KRISTEN MENJPLAK AJARAN BUDDHA 2


AJARAN MENGENAI KASIH
———————
Lukas 6:27-30, 35-36,
“…Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu. Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil jubahmu. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.
Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu,
perbuatlah juga demikian kepada mereka…. kasihilah musuhmu dan
berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan
menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Sang Buddha:
Dharmapada Gandhari 280-281
“….Menaklukkan kemarahan dengan ketidakmarahan, menaklukkan kejahatan dengan kebajikan, … menaklukkan kekikiran dengan pemberian, menaklukkan kebohongan dengan kebenaran, …”
Dhammapada 223
“Kalahkan kemarahan dengan cinta kasih dan kalahkan kejahatan dengan kebajikan. Kalahkan kekikiran dengan kemurahan hati, dan kalahkan kebohongan dengan kejujuran.”

AJARAN MENGENAI KEMARAHAN
————————-
Matius 5:22
“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap
saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya:
Kafir! Harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata:
Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Sang Buddha.
Dharmapada Gandhari 283
“Jangan mengeluarkan amarah, karena tidak mengekang kemarahan akan
menyebabkan kesengsaraan; berpikir bahwa tindakan marah itu manis danbaik, ia kemudian hari akan mengalami penderitaan dari kemarahan itu sendiri

PIKIRAN ADALAH PELOPOR
———————-
Lukas 6:45
“Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan
hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya.”

Hal yang senada diungkapkan pula oleh Sang Buddha
Dhammapada Pali 1-2
“Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin,
pikiran adalah pembentuk. Bila seseorang berbicara atau berbuat
dengan pikiran jahat, maka penderitaan akan mengikutinya bagaikan
roda pedati mengikuti langkah lembu yang menariknya. … Bila
seseorang berbicara atau berbuat dengan pikiran murni, maka
kebahagiaan akan mengikutinya bagaikan bayang-bayang yang tak pernah meninggalkan bendanya.”

KEBERSIHAN BATHIN ADALAH LEBIH PENTING DARIPADA KEBERSIHAN LAHIRIAH
——————————————————————-
Lukas 11:39
“… Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan
dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.”

Hal yang senada diungkapkan pula oleh Sang Buddha
Dhammapada Pali 394
“Wahai orang bodoh, apa gunanya engkau menjalin rambutmu serta
mengenakan pakaian kulit menjangan? Engkau hanya membersihkan bagian luarmu, tetapi hatimu masih penuh dengan kekotoran.”

LEBIH SUSAH MELAKSANAKAN KEBAJIKAN
———————————-
Matius 7:13-14
“Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan dan sedikit orang yang mendapatinya.”

Hal yang senada diungkapkan pula oleh Sang Buddha
Dhammapada Pali 163
“Sungguh mudah untuk melakukan hal-hal yang buruk dan tak bermanfaat, tetapi sungguh sulit untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri.”

MELAKUKAN KEBAJIKAN PADA ORANG YANG MENDERITA
———————————————
Matius 25:40
” …. Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah
seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya
untuk Aku.”

Hal yang senada diungkapkan pula oleh Sang Buddha
Mahavagga 8.26
“Barangsiapa, Oh para bhikkhu, yang ingin melayaniku, layanilah orang
yang sakit (terlebih dahulu).”

PERSEMBAHAN SEORANG WANITA MISKIN
———————————
Markus 12:41-44 (Lukas 21:1-4)
“… datanglah seorang janda miskin dan ia memasukkan dua peser, yaitu
satu duit. … sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak daripada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan…”

Pada cerita Buddhis dikisahkan mengenai seorang wanita miskin yang
menyumbang dua koin tembaga yang ditemukan di tong sampah. Buddha
mengucapkan suatu sajak yang menyatakan keagungan dari pemberian
wanita tersebut karena pemberian itu dilakukan dengan setulus hati,
tanpa ego apa pun.
Di Samyutta Nikaya dikatakan, “sebuah pemberian sedikit dari seorang
wanita miskin sama nilainya dengan pemberian banyak dari seorang
kaya”, karena “dengan hati yang gembira, tiada pemberian yang
bernilai kecil.” (kitab Jataka; Vimanavatthu). Kitab Jataka juga
mengatakan, “Bila anda mempunyai sedikit, berikanlah sedikit; … … ;
bila anda mempunyai banyak, berikanlah yang banyak. Tidaklah patut
bila anda tidak memberi sama sekali.”

MENGABDI PADA DUA TUAN
———————-
Lukas 16:13
Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika
demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau
ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain.
Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”
(Inti dari Lukas 16:13 dan Matius 6:24 adalah bahwa kita tidak boleh
mengabdi kepada Tuhan dan Dewa Kekayaan pada saat yang sama. Hanya bisa pilih salah satu.

Inti dari Udanavarga 13.5 adalah bahwa kita tidak bisa mengejar
Nirvana dan kekayaan sekaligus. Kita harus memilih salah satu.

TIDAK MEMANDANG STATUS SOSIAL ATAU KASTA
—————————————-
Yohanes 4:7, 9-10, 13-15, Yesus meminta air sumur dari seorang wanita yang berkelas sosial rendah. Yesus tidak membedakan status sosial atau suku bangsa.

