1, TERTULIS: “Malaikat berkata: ..Yesus akan melepaskan kaumnya dari segala dosanya”, TETAPI dalam Matius 16 “Yesus akan membalas tiap2 orang menurut perbuatannya”, dan dalam Yohanes 5 “Yesus menjadi pesuruh Tuhan dengan menjalankan hukum yang seadil2nya”. (bertentangan hukum). (21) 1 KORINTUS 7:19 VS KEJADIAN 17:14 & MATIUS 5:17-19. Dalam 1 Korintus, TERTULIS: “Paulus berkata: Sunat tidak sunat, itu tidak penting”, TETAPI dalam Kejadian (Taurat): “Tuhan berfirman: Laki-laki yang tidak disunat harus dilenyapkan karena telah mengingkari perjanjian antara Tuhan dan Abraham”, dan dalam Matius 5:17-19, “Yesus berkata bahwa kedatangannya bukanlah untuk menghilangkan hukum Taurat dan kitab2 para nabi meski sedikit pun”. (bertentangan hukum). (22) LUKAS 24:7,46; MATIUS 12:40 & MATIUS 27:63 VS KENYATAAN. Dalam Lukas 24, TERTULIS: “Yesus akan bangkit pada hari ke-3 sesudah hari kematiannya”, dalam Matius 12: “Yesus akan tinggal di rahim bumi selama 3 hari 3 malam” (sama dengan 72 jam), dan dalam Matius 27: “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku (Yesus) akan bangkit.”, TETAPI KENYATAANNYA: “Yesus bangkit pada hari ke-2″, ingat! Yesus mati pada hari Jumat sore (Lukas 23:54) tetapi mayatnya pada hari Minggu pagi sudah tidak ada (Lukas 24:1-3). Ini berarti Yesus tinggal di rahim bumi cuma 1 hari 2 malam saja atau sekitar 36 jam (separoh janjinya). (23) IBRANI 11:17 & KEJADIAN 22:2 VS KEJADIAN 16:15-16 & 21:5. Dalam Ibrani dan Kejadian 22, TERTULIS: “Abraham mengorbankan (qurban) Ishak, anaknya yang tunggal (padahal yang dimaksud ayat tersebut adalah ISMAEL, karena Ishak adalah adik Ismael lain ibu)”, TETAPI dalam Kejadian 16:15 “Abraham menamai anaknya yang dilahirkan Hagar itu Ismael”, dalam Kejadian 16:16 “bahwa Abraham berusia 86 tahun ketika anaknya, Ismael, lahir”, dan dalam Kejadian 21:5 “bahwa Abraham berusia 100 tahun ketika anaknya, Ishak, lahir”. Jadi, Ishak BUKANLAH anak tunggal Abraham melainkan adik Ismael! (24) MATIUS 26:1-2 VS MATIUS 27:46. Dalam Matius 26, TERTULIS: “kedatangan Yesus adalah untuk disalibkan”, TETAPI dalam Matius 27: “ketika disalib, Yesus berteriak minta tolong kepada Tuhan: Eli, eli, lama sabachtani!”. (bertentangan konsep). (25) GALATIA 3:13 VS YEHEZKIEL 18:20 & MARKUS 10:14. Dalam Galatia, TERTULIS: “Paulus Tarsus berkata: terkutuknya Yesus di kayu salib adalah untuk menebus dosa2 manusia”, TETAPI dalam Yehezkiel: “kebenaran/kejahatan manusia menjadi tanggung jawab masing2″, dan dalam Markus: “Yesus menyatakan bahwa kanak-kanaklah yang mempunyai kerajaan surga (berarti suci atau bebas dari dosa, sekaligus membantah adanya DOSA WARIS)”. (bertentangan konsep). (26) ULANGAN 14:3-21 & IMAMAT 11:1-47 VS MARKUS 7:14-20 VS MATIUS 5:17-19. Dalam Ulangan & Imamat (Taurat), TERTULIS: “Tuhan berfirman: Binatang2 laut tak bersirip/bersisik, daging babi, serta jenis2 burung dan mamalia tertentu adalah haram dimakan”, TETAPI dalam Markus: “Yesus menghalalkan semua makanan”, padahal dalam Matius: “Yesus datang bukan untuk menghilangkan hukum Taurat dan kitab2 para nabi meski sedikit pun”. (bertentangan hukum). (27) IMAMAT 10:8-11 & ULANGAN 29:6 VS MATIUS 15:11 VS MATIUS 5:17-19. Dalam Imamat & Ulangan, TERTULIS: “Tuhan berfirman: meminum anggur dan minuman keras (memabukkan) adalah haram”, TETAPI dalam Matius 15 “Yesus berkata: bukan yang masuk ke mulut yang menajiskan orang melainkan yang keluar dari mulut”, padahal dalam Matius 5: “Yesus berkata bahwa kedatangannya bukanlah untuk menghilangkan hukum Taurat dan kitab2 para nabi meski sedikit pun”. (bertentangan hukum). (28) MATIUS 3:17 & 12:18-21 VS YESAYA 42:1-16. Dalam Matius 3:17 & 12:18, Firman Tuhan TERTULIS: “Inilah anak-Ku yang Kukasihi, kepadanyalah Aku berkenan”. Menurut Kristen/Katolik, ayat ini menunjuk kepada Yesus. Padahal, ayat tersebut dikutip dari Yesaya 42:1 yang mengarah kepada keturunan Ismael. Periksa Yesaya 42:11, terdapat kalimat: “..demikian pun segala dusun yang diduduki