ANEH ADA IBADAH WAJIB MINUM ALKOHOL


Klik pada gambar untuk melihat gambar lebih jelas atau copy paste download gambar … ^_^

Herannya, Anehnya, Ajaibnya, ada berbagai golongan umat/sekte yang justru menjadikan Alkohol sebagai minuman dalam sarana IBADAH WAJIB yang SANGAT PENTING & BERKALA SERTA BERTERUSAN.

Dan ini pun tertulis dalam kitab mereka tentang anjuran meminum Alkohol. Mari kita lihat ayat-ayatnya:

1 Timotius 5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

Amsal 31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.

31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.

1 Korintus 11:25 Demikian juga ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darahku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan aku!”

1 Korintus 10:16 Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?

Yohanes 2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu–dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya–ia memanggil mempelai laki-laki,

I Korintus  11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”

Aneh,,, mana mungkin “Tuhan” menyuruh kita minum alkohol?

Jelas ini tidak mungkin bagi orang yang mau sedikit menggunakan akalnya.

Karena disatu sisi, banyak sekali ayat lain dalam kitab agama mereka sendiri yang juga melarang alkohol untuk selamanya! Mari kita lihat:

Imamat 10:9 “JANGANLAH ENGKAU MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS, ENGKAU SERTA ANAK-ANAKMU, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk SELAMANYA bagi kamu TURUN-TEMURUN.

Hakim-hakim 13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, JANGAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN dan jangan makan sesuatu yang haram.

Hakim-hakim 13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN TIDAK BOLEH DIMINUMNYA dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia HARUS berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya.”

Yesaya 5:11 Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari MINUMAN KERAS, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!

Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging.

Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.

Lukas 1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia TIDAK AKAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;

Dari ayat diatas, boleh ditarik kesimpulan:

1. Alcohol dilarang oleh ALLAH sejak para Nabi terdahulu

2. Larangan larangan itu masih jelas tertulis dalam kitab

3. Alcohol dilarang turun temurun

4. Alcohol dilarang untok selamanya

Matius 5:17. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya SELAMA BELUM LENYAP LANGIT DAN BUMI INI, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Lukas 16:17 LEBIH MUDAH LANGIT & BUMI LENYAP dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

YESUS MENOLAK MINUM ANGGUR

Matius 27:34 Lalu mereka memberi dia minum anggur bercampur empedu. Setelah ia mengecapnya, IA TIDAK MAU MEMINUMNYA.

Markus 15:23 Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepadanya, TETAPI IA MENOLAKNYA.

Mungkinkah beribadah pada ALLAH dengan sarana minum Alcohol???

Mungkinkah beribadah pada ALLAH dengan sesuatu yg dilarang???

About these ads

50 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

50 responses to “ANEH ADA IBADAH WAJIB MINUM ALKOHOL

  1. Bro and Sis, ada saran ga kira – kira ayat mana yang harus di turuti? :roll:

  2. hein

    wakakakakakakkaa

    inilah salah satu kebodohan penulis

    suguh lucu artikel anda

    Tidakkan anda menyadari kalau anggur sama dengan api, jika sedikit dia menjadi teman karena dapat menghangatkan badan dan menjadi obat tetapi jika banyak dia akan memabukkan dan bisa membuat si peminumnya berbuat dosa karena kehilangan daya pikir?

    mari kita kupas satu2 Firman Tuhan yg anda katakan soal menharamkan anggur di atas
    —————————————————————–
    Hakim-hakim 13:4 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau MINUMAN YANG MEMABUKKAN TIDAK BOLEH DIMINUMNYA dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia HARUS berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya.”

    dari ayat diatas tidak dikatakan haram bagi anggur
    tetapi yg dikatakan haram adalah makanannya
    apakah penulis tidak membaca ayat ini dengan seksama?

    sekarang saya mau bertanya kepada anda, kepada siapakah firman ini diturunkan dan untuk apakah firman ini d turunkan?
    sebagai panduan anda silahkan membaca
    Hakin-Hakim 13:1-25
    —————————————————————–
    Yesaya 5:11 Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari MINUMAN KERAS, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!

    kita lihat dari ayat diatas untuk para pemabuk yg sukanya minum anggur dari pagi sampai malam
    dan tidak bekerja disini tidak dikaakan haram bagi anggur

    sekali lagi apakah penulis tidak membaca baik2 ayat ini?
    —————————————————————-
    Amsal 20:1. ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT, TIDAKLAH BIJAK ORANG YANG TERHUYUNG-HUYUNG KARENANYA.

    ayat ini juga tidak mengharamkan angur
    ayat ini mengatakan kita tidak bijak kalau kita minum anggur secara belebihan
    sekali lagi penulis tidak membaca ayat ini dengan seksama
    —————————————————————–
    Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging.

    pertanyaan saya kepada penulis apakah anda tau artikata peminum?
    orang yg sukanya minum anggur,
    apakah ayat ini mengharamkan anggur? TIDAK
    —————————————————————–