Dalam Divyavadana, Ananda meminta air sumur dari seorang gadis
Matanggi yang berkasta rendah. Ananda tidak memandang status social
atau kasta.
(Catatan: Ananda adalah salah satu murid terkemuka Sang Buddha)

BERZINAH
——–
Matius 5:27
“… Jangan berzinah. … Setiap orang yang memandang perempuan serta
menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.”

Vinaya,
“Melihat seorang wanita dengan nafsu, kehidupan seorang Brahmacari
(pertapa suci) telah ternoda.”

BEKERJA KERAS DAN DENGAN SABAR MENANTI HASIL
——————————————–
Markus 4:26-29
(26)Lalu kata Yesus: “Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama
orang yang menaburkan benih di tanah
(27) lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan
benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana
terjadinya tidak diketahui orang itu. Markus 4:28 Bumi dengan
sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya,
kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu.
(29) Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit,
sebab musim menuai sudah tiba.”
(Intinya: Yesus meminta muridnya untuk bekerja keras, tetapi juga
harus sabar menunggu untuk memetik hasil panennya, seperti seorang
petani.

Dalam Anguttara-Nikaya, Buddha meminta muridnya bersabar untuk
menunggu hasil panen dari jerih payahnya

BILA DITAMPAR PIPI KIRIMU BERIKAN PIPI KANANMU
———————————————-
Dalam Lukas 6:27-30, 35-36, disebut tentang memberikan pipi kanan
kepada orang yang menampar pipi kiri.

Pada Agama Buddha diambil dari nasehat Buddha kepada Purnna sebelum ia berangkat ke Sunaparanta.

PERUMPAMAAN TENTANG SEORANG PENABUR
———————————–
Kiasan Penabur. Perumpamaan tentang seorang penabur yang menabur
benih dan buah hasil yang tergantung pada berbagai keadaan, seperti
yang ada di Markus 4:3-8.

Perumpamaan tentang penabur dan ladang ada di beberapa tempat di
Buddhisme, seperti di Samyutta-Nikaya iv. 221-22.

RUMAH YANG KOKOH
—————-
Lukas 6:48-49 terdapat kiasan tentang dua kondisi rumah yang berbeda,
“Ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali
dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air
bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan,
karena rumah itu kokoh dibangun. Akan tetapi barangsiapa mendengar
perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, ia sama dengan seorang yang
mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika banjir melandanya,
rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya.”

Dharmapada Gandhari 219-220, terdapat kiasan tentang dua kondisi
rumah yang berbeda,
“Dengan rumah yang ditutupi rapat, hujan tidak bisa masuk ke dalam;
demikian pula, pikiran yang dijaga tidak bisa diterobos masuk oleh
nafsu jahat. Dengan rumah yang tidak ditutupi rapat, hujan akan masuk
ke dalam; demikian pula, dengan pikiran yang tak terjaga, keinginan
jahat akan menerobos masuk.”

KUMPULKAN HARTAMU DI SURGA
————————–
Matius 6:19-21 (Lukas 12:32-34),
“Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi
kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak
merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena
di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”

Udanavarga 10.11
“Seorang harus menyimpan perbekalan iman; karena tidaklah mungkin
untuk merampasnya dari jatah berkahnya, dan ia tidak perlu takut akan
dirampok oleh pencuri. Bergembiralah murid-murid yang telah meraihnya, dan bergembiralah orang bijaksana ketika ia menjumpai murid yang demikian.
Di Sutra Saddharmasmritiupastana,
“Kekayaan materi selalu bisa dirampas atau dihancurkan, tetapi harta-
benda Dharma tidak bisa dirampas oleh raja, pencuri, banjir, atau
api.”
Nidhikanda Sutta (bagian dari Khuddaka-patha) mengatakan bahwa berkah
adalah “harta” yang tidak bisa hilang, tidak seperti benda-benda
duniawi.

HATI-HATI TERHADAP NABI-NABI ATAU PERTAPA-PERTAPA PALSU
——————————————————-
Matius 7:15
“Hati-hati terhadap nabi palsu, yang mendatangimu dengan pakaian
domba tetapi di dalamnya adalah serigala rakus.

Dharmapada Gandhari 2
“Mengapa rambutmu yang seperti pertapa … mengapa pakaian kulit
menjanganmu yang … Dalam dirimu adalah hutan, walau di luar engkau
telah memolesnya.”

POHON YANG BAIK MENGHASILKAN BUAH YANG BAIK
——————————————-
Matius 7:16-20,
“Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah … Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.”

Dalam Buddhisme, banyak tempat yang memberikan perumpamaan demikian, seperti Dharmapada Gandhari 258, dan dalam Udanavarga 9.

MATA ADALAH PELITA TUBUH
————————
Matius 6:22-23
“Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh
tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika
terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.”

Udanavarga 22.5, 27.5,
“Seperti seorang yang mempunyai mata dan dilengkapi lampu, akan
melihat segala benda-benda; … Orang bodoh yang dibelenggu oleh
tubuhnya akan dikungkung dalam kegelapan; …”

MELIHAT KESALAHAN ORANG LAIN
—————————-
Matius 7:3-5
“Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan
balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. Hai orang munafik,
keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat
dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu

Dharmapada Gandhari 271-272
“Bukannya memperhatikan kesalahan yang ada pada orang lain, pun bukan memperhatikan apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh orang lain, melainkan perhatikan perbuatan anda sendiri yang adil dan tak adil.
Kesalahan orang lain mudah dilihat, tetapi kesalahan diri sendiri
susah dilihat. Seseorang membedah kesalahan orang lain seperti
menampi sekam tetapi menyembunyikan kesalahannya sendiri seperti
seorang penjudi curang.

