KESAKSIAN PARA TEOLOG KRISTEN


Einstein2

1. Dr.G.C Van Niftrik dan Dr. B.J Bolland :
“Kita tidak usah malu-malu, bahwa terdapat berbagai kekhilafan di dalam Alkitab; kekhilafan-kekhilafan tentang angka-angka perhitungan; tahun dan fakta. Dan tak perlu kita pertanggungjawabkan kekhilafan-kekhilafan itu pada caranya, isi Alkitab telah disampaikan kepada kita, sehingga kita akan dapat berkata: “Dalam naskah aslinya tentu tidak terdapat kesalahan-kesalahan, tetapi kekhilafan itu barulah kemudian terjadi di dalam turunan naskah itu. Isi Alkitab juga dalam bentuknya yang asli, telah datang kepada kita dengan perantaraan manusia” (Dogmatika Masa Kini, BPK Jakarta,1967, hal 298).

2. Dr. Mr D.C Mulder:
“Jadi benarlah Daud itu pengarang Mazmur yang 73 jumlahnya ? Hal itu belum tentu. Sudah beberapa kali kita suci menjumpai gejala bahasa orang Israel suka menggolongkan karangan-karangan di bawah nama orang yang termasyhur ……. Oleh karena itu tentu tidak mustahil pengumpulan-pengumpulan mazmur-mazmur itu (atau orang-orang yang hidup lebih kemudian) memakai nama Daud, karena raja itu termasyhur sebagai pengarang mazmur-mazmur. Dengan kata lain perkataan, pemakaian nama Daud, Musa, Salomo itu merupakan tradisi kuno, yang patut diperhatikan, tetapi tradisi itu tidak mengikat” (Pembimbing ke Dalam Perjanjian Lama, BPK Jakarta, 1963 hal. 205).

3. Dr. Welter Lempp;
“Susunan semesta alam diuraikan dalam Kitab Kejadian I tidak dapat dibenarkan lagi oleh ilmu pengetahuan modern” (Tafsiran Kejadian, hal 58). “Pandangan Kejadian I dan seluruh Alkitab tentang susunan semesta alam adalah berdasarkan ilmu kosmografi bangsa Babel. Pandangan itu sudah ketinggalan jaman” (Tafsiran Kejadian, hal, 65).

4. Dr. R. Soedarmo:
“Dengan pandangan bahwa Kitab Suci hanya catatan saja dari orang, maka diakui juga bahwa di dalam Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci denganbentuk sekarang masih dapat diperbaiki” (Ikhtisar Dogamtika, BPK Jakarta, 1965 hal. 47). “Di dalam Perjanjian Baru pun ada kitab-kitab yang diragukan antara lain Surat Wahyu dan Yakobus yang disebut surat Jeram” (Ikhtisar Dogmatika, BPK Jakarta, 1965 hal. 49).

22 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

22 responses to “KESAKSIAN PARA TEOLOG KRISTEN

  1. hh

    1. Dr.G.C Van Niftrik dan Dr. B.J Bolland :
    “Kita tidak usah malu-malu, bahwa terdapat berbagai kekhilafan di dalam Alkitab; kekhilafan-kekhilafan tentang angka-angka perhitungan; tahun dan fakta. Dan tak perlu kita pertanggungjawabkan kekhilafan-kekhilafan itu pada caranya, isi Alkitab telah disampaikan kepada kita, sehingga kita akan dapat berkata: “Dalam naskah aslinya tentu tidak terdapat kesalahan-kesalahan, tetapi kekhilafan itu barulah kemudian terjadi di dalam turunan naskah itu.

    =>Metode penyimpanan catatan catatan tempo dulu tidaklah sebaik sekarang ini, sehingga kerap harus disalin kembali. Tentu sangat mungkin terjadi salah salin. Dan itupun, hanya pada angka angka tahun dan umur.

    Isi Alkitab juga dalam bentuknya yang asli, telah datang kepada kita dengan perantaraan manusia” (Dogmatika Masa Kini, BPK Jakarta,1967, hal 298).

    =>Inti dari keseluruhan Alkitab itu adalah Yesus kristus. Tuhan, melalui penjelamaanNya menjadi manusia, telah menyatakan apa yang dijanjikan, dinubuatkan dalam sejarah manusia di planet bumi kita ini, yaitu Penebusan Manusia dari Kutuk dosa.