    Hosea 4:11 ANGGUR DAN AIR ANGGUR MENGHILANGKAN DAYA PIKIR.

    ayat diatas benar dan tidak mengharamkan anggur
    —————————————————————–
    Lukas 1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia TIDAK AKAN MINUM ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;

    saya mau bertanya kepada penulis kepada siapakah ayat ini di turunkan dan untuk siapa ayat ini di turunkan?
    untuk panduan silahkan anda membaca
    Lukas 1:5-25

    ayat ini tidak menharamkan penggunaan anggur bagi orang lain.

    sekarang apakah semua kesimpulan anda masih berlaku?
    —————————————————————–
    Matius 5:17. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

    5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya SELAMA BELUM LENYAP LANGIT DAN BUMI INI, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

    5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

    Lukas 16:17 LEBIH MUDAH LANGIT & BUMI LENYAP dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

    ayat2 diatas benar sekali
    tetapi saya tidak dapat menemukan satupun ayat yg anda berikan yg mengharamkan anggur.
    —————————————————————–
    Matius 27:34 Lalu mereka memberi dia minum anggur bercampur empedu. Setelah ia mengecapnya, IA TIDAK MAU MEMINUMNYA.

    Markus 15:23 Lalu mereka memberi anggur bercampur mur kepadanya, TETAPI IA MENOLAKNYA.

    apakah anda sudah mencoba meminum anggur yg bercamur dengan empedu atau mur?
    silahkan anda coba.
    —————————————————————-

    kesimpulan
    tidak ada satupun firman Tuhan yg diberikan oleh penulis yg mengharamkan Anggur.

    seperti biasa penulis tidak melakukan penelitian lebih dalam untuk artikelnya dan hanya bisa mengcopy paste saja.

    @Fitri

    saran saya ikuti kata hati anda mintalah hikmat kepada Allah, karena dia adalah sumber hikmat dan pengetahuan.

    ingat, jgn menghakimi kalau anda tidak mau dihakimi seperti yg dilakukan penulis dan pada akhirnya dia hanya menunjukkan kebodohannya sendiri.

    anda mengatakan anda dulunya Kristen lalu berpindah ke Islam, kalau boleh saya tau apa sebabnya?

    • din

      si hein ini memang dewa mabuk

    • jonathan

      benar kayaknya,, si hein dewa mabuk, makanya ayat ayat di pake juga buat melindungi minuman haram itu (anggur)

    • roman

      Amsal 23:20 JANGANLAH ENGKAU ADA DI ANTARA PEMINUM ANGGUR dan pelahap daging….Kalau pendeta/tokoh agamanya minum anggur dalam beribadah,berarti orang (umat) kristen tidak boleh ada diantara pendeta/tokoh agamanya dlm beribadah dunk..

    • Ya ARTINYA ya ALKOHOL itu DILARANG …. gitu !
      ,
      KOK BOTOL banget sih kamu ? Dasar BAHUL !

    • sayang yesus

      Iya benar tu bang hein, minuman keras tidak haram buat kalian. Wong darah tuhan aja bisa di minum koq!! Iya yah bang hein??
      Ada2 aja org2 yg bilang anggur haram bagi keluarga besar bang hein.

  3. michael

    @ fitri…

    klu anda mau d kenal bnyak orang atau mau terkenal saya sarankan jangan sekali kali dengan menggunakan cara seperti yang anda lakukan saat ini..anda hanya membodohi diri anda sendiri..
    anda sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang alkitab agama Kristen apalagi tentang ajaran agamanya..
    semua yang anda tulis dan jabarkan d atas hanya membuat saya dan penbaca lainnya tertawa dan sekaligus sedih melihat ada orang yang menunjukkan kebodohanya di depan publik…

    semoga anda segera menyadari akan hal ini..
    dan segera bertobat..

    Tuhan memberkati….

  4. @ hein

    Yang punya blog kan, mas chodet. :D :mrgreen:

    Saya mau beragama apapun itu hak saya.

  5. Akiong

    tape juga mengandung alkohol (setiap proses peragian selalu menghasilkan alkohol) tetapi mengapa dalam islam tidak dilarang ?

    • Soal TAPEE silahkan lihat jawaban di FATWA MUI, oke !……… jelas !
      .
      Menurut BIBLE katanya TUHAN kristen ada DUA
      .
      GAK PERCAYA ?? Nih lihat : Markus 16:19.

      Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah ….. artinya :
      .
      YESUS duduk disebelah KANAN ALLAH atawa
      ALLAH berada disebelah KIRI YESUS yang lagi duduk
      .
      1+1 = 2 Betul kaaaaaaaaaannnnnnnnnnn !
      .