Kesimpulan:
Dari banyaknya persamaan tersebut ada teori menarik yang mengatakan
bahwa Yesus pernah mempelajari Agama Buddha di India. Hal ini
tidaklah mustahil, mengingat pada jaman itu telah ada rute
perdagangan antara India dan Eropa. Mungkin pula Yesus merupakan
seorang suci Buddhis pada masa itu, yang kemudian kembali lagi ke
negerinya guna menyebarkan ajaran yang baru dipelajarinya di India.
Namun itu tidaklah penting dari hal-hal di atas telah dapat
dibuktikan bahwa kedua Guru Besar tersebut telah mempunyai pesan
universal yang sama. Hal ini juga membuktikan bahwa ada perembesan
atau pengaruh Buddhisme di dalam Agama Kristen.
Marilah kita hentikan Kristenisasi dengan cara apapun.

Tambahan:
Pengakuan Guru Gnostik:
Akhir kata, Bardesanes, guru Gnostik yang terakhir mengakui pengaruh
ajaran-ajaran Buddha, pernah mengatakan bahwa “Di banyak titik dengan nyata Agama Kristen memperlihatkan infiltrasi dari paham-paham timur (yaitu Buddhisme dan Hinduisme).”

Ajaran tentang Reinkarnasi:
Memang di Kristiani awal ada doktrin reinkarnasi (seperti sekte
Arianisme, Catharisme, dan Origenisme dari Katolik), dan Yesus tidak
pernah menolaknya. Namun ide ini dilarang oleh Konsili Nicea pada
tahun 543 ketika Gereja memutuskan untuk memiliki lebih banyak
kendali atas kehidupan umatnya dengan mengatakan bahwa mereka hanya mempunyai satu kali kehidupan dan kesempatan untuk bisa diselamatkan, dan satu-satunya jalan hanyalah melalui Gereja.

Tulisan terkait : KRISTEN MENJIPLAK AJARAN BUDDHA

About these ads

55 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

55 responses to “KRISTEN MENJPLAK AJARAN BUDDHA 2

  1. kebenaran itu milik Allah, kebenaran itu selalu dibicarakan setiap jaman dan selalu berusaha dihilangkan setiap jaman pula.

    Jiplaklah yang benar dan rasional…xixixi

  2. ternyata kristen tuh agama jiplakan yah???waduuuuhhhhh . . . . . . . . . .
    kok bisa ya??apakah mereka gak takut sama tuhan??kok agama dimodifikasi . . . khan dulunya kristen tuh agama nasrani khan??yang mengajarkan tauhid kepada Allah

    backlink ya ke cafetaria-latansa.blogspot.com
    trims

  3. Saya sendiri bingung, kok bisa mirip gitu ya? Hari minggu sore kemarin saya nonton Film Kera Sakti di TPI. Di situ Ton San Cong bicara pada muridnya, “jika musuhmu menampar pipi kirimu maka berikan pipi kananmu”. Saya kaget kenapa bisa mirip dengan kristen. Artikel di atas ini bukan fitnah karena saya lihat sendiri ajaran Buddha di film tersebut.

    Tolong yang kristen dan buddha, jelaskan kenapa ajaran kalian begitu mirip?

    • hasian cinduth

      karna Kristen dan Buddha itu sama-sama mengajarkan tentang ‘KASIH’.

    • Kasih apa?

      Apa membela Israel menyerang Palestina juga ajaran kasih?

      Apa menjelekkan Islam juga di sebut ajaran kasih?

    • otaku-ism

      “Apa membela Israel menyerang Palestina juga ajaran kasih?”

      kayaknya ada yg kasih pertanyaan super duper GUOBLOK. Ngak usa bela Israel, Lha dikeroyok ama negara liga Arab masih bisa bertahan. AMPE SEKARANG!! Mana yg DUDUD uda main keroyokan masih aja kalah. Malu2′in.
      LG’an Kera sakti itu cuman semacam drama dr kisah journey to the West yg di modernkan. Lo yakin di cerita Journey to the West, ada tulisan itu. Blom baca bukunya uda sok yakin. Klo uda BEGO, jangan ampe keliatan TOLOL nya.

    • Mamad Playboy

      malah lebih bagus perilaku monyet dibanding Nabi Mamad kan??

      di kera sakit, semua nyawa makhluk hidup tuh dihargai..
      ngak kayak di Islam
      main bunuh aja…ckckck

    • otaku-ism

      untung nya waktu itu mamad ngak ketemu Sun Go Kong. klo ngak bisa liwat duluan sebelum kekuasaan gede ama nindih Aisyah. Raja Monyet kok dilawan.