    ==> Jadi, tidak ada masalah dengan kesaksian ini. Dan terimakasih anda telah memposnya di blog anda ini.

    2. Dr. Mr D.C Mulder:
    “Jadi benarlah Daud itu pengarang Mazmur yang 73 jumlahnya ? Hal itu belum tentu. Sudah beberapa kali kita suci menjumpai gejala bahasa orang Israel suka menggolongkan karangan-karangan di bawah nama orang yang termasyhur ……. Oleh karena itu tentu tidak mustahil pengumpulan-pengumpulan mazmur-mazmur itu (atau orang-orang yang hidup lebih kemudian) memakai nama Daud, karena raja itu termasyhur sebagai pengarang mazmur-mazmur. Dengan kata lain perkataan, pemakaian nama Daud, Musa, Salomo itu merupakan tradisi kuno, yang patut diperhatikan, tetapi tradisi itu tidak mengikat” (Pembimbing ke Dalam Perjanjian Lama, BPK Jakarta, 1963 hal. 205).

    => Tepat sekali.
    Mungkin tidak semua tulisan dalam buku Mazmur itu hasil karya dari Raja David.

    3. Dr. Welter Lempp;
    “Susunan semesta alam diuraikan dalam Kitab Kejadian I tidak dapat dibenarkan lagi oleh ilmu pengetahuan modern” (Tafsiran Kejadian, hal 58). “Pandangan Kejadian I dan seluruh Alkitab tentang susunan semesta alam adalah berdasarkan ilmu kosmografi bangsa Babel. Pandangan itu sudah ketinggalan jaman” (Tafsiran Kejadian, hal, 65).

    => Sejarah penciptaan di dalam buku Kejadian bukanlah menceritakan penciptaan alam semesta, tetapi adalah tentang penciptaan bumi ini.

    Dr. Welter Lempp telah salah menangkap isi dari kitab Kejadian itu. Mungkin dia menganggap bahwa penciptaan di buku kejadian itu adalah alam semesta, karena ada kalimat seperti ini: …dan menjadikan juga bintang bintang.

    4. Dr. R. Soedarmo:
    “Dengan pandangan bahwa Kitab Suci hanya catatan saja dari orang, maka diakui juga bahwa di dalam Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan.

    =>Seperti sudah saya sebutkan diatas, kesalahan kesalahan itu hanyalah tentang data: angka angka tahun dan umur yang berhubungan dengan catatan sejarah bangsa Israel tentang raja raja mereka.

    Sejarah Bumi ini telah dibentangkan dalam Alkitab mulai dari masa Kerajaan Dunia, yang dimulai dari Kerajaan Babel hingga keadaan bumi kita yang sekarang ini akan diakhiri oleh kedatangan Yesus yang kedua kali. Hal ini digambarkan sangat jelas dalam kibab Daniel. (Mungkin sdr-sdr belum pernah mengatahuinya ya)

    Masihkah akan kita bandingkan kesalahan catatan sejarah itu dengan nubuatan tentang perjalanan sejarah planet bumi ini?

    Oleh karena itu Kitab Suci denganbentuk sekarang masih dapat diperbaiki” (Ikhtisar Dogamtika, BPK Jakarta, 1965 hal. 47).
    =>Jika dan hanya jika tulisan aslinya itu dapat ditemukan kembali. Tetapi kira kira untuk apa perbaikan data sejarah bangsa itu?

    “Di dalam Perjanjian Baru pun ada kitab-kitab yang diragukan antara lain Surat Wahyu dan Yakobus yang disebut surat Jeram” (Ikhtisar Dogmatika, BPK Jakarta, 1965 hal. 49).
    =>Nubuatan-nubuatan yang terdapat dalam buku Wahyu sangat sejalan dengan nubuatan-nubuatan dalam kitab Daniel. Mengapa Diragukan? Bagi orang yang tidak mendalami Alkitab dengan baik, memang dapat menimbulkan keraguan dalam hati seseorang.

    Salam.

    • @ hh,

      Semua kutipan2 di atas, buku-buku mereka saya juga miliki.

      Semua kutipan diambil sepotong2, jadi sepertinya para sarjana Al-Kitab menolak Kitab Suci tapi hakikatnya tidak!

      Kalo dibaca konteksnya (buku2 mereka itu), ternyata Mr Chodet punya muslihat dan cara halus mendiskreaditkan para sarjana di Al-Kitab.

