ALKITAB TIDAK SESUAI DENGAN ILMU PENGETAHUAN


Alkitab Tidak Sesuai Lagi Dengan Ilmu Pengetahuan. Ada beberapa kasus dalam Alkitab yang secara tegas bertentangan dengan ilmu pengetahuan (sains) modern. Pertentangan ini membuktikan bahwa Alkitab sama sekali bukan firman Allah, tetapi merupakan karya tulis tangan-tangan jahil pada masa lampau.

1. KITAB KEJADIAN: Penciptaan siang dan matahari.

1:1. Pada mulanya Ellohim menciptakan langit dan bumi.


1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.


1:3. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

AYAT2 DI ATAS BERBICARA TENTANG PENCIPTAAN HARI PERTAMA. BANDINGKAN DENGAN PENCIPTAAN HARI KEEMPAT BERIKUT INI:

1:16 Maka Ellohim menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.

1:17 Ellohim menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,


1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Ellohim melihat bahwa semuanya itu baik.


1:19 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Penjelasan:

Dijelaskan menurut Alkitab, bahwa pada hari pertama, Ellohim (Tuhan-Tuhan) telah menciptakan siang dan malam. Ini sesuatu yang sangat aneh dan tidak bisa diterima secara ilmiah oleh sains modern, oleh karena Ellohim baru menciptakan matahari pada hari keempat. Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa “siang dan malam” sudah ada sebelum matahari diciptakan!

Sebuah kitab yang seharusnya menjadi petunjuk bagi kemaslahatan umat manusia, ternyata bertentangan dengan ilmu pengetahuan yang ada dalam umat manusia.

Menurut sains modern, kejadian siang dan malam disebabkan oleh rotasi/berputarnya bumi pada porosnya terhadap matahari. Matahari yang terus-menerus bersinar menerangi sistem tata surya, menimbulkan terjadinya siang dan malam bukan saja terhadap bumi, tetapi juga terhadap delapan planet lainnya dalam sistem tata surya, berikut satelit-satelitnya (bulan dan semacamnya).

Jadi, bukannya siang dan malam itu muncul secara tiba-tiba, tetapi ia muncul disebabkan oleh sinar matahari.

2. KITAB MARKUS: Jatuhnya bintang pada hari kiamat.

Konon, Yesus berkata:

13:24. “Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya

13:25 dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang (1 )

13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.”

Penjelasan:

Menurut ayat 25, pengarang Markus, dimana konteksnya dinisbahkan ke mulut Yesus, menduga bahwa bintang2 di angkasa itu sebesar batu kali, sehingga pada hari kiamat nanti bintang2 itu akan berjatuhan menimpa bumi. Padahal, terdapat milyaran bintang di jagat raya ini, yang besarnya bahkan jauh melebihi bumi. Sebagai gambaran, dalam sistem jagat raya, matahari adalah sebuah bintang kecil yang bisa jadi tidak terlihat. Ini menunjukkan bahwa masih ada milyaran “matahari2″ lain di jagat raya ini.

Dalam sistem tata surya sendiri, matahari merupakan “bintang” terbesar, berturut2 disusul planet yupiter, saturnus, uranus, neptunus, baru kemudian bumi.

Jadi, bagaimana mungkin bintang2 tersebut akan berjatuhan ke bumi? Sangat tidak ilmiah dan tidak masuk akal!

Lebih lanjut, menurut ayat 32, Yesus sendiri tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat. Bagaimana mungkin Yesus yang konon adalah Tuhan sampai tidak tahu kapan datangnya hari kiamat? Konsep Tuhan yang sangat lemah!

About these ads

99 Komentar

Filed under All Artikel, Kristen

99 responses to “ALKITAB TIDAK SESUAI DENGAN ILMU PENGETAHUAN

  1. hh

    Wah Mr. Chodet,

    Jangan gara gara Mr. Adi mengatakan bahwa blog anda semakin jaya, dan karena Ms. Fiet mempromosikannya, anda semakin lancar memposting tuduhan tuduhan yang tidak mendasar itu.

    Tolong berikan kesempatan untuk memberi tanggapan akan semua tulisan anda, jangan main berondong.

    Khususnya di bulan Ramadhan ini, anda harus lebih bersabar.

    Salam

  2. indahsesaatdikeabadian

    Salam knal sebelumnya,,
    statement yang bagus…

    tapi saya cuma mau mempertegas, ada satu sisi di keagamaan atau alkitab yang ga pernah bisa disamakan dengan ilmu pengetahuan karena alkitab dan agama-agama yang ada itu, menceritakan tentang kerohanian, sementara ilmu pengetahuan berbicara tentang dunia. kalau memang anda memaksa harus sesuai atau sama, untuk apa orang-orang mempunyai agama?

    satu lagi yang perlu diperhatikan sebelum menuliskan sesuatu,

    “Charles Darwin, seorang yang membuat pro kontra di dunia karena teori evolusinya, sebelum menghembuskan nafas terakhirnya mengatakan bahwa teori yang pernah dia sampaikan sama sekali salah”.

    • indah..
      anda kristian yg bnr2 halus dan sopan..Salut!

      Di dalam kitab-Nya allah selalu berulang2 memrintahkan kpada kita untuk senantiasa berpikir dan berpikir,atas segala macam penciptaannya..yang paling sederhana adalah penciptaan yg ada pada diri kita sendiri hingga segala yang ada di alam raya ini..

      Selain itu..
      beragama haruslah seimbang,,Dunia dan Akhirat..
      jadi tidak melulu rohaniah kita yg diisi,,duniawi kita juga harus diisi..
      kita diciptakan hidup bermasyarakat,bersuku”..
      tentu harus ada interaksi (muamalah),,dan agama yang benar adalah yg mengajarkan tata cara bermuamalah tadi,mencakup segala aspek kehidupan dunia..

      jadi intinya tidaklah salah ika kita menggali ilmu pengetahuan..karena yakinah,jika memang Kitab yg kita yakini masing2 benar” berasal dari yang Mempunyai dan Menciptakan alam semesta ini,,pasti semuanya ini akan selaras dan sejalan..tidak mungkin bertolak belakang..

      salam

    • tri

      @gary
      makin seru aja hahahaha
      tapi buku ipa saja bisa salah klo ketemu teori baru..gak ada yg pasti didunia ini..

      semua kitab ketika kiamat terjadi bakal diuji siapa yg salah dan benar..so tunggu aja hahahha

    • andi

      sungguh sngat aneh klo al kitab hanya untuk kerohania saja, sama saja anda mengatakan bahwa Tuhan tidak mempunyaai ilmu pengetahuan, padahal Tuhan itu maha tahu, jadi apapun yang tuhan lakukan psti tidak akan pernah bertentangan dengan ilmu pengetahuan, karna tuhan lah yang memberikan kita ilmu pengetahuan, terimakasih.

  3. hh

    Alkitab Tidak Sesuai Lagi Dengan Ilmu Pengetahuan. Ada beberapa kasus dalam Alkitab yang secara tegas bertentangan dengan ilmu pengetahuan (sains) modern. Pertentangan ini membuktikan bahwa Alkitab sama sekali bukan firman Allah, tetapi merupakan karya tulis tangan-tangan jahil pada masa lampau.

    1. KITAB KEJADIAN: Penciptaan siang dan matahari.

    1:1. Pada mulanya Ellohim menciptakan langit dan bumi.

    1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

    1:3. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

    1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

    1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

    ……….Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa “siang dan malam” sudah ada sebelum matahari diciptakan!

    >>>Perhatikan ayat 2 itu, “gelap gulita menutupi samudera raya”.
    Begitu terang dijadikan, sisi samudera raya yang menerima terang itu menjadi terang, sementara sisi lain yang tidak menerima terang itu tetap gelap gulita. Sama halnya seperti bumi kita yang sekarang ini, sisi yang menghadap ke matahari menjadi terang, semantara sisi yang tidak mengahadap ke matahari tetap gelap.

    Jadi, pada saat terang itu ada, sudah terjadi siang dan malam. Dan mungkin, walau tanah belum muncul dari samudera raya itu, samudera raya yang menjadi cikal bakal bumi ini sudah berputar, sehingga semua sisi mendapat jatah siang dan malam selama 24 jam.

    >>>>>>Perhatikan ayat 4 dan 5
    Tuhan memisahkan terang itu dari gelap dengan menamai terang itu siang dan gelap itu malam.

    Apa sumber terang pada hari pertama itu sebelum matahari diciptakan?

    >>>>Apakah anda meragukan kesanggupan Tuhan membuat terang tanpa Matahari?

    salam.

    • singkong

      @hh apakah anda meragukan kesanggupan allah swt menciptakan anak manusia tanpa siperempuan harus menikah?? giliran bgni ajh so ga pake akal mkirnya..goblok..ingat ga ada yg mustahil bagi allah untuk menciptakan nabi isa dari seorang perawan…tp dasar org goblok ajh dijadin cerita isa itu roh tuhan dan sgala macem..guoblokkkk

  4. hh

    Menurut ayat 25, pengarang Markus, dimana konteksnya dinisbahkan ke mulut Yesus, menduga bahwa bintang2 di angkasa itu sebesar batu kali, sehingga pada hari kiamat nanti bintang2 itu akan berjatuhan menimpa bumi. Padahal, terdapat milyaran bintang di jagat raya ini, yang besarnya bahkan jauh melebihi bumi.