ORANG KEDAR”. “Orang Kedar” adalah orang2 Arab keturunan Ismael (Kejadian 25:13,16), sedangkan Yesus adalah keturunan Ishak (Matius 1:2). Kemudian periksa Yesaya 42:12, terdapat kalimat: “..dan dikabarkannya KEPUJIANNYA pada segala pulau”. Kata “kepujiannya” lebih mengarah kepada Muhammad, karena Muhammad (bahasa Arab) artinya “yang terpuji”, dan beliaulah satu2nya keturunan Ismael yang menjadi nabi/rasul Allah. (29) MARKUS 13:31-32 VS KONSEP TUHAN. Dalam Markus 13:31-32, TERTULIS: “Tuhan Yesus tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat”, hal ini sangat bertentangan dengan konsep Tuhan yang MAHA MENGETAHUI segala sesuatu. (30) MATIUS 27:46 & MARKUS 15:34 VS KONSEP TUHAN. Dalam Matius 27:46, TERTULIS: “ketika disalib Tuhan Yesus berteriak: ‘Eli, Eli, lama sabakhtani?’ Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?”, teriakan Tuhan Yesus ini sangat bertentangan dengan konsep Tuhan yang MAHA KUASA lagi MAHA PERKASA. (Ini adalah salah satu indikasi paling kuat dari injil2 kanonik tentang bantahan penyaliban Yesus). (31) KEJADIAN 17:3 & MATIUS 26:39 VS PRAKTIK UMAT. Dalam Kejadian 17:3, tatacara Abraham mengahadap Allah TERTULIS: “Lalu SUJUDLAH Abram, dan Allah berfirman kepadanya”, dan dalam Matius 26:39, tatacara Yesus menghadap Allah (Bapa) TERTULIS: “Maka Ia (Yesus) maju sedikit, lalu SUJUD dan berdoa kata-Nya: “Ya Bapa-Ku,…”, TETAPI dalam PRAKTIK UMAT Kristen/Katolik, tatacara ibadah mereka TIDAK MENGENAL sujud. (bertentangan syariat). (32) LUKAS 3:23-38 VS MATIUS 1:18 (2). Dalam Lukas, silsilah Yesus TERTULIS: “Yesus adalah anak Yusuf,…(berarti darah daging Yusuf)”, TETAPI dalam Matius: “Maria mengandung Yesus sebelum bersetubuh dengan Yusuf (berarti Yesus bukan darah daging Yusuf)”. (bertentangan prinsip). (33) MATIUS 1:1-17 VS LUKAS 3:23-38. Dalam Matius, silsilah Yesus TERTULIS: “Yesus adalah anak Yusuf anak Yakub anak Matan anak Eleazar anak Eliud anak Akhim anak Zadok anak Azor anak Elyakim anak Abihud anak Zerubabel anak Sealtiel…”, TETAPI dalam Lukas: “Yesus adalah anak Yusuf anak Eli anak Matat anak Lewi anak Malhi anak Yanai anak Yusuf anak Matica anak Amos anak Nahum anak Hesli anak Nagai…”. (hampir semuanya berbeda nama orang). (34) MATIUS 1:1-17 & LUKAS 3:23-38 VS MATIUS 1:18. Dalam Matius dan Lukas, TERTULIS: “Inilah silsilah Yesus”, padahal yang dimaksud adalah silsilah Yusuf, karena berdasarkan Matius 1:18 bahwa “Maria sudah mengandung Yesus sebelum bersetubuh dengan Yusuf”. Dengan demikian, maka “SILSILAH YESUS” yang diuraikan dalam Matius 1:1-17 dan Lukas 3:23-38 adalah SALAH KAPRAH! (35) KISAH PARA RASUL 16:10 & 18:6 VS MATIUS 15:24 & 10:5-6. Dalam Kisah Para Rasul 16, TERTULIS: “Mereka berkata: …kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana (Makedonia)”, dan dalam Kisah Para Rasul 18 “Paulus berkata: …aku bersih, tidak bersalah. Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain”, padahal dalam Matius 15:24 “Yesus berkata: Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel”, dan dalam Matius 10 “Yesus BERPESAN kepada 12 orang murid2nya untuk TIDAK BERDAKWAH ke negeri selain Bani Israel”. (bertentangan hukum dan prinsip). (36) KEJADIAN 12:10-20 VS KEJADIAN 20:1-17 VS KEJADIAN 26:6-11. Dalam Kejadian 12, TERTULIS Raja Fir’aunlah yang merampas Sarah dari tangan Abraham, TETAPI dalam Kejadian 20, Raja Abimelekhlah yang merampas Sarah, dan dalam Kejadian 26, Raja Abimelekhlah yang merampas Ribka dari tangan Ishak. (berbeda sumber penulis). (37) MATIUS 12:40 & YUNUS 2:1-11 VS KENYATAAN (HIDUP VS MATI). Dalam Matius 12:40 perkataan Yesus TERTULIS: “Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia (Yesus) akan tinggal di rahim bumi tiga hari tiga malam”, dan keterangan dalam Yunus 2:1-11 bahwa “Yunus tinggal di dalam perut ikan dalam keadaan HIDUP”, TETAPI KENYATAANNYA Yesus tinggal di rahim bumi cuma 1 hari 2 malam saja dan dalam keadaan MATI! (lihat butir 22 di atas). (38) MATIUS 10:10 VS MARKUS 6:8-10. Dalam