  4. kamarul

    konsepnya memang sama:

  5. Yos Tan

    Tadi saya search ajaran Budhha dan dapat halaman web ini. kebetulan saya juga beragama Budhha. Saya tidak mempermasalahkan Kristen menjiplak Budha atau Budha menjiplak Kristen, tapi yg penting ada essensinya. Bahwa ajaran ini membawa kedamaian batin. Tidak sebuah ajaran kekerasan atau penuh kebencian yg seperti diperlihatan di web ini. Karena buah jatuh tidak jauh dari pohonnya dan begitu juga lah diri kita mencerminkan ajaran/agama yg kita anut. Dan saya salut kepada kaum kristen karena bisa berdampingan dengan damai dengan kami dan umat lainnya, yg tidak kami dapatkan dengan sahabat kami dari kaum islam, seperti tertulis Dharmapada Gandhari kita harus berbuat kebajikan dan mengalahkan kemarahan seperti halnya ajaran Yesus tentang Kasih, seharusnya begitu jugalah ajaran Muhammad. alangkah indahnya jika Kebajikan, Kedamaian , dan Kasih hidup berdampingan di antara kita semua.

  6. Sebetulnya yang suka memulai kemarahan umat muslim adalah umat agama lain, yang sering memaksakan keyakinannya kepada penganut agama islam, dan paling suka melecehkan nabi dan rosulnya umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW, kalau umat lain mau jual ya kita beli, siapa takut.

    • hh

      Mas Y Hidayat,
      dengan komentar mas ini sepertinya kemarahan itu melekat kuat dalam diri mas, dan tidak boleh diganggu ganggu.

      Prinsip “Kalau ada yang jual kita beli” tidaklah cocok dalam semua sisi kehidupan terutama dalam kehidupan beragama, kalau diaplikasikan dalam bentuk kekerasan. Untuk apa membeli kalau yang dijual itu adalah sesuatu yang tidak berguna? Tetapi kalau prinsip itu diterapkan dalam merespon dengan cara baik baik, alangkah indahnya. Misalnya seseorang mencoba membagikan kebenaran agamanya kepada anda, berikan saja respon yang baik dengan cara menjelaskan apa yang baik yang dimiliki oleh agama yang anda anut. Kalau ada orang yang mencoba mengutarakan sesuatu yang tidak baik dari Nabi anda, berikan saja respon yang baik dengan penjelasan bahwa semua yang dituduhkan itu tidak benar.

      Sama halnya kalau seseorang mencoba mengatakan bahw Yesus itu bukan Tuhan, dan semua kejelekan kejelekan yang lain, saya akan meresponnya dengan baik dengan memberikan bukti bukti alkitabiah bahwa tuduhannya itu adalah salah. Mengapa saya harus marah terhadap orang yang menganggap rendah Tuhan saya? Itu bukan urusan saya.

      salam

  7. hh

    @Mr. Chodet22
    Semua yang mas uraikan diatas adalah hal hal yang baik: menerapkan kasih dan mengalahkan kemarahan, menjaga pikiran tetap jernih dan jauh dari hal hal yang jahat, kebersihan lahirian dan batiniah, melakukan kebajikan sekalipun susah untuk melakukannya, suka memberi, jangan mengabdi kepada dua tuan (kalau menyembah Allah jangan lagi minta pertolongan pada jin dengan jimat jimatnya dan mantra mantranya), mengumpulkan harta di sorga, menjadi pohon yang baik agar berguna bagi orang lain, jangan berzinah, dll, dll, dsb.

    Mengapa tiba tiba dalam kesimpulan anda mengatakan: Marilah kita hentikan Kristenisasi dengan cara apapun.
    __________
    @Mas Wedul
    Semua hal yang diuaraikan dalam artikel diatas adalah hal yang benar dan rasional, dan anda mengajak unuk meniru hal hal yang benar dan rasional. Mengapa Mas tidak menirunya?

    @Bayu Rahmatullah
    Tidak ada modifikasi dalam kekristenan. Kalau ada persamaan itu wajar, dan karena memang seperti itulah dasar dari kerajaan Tuhan; Tanpa kekerasan dll yang bersifat tidak baik.

    @Neng Fiet
    Neng tidak perlu bingung karena ada kemiripan ajaran dalam dua agama atau lebih, sepanjang ajaran tersebut tidak bertendangan dengan kebaikan Tuhan dan kemanusiaan. Tetapi, berpikirlah (bila perlu bingunglah) bila ajaran ajaran suatu agama itu berbeda sama sekali dari kebaikan-kebaikan yang sudah diuraikan dalam artikel diatas. Bingunglah bilamana ada agama yang membenarkan/memberlakukan kekerasan.

    salam

  8. noname

    terus terang saya juga merasa ga nyaman kalo sudah dialog sama yg muslim, bawaan mereka emosional dan sepertinya selalu mencari perselisihan dengan non muslim.
    bukan bermaksud menyudutkan, tapi emang kenyataan, mungkin dunia akan aman jika ajaran muslim direvisi untuk masalah kekerasan, atau kalo perlu di hapuskan. karena ajaran tersebut menebarkan kebencian.
    maaf sekali lagi maaf buat yg muslim…
    peace

    • jaj

      ====>terus terang saya juga merasa ga nyaman kalo sudah dialog sama yg muslim, bawaan mereka emosional dan sepertinya selalu mencari perselisihan dengan non muslim.)))
      _______________________________
      perselisihan diantara muslim dan nonmuslim itu ga usah dicari emang sudah dari sonohnya berselisih!!!kalo ga mau ada perselisihan dialognya sama batu atau sama bata dijamin ga bakalan ada perselisihan!!!!maaf sekali lagi maaf buat yg nonmuslim….
      _________________________________
      =====>bukan bermaksud menyudutkan, tapi emang kenyataan, mungkin dunia akan aman jika ajaran muslim direvisi untuk masalah kekerasan, atau kalo perlu di hapuskan
      _________________________________
      kalo emang kenyataanya ajaran muslim di revisi atau dihapuskan, kayaknya makin ga aman aja dunia malah kiamat kali!!!!contohnya makin betah aja para uskup melakukan pelecehan seksual di gereja, makin rame aja pembantaian umat protestan oleh katolik makin rame aja pembantaian israel terhadap palestina,masihhh banyak lagi….