    >>Tidak disebutkan bahwa keseluruhan bintang yang miliaran jumlahnya di jagad raya ini akan jatuh bukan? Kalau sebagian yang jatuh, apakah bukan bintang namanya? Pernah gak tau, bintang jatuh yang disebut meteor itu yang tiba di bumi, tidak sebesar aslinya?

    salam

  5. CosmicBoy

    @ hh,

    >>>>Apakah anda meragukan kesanggupan Tuhan membuat terang tanpa Matahari?

    ==> Good point.

    Hihihi…Tuhan muslim malah sibuk memenuhi semua keinginan Muhammad (anak kecil, menantu sendiri, babu sendiri, kumpul kebu, harta dan dunia), mana punya masa bikin terang tanpa matahari.

    Xixixi…ada ada saja anak2 pesantren ini kan?

    • berguru ke hh ya..
      kok dibanyak tread ente bilang good point2 aja..
      ^^..sep2

    • singkong

      @hh apakah anda meragukan kesanggupan allah swt menciptakan anak manusia tanpa siperempuan harus menikah?? giliran bgni ajh so ga pake akal mkirnya..goblok..ingat ga ada yg mustahil bagi allah untuk menciptakan nabi isa dari seorang perawan…tp dasar org goblok ajh dijadin cerita isa itu roh tuhan dan sgala macem..guoblokkkk
      tuhan beranak coy,,,tuhan juga yg ewean sama maria,,eh dia jg yg lahir

  6. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren,

    Mau dengar kesaksian?

    Ayuh pasang telinga.

    Tahun lalu gue pada stress…sehingga menganggu kesehatan gue…ini semua gara2 baunyakkkkkknya kerja di kantor. Yeagh begitulah bisnessman wong mau mencari uang juga namanya.

    Gue diagnosis sama doktor dan harus makan ubat segala. CPD makan ubat.

    Praise the Lord, penghujung tahun lalu, gue pada sembuh…stress langsung hilang. Nah, stress gue hilang saat gue ketemu dan berdiskusi sama anak2 pesantren di blog2nya mereka.

    Gue ke doktor seperti dijadwalkan…walah, doktor teriak puji Tuhan…kok stressnya pada hilang? Apakah resep loe? Gue jawab, setiap hari, tanpa putus2 siang & malam, gue debat sama anak2 pesantren. Sambil membaca postingan anak2 pesantren ini khususnya Haiifa, gue pada ketawa-ketiwi, iya, ketawa-ketiwi tanpa putus2…bisa berlanjutan sampe 20-30 minit, coba bayangkan kalo 3 atau 4 postingan yang gitu, walah…trus ketawa-ketiwi sampe2 gue pada tidur nyenyak.

    Loe tau apa jawaban doktor? Bilangnya, Pak Cosmisc, loe sembuh total, stress loe pada hilang, loe keliatan ceria sekarang, saran gue…trus…trus…truskan debat sama anak2 pesantren ini…mereka itu ubat yang mujarab bagi loe.

    Xixixi…

    Cerita tamat.

  7. parhobass

    Alkitab memang bukan kitab ilmu pengetahuan…

  8. Joe Siagian

    saya adalah orang yang selalu beranggapan bahwa kebenaran sejati adalah kebenaran yang tunggal, walaupun bisa saja dalam kenyataannya, tidak tunggal seperti yang kita harapkan sesuai dengan pemahaman kita. tetapi dalam hal kaitan antara kitab suci (dalam hal ini alkitab) dengan ilmu pengetahuan, saya (setidaknya saat ini) sepakat dengan pendapat bahwa seharusnya terdapat kesesuaian antara keduanya

    menanggapi komentar kawan parhobass, saya masih belum menangkap maksud kawan parhobass dengan mengatakan kalimat sesingkat itu sehingga sangat wajar kawan miller menanggapi demikian. “alkitab bukan kitab ilmu pengetahuan”, benar, jika yang dimaksud kawan parhobass adalah tujuan utama diwahyukannya alkitab. tapi tentu bukan berarti bahwa dengan itu, alkitab boleh2 saja tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan. adanya ketidakcocokan antara keduanya (jika ada), menurut saya, perlu mendapat perhatian lebih karena bagaimana mungkin di satu sisi kita berbicara bahwa alkitab datang dari Tuhan tetapi tidak sesuai dengan KEBENARAN yang kita terima lewat pengamatan. apakah mungkin Tuhan tidak mengetahui KEBENARAN pengamatan itu?

    saya menambahkan huruf kapital pada kata kebenaran di atas bukan tanpa alasan. saya merasa perlu menuliskan demikian karena saya tahu bahwa berbeda dengan kebenaran yang ilahiah (yang biasanya kita terima dari kitab suci), kebenaran ilmiah adalah KEBENARAN YANG SIFATNYA EVOLUTIF. apa yang dianggap benar hari ini belum tentu benar juga di masa yang akan datang. karena itu kita PERLU HATI2 menghubungkan keduanya. jangan kita serta merta mengatakan bahwa “oh kitab suci ini salah karena bertentangan dengan teori itu”. itu adalah kesimpulan yang terburu2 karena kita tidak tahu apakah “teori itu” sudah pasti benar mutlak atau tidak

    saya pernah membaca komentar kawan miller yang berkata bahwa alkitab tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan dan kitab suci kawan sesuai dengannya. tanggapan saya adalah, banyak hal, yang mungkin menjadi dasar pertimbangan kawan berbicara begitu, hanyalah berbicara tentang interpretasi kitab suci. sehingga jika ada ketidakcocokan, yang tidak cocok tersebut bukanlah antara kitab suci dan sains, melainkan antara interpretasi kitab suci dan sains. demikian pula dengan kecocokan. itu pun terjadi antara interpretasi kitab suci dan sains

    mungkin saya ingin berbicara lebih banyak soal ini tetapi berhubung waktu saya sempit jadi mungkin kita tunda dulu. soal tanggapan artikel ini saya rasa sudah diposting oleh kawan hh. dan bagaimana tanggapan kawan miller tentang itu?

    • terima kasih telah memberikan jawaban yg baik tidak seperti si cosmicboy..
      seperti yg saya sudah katakan di artikel daftar dosa2 Yesus..
      Anda tidak perlu kawatir,.jika kita memang yakin bahwa kitab suci agama kita masing-masing berasasal dari Sang Pencipta,Pemilik,Pengatur alam semesta ini..pasti semuanya akan selaras dan sejalan..
      Tetap istiqamah saja dengan apa yg kita yakini itu..
      sains bkn harga mati tetapi sains juga adalah salah satu alat pembuktian terbaik saat ini..

    • Joe Siagian

      maaf kawan miller, mungkin kita berbeda pandangan soal “pembuktian” yang kawan bicarakan. bagi saya tidak ada yang namanya pembuktian mutlak akan kebenaran ilahi yang berasal dari pengetahuan dan hikmat manusia. untuk itulah diperlukan iman. iman tidak butuh pembuktian. jika semua hal dalam kitab suci harus dibuktikan, untuk apa iman? karena itu saya tidak setuju dengan kalimat terakhir kawan miller di atas =)

  9. CosmicBoy

    @ Anak2 pesantren,

    Al-Quran bukan kitab ilmu pengetahuan.

    Al-Quran ialah manual untuk buat bom, kitab suci perang, kitab cuci otak, memperalatkan perempuan & menghambakan manusia.

    Xixixi…ada ada saja anak pesantren ini.

    Beda dengan Al-Kitab, bukan kitab ilmu pengetahuan tapi tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan dan terutama sekali kitab kesaksian hubungan Allah dan manusia.

    Karena itu kitab itu kekal, sebab selagi ada Allah, selagi itulah ada makhluk.

    Makhluk ada di sorga…ilmu pengetahuan ngga perlu.

    Bom juga ngga perlu di sorga kecuali kalo ada anak2 pesantren pengen ngebom sorga!!!

    Kah kah kah…ada ada saja anak2 pesantren ini kalo pada omongan.

    • CosmicBoy

      @ Miller,

      berguru ke hh ya..
      kok dibanyak tread ente bilang good point2 aja..

      Iya, namanya juga gratis.

      Kola loe pengen…bisa gue berikan asalkan nulisnya seperti hh.

      1000 x juga gue bisa nulis…

      Xixixi…mana mungkin…muslim2, maunya saja dialem2 gitu.

      Dari dulu lagi juga gitu…banyak leher manusia hilang gara2 itu (nter leher gue juga, oooop jangan dipisahkan, gue masih sayang lho).

      Xixixi…ada ada saja anak pesantren ini kalo pada omongan.

  10. parhobass

    For All;
    Alkitab memang bukan kitab ilmu pengetahuan.

    Ilmu pengetahuan, katakanlah di sana ada cabang ilmu informatika,
    sekarang sebutlah satu saja Kitab suci yang mengatakan adanya LINUX, Windows 7…

    kalau Alkitab adalah kitab ilmu pengetahuan maka seharusnya semua bahasa teknik termaktup di sana, nyatanya?

    Semua yang teknis adalah usaha.
    Yang melakukan adalah manusia.
    Alkitab membicarakan tentang pelaku teknis2 ini, pelaku ilmu pengetahuan. Menyembuhkan manusianya, bukan mengatur ilmu yang dibuat oleh manusianya. Alkitab tidak mengajari manusia cara menjalankan traktor, tetapi mengajari sopir traktor supaya jangan menjalankan traktornya di rumah penduduk, sehingga rumah penduduknya hancur… sesederhana itu ajah koq…
    Banyak kitab, tetapi hanya satu yang mengena ke kemanusianya dan TUHAN. Ada kitab lain yang sibuk dengan “cara menjalankan” traktor.