      Hahaha…

      Mereka pikir kita anak TK, dikasi gula-gula gituh langsung percaya.

      Mereka lupa meraka sedang berurusan dengan suatu umat yg cerdas pikirannya.

      Tapi, sebaliknya saya kacian sama muslim-muslim….udahlah miskin (ngga salah itu)…bodoh pula.

      Jadi, saya pikir2, apakah dengan kekayaan minyak dan memiliki hampir 40% kekayaan dunia, muslim2 masih miskin dan ngga tau baca-tulis?

      Kenapa harus begitu?

      Ahhhhhha…muslim-muslim harus dibiarkan miskin dan bodoh (ngga tau baca-tulis) supaya org2 spt Mr Chodet dan Wedul bisa mengkontrol mereka…karena itu artikel2 seperti di atas pada muslim2 langsung dipercayai tanpa sedikit memberi kesempatan untuk otak bekerja.

      Kaciannnnnnnn.

      Salam kasih.
      ——————————————————————————————-

      Kata nya cosmic boy dan jelasnggak ini satu orang ya? Ini saya lihat di
      http://kabarnet.wordpress.com

      Dari fitri.

    • barnabas

      hmmmm……..memang ada sebagian dlm alkitab yg buatan tangan manusia,and yg lbh mnyakitkan lagi hnya sebgian umat kristen yg pke injil barnabas pusiiingg…….kristen yg masuk islam kbnyakan pendeta and org2 yg kritis terhap ajarannya sedangkan yg murtad kbanyakan org2 miskin dekil yg mudah digoda oleh seonggok nasi dan mie satu kardus,memalukan.dalam setiap debat miris lihat uat kristen selalu terdesak aplg klo dah membahas yesus tuh tuhan or bukan selalu jd bulan2an

    • 1+1+1=1

      @cosmic
      yang blooon tu orang kristen,masak menguasai kekayan orang yang katanya gak bisa baca tulis aja gak bisa.

  2. Fitri

    All…

    Ternyata cosmicboy dan jelasnggak adalah satu orang. Lihat neh disini:

    http://kabarnet.wordpress.com/2009/09/25/lucu-anak-noordin-diakui-istrinya-tidak/#comment-2756

    • Joe Siagian

      daripada membahas hal itu, saya rasa lebih penting membahas pernyataan kawan cosmic di bawah ini (atau kawan jelasnggak, if you like)

      “Semua kutipan2 di atas, buku-buku mereka saya juga miliki.

      Semua kutipan diambil sepotong2, jadi sepertinya para sarjana Al-Kitab menolak Kitab Suci tapi hakikatnya tidak!”

      bagaimana nih pertanggungjawabannya? siapa penulis artikelnya? kawan chodetkah atau kawan fitri? apa benar bahwa pada dasarnya teolog2 di atas tidak menolak kebenaran Firman dalam alkitab? bukankah cara seperti ini adalah cara yang tidak jujur?

  3. hhhh….ada profesor baru…
    Mr Joe

  4. CosmicBoy

    @ Muslimin wa muslimat,

    Ternyata cosmicboy dan jelasnggak adalah satu orang. Lihat neh disini:


    Ngga ku sangka kalian pada panik semua!

    Yaaaaa udahlah, saya dan Pak Jell bukan orang yg sama, ngerti tong?

    Pak Jell orang Indonesia, saya bukan.

    Dalam ngebahas, lupakan CosmicBoy, lupakan Pak Jell, saya dan Pak Jell ngga penting.

    Yang penting seperti kata Omm Joe, argumen2 kami.

    Haaaaa, itu jangan kalian lupa.

    Lalu, tunggu apa lagi, dijawab ngga?

    Udak masuk hari ke-4, muslim2 pada kepepet semua.

    Jadi, gimana?

    Semoga di sini masih ada kejujuran.