      yahhhh mungkin mereka merasa melakukan apasaja tidak bakalan berdosa karena dosanya sudah ditanggung sama tuhanya. enteng banget saratnya cuma percara ajahhhh tanpa ada usaha lain..GITU AJA KOK REPOOOOOT gusdur bilang..

      berbuat apapun seenak udelnya asal seneng walau sikut kiri sikut kanan peduli orang susah asal seneng peduli haram asal perut buncit, peduli kata injil babi haram dimakan aja wong paus juga bilang boleh….
      GITU AJA KOK REPOOOOOOT

      so….. seharusnya yang pentes di revisi atau dihapus itu muslim apa kristen????

      pissss aaahhhhh VVVVV

    • hh

      Tidak ada dalilnya seperti itu dalam kekristenan, mas jaj. Jangan keliru.

    • hh

      yahhhh mungkin mereka merasa melakukan apasaja tidak bakalan berdosa karena dosanya sudah ditanggung sama tuhanya. enteng banget saratnya cuma percara ajahhhh tanpa ada usaha lain

      =>Tidak ada dalil seperti ini.

      salam

    • chekereme@yahoo.co.id

      lo aja yg otaknye dogol..!! muslim tdk ada kekerasan jika tidak di ganggu..umat kristen selalu membujuk dgn indomie ..beras..suapaya msk ke agama mereka..bukankah dia lebi bejat agamanya jadi maklumlah bhw kristen agama penipu…sesungguhnya mereka tdk punya agama..karna kristen agama yg dibuat-buat saja..!! mo percaya yesus kek tetap kristen bukan agama bahkan tidak ada ..?! silahkan orang kristen koar-koar..tetap saja agama anda tidak ada..cuma islam toleransi saja..daripada anda bunuh diri ..coba anda tanya pada rumput yg bergoyang..berapa harga kolornya yesus..? kwkkwkk……

  9. kenapa kristen punya ajaran yang sama dengan buddha?

    • otaku-ism

      uda jelas banget klo konsepnya sama “cinta kasih”

      DRPD Mamad ngajarin boleh nikah ama loli. Klo si Mamad mau nikah ama loli dan shota masuk keyakinan gw aja Otaku Way. ala aliran namanya Lolicon-Shotacon. Yuri-Yaoi juga diperbolehkankan.

  10. @noname
    terus terang saya juga merasa ga nyaman kalo sudah dialog sama yg muslim, bawaan mereka emosional dan sepertinya selalu mencari perselisihan dengan non muslim.
    _________________________
    Coba mampir ke alamat ini
    http://imankristen.wordpress.com/2008/05/12/tritunggal-bukti-bukti-perjanjian-lama/
    anda akan ketemu rekan muslim Nitten dan lovepassword yang cool banget. Mampir juga ke
    http://edyprayitno.wordpress.com/2009/06/17/tanggapan-dari-edy-prayitno-terhadap-surat-mas-luga-tambunan/
    anda akan ketemu rekan kristian anda yang sedang kemasukan roh…..

  11. kay

    tinggal tunggu waktu aja kayaknya..

    orang kristen kayaknya sudah pada ga tau diri ni..

    ingat!!! kalian minoritas,, jadi jangan sombong, kami umat islam begitu berlapang dada membiarkan kalian tetap hidup damai di indonesia.

    coba kalian lihat negeri yang mayoritas kristen, mana mungkin umat islam bisa hidup damai?! yang ada malah didiskriminasi!

    klo orang kristen belagu-belagu gini, jangan salahkan siapa-siapa jika nanti kalian akan diusir dari negeri indonesia ini!

    sampah!!!

    • otaku-ism

      Nih atu lg. Tinggal di planet apa ente selama 1900-2010?
      Gw bukan Kristen tp coba aja usir mereka. Sadar ngak lo kelas no brp pada jaman penjajahan Belanda ama Jepang? Bontot. yg kerjaannya kerja paksa doank ampe nafas terakhir.

      “ingat!!! kalian minoritas,, jadi jangan sombong, kami umat islam begitu berlapang dada membiarkan kalian tetap hidup damai di indonesia.”
      Sok, berantem ama orang Dayak-Papua jg pasti ngibrit klo 1 lawan1

      “klo orang kristen belagu-belagu gini, jangan salahkan siapa-siapa jika nanti kalian akan diusir dari negeri indonesia ini” Lo nyadar ngak klo negara Arab miskin2 kayak Afrika. Uda punya minyak tp perekonomiannya ngak berkembang. Malah negara Jepang yg lahan nya sempit, sering terjadi bencana gempa dan tsunami, uda di bom atom 2x ama amrik, dan NGAK PUNYA MINYAK lbh maju dr negara Arab.