    Benar kata Joe Siagian,
    menurut saya, perlu mendapat perhatian lebih karena bagaimana mungkin di satu sisi kita berbicara bahwa alkitab datang dari Tuhan tetapi tidak sesuai dengan KEBENARAN yang kita terima lewat pengamatan. apakah mungkin Tuhan tidak mengetahui KEBENARAN pengamatan itu?

    yang menjadi masalah adalah ketika ilmu pengetahuan di mata oleh beberapa orang, yang kemungkinan juga bukan seorang ahli sudah final dan selesai..
    katakanlah ilmu fisika tidak pernah lepas dari pengandaian.. teknik penyelesaian matematis juga tidak akan pernah cocok dengan fisika, matematika bisa mempermainkan angka imaginer (i), tetapi adakah mekanika bisa menerapkan imaginer (i) dalam kehidupan nyata, lantas apakah fisika tidak ada? tidak matematis?…

    A dan B terpisah sejauh C.
    kalau A mendekati B setengahnya C maka mereka terpisah sejauh setengah C, katakanlah D

    seterusnya A mendekati B lagi sejauh setelah D, katakanlah E…

    dan seterusnya sampai tak berhingga..
    nah menurut teori matematis ini, si A dan si B tidak akan pernah bertemu karena tetap terpisah sejauh tak berhingga dari jarak setengah C…

    nah orang-orang seperti ini berusaha membuat hal yang sama dengan Alkitab, sehingga hal-hal yang matematis, tetapi tidak mekanis dipakai untuk meruntuhkan orang beragama, sayangnya orang beragama memakai hukum yang sama untuk mengadu antar agama… sayang sekali..

    tentang penciptaan di atas…
    yang menjadi masalah sekarang adalah..
    ketika manusia hanya mengenal matahari dan bintang sebagai sumber “terang”
    tetapi setelah ditemukan sumber cahaya yang melebihi matahari,lantar datang lagi pemikiran bahwa ternyata bukan hanya Adam yang diciptakan di mula pertama, kemungkinan ada juga mahluk lain, maka timbullah ide-ide allien, UFO dan sebagainya…

    nah ketika ilmu manusia ini berkembang dan tidak pasti, Alkitab menjawab dengan pasti…
    seperti astronomi awal tentang asal mula manusia/alam dls
    Alkitab menjawab begini loh asal mula manusia, begini lho asal nya kenapa manusia cenderung jahat…, begini lho cara Tuhan membuat manusia itu tidak jahat… kalau manusia bisa menanggapi Alkitab (tepatnya menanggapi Allah) sedari awal maka ide-ide UFO, alkitab korup, alkitab tidak ilmiah semuanya itu tidak akan ada…
    tetapi semua itu ada karena ada alternatif yang lain…yang oleh karena “misterius” Sang Khalik semuanya itu bisa terjadi.

  11. hh

    @ Mr. Chodet
    Berhubung saya belum membaca Al Qur’an secara keseluruhan, hanya sebagian sebagian saja, sehingga saya belum tau apakah di Al Qur’an ada cerita penciptaan bumi ini seperti tertulis dalam Alkitab.

    Kalau ada, syukurlah. Mudah2an sesuai dengan Ilmu Pengetahuan. Tolong di post ya, pak Chodet.
    __________
    Sdr. Chodet,
    Tuhan adalah sumber terang, dan Tuhan dapat menjadikan terang dengan atau tanpa benda penerang, seperti matahari.

    Memang tidak disebutkan dengan jelas apa sumber terang pada hari pertama itu, tetapi tidak mustahil bahwa sumber terang itu adalah Tuhan sendiri.

    Banyak hal hal yang lain yang tidak disebutkan dengan jelas dalam penciptaan itu, tetapi dapat diduga bagaimana terjadinya.

    Contohnya:
    “Lalu dipisahkanNyalah terang itu dari gelap.

    Tidak disebutkan dengan jelas bagaimana Tuhan memisahkannya, tetapi dapat kita menduganya bahwa caranya adalah dengan membuat gelombang cahaya/terang itu bergerak lurus, sehingga terang itu tidak berbelok menerangi sisi yang tidak menghadap terang itu. Dan supaya semua permukaan itu mengalami pemisahan terang dan gelap secara teratur dan merata, dibuatlah bumi itu perputar pada porosnya, agar secara teratur menghadap terang. Kala terang terus atau gelap terus, mampuslah kita ini.

    Juga tidak dijelaskan dengan detail bagaimana Petang dan Pagi itu terjadi, dan tidak dijelaskan bagaimana setiap permukaan bumi itu mengalami terjadinya petang dan pagi. Tetapi dapat kita ketahui bagaimana terjadinya: separoh dari permukaan samudera raya itu mendapat terang dan separoh lagi tidak dan tetap gelap gulita. Dengan membuat bumi ini berputar, maka kedua sisi bumi yang berbatasan dengan gelap itu mengalami petang dan pagi bersamaan. Permukaan bumi yang berada di batas gelap bergerak menuju gelap mengalami petang dan akhirnya malam gelap gulita, dan permukaan yang berada dibatas terang bergerak menuju terang (menghadap terang) mengalami pagi dan akhirnya siang terang benderang. Maka setiap satu jam seluas limabelas derajat permukaan bumi itu, baik darat maupun air mengalami petang ataupun pagi.

    Bagaimana terjadinya Petang dan Pagi itu menjadi hari pertama? Juga tidak dijelaskan, tetapi dapat kita duga: Pada saat terang itu ada dan bumi mulai berputar, maka permukaan bumi dibatas gelap (tidak mendapat terang) menuju terang, bergerak berputar hingga menuju batas terang dengan gelap, maka terjadilah petang (permukaan yang pertama kali mendapat terang mengalami terang selama duabelas jam dan bergerak menuju gelap); itulah petang. Kemudian, setelah mulai di posisi gelap dan berada disana selama duabelas jam terus bergerak berputar hingga mengalami terang, itulah PAGI.

    Hahahaahha,,,,,panjang sekali ya. Ini imajinasiku sendiri lho………

    Pada hari ke-empat, Tuhan membuat benda benda penerang itu juga sebagai tanda yang menunjukkan masa masa yang tetap dan hari hari dan tahun tahun. Tanda hari hari dengan berputarnya bumi pada porosnya, dan tanda tahun tahun dengan berputarnya bumi mengelilingi Matahari pada orbitnya.

    Jadi, tidak harus dijalaskan bukan? Demikian juga sumber terang dihari pertama itu, tidak harus dijelaskan.
    ____________________

    Ok. bro,
    Bagaimana dengan bulatnya bumi ini? Alkitab mengatakanna, bro.

    Mari kita baca Jesaya 40:22
    Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

    Sesuai dengan science bukan?

    Salam.

  12. CosmicBoy

    @ Miller,

    Setiap org bertanggungjawab terhadap postingan/tulisannya.

    Ngga usah bawa2 nama org lainlah.

    Dan juga ngga usah banding2kan.

    This is unethical.

    Belajar cara berdiskusi/debat dgn baik.

    Jangan buat ‘ad hominem’.

    Tau apa itu ‘ad hominem’? (kayaknya ngga sih).

    Iaitu serang/counter hujah2 gue bukan serang pribadi gue. Pribadi gue ngga ada hubungan dengan topik diskusi atau apalah, ngerti tongkito? (kayaknya ngga sih).

    Ada ada saja anak pesantren ini.

    • maaf kawan miller, mungkin kita berbeda pandangan soal “pembuktian” yang kawan bicarakan. bagi saya tidak ada yang namanya pembuktian mutlak akan kebenaran ilahi yang berasal dari pengetahuan dan hikmat manusia. untuk itulah diperlukan iman. iman tidak butuh pembuktian. jika semua hal dalam kitab suci harus dibuktikan, untuk apa iman? karena itu saya tidak setuju dengan kalimat terakhir kawan miller di atas =)

      >>Ya tidak masalah jika kita berbeda itu pandangan anda..pandangan saya, kita kan diberi akal oleh Allah,,di Al Quran berkali2 Allah memerintahkan kita untuk senantiasa berfikir,berfikir dan berfikir atas segala penciptan-NYA di dunia ini..Jadi menurut saya tidak salah jika manusia mencari” pembuktian dari kitab sucinya lewat ilmu pengetahuan yg dimilikiny,karena memang itu sifat alamiah manusia yg selalu ingin tau..
      Masalah iman,,sy berpendapat hanya iman akan hal” tertentu yg tdk butuh pembuktian,sperti Wujud fisik Allah..kita kan tdk kan pernah tau wujud Allah seperti apa..
      tapi untuk iman yg lain,selama ada jalan untuk mencari kebenarannya ya tidak masalah kita coba buktikan..

      salam

    • memang salah ya?^^,knapa malu?
      emang iya toh dr forumer” kristian yg sy jumpai,,hanya dengan kau sy tidak nyambung..
      sila kau baca diskusi saya dengan Joe,aman2 aja tuh..^^

  13. @all kristiani

    Jika bibel bukan kitab pengetahuan…
    berarti kitab yg tak berpengetahuan….

    betulllll???