Matius, perkataan Yesus TERTULIS: “Janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau TONGKAT…”, TETAPI dalam Markus: “Supaya jangan membawa apa2 dalam perjalanan mereka, KECUALI TONGKAT…” (bertentangan tentang “tongkat”). (39) MATIUS 2:1-15 VS LUKAS 2:6-46. Dalam Matius, kisah Yesus TERTULIS: “sesudah Yesus dilahirkan maka ia langsung dilarikan bersama ibunya oleh Yusuf ke Mesir sampai raja Herodes mati”, TETAPI dalam Lukas: “sesudah Yesus dilahirkan, ia dibawa ke Yerusalem, kemudian ke Nazaret dan tinggal di sana selama 12 tahun”. (bertentangan kisah). (40) LUKAS 24:21,29,36,51 VS KISAH PARA RASUL 1:3. Dalam Lukas, TERTULIS: “Yesus telah naik ke surga pada hari kebangkitannya atau pada malam sebelumnya”, TETAPI dalam Kisah Para Rasul: “Yesus naik ke surga sesudah 40 hari setelah kebangkitannya”. (bertentangan kisah). (41) YOHANES 10:8 VS SIFAT2 PARA NABI. Dalam Yohanes 10:8, perkataan Yesus TERTULIS: “Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka”. Pernyataan Yesus ini sangat bertentangan dengan sifat2 para nabi yang merupakan manusia pilihan Allah di muka bumi yang tidak mungkin berprofesi sebagai pencuri atau perampok. Ini sesuatu yang menggelikan. (42) MARKUS 11:11-14 VS KONSEP TUHAN. Dalam Markus 11, kisah Yesus TERTULIS: “Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar. Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara. Maka kata-Nya kepada pohon itu: “Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama-lamanya!” Dan murid-murid-Nyapun mendengarnya.” Kisah ini juga sangat menggelikan, mana mungkin Tuhan mengutuk pohon yang tidak bersalah gara2 tidak berbuah. (43) KELUARAN 20:4 VS PATUNG BUNDA MARIA & YESUS. Dalam Keluaran 20:4, Firman Tuhan TERTULIS: “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi”, TETAPI dalam kenyataannya di gereja2 sering dijumpai patung Bunda Maria dan atau Yesus, padahal dalam Matius 5:18 Yesus berkata: “…Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.” Mengapa Kristen merombak habis hukum Taurat? (44) LUKAS 16:16 VS MATIUS 5:19. Dalam Lukas 16:16, penulisnya berpendapat: “Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berbuat memasukinya”, TETAPI dalam Matius, Yesus berkata: “Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada yang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang paling tinggi di dalam Kerajaan Sorga.” (bertentangan prinsip dan hukum). (45) YOHANES 13:13 ALKITAB INDONESIA VS YOHANES 13:13 NEW AMERICAN BIBLE. Dalam Yohanes Alkitab Indonesia TERTULIS: “Kamu menyebut Aku GURU dan TUHAN, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan”, TETAPI dalam Yohanes New American Bible: “You call me ‘TEACHER’ and ‘MASTER’, and rightly so, for indeed I am.” (Pertentangan antara kata “TUHAN” VS “MASTER”, padahal sama2 bersumber dari Alkitab Yunani dan Romawi – “TUHAN” berarti mutlak satu, sedangkan “MASTER” berarti relatif banyak, antara lain: tuan, guru, yang mulia, sri paduka, direktur, pemimpin, kepala). (46). LUKAS 1:26-27 VS MATIUS 1:18 (3). Dalam Lukas, kisah pemberitahuan kehamilan Maria TERTULIS: “Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria”, TETAPI dalam Matius: “Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri”. (MALAIKAT VS ROH KUDUS/TUHAN – perhatikan kata “bertunangan”!). (47) MATIUS 1:20-25 VS LUKAS 1:28-35. Dalam Matius, sebelum kehamilan Maria, TERTULIS bahwa malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf (dalam mimpi) dan memerintahkan Yusuf memberi nama “Yesus” kepada anak yang akan dilahirkan Maria, TETAPI dalam Lukas, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkan Maria memberi nama “Yesus” kepada anak yang akan dilahirkannya. (bertentangan kisah). (48) LUKAS 24:42 TEKS KUNO (al. KJV) VS LUKAS 24:42 ALKITAB SEKARANG. Dalam Lukas teks kuno (al. KJV), TERTULIS: “Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng dan sarang madu sedikit”, TETAPI dalam Lukas Alkitab Sekarang, kalimat “dan sarang