    • Mamad Playboy

      bukannya islam yg pada gak tau diri?

      mana bukti islam di diskriminasi dinegara lain??

      justru islam jangan sombong, karena kalian mayoritas itu yg bahaya
      kalian jadi ngak tau diri,
      hati”,
      tinggal tunggu AS dan Israel kirim nuklir aja ke Indo kalau kalian tak menghilangkan kesombongan kalian

    • otaku-ism

      jangan donk nunggu kita orang KAFIR keluar Indo dulu. baru di bom. I Still wanna live man

  12. Anita Turney

    Halo halo …
    Kenapa pada ribut2 soal jiplak menjiplak sedangkan kita sendiri masih mempertanyakannya ? Maksud saya, kita gak paham dengan benar apa yg menjadi ajaran orang lain, kenapa kita musti repot bertanya2 kesana kesini ? Kalo benar2 mau tahu ajaran orang lain, buka hati dan pikiran seperti membuka kertas baru yang belum ada tulisannya, pasti akan ketemu mana yang dimaksud kebenaran. Mari kita berdoa agar kita semua masuk dalam kebenaran tersebut.

  13. ibrahim

    itulah bedanya kristen dan non kristen. jika kristen Tuhan Yesus yang bea umatnya, tetapi non kristen (khusus muslim) manusia yang bela tuhannya. karena tuhannya tidak mampu bela dirinya sendiri. jadi ini memperkokoh keyakinan pada TUHAN YESUS KRISTUS. Halleluya

  14. ibrahim

    jadi bagi manusia yang percaya TUHAN YESUS KRISTUS tak usah risau dan geisah apalagi menanggapi negatif. kalau Tuhan bisa dilogikakan semua itu bukan tuhan karena otak kita bisa melebehi Tuhan. jadi tak usah pusing bagi orang yang percaya TUHAN YESUS KRISTUS. Tuhan kita yang akan bela kita, bukan manusia bela Tuhan

    • chekereme@yahoo.co.id

      gimane ente mo dibela ame yesus.? NEH YESUS LO AJE NGGA ADA NYANG BELAIN MASA DISALIB KEMANE TUH OTAK LO NYANG BEGO..??!!! GUE MENGHARGAI ORANG NYANG IDIOT ..DARI PADE ORANG KAYAK LO FISIKNYE NORMAL TP OTAK LO IDIOT..EH..KOLOR YESUS..JADI GA DI JUAL..?

  15. Roy Rey

    Yang pasti Sun Go kong lebih ngetop….

  16. Mamad Playboy

    KRISTEN menjiplak ajaran BUDHA
    dan ISLAM menjiplak ajaran ISLAM

    jadi siapakah yg terakhir menjiplak?
    dialah agama yg paling PALSU
    soalnya hasil JIPLAKnya JIPLAK…
    hwhahaha…

    btw, kenapa komentar gw sebelumnya dihapus ya?
    yg punya blog takut kalah debat ma gw??
    ckckckck…cemen lu..
    pengetahuan sedengkul tapi berani buat blog gini.
    sekali kena coment, coment gw dihapus..ckck

  17. otaku-ism

    uda jelas kale admin blog ini cupu abis, asbun doank buat ngasih tau keyakinannya “SUPERIOR” karena keyakinan lain hanya mengajarkan cinta kasih dan kebaikan, nah klo yg ini ditambahin unsur lolicon, sadism ama masocist. Makanya pede banget asbun klo kitab dia “penyempurnaan” dr semua kitab. Lha kitab laen kan ngak ada 3 unsur terakhir.

    Itu lah knp komen lo diapus wkwkwkwkwk……

  18. arm

    wahhh begitu hebat nya ya para pendeta menciplak agama agama tau kah anda agama itu wahyu kalo main ciplak gini mana wahyu nya bodohh pendeta gak nikah tapi main serong mantaf,tau kah anda beragama itu mempunyai nilai kejujuran kalo berbohong mana agama nya bodoohh,kristen agama kasih apa agama mlm tiap satu pengikut akan membuat kaya pendetanya sistem piramida,hai umat kristen sadar ya buka mata buka hati terima kebenaran kalo memang itu benar aku gak melarang kalian beragama menurut keyakinan kalian tapi apa benar andai kan pendeta kalian berbohong kalian boleh berbohong dan kalo pun kalian berbohong akan masuk surga sadar lah ,kebenaran itu mutlak contoh kalo aku pukul kamu tanpa sebab salah apa benar pasti jawaban nya ……….. ya pasti salah. apa bisa ada mengatakan benar hanya karena yang mengatakan itu pimpinan anda kecualli anda idiot maka anda akan mengatakan seperti yg pimpinan anda katakan yaitu benar.

  19. yyy

    wajar donk kalo kristen itu agamanya para penjiplak hal nya jangan kan budha aja ajaran kamasutra aja juga di ciplak

  20. Agama Buddha adalah agama yang sebenar dan wujud sejak sebelum kewujudan bumi ini. Ada lagi web menarik yang menyokong ajaran Buddha seperti : http://fahamanbuddha.blogspot.com/ . Dalam blog ini memberi gambaran ajaran Buddha yang sebenar. Walaupun masuh baru.