    • Joe Siagian

      tolong dibaca pernyataannya baik2 dan jangan ditambah2kan atau dikurang2i dan coba pahami maksudnya tanpa prasangka buruk

      kawan parhobass menulis “alkitab bukan kitab ILMU PENGETAHUAN”. ilmu pengetahuan yang dimaksud adalah apa yang kita kenal sebagai sains. apa kawan ayruel tahu apa itu sains dan bagaimana metode ilmiah dan epistemologi yang sah dalam sains?

      coba kawan pahami dulu jawaban pertanyaan saya di atas lalu baca lagi pernyataan kawan parhobass dan pikirkan apakah alkitab bisa menjadi referensi yang sah bagi sains atau tidak

      salam =)

    • CosmicBoy

      @ Ayruel,

      @all kristiani

      Jika bibel bukan kitab pengetahuan…
      berarti kitab yg tak berpengetahuan….

      betulllll???

      ==>

      Anak pesantren, sila bedakan:

      Bukan ilmu pengetahuan (tulisan par)

      dan

      Yang tak berpengetahuan (cerpen loe)

      Xixixi…ngga level sama kami. Membaca pun ngga tau.

      daripada loe ke sini membuang masa, mendingan loe jual bakso bikin kasi makan sama anak bini!

      Anak-anak pesantren, kaciannnnnn, udahlah MISKIN, BODOH PULA.

  14. @ Joe ,,sory slh tempat reply,ni sy tlis lg

    maaf kawan miller, mungkin kita berbeda pandangan soal “pembuktian” yang kawan bicarakan. bagi saya tidak ada yang namanya pembuktian mutlak akan kebenaran ilahi yang berasal dari pengetahuan dan hikmat manusia. untuk itulah diperlukan iman. iman tidak butuh pembuktian. jika semua hal dalam kitab suci harus dibuktikan, untuk apa iman? karena itu saya tidak setuju dengan kalimat terakhir kawan miller di atas =)

    >>Ya tidak masalah jika kita berbeda itu pandangan anda..pandangan saya, kita kan diberi akal oleh Allah,,di Al Quran berkali2 Allah memerintahkan kita untuk senantiasa berfikir,berfikir dan berfikir atas segala penciptan-NYA di dunia ini..Jadi menurut saya tidak salah jika manusia mencari” pembuktian dari kitab sucinya lewat ilmu pengetahuan yg dimilikiny,karena memang itu sifat alamiah manusia yg selalu ingin tau..
    Masalah iman,,sy berpendapat hanya iman akan hal” tertentu yg tdk butuh pembuktian,sperti Wujud fisik Allah..kita kan tdk kan pernah tau wujud Allah seperti apa..
    tapi untuk iman yg lain,selama ada jalan untuk mencari kebenarannya ya tidak masalah kita coba buktikan..

    salam

    • Joe Siagian

      betul kawan. saya mengerti maksud kawan dan saya sepakat

      yang saya permasalahkan adalah pembuktian suatu kitab suci itu benar atau tidak berdasarkan sains. ini menurut saya sangat keliru. sains dapat dipakai sebagai pengendali interpretasi kitab suci tapi bukan sebagai alat pembuktian kebenaran. dengan sains dan proses logika, sains mungkin bisa mengatakan suatu kitab itu palsu atau tidak (misalnya injil barnabas yang ternyata ditulis pada abad 16 yang kental bahasa italinya), tetapi tidak bisa digunakan untuk menyatakan suatu kitab adalah benar2 dari Allah. ini maksud saya

      tentang masalah rasio dan iman yang kawan bicarakan di atas saya sepakat kecuali masalah pembuktian yang sempat mampir dalam komentar kawan

      credo ut intelligam & intellego ut credam =)

    • CosmicBoy

      @ Miller,

      Xixixi…salah ngirim ya…itulah anak pesantren, sambil ketik sambil buat bom…tau2 ke orang lain.

      Ada ada saja.

    • @ diatas Qu

      Ngomong apa sih ente?g nyambung deh..^^

  15. parhobass

    @Ayrel Chana

    Jika bibel bukan kitab pengetahuan…
    berarti kitab yg tak berpengetahuan….

    betulllll???

    saya kira logic penyelesaiannya salah…

    bibel bukan kitab pengetahuan…,
    artinya Alkitab tidak melulu membahas tentang ilmu pengetahuan, walau beberapa ada, contohnya Bumi bulat, seperti kutipan ayat dari saudara hh di atas…

    berarti kitab yg tak berpengetahuan….
    terserah Anda mengartikan pengetahuan tersebut.
    -Kalau pengetahuan matematik, memang bukan, walau sebagian ada… coba cari dasar penghituang pi (22/7), ada juga di Alkitab…
    -Kalau astronomi, memang bukan, walau sebagaian ada, contohnya awal mula alam semesta
    -Kalau ilmu agama, memang bukan, walau sebagian ada, contohnya agama yahudi dan kristen…
    -Kalau tentang TUHAN, tepat sekali… Alkitab menceritakan tentang TUHAN.
    sebab “Takut akan Tuhan adalah permulaan Hikmat”…

    • Fitri

      @Parhobbas
      Punya nyali juga buat kemari.

      Tolong beritahu sama pastur jerukpurut (baca : jakpurut) itu, enggak usah promosi lagi di blog saya. Karena saya sudah datang dan komen ke blog yang dia promosikan tapi dimoderasi dan tak ada tanggapan.

      Jadi percuma juga dia promosi kayak gitu.

  16. parhobass

    tambahan:
    pi =22/7 (sebagai approksimasi ajah)

  17. parhobass

    @Fitri

    Punya nyali juga buat kemari.

    kenapa emang? di sini pembunuh kah?
    yang salah itu harus dibenarkan, setuju kah?
    kalau setuju maka ngga salah saya ke sini…
    hehehehe

    Tolong beritahu sama pastur jerukpurut (baca : jakpurut) itu, enggak usah promosi lagi di blog saya. Karena saya sudah datang dan komen ke blog yang dia promosikan tapi dimoderasi dan tak ada tanggapan.

    Jadi percuma juga dia promosi kayak gitu.

    kalau gitu saya promosi blok saya deh, karena saya juga ngga kenal jakpurut Anda
    http://www.hakadosh.wordpress.com

    • Fitri

      Si pak tua jephman juga sama saja!!! Komentar saya dimoderasi dan tak ada tanggapan!!! Tolong sampaikan pada pastur jeruk purut, jangan promosi lagi kalau enggak mau dikomentari!!!!

  18. hhhhhh…

    Bukan Kitab Ilmu Pengetahuan

    so…
    Kitab ilmu yg tak berpengetahuan…
    atau ,,,,
    kitab tanpa ilmu pengetahuan
    alias
    kitab kebodohan…
    atau Kitab Ketololan
    brarti ….

    Kitab Kegelapan..

    Tak berilmu Pengetahuan toch…..

    Ilmu itu kan artinya Pengetahuan
    asal kata ‘alima ya’lamu i’lman

    • CosmicBoy

      @ Ayruel,

      Kayaknya tanggapan loe sepertinya orang yg sudah kalah omong.

      Masak?

      Matematika aja dibilang sains.

      Anak2 pesantren…pantess kalian masih muslim.

      Ada ada saja.

    • Joe Siagian

      hehehe.. kawan ayruel ini kok memaksakan kehendak pemikirannya sendiri sih. yang nulis kalimat itu kan kawan parhobass. hak kawan parhobass untuk klarifikasi dan menuliskan maksud sebenarnya beliau berbicara seperti itu. kenapa jadi kawan yang memaksakan pemikiran kawan sendiri?

      lagipula kawan ini tampaknya memaksakan suatu kitab suci harus jadi kitab ilmu pengetahuan ya? silakan saja kawan bawa kitab suci kawan ke komunitas ilmiah dan silakan kawan berargumen dengan mereka tentang kebenaran sains. atau silakan kawan tanyakan pada seorang ilmuwan apakah kitab suci kawan bisa dijadikan referensi sains atau tidak

      kalau jawabannya tidak, silakan kawan tanyakan kenapa. setelah tahu kenapa, dan kawan masih memaksa bahwa kitab suci harus juga berupa kitab ilmu pengetahuan, silakan jadikan buku teks sains kawan sebagai kitab suci kawan yang baru

      no offense =)

  19. parhobass

    Ayruel Chana,

    hhhhhh…

    Bukan Kitab Ilmu Pengetahuan

    Fisika itu bukan Matematika…
    walaupun di dalam Fisika ada Matematikanya…
    pengertiannya di situ…

    so…
    Kitab ilmu yg tak berpengetahuan…
    atau ,,,,
    kitab tanpa ilmu pengetahuan
    alias
    kitab kebodohan…
    atau Kitab Ketololan

    kategorinya bukan di situ…
    semisal hanya ada 2 warna, Hitam dan Putih..
    sehingga tidak Hitam maka Putih..
    atau tidak Putih maka Hitam…
    masalahnya Ilmu Pengetahuan itu sendiri bukan cuman satu bidang.. ada banyak…
    salah satunya ilmu informatika…
    pertanyaan saya ke Anda, sebutka kitab suci agama mana yang di dalamnya pernah menuliskan LINUX, Windows 7, atau Nokia..
    Tidak memungkiri di dalam kitab suci ada hal hal mendasar tentang ilmu pengetahuan….
    Contohnya PI (3.14) ada dasarnya di Alkitab.

    brarti ….

    Kitab Kegelapan..

    lari lagi dah….
    tetapi satu kutipan kepada Anda…
    Titus 1:15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis.

    Tak berilmu Pengetahuan toch…..