madu sedikit” ditiadakan! (49) KEJADIAN 37:36 VS KEJADIAN 39:1. Dalam Kejadian 37, TERTULIS orang Midian-lah yang membawa Yusuf ke Mesir dan menjualnya. TETAPI dalam Kejadian 39, orang Ismail-lah yang membawa Yusuf ke Mesir dan menjualnya. (berbeda penulis). (50) KELUARAN 20:11 VS ULANGAN 5:15. Dalam Keluaran, TERTULIS pengkudusan Hari Sabat berkaitan dengan penciptaan langit dan bumi, TETAPI dalam Ulangan, pengkudusan Hari Sabat berkaitan dengan perbudakan bangsa Israel di Mesir. (51) KEJADIAN 1:11-13 VS KEJADIAN 2:3-5. Dalam Kejadian 1:11-13, TERTULIS bumi sudah ditumbuhi tunas2 dan pepohonan (penciptaan hari ke-3), TETAPI dalam Kejadian 2, keadaan bumi masih belum ditumbuhi oleh apa pun (keadaan setelah hari ke-7). (52) MATIUS 28:19 TEKS KUNO VS MATIUS 28:19 ALKITAB SEKARANG. Dalam Matius teks kuno, sabda Yesus TERTULIS: “… baptislah mereka dalam nama-KU”, TETAPI dalam Alkitab Sekarang: “… baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus”. (Distorsi ke arah Trinitas). (53) MATIUS 2:1-8 VS LUKAS 2:1-20. Dalam Matius TERTULIS, “Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes”, TETAPI dalam Lukas, “Yesus dilahirkan pada zaman Kaisar Agustus (sesudah zaman Herodes), yakni ketika diadakan sensus penduduk di Yudea”. (54) 2 SAMUEL 17:25 VS 1 TAWARIKH 2:17. Dalam 2 Samuel (al. KJV dan DRB) TERTULIS, “Yitra adalah seorang bangsa Israel”, TETAPI dalam 1 Tawarikh, “Yitra adalah seorang bangsa Ismail”. (55) 1 RAJA-RAJA 7:26 VS 2 TAWARIKH 4:5. Dalam 1 Raja-raja TERTULIS, “Sulaiman memiliki 2.000 kamar mandi”, TETAPI dalam 2 Tawarikh, “Sulaiman memiliki 3.000 kamar mandi”. (56) 2 TAWARIKH 9:25 VS 1 RAJA-RAJA 4:26. Dalam 2 Tawarikh TERTULIS, “Sulaiman memiliki 4.000 kandang kuda”, TETAPI dalam 1 Raja-raja, “Sulaiman memiliki 40.000 kandang kuda”. (57) 1 SAMUEL 28:6 VS 1 TAWARIKH 10:13-14. Dalam 1 Samuel TERTULIS, “Saul meminta petunjuk kepada Tuhan”, TETAPI dalam 1 Tawarikh, “Saul TIDAK meminta petunjuk kepada Tuhan”. (58) YOHANES 3:13 VS 2 RAJA-RAJA 2:11 & KEJADIAN 5:24. Dalam Yohanes TERTULIS, “tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga”, TETAPI dalam 2 Raja-raja, “Elia naik ke surga”, dan dalam Kejadian, “Henokh naik ke surga”. (59) YOHANES 18:9 VS YOHANES 17:12. Dalam Yohanes 18 TERTULIS, “Yesus tidak kehilangan seorangpun dari murid2nya”, TETAPI dalam Yohanes 17, “Yesus hanya kehilangan seorang”. (60) 2 TAWARIKH 6:36 VS 1 YOHANES 3:9. Dalam 2 Tawarikh TERTULIS, “semua berdosa”, TETAPI dalam 1 Yohanes, “setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi”. (61) [YOHANES 1:18; 1 TIMOTIUS 6:16; KELUARAN 33:20] VS [KELUARAN 33:11; KELUARAN 24:10; KEJADIAN 32:30; KELUARAN 33:23]. Dalam kelompok yang pertama TERTULIS, “tidak seorang pun yang pernah dan mampu melihat Tuhan”, TETAPI dalam kelompok yang kedua–berturut-turut–, “Musa berhadapan muka dengan Tuhan”, “Musa, Harun, dan 70 orang lainnya melihat Tuhan”, “Yakub berhadapan muka dengan Tuhan”, dan sebagai hadiah khusus, “Musa diperkenankan melihat punggung Tuhan”. (62) 1 KORINTUS 14:33 VS YESAYA 45:7; 1 SAMUEL 16:14; 2 TESALONIKA 2:11. Dalam 1 Korintus TERTULIS, “Tuhan tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera”, TETAPI dalam Yesaya, “Tuhan membuat kejahatan”, dalam 1 Samuel, Tuhan mengeluarkan roh jahat dari diri-Nya”, dan dalam 2 Tesalonika, “Tuhan membuat kesesatan”. (63) MARKUS 10:27 & MATIUS 19:26 VS HAKIM-HAKIM 1:19. Dalam Markus dan Matius TERTULIS, “segala sesuatu bagi Allah”, TETAPI dalam Hakim-hakim, “Tuhan menyertai Yehuda tetapi tidak dapat menghalau penduduk di lembah yang mempunyai kereta besi”. (64) MAZMUR 30:6 VS BILANGAN 32:13. Dalam Mazmur TERTULIS, “sebab sesaat saja Tuhan murka”, TETAPI dalam Bilangan, “Tuhan murka selama 40 tahun lamanya kepada orang Israel”. (65) BILANGAN 23:19 VS 1 SAMUEL 15:35; KELUARAN 32:14. Dalam Bilangan TERTULIS, “Tuhan tidak pernah menyesal karena Ia bukan anak manusia”, TETAPI dalam 1 Samuel, “Tuhan menyesal karena Ia menjadikan