  6. ss

    oke, truskan saja mas chodet, dikiranya enak diinjak2, difitnah, rasain tuh skarang, tp blog ini bukan fitnah kok, udah jelas dinjil ada semua masih disangga, ada aja

    • otaku-ism

      alahmak blog beginian lo percaya. G*****k lo semua.
      Ayo masuk kesini blog dgn artikel terpercaya

      http://ngeekhiong.blogspot.com/

      dan ke situs ini buat pesen

      http://www.1999.co.jp/eng/

    • otaku-ism

      di kitab lo klo masuk surga bakal dijamu dgn arak (minuman alkohol) trus apa bedanya klo minum sekarang ama nanti klo ke surga?? (gmn mau masuk surga, lha surganya sendiri masih dihias dan baru bisa masuk pas hari kiamat piye toh. tanya ama hamba deh)
      sama2 (katanya) minuman setan. berarti lo bakal dibawa ke neraka donk (gw sendiri ngak percaya neraka)

      Dan klo umat lo meninggal bakal masuk surga (dipastikan 100% masuk hanya dgn ibadah,kata hamba, wes hebat hanya ibadah tanpa perbuatan bs masuk keren chuy) dan ada 72 bidadari yg siap diperawani . sudah pasti itu buat pria yg masuk surga.
      Nah, gw pengen tau apa ada 72 malaikat perjaka buat yg wanita? krn ngak tertulis klo buat wanita.

    • din

      untuk otaku-ism mana dalil dari pernyataan anda dalam al quran.kalu berargumen kasih bukti dong

  7. hein

    @Fitri

    Fitri says
    Yang punya blog kan, mas chodet. :D :mrgreen:

    Saya mau beragama apapun itu hak saya.
    —————————————————————-

    apakah dengan menanyakan kenapa anda pindah agama berarti saya memaksa anda pindah agama?

    pandangan anda sungguh ***** :)

    apakah anda melihat komentar2 saya di atas memaksa anda untuk pindah agama?

    inilah terlihat ke ********sensor****** hati anda

    • otaku-ism

      itulah. kaum nya ngak mengakui klo dirinya berdosa. ditanya soal 7 dosa apa yg dia punya malah dijawab itu ngak tau krn abstrak. lha iman lo ngak abstak apa? berarti imannya sendiri patut dipertanyakan.
      tanya aja ama hamba. dia sendiri yg ngomong. wkkkk

  8. @ hein
    Silakan teruskan menghina aku. Tapi aku maklum kamu hina aku karena tidak mampu menyanggah artikel di atas. Mungkin kamu merasa paling pintar dan hebat, lalu yang lain kamu anggap bodoh. Seperti itulah perlakuan kaummu selama ini terhadapku.

    Apapun yang kamu katakan tidak akan bisa mengajak orang untuk OOT.

  9. the christian

    Allah nya org islam qk malah punya batasan bahasa n waktu eahh,,,gmana tuh???katane tuhanya maha bisaaa tapi apa???bahasa yg dipahami qk bahasa arab ajah mana gag boleh diterjemahin,, org di dunia nie bnyak gag org arab ajah,,,,

    • din

      itu untuk menjaga keaslian bung and bahasa arab mempunyai akar kata yang lebih banyak dari bahasa manapun. sepertinya ente harus mempelajari bahasa dunia dulu untuk mengerti kenapa al quran diturunkan dalam bahasa arab

    • Walaupun diterjemahkan ke dalam banyak bahasa, klo memang maha kuasa pastilah tetap asli….kan gitu toh logikanya….

    • din

      @penuai
      tiap bahasa mempunyai keterbatasan kosa kata sendiri bunk. sepertinya anda perlu belajar bahasa lagi

    • Blues

      ya biar orang non-arab bisa di bo’ongin ma orang arab, n biar mereka lebih mencintai bangsa arab dari pada bangsanya sendiri..

    • @ The BAHLUL Christian
      ALQURAN asli berbahasa ARAB dan bertuliskan aksara ARAB
      lalu dibuat Alquran dengan TAFSIR nya alias Alquran yg bertuliskan bah ARAB disampingnya ada TERJEMAH nya dalam berbagai bahasa, disitu kita dipacu untuk belajar mengerti arti bahasa arab dan juga dapat membaca Alquran yang bertuliskan Arab
      .
      Bandingkan dengan BIBLE kalian umat kristenen ! Ada terjemahan ato TRANSLATION ( have been made base on choice of words ) dan ada VERSI ato VERSION ( content defferent number of books inside )
      .
      Didunia ini ada kira kira lebih dari 50 VERSIONS of BIBLE dalam bahasa Inggris saja dan disamping itu ada lebih dari 1000 TERJEMAH dan DIALECT dari berbagai bahasa, dan sebagai contoh silahkan lihat dibawah :
      .
      1. BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24)

      Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

      2. BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66)

      3. BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73)

      4. BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78)

      5. BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia “Canon Sempit” memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia “Canon luas” termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81)

      6. BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65)
      .
      TRING TRONG ……. KAGET yahhhhhhhhhh !
      .

  10. John-Taylor

    Ampuun……..
    kok bisa begini…aku bingung….