    Ilmu itu kan artinya Pengetahuan
    asal kata ‘alima ya’lamu i’lman

    benar Ilmu itu adalah kata serapan oleh bahasa Indonesia dari bahasa Arab ilm

    di dalam Kamus besar bahasa Indonesia
    il·mu (n)
    1 pengetahuan tt suatu bidang yg disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu: dia memperoleh gelar doktor dl — pendidikan;
    2 pengetahuan atau kepandaian (tt soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb);

    sehingga tepat kata saya di atas, bahwa Ilmu Pengetahuan itu cakupannya banyak… bukan hitam dan putih saja…

    seperti Anda, ilmu pengetahuannya di bidang debat(contoh), lalu disebut ilmu debat.

    jadi dapat ditarik kesimpulan
    ilmu itu adalah usaha untuk mengetahui sesuatu…
    dan sesuatu ini lah yang disebut pengetahuan, yaitu ilmu yang lebih khusus lagi…

    • CosmicBoy

      @ par,

      Hehehe…bagu gue anak TK harus dirotan kalo pada memberontak…kakakaka.

      Masak org yang kerjanya bikin bom utk membunuh orang yg tak berdosa bisa mengerti ilmu manusia?

      Bahasa binatang aja mereka ngga tau.

      Hanya Roh Kudus saja yg bisa menjamah hati mereka.

      Itulah doa gue.

      Amin.

  20. parhobass

    @CosmicBoy
    dengan menggunakan kesabaran, hikmat dan kelemahlembutan mungkin mereka yang salah akan sedikit demi sedikit bisa diperbaiki..
    kecuali yang salah itu tetap mau dipertahankan ya ngga apa2.. itulah namanya pilihan.

    perumpamaan saya:

    di toilet, pada umumnya emang bau…
    kalau kita teriak bau, bau bau, tanpa mau merendah membersihkannya ya akhirnya kita sendiri yang bau…..

    benar ngga?

    mari belajar…. belajar seperti Kristus, yang mau turun ke dunia

  21. oh..gitu toch….
    akuin aja Bibel adalah Kitab tak berpengetahuan…
    kan clear tuch…

  22. hh

    @Mr. Ayrul Chana,

    Judul artikel ini: Alkitab tidak sesuai dengan Ilmu Pengetahuan.

    Uraiannya artikel ini: Sesuatu yang sangat tidak masuk akal, bahwa “siang dan malam” sudah ada sebelum matahari diciptakan!

    Ilmu Pengetahuan yang khusus mempelajari ketidakmasukakalan ini adalah Ilmu Astronomi dan Ilmu Fisika (IPA/SAINS), bukan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Politik.

    So my friend Airul,
    Arti Ilmu Pengetahuan yang ada di judul artikel ini adalah IPA/SAINS,

    So and So,
    Pendapat sdr Parhobas yang menyatakan bahwa: Alkitab memang bukan kitab ilmu pengetahuan…, artinya adalah bahwa Alkitab memang bukan kitab IPA/SAINS.

    Ngartos way nya, Juragan?

    Salam

    • parhobass

      bro hh
      agak sedih memang menerangkan hal-hal mendasar kepada orang-orang yang sudah mengetahui dasar tertentu, tetapi dasar tertentu yang dia ketahui salah jika dibandingkan dengan dasar-dasar yang tepat…

  23. hh

    @ Ayrul, my Brethren

    Seperti sudah dituliskan sdr Parhobas dalam komentarnya di postingan ini bahwa konsep Phi (3.14); garis keliling suatu lingkaran dibagi diameter ada dalam alkitab, dengan ini, Alkitab bukanlah kitab kebodohan seperti yang anda tuduhkan.

    Mau tau konsep Phi itu?

    Saya mau jelaskan (bro Parhobas, saya minta ijin ya)

    Sewaktu Raja Salomo (bukan Nabi) mau mendirikan Bait Suci, beliau memanggil seorang ahli tembaga dari Tirus bernama Hiram, ibunya orang israel dari suku naftali. Kalau dalam adat Batak, Raja salomo adalah paman (tulang) dan hiram adalah keponakan (bere)

    Kalau aku yang mencatat kitab Raja raja pasal 7, ada percakapan antara raja Salomo dengan berenya adalah sbb.

    ‘Hiram, bere
    “Apa Tulang?
    ‘Bikin dulu tiang tembaga yang diameternya 3.82 hasta.
    “Apa itu diameter Tulang?
    ‘Besarnya tiang itu dapat dililit oleh tali sepanjang 12 hasta. Kalau kau bagi panjang tali itu dengan phi, hasilnya 3.82 hasta, dan itulah diameter dari tiang itu.
    “Ok, tulang, perintah siap dilaksanakan.

    Hehehe.
    Salam.

  24. @ Joe

    ok,setidaknya ada kesepakatan beberapa hal diantara kita Joe..
    tidak mesti semuanya sepakat,betul?

    sy sdh bilang sains hanya “salah satu” dari beberapa alat pembuktian kebenaran suatu kitab suci..Karena manusia zaman sekarang segala sesuatunya harus serba ilmiah penjelasannya baru mau percaya..manusia saat ini sudah pada pintar,sehingga tidak mau terdoktrin begitu saja oleh para pemuka agamnya..

    Ok..ane Off dulu mau libur lebaran nih..^^

    salam Joe

    • Joe Siagian

      hohoho yowiss.. =)
      yang penting saya udah kasih poin pemikiran saya

      met lebaran semuanya
      mohon maaf lahir dan batin =)

  25. CosmicBoy

    @ Muslimin dan Muslimat,

    Miller

    Wedul

    Fitri

    Hamba Allah

    Boni

    Ayrual

    Haniifa

    dan temen2 muslimin yg sekali sekala ke sini

    Gue ucapkan Selamat Hari Raya/Lebaran, semoga kalian semua bahagia bersama keluarga tercinta.

    Tuhan memberkati.

    Gue masih rindukan Indonesia.

    Wasalam.

  26. parhobass

    met idul fitri chodet…

    parhobass/hakadosh

  27. hh

    Mr. Chodet22

    Met Idul Fitri ya, sobat.

    salam
    hh

  28. d'Girl

    hm…..
    temen²…..
    gk usah pada ribut² mikirin smua hal itu yah….
    cm mw blng bwt smua tmn² kristiani,
    “CUMA ALLAH YANG LEMAH YANG BUTUH PEMBELAAN!”
    dan Allah kita bukan Allah yang lemah!
    jadi gk usah sibuk untuk membantah, menyanggah atw pun kesel karena setiap jawaban yang gk sesuai sama yang kita tahu…..

    Jesus still Jesus!!
    no matter what u said about Him…. :)

    KebesaranNya mengatasi apapun….

  29. ASTRID

    AYAT-AYAT ALKITAB YG MUSTAHIL DIPRAKTEKKAN

    1. Hukum Sabat

    Hari Sabat (sabtu) adalah hari tuhan yang harus dikuduskan. Pada hari itu setiap orang dilarang bekerja, dilarang memasang api di rumah (lampu, kompor, dan lain-lain) karena Sabat adalah hari perhentian penuh. Orang yang bekerja pada hari Sabtu harus dihukunm mati (Keluaran 20:8-11, 31:15, 35:2-3). Ayat ini mustahil dipraktekan di jaman modern. Siapa yang sanggup mengamalkan? Siapa yang mau dibunuh apabila melanggar hukum Sabat?

    2. Bunuh orang kafir dan musyrik !! (Ulangan 13:6-9)

    Ayat ini memerintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah. Ayat ini tidak bisa diterapkan. Buktinya umat Yahudi dan Kristen tidak pernah membunuh umat Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

    3. Dilarang memakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan (Imamat 19:19)

    Bila ayat ini diamalkan, maka manusia akan kembali kepada jaman primitif, ketinggalan jaman, ketinggalan gaya dan tidak modernis.

    4. Cungkil mata yang menyesatkan orang untuk berbuat dosa (Matius 5:-29)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang Kristen menjadi buta.

    5. Potong kaki dan tangan orang yang menyesatkan ke arah dosa (Matius l8:8-9)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang kristen menjadi pincang dan buntung.

    6. Dilarang melawan penjahat (Matius 5:39-44)

    Ayat ini mustahil dipraktekkan di masyarakat manapun. Bila ajaran ini diterapkan, maka menghancurkan tatanan sosial dan keamanan masyarakat. Apa jadinya di masyarakat apabila suatu kejahatan tidak dilawan? Tidak melawan kejahatan berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, maka kriminalitas akan meningkat dan subur berkembang.

    7. Kasihilah musuhmu (Lukas 6:27-29)

    Ajaran ini sangat menguntungkan penjajah.

    8. Dilarang membawa perbekalan, dilarang membawa dua helai baju dan dilarang membawa kasur dalam perjalanan (Matius 10:9-10)

    Kenyataannya, umat Kristen sendiri tak ada yang bisa mengamalkan ayat ini.

    • Mereka (Kristen) selalu bilang kalau Islam menganggap Kristen adalah kafir. Namun kenyataanya justru Islam pun adalah kafir dimata mereka.

      Thank’s ASTRID atas infonya Ulangan: 13:6-9

    • tri

      @fitri
      “Namun kenyataanya justru Islam pun adalah kafir dimata mereka.”

      wah mbak fit saya kurang setuju..emangnya muslim penyembah berhala? sehingga dianggap kafir oleh org yahudi? ato mbak memang menyembah berhala?

      Bunuh orang kafir dan musyrik !! (Ulangan 13:6-9)

      Ayat ini memerintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah

    • @tri

      Bukankah dimata kalian islam dianggap menyembah batu hajar aswad? Bahkan ada yang bilang Islam menyembah ka’bah.