  21. saya lupa

    halah islam juga sama suka jiplak, malah lebih parah,

    orang kristen memuja Tuhan Allah Israel,
    orang islam memuja Tuhan Allah Arab ,

    tapi parahnya orang islam mempunyai Tuhan baru yaitu Tuhan Hajar ASWAD yang di klaim MAMPU menyedot dosa-dosa umat arab ckakakaka parah
    DASAR PEMUJA BATU

  22. Udin

    saya masih bingung nih…..
    Kalau membaca silsilah dari Nabi Muhammad sebenarnya masih terkait dengan Ismail….dan di Alkitab Perjanjian lama juga menyebutkan siapa itu Ismail, hanya mungkin bahasa atau sebutannya saja yang berbeda (menyesuaikan lidah orang Yahudi dan Arab). Sedangkan silsilah Yesus Kristus terkait dengan Iskak, dimana Ismail dan Iskak adalah anak dari Ibrahim/Abraham….dalam Alkitab pun disebutkan demikian.
    Nah, kemudian apa yang menjadi permasalahan, ketika akar dari kedua agama ini sama? kedua agama ini juga mengenal Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Musa…. dalam Taurat Yahudi pun disebutkan demikian… Nah kalau kemudian ada yang mempermasalahkan agama siapa yang menjiplak, mungkin anda dpt menjawabnya…namun bukan itu permasalahannya.
    Orang Yahudi menganggap jika Nabi terakhir adalah Nabi yang ada di Taurat, atau di Alkitab perjanjian lama…tetapi Orang Yahudi tidak mempermasalahkan adanya Alkitab perjanjian baru, dan tetap bisa hidup berdampingan dengan Orang Nasrani. Orang Nasrani menganggap jika Nabi terakhir adalah Yesus dan tidak ada Nabi lain setelah itu, sedangkan Orang Muslim menganggap Muhammad adalah Nabi terakhir. Jadi wong akarnya saja sama koq pada ribut to….wong sama-sama sodara aja koq ribut, gitu koq repot…(kata Gus Dur) karena mungkin beliau ini sangat2 paham akan hal itu “Memahami orang lain adalah kebijaksanaan, memahami diri sendiri adalah pencerahan”, jadi ketika kita belum mampu memahami agama kita sendiri, dengan mencari2 kekurangan pada umat yang lain, berarti kita belum mendapatkan pencerahan, dan tentu saja tidak bijaksana juga….
    Terimakasih,
    Salam Damai Kasih
    Wassalamualaikum

  23. Bukankah yang anda lakukan menjiplak dari ajaran agama anda? Anda membaca kitab suci anda, lalu menjiplaknya dan anda terapkan di kehidupan anda

    Katakanlah agama laen menjiplak, bukankah itu bagus?, berati agama lain (yg menjiplak) bertindak benar karena yang mereka lakukan seseuai dengan yang anda yakini

  24. mengapa ajaran kristen sama dengan agama Buddha , di karenakan Ajaran Dhamma Buddha Goutama lebih dulu hadir 700 tahun sebelum yesus di lahirkan kemungkinan Yesus pernah ke India adalah SANGAT MUNGKIN dikarenakan cara Yesus mengajarkan ajarannya sama para Bhikkhu yg berkelana tanpa rumah, ingat di Injil tidak pernah menceritakan ketika yesus di usia 13 hingga 17 tahun… kemanakah Yesus sewaktu remaja? mungkin agan agan dah tahu jawabannya, dan ada 1 lagi mengenai jubah Yesus setelah di teliti oleh para arkeologi , serat yang terkandung di dalamnya hanya bisa di temukan di INDIA , jadi kemungkinan besar dan PASTI Yesus pernah belajar di India , saya refrensikan coba cari buku di Gramedia berjudul ” YESUS LIFE IN INDIA ” ini adalah temuan arkeologi dimana mereka mencari jejak Yesus di India

  25. Ini Sungguh Aneh,,,

    Hal Seperti Ini Berbahaya Masa Ada Agama Menjiplak Agama Lain,,,

    ============= I LOVE ISLAM==============

  26. rewno

    Mending menjiplak dalam hal kebaikan ketimbang loe…uda menjiplak menjelek jelekkan yang nulis asli.

  27. wahai muslim, di agama kita, memang ajaran kebaikan itu diperkuat, ajaran kita itu ajaran yang suci, namun kita juga punya agama, agama yang kita cintai, bagaimana bisa kita harus diam saja! jika memang mereka menyerang dan dan menghina nabi dan Tuhan kita, sudah sepatutnya kita menjunjung tinggi sunat2 rosul, bukanya mengikuti hawa nafsu! Biarkanlah mereka berkata apapun, karena buat mereka juga!

  28. ada juga ya gan, tuhan yang belajar pada manusia (biksu),,,

  29. Saya pikir dari pembacaan ini sudah jelas kita dapt melihat agama mana yg di kucilkan dan yg benar menurut hati nurani. karana ada agama dengan membunuh adalah pahala,sehingga Waktu membinasakan orang bisa berteriak sebut nama tuhan,di agama yg lain jka iya ingat Tuhan pasti taksanggup membunuh orang,berdoa kuat kuat supaya orang terganggu ini juga pahala,tp sebagian agama berdoa di dalam kamar, ya itu mungkin di sebabkan Tuhannya suka manusia sperti itu. masalah pemerkosaan masalah bohong bohongan itu adalah masalah manusianya bukan ajarannya,tp yg kita masalahkan adalah ajarannya