  11. melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.
    Wkwkwkwkwk….knapa ndak sekalian aja anda suruh seluruh umat muslim klo mo dioperasi ndak usah pake anastesi (bius)…..klo mo operasi cecar (melahirkan) langsung aja di sayat2..karena bius itu memabukkan…haram hukumnya…

    Artikel anda mengada-ada saja…posting artikel yang lebih bermutu dong sobat.

  12. AJARAN KASIH GAK JELAS! KENAPA KALIAN TIDAK MENARUH BIBLE DI TOILET UNTUK DIJADIKAN TISSUE? LUMAYAN TUH BUAT CEBOKIN PANTAT !!!

    • servant

      ya uda,, coba lw praktek kan ,, jgn banyak bacot,,
      kalo bnyk bcot lw lw seorang pecundang , banci , manusia sampah,, manusia busuk,, uda jlek hidup lagi ,, kasian bener hdup lw,,

  13. hamba,

    Dalam surga nanti ada sungai Anggur merah yg melalui daerah penghuni surga , siapa yg punya dan dapat meminumnya akan terbang dan melayang layang badannya,diperuntukkan untuk orang yg beriman dan tidak pernah meminum Alkohol dgn sengaja didunia walaupun sedikit.

  14. Ping-balik: Jangan Lupakan Poso |

  15. dodol

    Memang alkitab umat nasrani lebih dari 60 kitab. dengan penulisnya sekitar 40 an orang. & gk ada pembatasan yang layak di pakai & tidak untuk diterapkan pada umat. maksudnya antara yang benar2 bisa dipertanggung jawabkan dengan yang asal nulis & gk ada riwayatnya. jadi umat kebanyakan hanya ikut apa yg dikatakan para pendeta/pastor mereka. ini saya baca dr tulisan mereka sendiri.

  16. jonathan

    Kalo pemabuk tetap aja di halalkan, walaupun itu setetes,,ya kalo udah haram ya haram, nda perlu banyak atau sedikit..

  17. are

    Coba tanya kependeta..jika dia mau tampil digereja dia minum yg ber alkohol dulu biar pede..dan sesama pendeta,atau pendeta sama pastur itu saling fitnah..karena masing masing mempertahankan omset domba mereka…apakah ddemikian..

  18. anangovic

    alkoholik kecanduan alkohol
    perokok kecanduan rokok
    narkoba juga bisa bikin kecanduan
    artinya jika kita diperbolehkan minum sedikit dan ga boleh sampe mabuk, bukannya itu kontradiksi?itu sih malah mendorong kita untuk jadi adiksi(kecanduan) dan itu sih sama dengan menjerumuskan karena menyuruh kita untuk merasakan enaknya alkohol dan jadi ketagihan deh..
    apakah seorang yang meminum alkohol, apalagi yang kecanduan akan bisa menghentikan kebiasaan minumnya.TIDAK.karena dia sudah kecanduan.dan itu berawal dari sesuatu yang sedikit.dan tubuh biasanya akan merespon dengan peningkatan dosis untuk bisa sampai mabuk.karena alkoholik biasanya mabuk baru berhenti, karena alkohol juga sifatnya semakin diminum smakin haus lah kita.enakan es cendol seger.
    dalam kristen disebutkan “Bahwa arak yang sedikit itu baik buat perut.”
    Kalau omongan itu betul, niscaya yang sedikit itu perlu dihentikan, sebab minum arak sedikit, dapat membawa kepada yang banyak. Gelas pertama akan disambut dengan gelas kedua dan begitulah seterusnya sehingga akhirnya menjadi terbiasa. karena definisi sedikit itu ga jelas berapa. dan kalo dibilang sedikit itu klo ga sampe mabuk, siapa yang menyangkal bahwa alkohol ga bikin ketagihan?udah pasti dia akan sambung menyambung gelas.
    sedangkan dalam Islam memberikan penilaian bahwasanya yang sedikitpun diharamkan karena hal yg sudah saya sebutkan tadi,
    “Minuman apapun kalau banyaknya itu memabukkan, maka sedikitnya pun adalah haram.” (Hadits Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tarmizi)
    dan sungguh alkohol membawa kepada kerusakan organ2 tubuh kita yang sudah dianugrahkan/dipinjamkan Tuhan kepada kita. carilah oleh kalian dampak2 minuman beralkohol. pun kalian yang memakan babi, yang awalnya pada bible yang diharamkan adalah babi, tapi entah kenapa bisa berubah jadi babi hutan, jadi babi yang diternakkan itu boleh dikonsumsi.
    padahal kalian tahu sendiri apa kandungan babi itu kan?cacing pita yang tidak bisa mati hanya dengan dimasak. sungguh apa yang datangnya dari Tuhan yang sebenarnya, pasti itulah demi kebaikan hambaNYA.
    dan mana yang lebih masuk akal seandainya kalian adalah seorang yang sedang benar2 dalam pencarian, konsep mengenai keTuhanan yesus dalam kristen atau keNabian yesus dalam Islam???dalam ayat2 alkitab sendiri banyak dikisahkan tentang sifat manusiawi yesus. bagaimana dia bisa lapar, bagaimana dia tidak mengenal tentang musim buah. dan sifat2 manusia lainnya. dan kalian bilang itu adalah pengejawantahan yesus sebagai contoh bagi umat manusia???
    sungguh yesus sendiri pun bahkan menampik anggapan kalian ini, lihatlah ayat ini:
    * Yohanes 14:6
    Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”
    bukalah mata hati kalian. carilah kebenaran dengan pandangan obyektif. pernahkah kalian berfikir jika seandainya kalian terlahir di keluarga yang menganut keyakinan yang berbeda dengan keyakinan kalian sekarang?apakah kalian akan tetap bisa meyakini apa yang kalian yakini sekarang?carilah dengan sebenar2nya. jangan hanya asal ikut orang tua. sesungguhnya disitu yesus berkata bahwa yang selamat adalah melalui perantara yesus sebagai nabi(pembawa pesan) Allah.
    carilah kebenaran yang sesungguhnya secara obyektif kawanku…