      Saya rasa yang disampaikan Astrid cukup jelas, kalau umat Islam dianggap kafir dimata mereka.

      Dan ngomong-ngomong kenapa kewajiban membunuh itu tidak dilaksankan?

  30. parhobass

    @Astrid

    AYAT-AYAT ALKITAB YG MUSTAHIL DIPRAKTEKKAN

    judulnya bombastik, tetapi benar. sebab banyak perintah Allah yang memang susah dipraktekkan.

    Tetapi menurut Astrid, adalah beberapa point ini:

    1. Hukum Sabat

    Hari Sabat (sabtu) adalah hari tuhan yang harus dikuduskan. Pada hari itu setiap orang dilarang bekerja, dilarang memasang api di rumah (lampu, kompor, dan lain-lain) karena Sabat adalah hari perhentian penuh. Orang yang bekerja pada hari Sabtu harus dihukunm mati (Keluaran 20:8-11, 31:15, 35:2-3). Ayat ini mustahil dipraktekan di jaman modern. Siapa yang sanggup mengamalkan? Siapa yang mau dibunuh apabila melanggar hukum Sabat?

    Paling tidak Israel pernah melaksanakannya.
    Hukum ini juga sinergi dengan Janji yang menyertainya, ketika semuanya tidak ditepati, maka ada Janji Yang Baru diberikan, sudah tau Janji Yang Baru?


    2. Bunuh orang kafir dan musyrik !! (Ulangan 13:6-9)

    Ayat ini memerintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah. Ayat ini tidak bisa diterapkan. Buktinya umat Yahudi dan Kristen tidak pernah membunuh umat Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

    terimakasih atas pujiannya,….
    inilah salah satu Janji Yang Baru itu… Kasihilah sesamamu…


    3. Dilarang memakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan (Imamat 19:19)

    Bila ayat ini diamalkan, maka manusia akan kembali kepada jaman primitif, ketinggalan jaman, ketinggalan gaya dan tidak modernis.

    arti rohaninya… jangan menerima ajaran dari dua allah… Kalau percaya TUHAN, maka jangan percaya kepada allah lain… kalau percaya allahmu maka jangan gunakan perkataan TUHAN untuk memperkuat perkataan allahmu…atau sebaliknya


    4. Cungkil mata yang menyesatkan orang untuk berbuat dosa (Matius 5:-29)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang Kristen menjadi buta.

    ada tubuh rohaniah adapula tubuh badaniah..
    kalau tubuh rohaniah Anda sesat maka selamanya ia buta.. kalau buta itu sama dengan cungkil saja, biar Tuhan Yesus berikan mata yang baru, itupun kalau Anda mau… saya kira mata rohani Anda sudah buta, so cungkillah itu dan gantikan dengan mata rohani yang dari Tuhan Yesus, mau!!!


    5. Potong kaki dan tangan orang yang menyesatkan ke arah dosa (Matius l8:8-9)

    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang kristen menjadi pincang dan buntung.

    idem dengan yang di atas… kalau kaki rohaninya begitu mudah memfitnah, kerjaannya mengutak atik Alkitab untuk dapat sebisa mungkin memfitnah, maka sebaiknya kakinya dipotong, supaya tidak dapat berjalan lebih jauh lagi, karena kalau semakin jauh, ia akan berjalan menuju kematiannya sendiri… kalau Anda sudah memotong kaki yang kurang ajar itu, maka Tuhan Yesus akan berikan kaki yang baru sama sekali, yaitu kaki yang gemar melakukan perkerjaan Tuhan Yesus…

    6. Dilarang melawan penjahat (Matius 5:39-44)

    Ayat ini mustahil dipraktekkan di masyarakat manapun. Bila ajaran ini diterapkan, maka menghancurkan tatanan sosial dan keamanan masyarakat. Apa jadinya di masyarakat apabila suatu kejahatan tidak dilawan? Tidak melawan kejahatan berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, maka kriminalitas akan meningkat dan subur berkembang.

    Dilarang menghakimi, karena hanya Yesuslah HAKIM, Dia-lah Allah sang HAKIM.
    karena bisa saja saya menghakimi Anda dengan ajaran2 sesat Anda di sini, eh suatu saat ditangkap Tuhan Yesus menjadi umatNYA, kan saya lebih kurang ajar lagi, ya toh…
    so biarkanlah semua yang jahat Tuhan Yesus saja yang menghakimi, karena Akhir Jaman, Hari Penghakiman akan ada kelak.


    7. Kasihilah musuhmu (Lukas 6:27-29)

    Ajaran ini sangat menguntungkan penjajah.

    lihat point di atas…

    8. Dilarang membawa perbekalan, dilarang membawa dua helai baju dan dilarang membawa kasur dalam perjalanan (Matius 10:9-10)

    Kenyataannya, umat Kristen sendiri tak ada yang bisa mengamalkan ayat ini.

    idem dengan di atas…

    saran saya ke Anda, kalau Anda membaca Alkitab, usahakan tarik makna rohaniahnya dulu, karena Yang mengispirasikan penulisan itu adalah ROH…
    Anda tidak mengenal roh, makanya anda melulu mengartikan segala sesuatu dengan anti-roh (lahiriah=duniawi)

  31. arryo

    Jgn perdebatkan firman Tuhan.krn firman Tuhan tdk utk diperdebatkan tp dilaksanakan bagi yg percaya.Jgn sekali-sekali menafsirkan firman Tuhan dengan logika,krn firman adalah Allah itu sendiri.itu hak Tuhan.sbb ada tertulis,rancanganmu bukanlah rancanganKU!!!!tp ketauhilah,rancanganKu adalah rancangan damai sejahtera.Komentar kalian salah semua!!krn komentar kalian tdk didasari dgn iman.
    Sekali lagi,jgn pernah bicara kl tdk tau yg SEBENARNYA.Alkitab tdk bs ditafsirkan dgn logika.JIKA ANDA TDK BERIMAN,MAKA ANDA TDK MKN BS MENAFSIRKAN ALKITAB DGN BENAR.JD JGN KOMENTAR!!!!!!!!!!!!

  32. tangan2 jahil itulah yang ditunjuk tuhan untuk memberitakan injil kepada seluruh umat manusia

  33. heb

    manusia hanya bisa
    menafsirkan
    tapi yang memegang semua kuasa di seluruh jagat ini
    adalah sang pencita
    yesus datang kedunia ini untuk mengobati yang sakit
    seperti anda
    ini
    yang hanya bisa menafsirkan tetapi tidak tau makna apa yang terkandung dalam alkitab itu sendiri

    dan saya ingin bertanya
    kata anda bawah alkitab di tulis oleh tangan jail
    atau hanya kakarangan manusia
    1 apakah karangan alkitab di tulis sebelum nabi muhamad saw lahir atau sesudah
    jika sebelum siapa yang mengatakan atau siapa yang mengatakan injil itu hanya karangan
    apakah nabi muhamad saw
    mengatakan demikian

    padahal islam itu belum
    ada
    padahal islam lahir
    400 tahun sesudah keristen
    dan jika sesudah tahun berapakah muhamad lahir
    padahal injil itu di wahyukan sebelum muhamad lahir

    ,,
    jadi siapa yang berbohong

    asal anda tahu
    bahwa
    nabi muhamad sendiri percaya kalau injil itu firman dari allah yang harus dipercaya
    nabi muhamad sendiri memberi teladan yang baik kepada seluruh umat islam
    mengapa anda tidak memberikan teladan yang baik kepada semua oang
    anda justru menghasut semua orang dengan tafsiran anda yang tidak masuk akal
    firman tuhan berkata
    yang awal akan menjadi akhir
    dan yang akhir menjadi awal

    mungkin umur saya dengan umur anda beda jauh
    karna umur saya masih 20 tahun

    gbu

  34. Ree

    @heb

    setuju…

    al-quran sndiri bilang klo alkitab atw taurat dan injil itu kebenaran.

    “dan kami telah iringkan jejak mereka (nabi bani israil) dengan isa putra maryam, membenakan kitab yang sebelumnya, yaitu taurat. dan kami telah memberikan kepadanya kitab injil didalamnya (beisi) petunjuk dan cahaya (yg menerangi) dan membenarkan kitab sebelumnya, yaitu kitab Taurat, dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertaqwa” (Qs. Al Maa-idah ayat 46)

    jadi klo menyangkal alkitab sama aja menyangkal al-quran sendiri donk…

  35. eet

    ”RASA” YG BENAR(the right”feel”)
    Pengamatan saya mengenai Alquran memberi kesandan rasa bahwa Alquran tidak merupakan suatu karia yg lengkap.Kalau anda membuka ALKITAB,anda akan melihat bahwa ALKITAB berawal dengan kalimat Pada mulanyaTUHAN menciptakan langit dan bumi(Kej .1:1)
    Ketika anda membaca terus isi ALKITAB,anda akan mengetahui adanya urutan kronologis mulai dari prnciptaan ,kejatuhan manusia ke dalam dosa,air bah,menara Babel,panggilan Abraham,tua-tau ALKITAB,panggilan musa,keluarnya bangsa israel dari tanah perhamban,pembentukan bangsa israel,dalam pembuangan,mereka kembali di bawah perinta Cyrus,pembangunan kembali,nubuatan akan datangnya Messiah,kedangannya Messiah dan kehidupanNya,kematianNya,kebangkitanNya,dan berawalnya jaman gereja…kemudian anda akan sampai pada buku terakhir dalam ALKITAB,dan anda akan membaca mengenai berakhirnya alam jagat raya.
    ALKITAB memberi rasa dan kesanutuh,lengkap,karena diawali dengan pernyatan pada mulanya dan berlangsung terus berakhirnya sejarah manusia.