  30. zee

    menurut saya, tidak ada jiplak menjiplak. yang ada adalah kebaikan yang berdiri sendiri menurut keyakinan masing2. jika semuanya dikatakan jiplak menjiplak, ketika ada orang yang “berbuat baik” karena hati nurani, kemudian orang lain melakukan “kebaikan” yang sama. apakah itu disebut “menjiplak”. kebaikan, kasih, kesetiaan, ketataan, keyakinan, timbul pada hati setiap orang. cacian, makian, hinaan, merasa paling benar, itu lah yang tidak bisa disebut kebenaran karena jauh dari rasa damai. marilah saling menghormati, menghargai apapun pilihan kita, fokuskan pada sikap diri daripada mengkritik bahkan berargumen kesana kemari. Islam taatlah pada islamnya, kristen taatlah pada kristennya, budha taatlah pada budhanya, dll. janganlah mencampuri urusan keagamaan orang lain. karena itu sama sekali bukan hak dan kewajiban kita, hak dan kewajiban kita adalah sebagai umat beragama yang baik.
    saya seorang muslim.
    salam

  31. hari roestiono

    Sepatutnya hanyalah syukur untuk Hyang Maha Kasih…karena ajaran kebenaran itu tlah banyak memberi pencerahan..Sang Budha tersenyum melihat penulis memilih kata menjiplak…karena kasih itu lemah lembut dan bukan pencemburu…bahkan Sang Budha tdk pernah berkeberatan..setiap makluk meneladani kasih dan kearifanNYA..seyogyanya mengupayakan keselarasan dan bukan pemecah kesatuan.. Sabe satta bavantu sukhitata…

  32. albert

    Jangan tanya agama apa yg ku yakini..
    bukan agama Buddha,bukan agama Islam,bukan agama Kristen,bukan agama Khatolik,bukan pula agama Hindu.
    jangan tanya aliran mana yg ku yakini….
    yg pasti hanya aliran darah dan pernafasan saja.
    jika saya menyebut agama ini agama itu,aliran ini aliran itu,
    maka..Dia akan jauh dari ASLI nya…
    yang saya tau adalah: “JANGAN LAH BER BUAT JAHAT,TAMBAHKANLAH KEBAJIKAN,SUCIKAN HATI DAN PIKIRAN”
    mendengar smua ini maka para BUDDHA,para NABI,para ALLAH,para TUHAN,para DEWA DEWI,dan para makhluk yg TERLIHAT maupun TIDAK TERLIHAT….. akan TERSENYUM dan SELALU tersenyum.^^

  33. bolongjilu

    Heran deh, ini blog cuma mebangkitkan pertentangan. Cobalah bijak, jangan mengomentari rumah tangga orang lain (yang anda lihat dari luar halaman). Lebih baik membenahi rumah sendiri, biar kelihatan sejuk, nyaman dan asri.

  34. Rahasia Mantra Dewa Bumi, Rahasia Langsung Merubah Nasib, Dewa bumi tanpa pamrih:
    ” Namo Samanto Motonom, Om Turu Turu Tiwei Soha”

    Bacalah dengan khusyuk dan tulus, sebanyak mungkin sehingga hidup Anda berubah.
    Semoga sharing ini bermanfaat

  35. Maha Suci Allah, Puji Syukur kepada Tuhan yang maha bijaksana dan Perkasa, Maha Pencipta alam Semesta, Tuhan yang maha pemberi pencerahan hidup, Tuhan yang maha bijaksana dan tuhan yang telah menciptakan langit, bumi dan seisinya……. Wahai manusia yang hidup di alam Fana(alam yang akan dihancurkan oleh Tuhan yang maha perkasa dan bijaksana)….. janganlah kita mempertentangkan agama agama…. ingatlah bahwa semua agama membawa kebenaran kalau….. umatnya kembali ke jalan yang suci……. yakinilah itu secara akal, kebathinan , kerohanian….. sesungguhNya manusia tidak mampu menjangkau kekuasaan sang maha pencipta……….. bagi yang muslim kembali ke tuntunan Al quran sebagai tuntunan, bagi yang kristen kembali kepada ajaran Isa yang kudus, bagi umat budha bermeditasilah untuk mencapai pencerahan sempurna……. jadi hidup ini damai selamanya.keyakinan dengan seyakin yakinnya ajaran agama kita masing masing….. dan janganlah saling memperolok keyakinan diantara kita……. karena yang memperolok tidak lebih baik dari pada yang diperolok….. kita semua meyakini kitab kitab suci datangnya bukan dari manusia…. tapi dari wahyu yang diturunkan kepada manusia manusia pilihanNya. ingat ………. akan janji Allah kepada manusia dan alam semesta…… amin, semoga kita semua mendapat petunjukNya dalam kehidupan ini……..

  36. pemikirulung

    Dharmapada Gandhari 280-281
    “….Menaklukkan kemarahan dengan ketidakmarahan, menaklukkan kejahatan dengan kebajikan, … menaklukkan kekikiran dengan pemberian, menaklukkan kebohongan dengan kebenaran, …”
    Dhammapada 223
    “Kalahkan kemarahan dengan cinta kasih dan kalahkan kejahatan dengan kebajikan. Kalahkan kekikiran dengan kemurahan hati, dan kalahkan kebohongan dengan kejujuran.

    ===
    tidak tersurat mengenai perintah KASIHILAH MUSUHMU
    kenapa ditafsirkan jauh dari yg tersurat?

    aneh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s