Saul raja Israel”, dan dalam Keluaran, “Tuhan juga menyesal karena malapetaka yang dirancangnya atas umat Israel”. (66) MAZMUR 100:5 VS 1 SAMUEL 15:3. Dalam Mazmur TERTULIS, “kasih setia Tuhan untuk selamanya”, TETAPI dalam 1 Samuel, “jangan ada belas kasihan kepada orang Amalek, tetapi bunuhlah semuanya, baik itu laki-laki, perempuan, anak-anak, bayi yang masih menyusu, lembu, domba, maupun keledai”. (67) 1 TIMOTIUS 6:16 VS 1 RAJA-RAJA 8:12. Dalam 1 Timotius TERTULIS, “Tuhan bersemayam dalam terang”, TETAPI dalam 1 Raja-raja, “Tuhan memutuskan untuk diam dalam kekelaman”. (68) YAKOBUS 1:13 VS KEJADIAN 22:1. Dalam Yakobus TERTULIS, “Tuhan tidak mencobai siapapun”, TETAPI dalam Kejadian, “Tuhan mencobai Abraham”. (69) YOHANES 14:6 VS KISAH PARA RASUL 10:34-35. Dalam Yohanes TERTULIS, “tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa tanpa melalui Yesus”, TETAPI dalam Kisah Para Rasul, “setiap orang dari bangsa manapun yang takut kepada Tuhan dan mengamalkan kebenaran, diterima oleh-Nya”. (70) KEJADIAN 6:3 VS KEJADIAN 9:29; 25:7-8; 25:17; 35:28-29. Dalam Kejadian 6 TERTULIS, “umur manusia hanya akan 120 tahun saja”, TETAPI dalam Kejadian selanjutnya–berturut-turut–, “umur Nuh 950 tahun”, “umur Abraham 175 tahun”, “umur Ismail 130 tahun”, dan “umur Ishak 180 tahun”. (71) KEJADIAN 6:19-20 VS KEJADIAN 7:23. Dalam Kejadian 6 TERTULIS, “Tuhan memerintahkan Nuh untuk membawa segala makhluk hidup masing2 satu pasang”, TETAPI dalam Kejadian 7, “Tuhan memerintahkan Nuh untuk membawa segala binatang yang tidak haram dan seluruh jenis burung masing2 tujuh pasang”. (72) 1 SAMUEL 6:19 TEKS KUNO (al. DRB & HCSB) VS 1 SAMUEL 6:19 ALKITAB INDONESIA. Dalam 1 Samuel teks kuno (al. DRB & HCSB) TERTULIS, “Tuhan membunuh 50.070 orang karena melihat tabut Tuhan”, TETAPI dalam 1 Samuel Alkitab Indonesia, “Tuhan hanya membunuh 70 orang saja”. Benar-benar tidak tahu malu! (73) KEJADIAN 2:17 VS KEJADIAN 5:4-5 (didukung KEJADIAN 3:4). Dalam Kejadian 2 TERTULIS, “…sebab pada hari engkau (Adam) memakannya, PASTILAH engkau mati”, TETAPI dalam Kejadian 5, “Adam dan Hawa, setelah Adam berumur 800 tahun, memperanakkan laki-laki dan perempuan hingga umur Adam mencapai 930 tahun”. Dalam hal ini, Alkitab mencatat bahwa SETAN lebih jujur dibanding Tuhan, sebagaimana pernyataan setan dalam Kejadian 3:4 ketika membujuk Hawa untuk memakan buah terlarang dengan mengatakan, “sekali-kali kamu (Hawa) TIDAK akan mati”. Kenyataannya, setelah Adam dan Hawa memakan buah terlarang itu, keduanya tetap hidup dan bahkan memperanakkan laki-laki dan perempuan. Benar-benar mengherankan! (74) ROMA 2:13 VS GALATIA 2:16 (didukung 2 KORINTUS 12:16). Ketika menulis surat kepada orang-orang Roma, Paulus berkata, “…tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan”. TETAPI sebaliknya, ketika menulis surat kepada orang-orang Galatia, Paulus mengatakan, “…tidak seorangpun dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat…”. Dan yang paling konyol adalah ketika Paulus menulis surat yang kedua kepada orang-orang Korintus, ia mengatakan dengan sejujurnya, “…dalam kelicikanku, aku telah menjerat kamu dengan tipu daya” (al. KJV). (75) GALATIA 3:16 VS GALATIA 3:29. Dalam Galatia 3:16 Paulus berkata, “Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya…hanya satu orang…yaitu Kristus”. TETAPI dalam Galatia 3:29 Paulus berkata yang sebaliknya, “Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham…”. Garis keturunan dalam Kristen benar-benar ditekankan untuk membentuk iman Kristen. Padahal, apakah Yesus keturunan Abraham? Perdebatan yang tak kunjung usai. Yesus, adalah manusia yang tidak memiliki silsilah! (76) GALATIA 5:1-6 VS LUKAS 2:21. Dalam Galatia, Paulus berkata, “…jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu…Kamu lepas dari Kristus…Sebab…hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti…”, TETAPI dalam Lukas, “ketika genap delapan hari, Yesus disunat”. Bagaimana Paulus mengajarkan sesuatu