    “Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan”. (Al-An’aam : 6)
    sungguh bahwasanya agama kalian telah mempersekutukan Allah dengan nabinya(yesus) dan juga jibril(roh kudus).
    bahkan dalam alkitab Yesus dengan tegas mengatakan bahwa dirinya bukan Tuhan :

    · Yohanes, 20:17 à “Aku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.

    · Yohanes, 8:54 à “Jika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa/Allah-kulah yang memuliakanku.”

    · Matius, 18:19 à “Permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa/Allah-ku di sorga.”

    · Markus, 10:18 à “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”

    · Matius 19-17 à “Hanya Satu yang baik … turutilah perintah Allah.”

    · Semua yang tidak mengakui dirinya sebagai Tuhan, ia tidak pantas disebut sebagai Tuhan.

    · Karena Tuhan pasti menyebut diri-Nya sebagai Tuhan : Im 19:31 & Yes 43:11.

    Pernyataan Yesus tersebut diatas, menggambarkan suatu dialog dirinya, bahwa keadaannya adalah Nabi/Rasul, dengan tugasnya menyeru manusia menyembah pada Allah Saja. Tidak melibatkan Yesus sendiri dalam penyembahannya. Kalau dibaca secara seksama, maka perkataan yang dapat ditangkap oleh kita.

    1. Kata Bapa, itu bermaknah Tuhan : Allahku dan Allahmu, sebagai Tuhan, tujuan Yesus pergi meninggalkan kaumnya. Jadi kalau disebut Bapaku dan Bapamu, akan menberikan arti bahwa Allah itu adalah bapa semua orang.

    2. Semua kemulyaan dari Allah, demikian juga kemulyaan Yesus sebagai Nabi, itu datangnya dari Tuhan.

    3. Yesus tidak dapat mengabulkan doa, melainkan atas pengkabulan bapanya yang di sorga.

    4. Prinsip Yesus: didunia ini tidak ada yang baik, kecuali Allah, dan menuruti perintah Allah.

    5. Jadi tidak ada unsur unsur ketuhanan pada diri Yesus

    Sedangkan konsep tentang Tuhan menurut Yesus adalah Esa, bebas dari segala jenis paganisme dan syirkah syirkah ketuhanan dalam demensi politheis. Yesus tidak pernah menggambarkan, bahwa tuhan itu adalah dirinya, tetapi Yesus mendudukkan bahwa Tuhan Itu Esa. Demensi ketuhanan tersebut diulas dalam alkitab dengan bahasa yang berbeda beda, menunjuk pada tuhan dimensional, yang tidak berunsur biologis.

    Matius, 4:10 à “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”

    Matius, 23:8 à “Hanya satu Rabimu.” (Ini Pernyataan Yesus)

    Markus, 12:29 à “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.” (Ini Pernyataan Yesus)

    Markus, 12:32 à “Tidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah (Ini Pernyataan Yesus)

    Lukas, 10:21 à “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.” (Ini Pernyataan Yesus)

    Yohanes, 5:44 à “Allah yang Esa.” (Ini Pernyataan Yesus)

    Yohanes, 17:3 à “Mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.” (Ini Pernyataan Yesus Semua yang lebih dari satu, tidak pantas disebut sebagai Tuhan karena Tuhan Maha Satu. Laa Ilaaha illallah (Tiada tuhan selain Allah), senada dengan :

    Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35

    Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4

    Allah adalah nama Tuhan untuk selama-lamanya (bukan Yesus) : Keluaran, 3:15

    Laa Ilaah Illallah (Tiada tuhan selain Allah) : Yesaya, 46:9.