    TIDAK ADA AWAL,TIDAK ADA AKHIR
    Tetapi kalau anda prhatikan Alquran,karena kondisinya yg tdak beraturan.Anda merasa ada sesuatuyg lepas ngambang,setelah anda membaca surat demi surat,karena tidak ada kaitan kelogisan antara surat yg satu dengan surat yg lain.Contohnya, satu surat membahas mengenai hal sepele,bahwa Allah menghendaki agar para istri Muhammad behenti berdebat dan cecok di hadapnnya,sementara surat berikutnya meloncat mengenai penyerangan atas berhala-berhalaArab.jadi anda merasakan sesuatu yg tidak utuh,juga merasa tidak puas karena anda tidak dapat mengetahui inti ceritnya,apalagi secara keseluruhan.
    Sodaruku yang kukasihi,bila mau membaca buku cerita harus Utuh jangan dipenggal penggal pasti tidak akan nyambung.Jngan sekali kali menghina THUAN yg menciptakan kita,aku berdoa pasti TUHAN YESUS menjamah orang2 yg menghinNya dan dia akan bertekuk lutut dihadapNya dan Anda akan merasakan kasihnya,karena DIYA maha pengampun dan mengasihi ciptaanNya.

    Salam sejahtera GBU.

    • Wildan

      Kalau menurut saya, al quran menerangkan sesuatu secara loncat itu krn quran memakai pola matematika yg rumit, yg menunjukkan al quran nggak bisa dibuat manusia atau siapapun kecuali tuhan. Kalau mengenai inti ceritanya bisa ditangkap kalau kita mau berpikir. Krn tuhan menciptakan segala sesuatu tidak ada yg sia-sia. Termasuk otak kita.

  36. zorgon

    bukanya Taurat itu juga diakui islam?

  37. r_bean

    udahlah ngapain ngabisin waktu nanggepi orang bebal alias bodoh…

    kan ada tertulis amsal 26: 4 “Jangan menjawab orang bebal menurut kebodohannya, supaya jangan engkau sendiri menjadi sama dengan dia.”

    gak usah diteruskan, intinya “TUTUP” blog ini !!!!!!!

  38. Iblis Kesasar

    HO..HO.HO.HO……

    HMMMM……TERNYATA AKU….MENDAPAT DUKUNGAN….DARI HASIL KARYA KU…..
    AKU MENANTI KALIAN…UNTUK MENEMANIKU..DI NERAKA…UNTUK MENJADI BAHAN BAKAR UMAT MANUSIA……
    WAHAI PARA PENGIKUT SETIAKU….PERTAHANKAN…..IMANMU..JANGAN TERGODA DENGAN LOGIKA-LOGIKA YANG TIDAK MASUK AKAL KALIAN………..TUTUP FIKIRAN KALIAN…..HAHAHAHAHAHAHAHA……
    SAMPAI JUMPA DI NE…RAA…KAAAA………

  39. Iblis Kesasar

    PERCAYALAH…!!!!!

    DOSA KALIAN SUDAH….AKU TEBUS….
    DOSA KALIAN SUDAH….AKU TEBUS….
    DOSA KALIAN SUDAH….AKU TEBUS….

    HAHAHAHAHAHAHAAAA………….

  40. Roy Rey

    Ehh… maaf bos chodet…. sampe lupa…. salam kenal..yah..

  41. joe

    Alkitab tidak bertentangan dengan sains. Tergantung yang dimaksud sains itu yang mana? kalo maksud nya evolusi. Teori evolusi, bukan termasuk sains (sains harus dapat dibuktikan dengang dicoba, di ulang, dll, contohnya gravitasi, bisa dicoba jatuhin bolpen, bola, dll). Kalo evolusi? ngga ada yang pernah lihat. Evolusi lebih tepat diklasifikasikan sebagai agama/kepercayaan (evolusi tidak sama dengan seleksi natural). Kalo tertarik cari saja infromasinya di internet. Terlalu banyak untuk dibahas.

    Oh ya, untuk salam penutup, kalo evolusi memang sains, orang2 beragama adalah yang paling kasihan, karena evolusi = TIDAK ADA TUHAN. Mengerti kenapa sekarang banyak orang Atheis?

  42. jack

    Kisan penciptaan alam menurut Alkitab dapat kita baca pada Kejadian 1 : 1 – 19 berikut ini :

    “1. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. 2. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”

    “3. Berfirmanlah Allah : “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. 4. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. 5. Dan Allah menamai terang itu siang dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

    “6. Berfirmanlah Allah : “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.” 7. Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan airj yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. 8. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

    “9. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah segala air yang ada di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian. 10. Lalu Allah menamai yang kering itu darat dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 11. Berfirmanlah Allah : “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. 12. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 13. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

    “14. Berfirmanlah Allah : “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda mneunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, 15. dan sebagai penerangh pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.”

    “16. Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. 17. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, 18. dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. 19. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.”

    Kalau kita baca ayat-ayat Alkitab tersebut, sepertinya tidak ada masalah. Padahal kalau kita sedikit jeli dan teliti, sebenarnya pada ayat-ayat tersebut banyak bermasalah.

    Contoh : Pada ayat ke 5 dikatakan oleh penulis Alkitab sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

    Kemudian pada ayat ke 8 dikatakan juga sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.”

    Dan sama saja pada ayat ke 13 juga dikatakan sebagai berikut : “Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.”

    Pertanyaannya : Darimana penulis Alkitab mengetahui dan menentukan petang, pagi, hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, sementara pada saat itu matahari, bulan dan bintang belum diciptakan?

    Bukankah untuk mengetahui petang harus ada matahari yang sudah mulai tenggelam? Dan bukankah untuk mengetahui pagi, harus ada matahari yang baru mau terbit.

    Dan bukankah untuk mengetahui hari pertama, hari kedua dan hari ketiga, harus ada perputaran bumi mengelilingi matahari selama 24 jam?

    Mungkin tidak terpikirkan oleh penulis Alkitab jaman dahulu bahwa manusia yang datang belakangan dari mereka, justru lebih pintar, lebih kritis dan ilmu pengetahuan akan berkembang dengan begitu spat dan modern serta vanggih. Ini membuktikan bahwa ayat-ayath tersebut bukan yang difirmankan oleh Allah, tapi hanya pendapat para penulis Alkitab itu sendiri, berdasarkan pengetahuan mereka yang masih terbatas pada saat itu.

    Kalau wahyu atau firman Allah, tentu tidak mungkin Tuhan salah atau keliru memberikan informasi tentang penciptaan alam semesta ini.

    Kalau mulai dari ayat 14 s/d 19, itu masih bisa diterima, sebab pada ayat-ayat tersebut benda-benda penerang, seperti matahari, bulan, dan bintang sudah diciptakan Allah. Tetapi mulai ayat 1 s/d 13 tidak masuk akal sebab tidak rasional, dan bertentangan dengan ilmu pengetahuan. (Lebih jelas lagi baca buku tulisan DR. Maurice Bucaille berjudul : “Bible, Qur’an dan Sains Modern”)

    Menurut Alkitab, bumi dan langit ditopang oleh tiang

    Mari kta baca Ayub 9 : 5 – 6 di bawah ini:

    “Dialah yang memindahkan gunung-gunung dengan tidak diketahui orang, yang membongkar-bangkirkannya dalam murka-Nya; yang menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang-goyang.”

    Selanjutnya baca Ayub 26 : 11 :

    “Tiang-tiang langit bergoyang-goyang, tercenang-cengang oleh hardik-Nya.”

    Silahkan baca Mazmur 75 : 3 – 4 :

    “Apabila Aku menetapkan waktunya, Aku sendiri akan menghakimi dengan kebenaran. Bumi hancur dan semua penduduknya; tetapi Akulah yang mengokohkan tiang-tiangnya.”

    Berdasarkan ayat-ayat Alkitab tadi, bumi dan langit punya tiang. Ini sangat bertentangan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan mereka sudah sampai menginjakkan kakinya di bulan. Tapi mereka tidak pernah menemukan dimana letak tiang-tiang langit dan bumi tersbeut.j kalau sekiranya langit dan bumi punya tiang, niscaya sudah banyak pesawat terbang hancur karena menabrak tiang-tiang langit dan bumi tersebut. Mengatakan bumi dan langit punya tiang, pasti bukan berasal dari Tuhan, sebab sangat tidak mungkin Tuhan salah atau tidak tahu. Ini pasti kesalahan penulis Alkitab yang pada saat itu ilmu pengetahuan mereka masih sangat rendah jadi wajar saja kalau mereka keliru.

  43. nasacomcenter

    Susah dijelaskan yaaa ayat2 diatas??? ada blog lain yg jelasin bahwa satu hari gak 24 jam bumi saat ini, begitu juga jawaban penginjil di daerahku. tapi begitu pertanyaan dilanjutin ” bagaimana tanaman bisa hidup tanpa matahari???” bagaimana jawabannya??
    Salam,
    numpang baca tulisan lainnya ya…..

    • Ya Pakai Lilin…wahahahahahaha (lha wong di tanya dengan sungguh-sungguh aja mereka marah koq…, apa lagi di tanya dengan becanda…??! , misal.: 1.sejak kapan Yesus jadi Tuhan…??
      2.waktu Yesus ABG sampai Umur 29 thn.. Yesus kemana aje…??
      …sampai sekarang gak ada jawaban yang memuaskan….??? bahkan tidak sedikit yg njawab… sambil maki-maki…, Tobaaaat..tobat.