  5. abdul

    Combro……

    enak tuh………. Oncom Di jero……

    tahu gak maksud artikel seperti ini di posting

    apa disini di bilang bahwa para ahli tidak percaya kepada alkitab……???

    dari sini saya hanya melihat, bahwa ada pengakuan dari pada para ahli alkitab tentang penyimpangan, kesalahan, perubahan, dan lain sebagainya terhadap Alkitab saudara…..

    anda mengharapkan saya percaya kepada tulisan anda……??? (bantahan anda)

    siapa anda……??? sudah mempelajari Alkitab secara ilmu pengetahuan belom (LOGIKA)….???
    dari segi sejarah dsb…dsb…..dsb………….???

    jelas2 mereka punya Nama, mempelajari Alkitab dari segala sudut pandang…. dan itu bagian pendapat mereka tentang Alkitab…
    tidak mungkin mereka berani mengeluarkan komentar2 seperti itu…. tanpa di dukung oleh bukti2….. mereka ilmuan bung…….

    terus…. bantahan mr hh hanya bentuk pembenaran2 tanpa logika…….

    bisa anda tunjukan bung………???

    bung2 aneh anda ini…..

    sekarang yg harus anda jawab adalah:

    benarkah Alkitab tidak ada kesalahan….???
    Benarkah Alkitab bukan ciptaan manusia…..???
    Benarkah Alkitab sejalan dengan Ilmu pengetahuan…..???
    Benarkah Alkitab sejalan dengan Logika manusia….???

    tolong jawab dengan Jujur,,,,,, para ahli teolog telah bicara jujur……jadi sepertinya para sarjana Al-Kitab menolak Kitab Suci tapi hakikatnya tidak!”
    setidaknya mereka berani jujur tentang alkitab mereka……

    how about u Bro……t…….

    masih belom jelas artikel ini di posting…..???

    TERSERAH deh………

    • lyra

      sudahlah….klo lo minta kita blajar ALKITAB kita,,,okey kita mang ada pembinaan diGreja dan sekolah teologi laennya…
      nah lo donk yang blajar al-quran lo…
      n kapan nih artikel berubah jadi bedah al-quran???
      gantian dunk

  6. CosmicBoy

    @ abdul,

    sekarang yg harus anda jawab adalah:

    ***harus***

    Hehehe…

    Saya akan menjawab kalo pertanyaan2 dari kalian dateng dari hati yg jujur.

    Percayalah saya akan menjawab semampu saya.

    Tapi kalo itu cuma dakyah agama dan mau mencerca dan menyalahkan…maap, kurang kerjaan saya kalee kalo menjawab.

    Harap dimengerti.

    Salam.

  7. hh

    tahu gak maksud artikel seperti ini di posting
    apa disini di bilang bahwa para ahli tidak percaya kepada alkitab……???
    dari sini saya hanya melihat, bahwa ada pengakuan dari pada para ahli alkitab tentang penyimpangan, kesalahan, perubahan, dan lain sebagainya terhadap Alkitab saudara…..

    =>Jusru anda yang tidak mengerti dengan baik hubungan antara postingan itu dengan komentar saya. Perhatikan dengan baik, saya mendukung pendapat mereka bahwa sangat mungkin terjadi kesalahan dalam alkitab. Tetapi kesalahan itu adalah kesalahan angka angka dalam pencatatan sejarah yang terjadi dalam bangsa Israel, bukan kesalahan akan Firman Tuhan.
    _______________

    terus…. bantahan mr hh hanya bentuk pembenaran2 tanpa logika…….
    bisa anda tunjukan bung………???

    Tolong perhatikan comentar saya:

    1.Dr.G.C Van Niftrik dan Dr. B.J Bolland :
    =>Terdapat kekhilafan di dalam alkitab tentang angka2 perhitungan, tahun, dan fakta.
    ==> saya: Karena metode penyimpanan naskah jaman dulu tidak baik, sering harus disalin kembali. Mungkin dalam penyalinan kembali itulah terjadi kesalahan itu.

    =>Tidak usah malu kita atas kekhilafan itu, toh “isi alkitab telah disampaikan kepada kita”
    ==> saya: Inti dari Isi/pekabaran alkitab adalah Yesus. “Pengorbanan Yesus untuk menebus manusia. Jadi, kesalahan angka angka dalam sejarah b.Israel itu tidaklah penting.
    __________________

    2. Dr. Mr D.C Mulder:
    “Jadi benarlah Daud itu pengarang Mazmur yang 73 jumlahnya ? Hal itu belum tentu.
    => saya: Tepat sekali . Mungkin ada tulisan orang lain, tetapi keseluruhan tulisan tulisan itu dihimpun dalam buku Mazmur.
    Kalau tulisan dari raja David, selalu disebutkan: dari David, kalau tulisan dari raja Salomo: dari Salomo.
    (memang dalam komentar saya terdahulu tidak saya sebutkan alasannya)
    __________________________