    Kalimat Laa Ilaah Illallah (Tiada Tuhan selain Allah), adalah kalimat yang kekal sejak dahulu kala, hingga datangnya nabi Muhammad, tidak pernah berobah. Sedangkan kata “Damai” dalam alkitab berasal dari Kata Salom (arab aram) sinonim Islam. Jadi agama yang dibawa nabi nabi, hingga nabi terakhir dari Israel, Yesus, adalah agama Salam (Islam). jadi Secara Defacto semua pengikut Yesus, selalu menyebut “SALAM” (islam).

    Ayat ayat alkitab tersebut kalau disarikan adalah:

    1. Perintah Yesus: “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”.

    2. Perintah Yesus: “Hanya satu Rabimu.”

    3. Perintah Yesus: “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”

    4. Perintah Yesus: “Tidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah

    5. Perintah Yesus: “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”

    6. Perintah Yesus: “Allah yang Esa.”

    7. Perintah Yesus: “Mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.

    Perintah Yesus tersebut juga didukung Alkitab Perjanjian lama.

    1. Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35

    2 Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4

    3 Allah adalah nama Tuhan untuk selama-lamanya (bukan Yesus) : Keluaran, 3:15

    4 Laa Ilaah Illallah (Tiada tuhan selain Allah) : Yesaya, 46:9.

    Fakta fakta tersebut membuktikan, bahwa Yesus melanjutkan misi kenabian sebelumnya yang sama sama mengajarkarn ” TUHAN ESA“. Disisi lain Yesus atas dasar wahyu Tuhan memastikan keberadaan Tuhan (Eksitensi Tuhan ) sebagai Berikut.

    Matius, 23:9 à “Janganlah kamu menyebut siapapun Bapa/Allah di bumi ini, karena hanya satu Bapa/Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga.”..Ini pernyataan yesus, yang menyangkal bahwa manusia yang pernah hidup di bumi bukan tuhan. Tentu juga Yesus yang lahir dari maria, termasuk manusia yang hidup di bumi dan besar di bumi. Kalau hidup di bumi menjadi ukuran sebagai tuhan, maka semua yang ada dibumi bisa disebut tuhan, sebagaimana keyakinan yang beredar dikalangan Dinamisme dan animism. Tetapi pengembaraan Yesus di bumi, bahwa ajaran agama Yesus itu adalah Pancasila Pertama dari Dasar negera Negara itu, yang sangat kontruktif menempatkan tuhan, penguasa segala galanya,

    Matius, 6:9 à “Bapa/Allah kami yang di sorga.”

    Matius, 5:48 à “Bapa/Allahmu yang di sorga adalah sempurna.”

    Matius, 10:32 à “Di depan Bapa/Allah-ku yang di sorga.”

    Matius, 12:50 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”

    Matius, 15:13 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”

    Matius, 16:17 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”

    Yohanes, 6:32-33 à “Bapa/Allah-Ku yang memberikan kamu roti dari sorga.”

    Matius, 18:10 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”

    Matius, 18:19 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”

    Matius, 7:21-23 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”

    Semua ini menyimpulkan bahwa yang ada di bumi adalah ciptaan Allah dan tidak pantas disebut sebagai Tuhan , bahwa ,dari bukti bukti alkitab, Yesus adalah seorang hamba yang lahir dan hidup dibumi, sedangkan tuhan tidak mengalami proses kelahiran dan kematian, seperti kata alkitab bahwa sifat tuhan itu Alfa dan Omega, Yesus tidak memiliki itu:

    Kejadian, 1 & 2 à “Allah menciptakan langit dan bumi.”

    Lukas, 10:21 à “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”

    · Tuhan memang tidak dapat dilihat di bumi oleh manusia biasa :

    Yohanes, 1:18 à “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah.”

    1Timotius, 6:16 à “Dan memang manusia tidak dapat melihat Dia/Allah.”….

    Kel 19:24 à “Rakyat tidak boleh menghadap Tuhan, supaya jangan dilanda-Nya.”

    Kel 20:19 à “Janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”

    Kel 33:20-23 à “Tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.” Bahkan Yesus menyangkal, kalau dia melihat Allah. Karena tuhan memiliki sifat sifat ghaib yang sulit ditembus oleh mata biasa, tetapi bisa dirasakan oleh manusia yang berdemensi kenabian. Dan bukti bukti itu terdapat pada generasi nabi, mereka rata rata menyebut tentang wajah tuhan yang tidak terlihat, karena aura ketuhanan itu berbeda dengan aura manusia.

    Sebab Yesus sebagi seorang Nabi dan rasul, yang bertugas meletakkan asa ketuhanan monotheis. Gelar kerasulan yesus itu sendiri diabadikan dalam alkitab dengan sangat indahnya.Yesus mengatakan bahwa dirinya hanya seorang Rasul/Nabi/utusan Tuhan/pemimpin, yang akan membawa umat Israel mengenal Tuhan Allah:

    • Yohanes, 12:49 à “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Yesus Rasul/utusan Allah.