  44. pendapat kalian itu semua salah besar tentang Firman Allah, kalau ini memang benar? Alkitab itu bukan firman Allah, jadi contoh yang simple saja apakah kalian bisa menciptakan Hewan, atau membentuknya sedemikian rupa, dan apakah kalian juga tahu apa isi hati, dan pikiran Tuhan mengapa Dia menciptakan cakrawala ini, terima kasih

  45. apakah Anda kalian semua bisa berpendapat seperti itu, apakah ada salah satu diantara kalian pengikut ajaran aliran lucifer?

  46. dakota

    YESUS KRISTUS memberkati kita semua….siapapun kita,,,apapun kita….dari agama apapun kita semua……Dia tetap mengasihi kita karena Dia tdk dapat menyangkali Dirinya sendiri bahwa Dialah Pencipta Kita …..amin….Tuhan Yesus Memberkati…….

  47. Hey

    lihat bagaimana richard dawkins menelanjangi kebohongan “kebenaran ilmu pengetahuan” dari harun yahya yang kalian bangga2kan

  48. tomo

    kalau memang sains dan bibel sejalan, kenapa pada masa renaisance di eropa, banyak ilmuwan (terutama ilmuwan astronomi) yang dihukum bakar hidup2 oleh gereja. sejarah permusuhan antara paus dengan ilmuwan sains bukan rahasia lagi. menunjukkan sains dan prinsip gerejani dalam injil akan selalu bertentangan.

  49. Mohon maaf, mohon ya…dimengerti bahwa Alkitab itu kepercayaan kami orang Kristen, tidak dapat disamakan. Sekalipun itu tidak sesuai dengan ilmu sains, memangnya kitab yang lain sesuai? Toh, belum ada bukti yang jelas bukan? Dengan mempublikasikan tulisan seperti ini anda secara tidak langsung menghujat sekaligus menghakimi kami orang-orang Kristen. Mohon dimengerti bahwa setiap orang punya kepercayaan sendiri, jangan langsung terang-terangan seperti itu. Satu lagi saya orang Kristen TIDAK PERNAH : MERAGUKAN TUHAN KAMI. Sekian, mohon maaf apabila ada salah kata. Terimakasih.

  50. Satu lagi saya merasa tersinggung dengan ucapan anda yang mengatakan bahwa Konsep Tuhan saya sangatlah lemah! dari segi kata-kata saja anda sudah salah! Tuhan itu mencakup seluruh agama, berarti agama anda sendiri anda hujat? Dan memangnya anda sudah membaca Alkitab maka tahu bahwa Yesus tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat? Memangnya anda tahu? Darimana? Mohon sangat mohon kalau tidak mau agamanya dihujat jangan menghujat..jujur sakit hati dengan kata-kata pedas anda seperti itu, bahkan kalau saya tidak mengampuni seperti ajaran agama kami..mungkin anda sudah saya caci maki…

  51. Mantan pendeta

    Bukti kepalsuan alkitab …. Alkitab tahun 1928 mazmur atau zabur pasal 92 ayat 11 dikatakan” Tuhan meninggikan daud dan kemuliaannya setinggi cula badak”
    sedangkan……..
    alkitab tahun 1991 dan 2001 mazmur atau zabur disebutkan……
    “tuhan meninggikan tanduk daud setinggi tanduk banteng”
    Ini sama sekali bukan firman tuhan…. Tapi firman hasil karya manusia.

  52. Saya ingin mempertegas lagi bahwa Alkitab itu sangat berbeda dengan ilmu pengetahuan Karna hanya tuhan yg tahu Ilmuwan tidak bisa melawan tuhan karna tanpa tuhan Ilmuwan Tidak akan ada di dunia ini begitu juga kita,kita tidak akan ada jika tuhan tidak menciptakan kita,Padahal siapapun yg melawan tuhan akan binasa,sekian terima kasih

  53. Oh Ya satu lagi Tuhan Itu tidak ada dosa malahan tuhan yg menghapus dosa kita,Kita mempunyai agama masing2 dan harus rukun satu sama lain apapun agamanya pencipta kita semua mengatakan kita tidak boleh mengejek agama lain.saya sangatttttttttt kecewa dengan pembuat blog ini nanti kalian akan sadar sendiri jika tuhan membuat sesuatu akibat dosa2 kalian saya kutuk blog ini menjadi blog yg tidak ada comment nya saya sangat marah:-(

  54. Rahasia Mantra Dewa Bumi, Rahasia Langsung Merubah Nasib, Dewa bumi tanpa pamrih:
    ” Namo Samanto Motonom, Om Turu Turu Tiwei Soha”

    Bacalah dengan khusyuk dan tulus, sebanyak mungkin sehingga hidup Anda berubah.
    Semoga sharing ini bermanfaat

  55. gogo

    jadi bicara aja dengan Tuhannya Alkitab benar apa tidak…

  56. imani apa yang anda yakini dan aku imani apa yang aku yakini. berhenti menghina agama2 orang karna tak ada faedahnya sama sekali bagi anda-anda semua. dalam semua agama di katakan bahwa kita tidak boleh menghina orang lain. apa untungnya buat anda meninggikan diri anda???? aku orang kristen,tidak di ajarkan untuk menghina orang lain. jadi saya katakan kepada anda semua yang merasa diri orang kristen,berhenti untuk berdebat karna bukan dengan berdebat kita mendapat yang baik tapi dengan iman kita. mengerti tentang ajaran kita bukan dengan ilpu pengetahuan tapi dengan iman,.kita percaya bahwa Yesus adalh penyelamat kita. Syaloom

  57. Arraydx

    Berdasarkan penjelasan di atas, ayat 1 lebih tepat dipahami sebagai tindakan pertama Allah
    dalam penciptaan, yaitu menciptakan langit dan bumi, sedangkan ayat 2 menerangkan
    keadaan bumi setelah diciptakan di ayat 1 dan sebelum proses penciptaan di ayat 3-31.
    Dengan kata lain, seluruh ayat 1-31 harus dipahami secara kronologis.

    Hal selanjutnya yang perlu dibahas adalah cakupan “langit dan bumi” di ayat 1. Apakah
    langit dan bumi di sini harus dimengerti secara hurufiah yang merujuk pada langit di atas dan
    bumi di bawah saja? Ataukah istilah ini merupakan sebuah ungkapan yang mencakup seluruh
    alam semesta beserta isinya? Berdasarkan konteks yang ada, ungkapan “langit dan bumi” di
    sini merujuk pada seluruh alam semesta. Ungkapan ini muncul lagi di Kejadian 2:1 dan 2:4.
    Dalam dua teks yang sangat dekat dengan Kejadian 1:1 ini, langit dan bumi jelas merujuk
    pada alam semesta. Ayat-ayat Perjanjian Lama yang lain juga sering memakai ungkapan ini
    dalam arti yang sama (Kej. 14:19,22; 2 Raja 19:15; Yes 44:24; 66:1). Yoel 3:15-16 “Matahari
    dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya…langit dan bumi
    bergoncang”. Dari teks ini terlihat bahwa langit dan bumi sejajar dengan matahari + bulan +
    bintang-bintang. Berpijak pada arti “langit dan bumi” ini, kita sebaiknya memahami bahwa
    dalam rentetan kisah penciptaan, Allah pertama-tama memang sudah menciptakan seluruh
    alam semesta (Kej 1:1), tetapi keadaannya masih belum teratur (Kej 1:2). Allah selanjutnya
    menata bumi yang belum tertata tersebut (Kej 1:3-31). Dengan demikian, matahari dan benda
    penerang lain sebenarnya sudah ada sejak ayat 1. Allah selanjutnya menata tempat dan fungsi
    mereka di hari ke-4.

    http://www.gkri-exodus.org/

  58. Arraydx

    Pandangan di atas lebih sesuai dengan karakteristik penciptaan di Kejadian 1. Ide yang
    menonjol dari Kejadian 1 sebenarnya adalah ide pemisahan/penataan (ayat 4, 7, 9, 14, 16),
    misalnya cakrawala untuk memisahkan air yang di atas dan yang di bawah (ayat 4, 7). Apa
    yang sering kita pahami sebagai penciptaan sebenarnya hanyalah penataan. Contoh: Allah
    tidak menciptakan laut dan darat pada hari ke-3 (ayat 9-10), karena sebelumnya bumi sudah
    berisi air (ayat 2, 6-8). Ia hanya mengumpulkan air ke suatu tempat (memisahkan air dari
    darat), sehingga yang daratan bisa terlihat. Ayat 9 “Hendaklah segala air yang di bawah langit
    berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering”. Air dan darat sudah ada
    sebelumnya (ayat 1). Allah hanya menata atau memisahkan mereka.

    Argumentasi lain yang perlu kita cermati adalah pemakaian kata Ibrani bara, yang biasanya
    dipakai untuk penciptaan dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada (creatio ex nihilo). Kata
    bara pertama kali muncul di ayat 1, setelah itu kata ini baru muncul lagi di hari ke-5 (ayat
    21). Di hari ke-1 sampai hari ke-4 kata bara tidak pernah dipakai. Hal ini sangat mungkin
    mengindikasikan bahwa semua proses penciptaan di hari ke-1 sampai ke-4 hanyalah penataan
    (bukan menciptakan dalam arti mengadakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada).

    http://www.gkri-exodus.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s