    3. Dr. Welter Lempp;
    “Susunan semesta alam diuraikan dalam Kitab Kejadian I tidak dapat dibenarkan lagi…
    => saya: Sejarah penciptaan di dalam buku Kejadian bukanlah menceritakan penciptaan alam semesta, tetapi adalah tentang penciptaan bumi ini. Dr. Welter Lempp telah salah menangkap isi dari kitab Kejadian itu. Mungkin dia menganggap bahwa penciptaan di buku kejadian itu adalah alam semesta, karena ada kalimat seperti ini: …dan menjadikan juga bintang bintang.
    _______________________

    4. Dr. R. Soedarmo:
    “Dengan pandangan bahwa Kitab Suci hanya catatan saja dari orang, maka diakui juga bahwa di dalam Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan.

    =>Saya: kesalahan kesalahan itu hanyalah tentang data: angka angka tahun dan umur yang berhubungan dengan catatan sejarah bangsa Israel tentang raja raja mereka.
    _____
    Oleh karena itu Kitab Suci dengan bentuk sekarang masih dapat diperbaiki” (Ikhtisar Dogamtika, BPK Jakarta, 1965 hal. 47).
    =>Saya: Jika dan hanya jika tulisan aslinya itu dapat ditemukan kembali. Tetapi kira kira untuk apa perbaikan data sejarah bangsa itu?
    ____________________

    “Di dalam Perjanjian Baru pun ada kitab-kitab yang diragukan antara lain Surat Wahyu dan Yakobus yang disebut surat Jeram” (Ikhtisar Dogmatika, BPK Jakarta, 1965 hal. 49).
    =>Saya:Sejarah Bumi ini telah dibentangkan dalam Alkitab mulai dari masa Kerajaan Dunia, yang dimulai dari Kerajaan Babel hingga keadaan bumi kita yang sekarang ini akan diakhiri oleh kedatangan Yesus yang kedua kali. Hal ini digambarkan sangat jelas dalam kibab Daniel. (Mungkin sdr-sdr belum pernah mengatahuinya ya)
    Masihkah akan kita bandingkan kesalahan catatan sejarah itu dengan nubuatan tentang perjalanan sejarah planet bumi ini?

    ==>untuk menjawab pertanyaan anda apakah saya sudah mempelajari alkitab secara sejarah, sebaiknya and abaca dulu kibat Daniel 2:1-49. Baca dengan hati hati dan kalau boleh minimal dua kali ya.
    _______________
    bung2 aneh anda ini…..
    sekarang yg harus anda jawab adalah:
    benarkah Alkitab tidak ada kesalahan….???

    =>Pertanyaan-2mu ini muncul tanpa sebab, diluar topik, bagaikan asap tanpa ada api.
    Salam

  8. tunggul

    ya.. Alikitab katanya keliru , atau ada kekhilafan, bahkan ada lagi yang mempermasalahkan Nabi Isa , saya orang yang awam bahkan belum semua isi Alkitab saya baca, yaa orang Kristen ini hanya tempat menjadi hujatan , tumpahnya segala kesalahan kehinaan , untuk perbandingan dan selalu diposisi yang salah tapi saya heran mengapa hati ini tidak bergeming bahkan semakin setia kepada Yesus atau Nabi Isa Almasih. Bahkan hati saya ini menangis pilu melihat itu semua, kok kita bukan mikirin umat manusia yang sedang mengahadapi musibah banjir bencana alam, bangsa yang sedang terpuruk, bagaimana dan apa yang kita dapat lakukan tanpa memandang Suku, Bangsa dan Agama karena semua adalah mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Tapi kita lebih sibuk menyelidiki kesalahan atau kejelekan suatu Kitab Suci. Untuk apa semua ini, kalau orang sudah yakin dengan agamanya tidak dapat diubah bahkan semakin kuat dengan hinaan itu. yaa kalau mereka sudah salah kyakinan biarlah Tuhan Yang Maha Pencipta yang menghukum mereka atau memasukkan ke Neraka, karena itu semua CiptaanNya Dia lah yang berhak untuk menghakimi bukan orang lain yang sama – sama manusia punya dosa, kecuali sudah tidak punya dosa dari lahir sampai sekarang. Atas hinaan ini saya tidak mendendam, tidak marah bahkan saya mendoakan semoga Tuhan mengampuni orang yang tidak tahu apa yang dia perbuat sambil mengingat Firman Tuhan berbunyi demikian dari Matius 5:4 Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.
    5:5 Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.
    5:6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
    5:7 Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.
    5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.
    5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
    5:10 Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.
    5:11 Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.
    5:12 Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.”
    (Fiman Tuhan Kujungjung Tinggi Halleluya)