    • Matius, 15:24-26 à “Aku diutus hanya kepada … umat Israel .” = Yesus Rasul/Utusan Allah.

    • Yohanes, 17:3 à “Yesus yang telah Engkau (Allah) utus.” = Yesus Rasul/utusan Allah.

    • Matius, 10:40 à “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Yesus Rasul/Utusan Allah.

    • Matius, 23:10 à “Hanya satu pemimpinmu yaitu Mesias.” = hanya Pemimpin umat, pembimbing manusia bani Israel yang menyandang domba tersesat.

    • Markus, 6:4-6a à “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah, pengabar Injil.

    • Lukas, 4:18 à “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” =Yesus Rasul/Utusan Allah.

    • Lukas, 4:24 à “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah. Lebih pribadi sifatnya

    • Lukas, 4:43 à “Untuk itulah aku diutus.” = Yesus Rasul/Utusan Allah.

    • Lukas, 7:16 à “Yesus membenarkan orang yang mengatakan dirinya hanya Nabi.”

    • Lukas, 7:39 à “Yesus diam saja, ketika orang menyebut dirinya hanya seorang Nabi.”

    • Lukas, 9:48 à “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Yesus Rasul/Utusan Allah.

    • Lukas, 10:16 à “Dia/Allah yang mengutus aku.” =Yesus Rasul/Utusan Allah.

    • Yohanes, 4:34 à “Dia/Allah yang mengutus aku.” =Yesus Rasul/Utusan Allah.

    • Yohanes, 4:44 à “Yesus bersaksi bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.

    • Yohanes, 4:19 à “Yesus membenarkan wanita yang menyebut dirinya hanya Nabi.”

    • Yohanes, 6:38 à “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 6:39 à “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 6:57 à “Bapa/Allah mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 7:16 à “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 7:33 à “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 8:29 à “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 8:18 à “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 9:4 à “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 11:42 à “Engkaulah (Allah) yang mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Yohanes, 17 :6-9 à “Engkaulah (Allah) yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.

    • Semua yang diutus Tuhan adalah hamba Tuhan : Mat 12:17 & Kis 4:27.

    • Hamba Tuhan tidak pantas disebut sebagai Tuhan: Mat 19:17 & Luk 18:18 & Mark 10:18.

    Semua ayat ayat kutipan tersebut merupakan bukti bukti yang tidak dapat dibantah, bahwa Yesus adalah Utusan Tuhan, yang memebawa berita gembira (Injil) kepada umat Manusia. Dia membawa perintah perintah Tuhannya, melengkapi penghambaan manusia ciptaannya di muka bumi dengan “SATU TUHAN” (ALLAH) yang tidak pernah terlihat oleh mata siapapun atau terlintas dalam benak manusia manapun. Tuhan sifatnya Yang Esa, hanya dapat dirasakan oleh manusia yang berdemensi kenabian, sehingga terhunjam dalam dirinya suatu keyakinan bahwa Tuhan itu benar adanya. Semoga dengan penguraian tersebut akan menjadi tambahan ilmu bagi kita semua. dan semoga kita diberikan petunjuk untuk bisa menuju kepadaNYA.
    Amiiiin

  19. maret

    Jangan membalas sedikitpun..ingat pesan kasih dari Tuhan..doakan semoga berkat dicurahkan dan diampuni segala dosa-dosanya..

  20. ann

    hmm…ribut banget y?.
    kenapa islam mengharamkan?.krn banyak madhorotnya daripada baiknya.
    AGAMAMU AGAMAMU,AGAMAKU AGAMAKU.
    so,lihat ja di endingnya.btw,udah pada sungguh2 blm mencari agama yg sebnar2nya baik?.itu penting banget!,sungguh!!!
    mau mengejek islam segimana pun tak akan berkurang kehormatannya.so,yg beragama islam jangan khawatir.smg Allah ta’ala membri mereka hidayah.aamiiin yaa Rabbal ‘alamiin… :)

    • maret

      Ya setuju dengan anda..bagi saya kebenaran adalah Yesus Kristus Tuhan dan Juru Selamat Dunia dan bagi anda kebenaran terdapat dalam diri Nabi Muhammad SAW..mari masing-masing mengimani tanpa meributkan keyakinan satu dengan lainnya..Tuhan Yesus memberkati

  21. mana lebih baik perang atau damai?