tentang Yesus tetapi justru bertentangan dengan pokok ajaran Yesus sendiri yaitu menegakkan hukum Taurat? (77) GALATIA 5:14 VS KEJADIAN 7:14. Dalam Galatia, Paulus berkata, “Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”. Apakah orang yang mengasihi manusia lain seperti mengasihi diri sendiri bisa dikatakan telah melakukan semua hukum Taurat? Sekali-kali tidak! Betapapun kasihnya dia kepada sesama manusia, tetapi jika dia enggan disunat, maka dia harus dilenyapkan dari muka bumi! (Kejadian 7:14). Inilah hukum Taurat yang sebenar-benarnya! (78) IBRANI 7:3 VS TRITUNGGAL. Dalam Ibrani, Paulus berkata, “Ia (Melkisedek) tidak berbapak, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya”. Jika kita terjemahkan pernyataan Paulus tersebut–yang ditujukan kepada orang-orang Ibrani–, maka akan didapat persamaan, Melkisedek = Anak Allah = Yesus. Oleh karena Yesus = Allah = Roh Kudus, maka Melkisedek = Yesus = Allah = Roh Kudus = Caturtunggal atau Tritunggal plus Melkisedek. Sayangnya, tak seorang Kristen pun yang menuhankan Melkisedek padahal notabene sejajar/sederajat dengan Yesus. (79) MATIUS 1:2-16 VS LUKAS 3:23-34. Dalam silsilah Yesus menurut Matius, dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 40 keturunan, TETAPI dalam silsilah Yesus menurut Lukas, dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 56 keturunan (selisih 16 keturunan). Yang bener yang mana nih??? (80) MATIUS 17:13 VS YOHANES 1:21. Menurut Matius, “Elia adalah Yohanes Pembaptis”, TETAPI menurut Yohanes, “Elia BUKAN Yohanes Pembaptis”. Ngaco lagi nih. (81) 2 SAMUEL 24:13 VS 1 TAWARIKH 21:11-12. Dalam 2 Samuel TERTULIS, Gad berkata kepada Daud, “Akan datangkah menimpa engkau 7 tahun kelaparan di negerimu? Atau maukah engkau melarikan diri 3 bulan lamanya…”, TETAPI dalam 1 Tawarikh, Gad berkata kepada Daud, “Beginilah firman Tuhan: Haruslah engkau memilih 3 tahun kelaparan atau 3 bulan lamanya melarikan diri…”. (82) 2 TAWARIKH 36:9 VS 2 RAJA-RAJA 24:8. Dalam 2 Tawarikh TERTULIS, “Yoyakim berumur 8 tahun ketika mulai memerintah”, TETAPI dalam 2 Raja-raja, “Yoyakim berumur 18 tahun ketika mulai memerintah”. (83) YESAYA 53:7 VS MATIUS 26:39 & YOHANES 18:23,36. Para misionaris Kristen mengklaim bahwa Yesus telah menggenapi nubuat Yesaya 53:7 yang mengatakan: “…seperti anak domba dia dianiaya, tetapi dia membiarkan dirinya ditindas sehingga tidak membuka mulutnya”, TETAPI dalam Matius 26:39 Yesus berkata di hadapan Tuhan di bukit Zaitun, “Ya Bapaku, jikalau sekiranya mungkin…”, dalam Yohanes 18:23 Yesus berkata di hadapan Imam Besar, “Jikalau kataku salah, tunjukkan salahnya…”, dan dalam Yohanes 18:36 Yesus berkata kepada Pilatus, “Kerajaanku bukan dari dunia ini”. (84) MARKUS 16:14 VS 1 KORINTUS 15:5. Dalam Markus TERTULIS, “Dia (Yesus) menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan”, TETAPI dalam 1 Korintus, “Yesus menampakkan diri kepada Kefas (Simon Petrus) dan kepada kedua belas muridnya”. Padahal, salah seorang murid Yesus yang bernama Yudas Iskariot telah meninggal bunuh diri (Matius 27:5). (85) LUKAS 24:46 VS IBRANI 9:27 & LUKAS 24:39 (didukung YOHANES 20:17). Menurut keyakinan Kristen, Yesus MATI untuk menggenapi nubuat sebagaimana yang dikatakan Lukas 24:46(4), “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga”, TETAPI dalam Ibrani 9:27, “Dan (Yesus) sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi”, dan dalam Lukas 24:39, “…karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ADA padaku”. Jika Ibrani 9:27 dan Lukas 24:39 digabungkan, maka Yesus BELUM MATI !!! Lebih jelas lagi, dalam Yohanes 20:17 Yesus mengatakan kepada Maria setelah peristiwa penyaliban itu, “Sebab aku BELUM PERGI kepada Bapa”. Sekali lagi, Yesus BELUM MATI !!! (86) LUKAS 16:16 VS LUKAS 23:55-56 (didukung MATIUS 5:17-20). Dalam Lukas 16:16 TERTULIS, “Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya dan berebut memasukinya”, TETAPI dalam Lukas 23:55-56, “Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya (Yesus) dibaringkan. Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat”. Pengkudusan hari Sabat merupakan bagian pokok dari hukum Taurat. Ini berarti bahwa hukum Taurat tetap berlaku pada zaman Yesus, karena para pengikut Yesus sendiri tetap mengkuduskan hari Sabat justru setelah “Yesus” mati. Singkatnya, Yesus tetap memberlakukan hukum Taurat kepada umatnya sebagaimana pernyataannya sendiri dalam Matius 5:17-20. (87) KEJADIAN 1:2-13 (Sumber P) VS KEJADIAN 2:4-7 (Sumber J). Dalam Kejadian 1 TERTULIS, “bumi sudah terbentuk berupa daratan dan lautan”, TETAPI dalam Kejadin 2, “lautan belum terbentuk, tetapi baru ada kabut (gas) naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi”. (88) KEJADIAN 8:21 VS 1 SAMUEL 6:19 & MARKUS 5:12-13. Dalam Kejadian, firman Tuhan TERTULIS, “…Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan”, TETAPI dalam 1 Samuel, “Tuhan membunuh 50.070 orang karena melihat tabut Tuhan”, dan dalam Markus, Tuhan Yesus membunuh sekitar 2.000 babi untuk menyembuhkan seorang yang kerasukan roh-roh jahat”. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2 KETERANGAN: (1) Dalam New American Bible, nama pahlawan yang mengiringi Daud sudah DIREVISI menjadi “ISHBAAL anak HACHAMONI”, “kepala ORANG TIGA”! Namun demikian, New American Bible diyakini sebagai satu-satunya Alkitab dengan akurasi terjemahan yang paling baik. (2) Dalam Lukas 3:23 teks kuno (al. KJV & DRB) TIDAK TERDAPAT kalimat “menurut anggapan orang”! Ini berbeda dengan Lukas 3:23 dalam Alkitab sekarang yang sudah beberapa kali direvisi. (3) Menurut Al-Qur’an, Roh Kudus/Ruhul Qudus adalah julukan/nama lain bagi malaikat Gabriel/Jibril yang mempunyai tugas menyampaikan wahyu kepada para nabi/rasul. Akan tetapi, mengingat ajaran Trinitas memasukkan Roh Kudus sebagai salah satu unsur Tuhan, maka kedua ayat di atas menjadi BERTENTANGAN. (4) Nubuat yang “dikutip” pengarang Lukas dalam Lukas 24:46, tidak ditemukan dalam naskah Perjanjian Lama. Singkatnya, Lukas memiliki nubuat yang “dikutip” yang sama sekali tidak ada! CATATAN: – Seluruh Injil2 Kristen ditulis oleh para penulisnya berdasarkan informasi yang sampai kepada mereka, sebagian dari sumber Q, dan gagasan-gagasan penulisnya sendiri setelah membaca Septuaginta Perjanjian Lama berbahasa Yunani, sama sekali bukan atas wahyu dari Tuhan, sehingga tidak mengherankan jika antara Injil yang satu dengan yang lain terjadi perbedaan redaksi dan terdapat banyak pertentangan prinsip yang sangat tajam. – Adapun para penulis Perjanjian Baru (termasuk Injil2 Kristen) sangat mungkin adalah orang2 Romawi dan Yunani yang nyata2 tidak menyaksikan kehidupan Yesus. Mereka hanya mengetahui Yesus dari informasi yang sampai kepada mereka. Kontradiksi Perjanjian Lama 89. Siapakah anak Daud yang kedua? a. Kileab (II Samuel 3:2-3). b. Daniel (I Tawarikh 3:1). 90. Berapa tahun kelaparan yang diberitahukan Gad kepada Daud? a. 7 tahun kelaparan (II Samuel 24:13). b. 3 tahun kelaparan (I Tawarikh 21:12). 91. Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak? a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istrei (II Samuel 5:13-16). b. Tidak ! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja : (I Tawarikh 14:3-7). 92. Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem? a. 11 orang (II Samuel 5:13-16). b. 13 orang (I Tawarikh 14:3-7). 93. Siapa anak Tou yang diutus untuk mengucapkan selamat kepada Daud? a. Yoram (II Samuel 8:10). b. Hadoram (I Tawarikh 18:9-10). 94. Dari orang bangsa mana Daud mengambil perak dan emas untuk Tuhan? a. Aram (II Samuel 8:11-12). b. Edom (I Tawarikh 18:14-16). 95. Siapakah panitera (sekretaris) Daud? a. Seraya (II Samuel 8:15-17). b. Sausa (I Tawarikh 18:14-16). 96. Berapakah tentara berkuda tawanan Daud? a. 1.700 orang (II Samuel 8:4). b. 7.000 orang (I Tawarikh 18:4). 97. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Israel? a. 800.000 (II Samuel 24:9). b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21:5). 98. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Yehuda? a. 500.000 orang (II Samuel 24:9). b. 470.000 orang (I Tawarikh 21:5). 99. Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiaman)? a. 3.300 mandor (I Raja-raja 5:16). b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2). 100. Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo? a. 2.000 bat air (I Raja-raja 7:26). b. 3.000 bat air (II Tawarikh 4:5). 101. Berapakah jumlah keturunan Yakub seluruhhya? a. 66 jiwa (Kejadian 46:26). b. 70 jiwa (keluaran 1:5). 102. Yang diharamkan, kelinci ataukah kelinci hutan? a. Kelinci (Imamat 11:6). b. Kelinci hutan (Ulangan 14:6). 103. Yang diharamkan, babi ataukah babi hutan ? a. Babi hutan (Ulangan 14:8; Imamat 11:7). b. Babi (Yesaya 66:17). 104. Berapa orang bani Yesua dan Yoab yang pulang kembali ke Yerusalem dan Yehuda dari pembuangan Nebukadnezar? a. 2.812 orang (Ezra 2:6). b. 2.818 orang (Nehemia 7:11). 105. Berapa anak-anak Benyamin? a. l0 orang (Kejadian 46:21). b. 5 orang (Bilangan 26:38-39). c. 3 orang (I Tawarikh 7:6). d. 5 orang (I Tawarikh 8:1-5). Komentar : Silsilah anak Benyamin itu, semuanya tidak sama baik nama maupun jumlahnya. 106. Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela)? a. 5 orang (I Tawarikh 7:7). b. 9 orang (I Tawarikh 8:3-5). c. 2 orang (Bilangan 26:40). Buka dan bacalah ayat yang dimaksud. Terlihat jelas bahwa semua nama dan jumlah cucu Benyamin tidak ada yang sama. 107. Tuhan menyesal atau tidak? a. Tuhan tidak punya sifat menyesal (I Samuel 15:29; Bilangan 23:19). b. Tuhan menyesal dan pilu hati karena telah menciptakan manusia yang akhirnya cenderung berbuat jahat di muka bumi (Kejadian 6:5-6). Tuhan menyesal karena telah menjadikan Saul sebagai raja di Israel (I Samuel 15:10-11,35). Tuhan menyesal setelah mengacungkan tangan ke Yerusalem (II Samuel 24:16). Tuhan menyesal karena telah merancang malapetaka (Yeremia 26:3; 42:10; Keluaran 32:14). 108. Tuhan bisa dilihat atau tidak? a. Tuhan tidak bisa dilihat dan didengar (Yohanes 5:37; 1 Timotius 1:17; 6:16, Keluaran 33:20; 1 Yohanes 4:12). b. Tuhan bisa dilihat dengan mata kepala (Keluaran 33:11,20; Kejadian 18:1; 26:24; Yohanes 5:37; I Timotius 6:16; 1:17; 1 Yohanes 4:12). c. Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24:9-10). d. Tuhan kelihatan sedang duduk (Yesaya 6:1). e. Tuhan bisa dilihat dari jauh (Yeremia 31:3).
  68. Muslim Knight

    trus kalian meyakini bible kenapa? gara2 ikut ortu?

  69. Kritis

    oi2 klo klian ada yg sbgian bilng kitab suci cm karangn mnusia brti klian BODOH!!! klo klian mngra smua ngira isi itu plsu cb dpikir mtng2 yaa mmngnya sp yg mnciptkn bumi ini haa?? sp yg mncptkn klian haa?? trllu dangkl mkirnya sih ,kitab suci, alquran, mwpun kitab lain agama lain mrupkan tafsran dr org2 tetua kita yg lbh mngnal agma lbh dlu drpda klian dan dtulis kmbli dngn tangn bkn KRANGN MANUSIA ,itu tafsrsn dri jmn2 agma2 klian msing2 knp sih bodo skli artikel di ats
    mw mnghna agama ktolik/kristen ttg apa yg mrka percyai di ktab suci??
    pkir dulu sblm buat artikel ga nmu topik ya?
    brti sbgian dri klian menyngkal Tuhan/Yesus/Allah klian sndri!!

  70. Postingan ini sungguh melecehkan agama kristen,,
    kalian itu manusia bukan Tuhan,, “kuasa Tuhan” tidak akan bisa di samakan dengan ilmu manusia,,,
    ilmu di bumi ini masih segelintir kecil dari pengetahuan yang Tuhan kita ketahui,,
    kalian jangan beranggapan bahwa pikiran yang kalian punya bisa di sama” kan dengan pikiran Tuhan,, ,, sebab Tuhanlah yang menciptakan kita bukan kita yang menciptakan Tuhan,, jadi kita tidak bisa menanggapi bahwa apa yg tertulis di kitab suatu agama itu salah,,, saya rasa kamu terlalu mementingkan ilmu di dunia dari pada ilmu kerohanian,, sehingga kamu dapat berpikir seperti itu,,
    “kamu yang mem-posting tulisan ini di doakan semoga di terima di sisinya”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s