    • Harryanto

      kenapa yaa Agama yang menurut para ahli Proffesor, Doktor dan ahli-ahli teologi bahwa Kitabnya banyak kesalahan ini justru ditakuti penyebaran Agamanya, sampai-sampai tempat ibadahnya dimana-mana sulit untuk mendapat ijin, bahkan ada yang dibakar, dirusak karena dikhawtirkan akan membuat orang mengikuti Agama ini ? Karena kalau dipikir secara logika atau ilmu pengetahuan atau ilmiah di lepas aja mau bikin rumah ibadah berapapun , dimanapun pasti secara alami akan bangkrut dan tutup sendiri karena ditinggal umatnya yang sudah tidak percaya lagi sehingga tidak ada biaya operasional lagi , biaya listrik, gaji karyawan , gaji pendeta dan lain2 karena rumah ibadah ini biayanya swadaya dari jemaatnya sendiri dari hasil kolekte Minggu. Tapi itulah yang kita heran kok umatnya semakin banyak terus , kalau ditanya ngerti isi Alkitab sudah baca isinya, kebanyakan bilang belum tetapi panggilan bathin aja , itulah Rahasia Tuhan yang tidak bisa dihitung secara ilmiah, secara matematika, secara statistik, secara kasat mata para Proffesor, para Doktor , para ahli teologi kenapa, karena kita ini semua masih manusia yang berdosa sehingga dosa itu menjadi penghalang penglihatan kita dan hanya Iman kita (sebesar apa Iman kita) yang dapat melihat Kehebatan dan Rahasia Tuhan Maha Pencipta Alam Semesta.

  9. Manusia Sejati

    saya tidak akan mencaci Agama manapun apalagi yang menyembah Tuhan Yang Maha Esa, lihat saja orang-orang yang menghina dan menghujat apa yang kami yakini, dua atau tiga tahun kemudian bagaimana kehidupan orang itu termasuk keterunannya, buktikan saja coba pantau kita akan kasian melihatnya, bukan menakuti tetapi buktikan. Kami tidak mengajak orang mengikuti agama kami tetapi kami hanya ingin mengakui bahwa kita adalah Saudara sepupu dari Bapa Orang Percaya yaitu Nabi Ibrahim yang keturunanNya yaitu Nabi Ishak dan Nabi Ismail. dan percayalah jika kita bahu membahu dengan penuh persaudaraan membangun kehidupan yang penuh kedamaian didunia ini lihat dua atau tiga tahun kemudian dan buktikan Berkat Tuhan akan melimpahi kita semua bukan hanya kami, yakini itu dan tetaplah yakini agama masing2. Dunia akan menjadi Syurga yang berkelimpahan dan penuh kedamaian. dan di Surga Para Malaikat akan Bersuka cita karena Manusia Penuh Kedamaian.

  10. HAHAHAHAHA
    prof
    ada tahu gak kalau orang kristen punya iman yang genap didalam mazmur ada kisah daud diselamatkan ALLAH YANG HIDUP..
    NAH SEKARANG AKU MAU KATAKAN SUATU SAAT WAKTU NYA ALLAH SEBEKLUM MENUTUP USIA MU
    AKAN BERKATA SUNGGUH BENAR ALLAH DIDALAM KRISTEN ITU..
    SATUI LAGI LIHAT LAH KARYA ALLAH DIDALAM HIDUP MU KELAK!!!!
    SELAMAT MENIKMATI PROSES TANGAN ALLAH DIDLAM YESUS KRISTUS
    HALELUYA….

  11. masrur

    Ayat Alkitab bikin orang jadi sinting….(karena pengarangnya sinting)
    Entar 4.000, entar 40.000 dasar sinting

  12. masrur

    Yesus pake bahasa Ibrani, Paulus pake bahasa laen… apa ga sinting

  13. Pengikut Kristus

    Biarlah orang menghina Tuhan n agama kami, tapi semua tidak penting, karena keslamatan di dalam Iman kita adalah penentuan akhir dari semua. jadi siapapun anda yang mencaci kami, Tuhan Yesus Kristus, sang Penyelamat Tunggal Hidup kita adalah bagian kita, tak dapat tergantikan oleh apapun…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s