    Please… kaum nasrani, kita kan sudah di ajarkan kasih, jadi kasihanilah mereka… mereka tidak tahu apa yang mereka tuliskan atau lakukan. Kalau mereka tau mereka tidak akan berani melakukan ini semua, apalagi memikirkannya.
    Dan untuk anda-anda yang menentang nasrani… kami pun kaum nasrani perlu berdoa sungguh-sungguh sebelum mempelajari ayat-ayat2 alkitab. Karena tanpa doa/ tuntunan dari TUHAN semua usaha kami mempelajari alkitab akan sia-sia dan sebagai ganti-nya setan akan merasuki jiwa dan pikiran kami untuk menyangsikan kebenaran alkitab.
    Hentikanlah semua ini… Roda itu berputar, kita semua saling membutuhkan.
    Dan sekali lagi utk kaumku nasrani… pikirkan baik-baik, TUHAN kita itu maha kuasa, jadi dia tidak memerlukan anda atau saya untuk membela-nya atau membela firmanNYA.
    Kalau IA kehendaki, batu pun akan berbicara kemuliaan-NYA.
    Hentikan pertentangan ini… biar mereka bisa melihat ajaran kasih yang YESUS ajarankan… FIRMAN TUHAN TIDAK BOLEH DIPERDEBATKAN, kita doakan mereka yang tidak mengerti. Umat muslim pun adalah saudara kita dari sisi Ismael.
    Kira-NYA TUHAN memberkati kita semua.
    *Mari bersatu untuk negara kita, jangan terpecah belah untuk hal-hal seperti ini*

  22. Ichsan Nuel Fuadi

    wah, ane terkesima baca ini komentar.

    namun saya hanya orang awam yang ingin mengetahui penjelasan.

    Saya masih bingung sampai sekarang.
    Apa Agama dan keyakinan Yesus, saya hanya bertanya, karena saya sering baca Alkitab, namun saya belum menemukan Bahwa Yesus meyebut dirinya menganut keyakinan KATOLIK atau PROTESTAN.
    Atau dikarenakan saya belum membaca keseluruhannya, karna baru kebaca setengah. he

    Sampai sekarang saya juga bingung, dan mengambil kesimpulan seadanya dari pengalaman dan pembelajaran saya yg ada,
    Bila Yesus mati disalib untuk menebus dosa-dosa umat.
    maka saya rasa, tidak perlu ada agama lagi setelah Matinya Yesus.
    Cukup percaya, ” Bahwa Yesus mati untuk menebus dosa umat”
    Karena Yesus mengatakan menebus Dosa umat, tanpa mengatakan mengikuti agama yang mana dianut.
    Sedangkan yang saya ketahui, agama Protestan ada setelah kematian Yesus.
    Maka dapat dipertanyakan, Siapa yang menjadikan agama itu.
    saya hanya tau 1 orang yaitu PAULUS.

    maaf agan2 semua, ini hanya pemikiran dari pembalajaran saya, yang saya pelajarin.

    • @Ichsan NF
      Dilihat nama sih anda muslim, tapi nanya soal kristen, atau barangkali anda yang sudah jadi KRISTEN walaupun dari keluarga muslim, kali ?
      Ok gak apa apa !
      .
      More than 50 VERSIONS ( defferent number of books inside ) of the Bible in English alone (http://www.bible.ca/b-many-versions.htm ) and more than 1000 languages and dialect ( TRANSLATIONS ) of the Bible world wide
      .
      Berapa banyak buku2 yang ada didalam BIBLE ?
      Jawaban tepat atas pertanyaan ini tergantung pada yang satu menganggap Alkitab.

      BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24)

      Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

      BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66)

      BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73)

      BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78)

      BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia “Canon Sempit” memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia “Canon luas” termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81)

      BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65)

      .
      Nah klo info dibawah ini lain lagi, semoga anda menjadi tau ya …. !

      PERBEDAAN antara ajaran YESUS dan KRISTEN saat ini :

      Yesus : Yesus utusan Tuhan (bukan Tuhan) Mat 10:56; 15:24; Yoh 11:42; 17:3; 13:16,20; 14:28
      Paulus : Yesus adalah Tuhan 1 Kor 8:6; Rom 10:9;
      Yesus : Yesus tidak membatalkan hukum Taurat Mat 5:17-20
      Paulus : Tak seorangpun dibenarkan karena melakukan hukum Taurat Gal 2:16
      Yesus : Menggenapi hukum Taurat Mat 5:29-30,34
      Paulus : Kristus adalah kegenapan Rom 10:4
      Yesus : Yesus disunat Luk 2:21; Kej 17:10-14; 21:4
      Paulus : Tidak perlu disunat, Gal 5:6; 1 Kor 7:19
      Yesus : Anak yang lahir tidak membawa dosa Mrk 10:14; Yeh 18:20
      Paulus : Tiap orang yang lahir membawa dosa Rom 5:12
      Yesus : Yesus mengajarkan banyak berwudlu ketika puasa, mengajarkan sujud dan doa dalam sujud Mat 6:17; 26:39; Kel 40:31-32; Bil 20:6; Kej 17:2-3
      Paulus : Mengajarkan bernyanyi-nyanyi di gereja Ef 5:19; Kol 3:16
      Yesus :’Meninggal’ dikafani ( dibungkus dgn kain kafan ) Matius 27 : 59, Markus 15 : 46, Yohanes 19 : 40
      Kristen: Adakah orang Kristen yang dikafani klo meninggal? Kok gak diikuti ajaran Yesus ?

      .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s